selasar-loader

Bagaimana caranya memotret galaksi bima sakti secara utuh, sedangkan kita (di bumi) berada di dalamnya?

Last Updated Dec 1, 2016

2 answers

Sort by Date | Votes
Naufan Nurrosyid P
Pernah menjadi tukang bebersih di Lab TheoComp ITB

k_LzCzFxheC1ifwpvON2R1Q_GPxuktrS.jpg

Ilustrasi via pansci.asia

Dengan teknologi kamera dan satelit saat ini, mengambil gambar galaksi lain seperti Andromeda, Triangulum, atau Scluptor tidak memerlukan usaha yang keras. Dengan bantuan teleskop paling tenar yang kita kenal dengan Hubble Telescope, mengambil gambar galaksi lain bukan lagi menjadi hal yang tidak mungkin.

Teleskop luar angkasa ini berukuran 15,9 m dengan berat 11 ton, memiliki kecepatan orbit 28.000 km/jam, juga dilengkapi oleh teknologi detektor elektronik CCD yang dapat mengambil cahaya dari luar angkasa. Mirip seperti camera digital raksasa. Walaupun pada tahun 2014 Hubble dinyatakan meninggal dunia, setidaknya kita telah menikmati jasanya.

Okay, mengambil gambar galaksi lain menjadi sangat mungkin karena pada dasarnya kita mengamati objek lain yang berada di luar rumah kita. Lantas, bagaimana mungkin kita bisa memotret galaksi tempat kita tinggal? Bagaimana caranya kita bisa mengambil gambar sebuah objek yang kita benar-benar sedang berada di dalamnya?

Baiklah, here we go!

Kita tinggal di sebuah planet yang bernama Bumi, yang juga mengorbit pada bintang yang bernama Matahari. Matahari adalah salah satu dari miliaran bintang yang berada dalam sistem galaksi yang kita kenal, Bimasakti.

Untuk mengambil gambar galaksi Bimasakti secara utuh harusnya bisa dilakukan dengan cara mengirimkan teleskop dengan lensa yang sangat besar untuk terbang ke luar galaksi kita, untuk kemudian kita teriakkan cheese! Tepat saat teleskop tersebut memotret kita. Namun sayangnya, dengan teknologi yang kita punya saat ini, hal tersebut tidak bisa dilakukan. :)

G_6yEIo3yJItUsrYTkKnjo4_8AhPdRIx.jpg

Ilustrasi via universe-beauty.com

Hal yang mungkin, dan yang dilakukan oleh Astronom adalah dengan menggunakan pendekatan pencitraan. Mari kita bayangkan kita sedang berada di dalam sebuah rumah yang terkunci rapat sehingga kita tidak bisa keluar. Kita tidak akan tahu bagaimana bentuk rumah kita sendiri dari luar, akan tetapi kita bisa mengamati tiap sudut rumah kita secara detail. Kita bisa mengukur kemungkinan panjang dan lebar ruangan tempat kita berdiri, juga bisa melihat apa saja furnitur yang ada di dalamnya.

Ketika kita menoleh ke luar jendela, kita bahkan bisa mengamati tetangga-tetangga kita. Kita bisa melihat banyak rumah di sekitar kita, dengan bentuk-bentuk yang berbeda, tetapi juga terkadang memiliki persamaan. Ada beberapa yang tinggi, ada beberapa yang berlantai satu, ada beberapa yang memiliki halaman, atau ada juga beberapa yang memanjang.

Dengan mengamati tipe-tipe rumah di luar sana, tentu kita bisa memperkirakan bagaimana rumah kita jika dilihat dari luar. Dengan mengamati jumlah lantai, bentuk halaman, bentuk ruang dan juga ukurannya, kita bisa menaksir bentuk rumah kita sesuai dengan bentuk rumah tetangga yang paling mirip.

Analogi tersebutlah yang digunakan saat kita melakukan pencitraan terhadap galaksi Bimasakti. Meskipun kita tidak bisa memotret seluruh galaksi Bimasakti dari luar, tetapi dari Bumi, kita bisa melihat ke arah pusat galaksi Bimasakti untuk mengenal seperti apa bentuknya. Karena letak planet kita berada di lengan Bimasakti, kita juga bisa memotret sisi lain Bimasakti dari dalam galaksi itu sendiri.

Kemudian kita bandingkan dengan galaksi lainnya yang kita lihat dan akhirnya bisa memprediksi seperti apa bentuknya tanpa harus keluar dari Bimasakti. Apakah bentuk Bimasakti yang kita kenal dan beredar di internet adalah bentuk yang benar-benar sesuai?

100%? Tentu tidak. Gambar-gambar tersebut adalah hasil prediksi. Namun, perlu kita ketahui bahwa data pembanding yang telah dikumpulkan sangatlah banyak. Fakta-fakta mengenai bentuk Bimasakti juga didapatkan dengan mengamati gerak objek langit, kecepatan rotasi, dan revolusinya, serta bentuk pusat dari galaksi Bimasakti itu sendiri. Ketika melakukan pengamatan pada pusat galaksi, Bimasakti memiliki "tonjolan" dan citranya mirip seperti cakram ban sehingga ilmuwan yakin bahwa rumah kita ini berbentuk spiral

Nah, kemudian apakah gambar-gambar Bimasakti bisa kita percaya?

Percayalah, karena kita hidup dalam sebuah sistem yang mengedepankan data-data ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.

Answered Dec 27, 2016
Anonymous

h_3Q2mCYDFpUTUDonNlTXIMg-ZyBnNHj.jpg

Semua gambar luar angkasa buatan komputer. Bukti bumi bulat itu semua tidak nyata. Amerika ingin orang Indonesia tidak tahu, tapi rencana mereka dibocorkan oleh agen CIA dan Area 51 sendiri.

Answered Jun 3, 2017

Question Overview


3 Followers
1126 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apa dampak positif dan negatif Indonesia berada di jalur cincin api (ring of fire)?

Apa yang terjadi sebelum peristiwa Big Bang?

Mengapa alam semesta selalu mengembang?

Apakah ada makhluk hidup lain selain manusia di alam semesta ini?

Terkait adanya penampakan Unidentified Flying Object (UFO), apa yang Anda bisa jelaskan terkait hal ini?

Apa yang membuat pergerakan benda-benda langit selalu teratur dengan sangat detail?

Dari mana asalnya medan magnet pada Black Hole?

Bagaimana penjelasan ilmiah berubahnya kromosom dari satu makhluk hidup menjadi makhuk hidup lainnya menurut teori evolusi darwin?

Siapa manusia pertama menurut sains? Dan Apa indikator ia telah menjadi manusia pertama?

Adakah kehidupan selain di bumi?

Mengapa permukaan bulan yang kita lihat di sini, selalu sama?

Mengapa pesawat tetap bisa terbang di atas bumi dan tidak terpengaruh dengan rotasi bumi?

Apakah mungkin jika pesawat terbang di suatu titik akan sampai lebih cepat di titik lain dengan menunggu bumi berotasi?

Mengapa nyamuk atau lalat tetap bisa terbang bebas meski ia di dalam mobil yang bergerak?

Berapa banyak sel yang dimiliki manusia sepanjang hidupnya?

Apa yang membuat sains di dunia Islam begitu maju di tahun 700-1100?

Mengapa jumlah jurnal ilmiah yang dilahirkan di Indonesia kalah jauh bila dibandingkan dengan negara lain?

Apa saja perusahaan besar di Indonesia yang memiliki banyak insinyur-insinyur dan ilmuwan-ilmuwan hebat Indonesia?

Apa saja prestasi ilmuan atau insinyur Indonesia yang diakui oleh dunia?

Bagaimana menjelaskan bahwa ada kemungkinan kehidupan lain selain di Bumi ini?

Apa yang bisa kita ketahui dari planet KELT-9b?