selasar-loader

Apa pertanyaan tersulit yang pernah ditanyakan oleh anak Anda dan apa jawaban Anda ketika itu?

Last Updated Sep 4, 2017

Pertanyaan ini mungkin pertanyaan jamak bagi orang tua muda yang sedang menghadapi masa tumbuh kembang anak. Bahkan tidak jarang ayah bunda harus menghadapi pertanyaan-pertanyaan sulit dari anak yang sedang memiliki rasa penasaran yang tinggi. Salah satunya adalah pertanyaan di bawah ini:

Kasus 1

Anak: "Ayah, kenapa waktu masih kecil anak2 boleh cium2. Lalu waktu remaja sudah nggak boleh. Lalu waktu sudah menikah boleh lagi. Kenapa????"

Ayah: "%$&*(%@$%^**(*&%% (Bingung)"

Kasus 2

Anak: "Ayah, si Olaf (nama kucingnya) dikasih pacar dong." 

Ayah: "Kenapa ?"

Anak: "Supaya punya anak."

Ayah: "Memangnya pacar itu apa sih ?"

Anak: "Nggak tau"

Pertanyaan ini sudah seharusnya dijawab oleh ayah bunda secara bijak. Bagaimana cara menjawab model pertanyaan ini seperti yang baik dan mendukung tumbuh kembang anak, berikut jawaban Nasaruddin Umar, psikolog anak dari Universitas Indonesia. Selamat menyimak.

Ayo bagikan pengalaman ayah bunda di sini terkait pertanyaan apa saja yang anak ayah bunda tanyakan dan apa respon Anda ketika itu dengan klik button Answer di bawah pertanyaan ini. Sertakan juga ya ilustrasi/gambar yang mendukung.

Pertanyaan terbaik akan dijawab langsung oleh Nasaruddin Umar dan mendapatkan kaos Selasar. 

2 answers

Sort by Date | Votes
Anonymous

Pertanyaan paling susah yang ditanya oleh anak saya adalah

“Tuhan ada di mana?

Waktu saya menjawab,

“Nak, Tuhan itu dekat dengan kita. Tuhan itu selalu ada di hati setiap orang yang saleh, termasuk di hati kamu, Sayang. Jadi, Tuhan selalu ada bersamamu di mana pun kamu berada.”

Menurut Bapak psikolog bagaimana dengan jawaban tersebut?

Answered Sep 5, 2017
Komunitas Anak Pintar
Akun resmi Anak Pintar, tempat berkumpulnya anak-anak indonesia

Pertanyaan menantang yang pernah dilontarkan anak apabila terkait dengan pemahaman abstrak yang belum sesuai dengan pemahaman kognitif anak

Answered Jan 10, 2018