selasar-loader

Siapa itu Fiersa Besari?

Last Updated Aug 31, 2017

3 answers

Sort by Date | Votes
Martina Mochtar
Istri dari seorang pecinta sosial, dan Ibu dari seorang Bocah Pemberani

Saya kenal Fiersa Besari kurang lebih 12 tahun lalu. Rasanya saat itu, dia adalah satu-satunya akang ter-"mencrang" di kampus karena kulit putihnya (setidaknya dibanding saat ini) dengan rambut gondrong khas anak band yang "hits" pada masa itu. Saya kenal baik dengan pacarnya dulu. 

Di kampus, Fiersa lebih dikenal sebagai anak band dengan hobby photography-nya.

ZRNclWu-GynGzR37IAy_dMbWsog7HL1W.jpg

 Di tahun-tahun terakhir perkuliahan, Fiersa memang mulai terlihat unik. Beberapa mahasiswa juga mulai merasakan keunikan yang saat itu kami pikir sebagai "keanehan". Fiersa yang semula agak jahil dan senang bergaul, tiba-tiba sering terlihat sendiri di pojok kampus. Gaya berbusananya juga tidak seperti awal saya mengenal dia. Lebih cuek. Walau sudah sangat jarang berinteraksi, saya sering melihat deretan puisi yang ia produksi pada laman Facebook. Saat itu, yang ada dalam pikiran saya hanyalah "Fiersa lagi galau berat".

Saya kemudian lulus, meninggalkan kampus sehingga tidak pernah lagi melihat Fiersa. 

Lama berselang, saya menyadari banyak postingan blog Fiersa di linimasa Facebook saya. Biasanya, saya selalu acuh, namun ada satu komentar yang menarik perhatian saya. Kurang lebih tulisannya seperti ini "Kakak, saya suka sekali sama tulisan dan lagu-lagu kakak". Ternyata itu hanyalah salah satu komentar. Ketika saya mengeklik view all, tampaklah komentar-komentar serupa lainnya.   

Sontak, yang terpikir dalam benak saya adalah "Haaah, Fiersa punya fans???" 

Keingintahuan menggerakkan saya untuk membuka pranala blog-nya. Di situ, saya menemukan catatan panjang Fiersa yang sedang menjelajahi Indonesia dengan dana seadanya. Ia menggambarkan keindahan yang ada melalui narasi maupun puisinya. Angka follower yang berhasil ia himpun membuat saya menyimpulkan bahwa ini "tidak biasa". 

Setelah itu, beberapa kali saya melihatnya di stasiun TV, membahas sebuah puisi, musik, dan buku yang ia hasilkan. 

Fiersa terlihat lebih talkative, tidak seperti terakhir kali saya melihatnya di kampus. Fiersa berhasil mempertahankan passion-nya. Dia konsisten dengan apa yang ia sukai. Tidak semua paham, tidak semua suka, bahkan banyak juga yang mencibir. Tapi konsistensi dan keyakinan yang ia miliki akhirnya menjadikan Fiersa Besari menjadi sosok yang saat ini dikenal. Fiersa adalah sosok dengan deretan karya puisi, musik, buku, 7000 lebih pengikut Youtube, belasan ribu pengikut di Facebook, 165K pengikut Instagram dan apresiasi-apresiasi lainnya. 

Congratulations, Fiersa.... 

Answered Sep 6, 2017
Erin Nuzulia Istiqomah
Project Compiler at Selasar, Editor, Penikmat Buku

Setelah membaca jawaban dari Teh Martina Mochtar  mengenai temannya di atas, saya jadi penasaran dengan si akang Fiersa ini. Mungkin karena lingkungan saya kurang bergalau-galau ria, saya sebelumnya sama sekali tidak mengetahui siapa Fiersa ini. Akhirnya saya mencari tahu sebanyak-banyaknya mengenai beliau, semakin mencari, semakin penasaran ehehehe.

Ketika saya berusaha mencari mengenai Fiersa melalui Google, saya tidak menemukan halaman yang bisa menceritakan sosok ini secara lengkap. Informasi mengenai akun sosial media Fiersa berada di paling atas di halaman pencarian. Saya membaca dan mencari infonya satu persatu.

1Nxx-zjtmUmqVLXud4I668dAvkZdo--7.jpg

Fiersa memiliki akun Twitter dengan nama @FiersaBesari. Pada profil bionya, ia menyatakan bahwa ia (suka) menulis, bermusik, merekam, berkelana. Maka isi tulisan ini akan berhubungan dengan segala aktivitas Fiersa Besari dalam semua kegiatan favooritnya itu.

Fiersa juga telah menerbitkan buku dengan judul Catatan Juang (pembahasan mengenai buku ini akan saya ulas di bawah). Fiersa juga menyatakan bahwa ia bagian dari @Kerabat_Kerja dan @EigerAdventure.

@Kerabat_Kerja adalah akun twitter yang berisi informasi seputar pertunjukkan/ dokumentasi/ kegiatan Fiersa Besari. Saya menduga, @Kerabat_Kerja inilah yang ada di balik layar dalam semua kegiatan Fiersa. Sedangkan akun @EigerAdventure adalah akun twitter salah satu merek fashion. Mungkin Fiersa adalah salah satu brand ambassador dari merek ini.

Kembali ke akun twitter Fiersa, ia juga mencantumkan kontak jika ingin mengundangnya. Kamu bisa mengontaknya via Vipadi dengan nomor telepon 081223438910 atau melalui email di besarifiersa@gmail.com.

Sejauh ini, akun twitter Fiersa memiliki follower sebanyak 591.000 orang. Fiersa termasuk salah satu tokoh yang masih memanfaatkan twitter sebagai salah satu media sosialnya. Hal ini terlihat, hingga saat saya menuliskan tentangnya, Fiersa masih aktif ngetwit. Ia telah mengetwit sebanyak 16.2K dan 2.435 di antaranya berisi foto dan potongan quotenya yang berbentuk gambar.

Selama saya menikmati akun twitter @FiersaBesari, saya menemukan hampir semuanya adalah quote yang berisi tentang romansa cinta atau hal-hal yang berkaitan dengan sendunya cinta. Sebagai contoh adalah twit berikut ini

bVIrzxMuXZ_VFWky5XNxR151ZelhyQJj.png

Tidak hanya berisi dengan quote yang hampir semuanya adalah cinta, ya kan cinta universal hehehe, ia juga ngetwit tentang film yang akan tayang. Pada bagian ini, mungkin ia menjadi salah satu endorser dari film tersebut. Lainnya adalah potongan postingan videonya di Youtube. Pembahasan mengenai isi Youtubenya di bawah yah.

Fiersa juga terkadang mempromosikan acara yang akan didatanginya dengan memposting posting acara tersebut di akun twitternya. Bagi saya, ia termasuk salah satu pesohor yang aktif di twitter sehingga tidak sulit untuk mengetahui lebih dekat tentangnya.

Saya pun beranjak ke akun youtubenya. Kamu dapat melihat segala video yang pernah dibuatnya di akun Youtube Fiersa Besari. Sepertinya ia memang cukup terkenal dan memiliki banyak penggemar. Akun Youtubenya telah di-subscribe sebanyak 71.809 akun. Video buatannya sudah puluhan, saat saya memperhatikan akun Youtube-nya, sudah ada hampir 30 video yang di-posting­-nya.

Fiersa juga membagi akun Youtubenya ke dalam 4 playlist dengan judul Mari Diskusi, Kerabat Kerja, Proyek 12 Lagu, dan Sebuah Jurnal.

Mari Diskusi berisi tentang kisah Fiersa Besari dalam menyelami aktivitas yang disukainya. Ia membuat video layaknya vlogger lainnya. Ia menjadikan dirinya sebagai center dan membagikan ceritanya mengenai menulis, musik, bahkan kegiatan edit videonya.

Kerabat Kerja berisi tentang kegiatan atau dokumentasi aktivitas Fiersa sebagai musisi ketika manggung. Tentu saja ini ada dibuat oleh @Kerabat_Kerja sebagai partner kerjanya. Pada video manggung ini, ketika Fiersa menyanyi, sontak hampir seluruh penonton yang rata-rata perempuan, akan terdengar ikut menyanyi bersamanya. Hmmm, rasanya saya memang tidak bergitu update mengenai Fiersa, sampai saya cukup kaget melihat dokumentasi manggungnya.

Selain itu, gayanya ketika menyanyi juga unik, ada satu video yang memperlihatkan ia memegang gitar sambil bernyanyi, tetapi topinya menutup mata sebelah kirinya. Di video lagunya yang lain, ada juga tentang berbagai aktivitas adat dan tempat yang telah ia kunjungi di Indonesia.

Proyek 12 Lagu, playlist ini sepertinya adalah proyek lagu yang direncanakan akan dikerjakan dalam waktu satu tahun. Saat ini, dalam Playlist tersebut baru berisi tiga buah lagu, yang masing-masing judulnya adalah Pemeran Pengganti (Januari), Belum Punah (Februari), dan Dirgahayu (Maret). Tentu kita menunggu 9 lagu lainnya yang mungkin akan dikeluarkan setiap bulannya.

Sedangkan Sebuah Jurnal berisi mengenai berbagai tempat yang telah ia kunjungi seperti Gunung Sindoro, Gunung Patah, Labuan Bajo, Kepulauan Seribu, Selayar, Gunung Moreno, Bima, Banyuwangi, Malang, dan berbagai kota lainnya. Ia mengunjungi berbagai tempat bersama temannya dalam rangka mencari jati dirinya sendiri, mengikuti suatu event karena diundang oleh sponsor, atau mempromosikan bukunya di berbagai kota bersama penerbit. Dalam video ini, ia banyak mengeksplor keindahan Indonesia sehingga sangat direkomendasikan untuk menonton video ini.

Pada akun Youtubenya, penonton di setiap video Fiersa ini selalu di atas angka puluhan ribu, bahkan belasan videonya ditonton hingga ratusan ribu kali. Ini memang menandakan kualitas Fiersa sebagai seorang seniman yang memiliki banyak penggemar dan pengikut yang selalu menunggu-nunggu karya yang dibuatnya.

Saat mencari tahu tentang Fiersa, saya menemukan banyak sekali quote yang dikutip dari berbagai buku yang telah diterbitkannya ini. Fiersa telah menerbitkan tiga buah buku, ia cukup produktif, tidak hanya video, ia juga menerbitkan buku. Lainnya, ia ternyata telah mengeluarkan puluhan lagu. Oke kembali ke bukunya, buku karyanya adalah Garis Waktu, Konspirasi Alam Semesta, dan Catatan Juang.

Saya pribadi memang belum pernah membaca bukunya, saya bahkan belum pernah melihatnya di toko buku, entah...(more)

Answered Mar 15, 2018
Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Siapa yang tak kenal Fiersa Besari? Lelaki kelahiran Bandung, 3 Maret itu memang sedang digandrungi banyak remaja masa kini. Namun, saat mencoba mengetikkan namanya di mesin pencari Google, tidak banyak laman yang menyuguhkan kita perkenalan lengkap soal dirinya. Nah, sekarang, coba kenalan yuk dengan penulis sekaligus musisi asal Bandung ini!

Fiersa Besari, atau yang lebih akrab disapa Bung, adalah seorang penulis buku sekaligus musisi asal Bandung. Seperti yang dituturkan oleh Martina Mochtar di Selasar, saat di kampusnya dulu, Fiersa adalah satu-satunya akang ter-“mencrang” di kampus karena kulit putihnya serta rambut gondrong khas anak band yang sedang hits pada masa itu. Di tahun-tahun terakhir perkuliahan, Fiersa mulai terlihat unik. Fiersa yang semula agak jahil dan senang bergaul, tiba-tiba sering terlihat sendiri di pojok kampus. Gaya berbusananya juga terkesan lebih cuek.

https://4.bp.blogspot.com/-TmESVukPlC8/WM9NIlMHQHI/AAAAAAAAADQ/yGa61aij3Xws0pC04vKmiWMkSa5WlC8PQCLcB/s1600/medkit.jpg fiersabesari.blogspot.com

Setelah menyelesaikan pendidikannya di jurusan Sastra Inggris di STBA Yapari ABA Bandung, Fiersa Besari atau yang juga akrab dengan panggilan Bung ini malah menjauhi disiplin ilmu yang telah ia pelajari dan berujung membuka studio rekaman. Di studio rekaman inilah ia mengenal banyak musisi sekaligus mengembangkan karir musiknya. Bung kemudian merilis beberapa album solo sejak tahun 2012 sebelum mengalami fase patah hati dan akhirnya berkelana keliling Indonesia selama tujuh bulan untuk mencari jati diri. Wah, benar-benar keren, ya, Fiersa Besari ini!

Fiersa Besari dan Lagu-lagu Galau

Berbicara soal karier musiknya, Fiersa Besari aktif bermusik sebagai vokalis band indie postrock Climacteric hingga menelurkan album bertajuk '11:11' (2012) dan berlanjut dua album berikutnya. Kemudian, “Tempat Aku Pulang” menjadi album keduanya. Setelah mengeluarkan album, dia mengeluarkan album buku yaitu Konspirasi Alam Semesta yang berisi 14 lagu, dibarengi dengan naskah albook (album/buku). Bung memiliki hobi membaca sampai dia pun mendirikan komunitas bernama Pecandu Buku.

Fiersa banyak menciptakan lagu bertema cinta dan patah hati. Diksi-diksi yang ia gunakan terkesan sederhana, tapi tetap kaya makna. Musiknya yang easy listening bisa membuat banyak orang ketagihan untuk mendengarkan lagu-lagunya, terutama bagi mereka yang sedang galau dengan asmara.

vepqgBVl-TSzMwGGpJyG8cxaCYsV80xX.jpg pixabay

Kalau kamu mau coba mendengarkan lagu-lagunya, https://tambo.co.id merekomendasikan empat lagu dari Fiersa Besari yang akan selalu siap menemani kegalauanmu.

1. “Juara Kedua”

Lagu ini merupakan single pertama dari album ketiga yang dirilis tanggal 7 Juni 2015. Lagu ini menjadi salah satu lagu yang wajib ada di playlist musik karena lagunya yang easy listening dan diksi-diksi yang digunakan seolah tepat menggambarkan lelahnya seseorang yang terlibat cinta segitiga.

Mampukah kekasihmu setangguh aku
Menunggu tapi tak ditunggu, menahan tapi tak ditahan

Itu adalah kutipan lirik lagu “Juara Kedua”. Lagu ini mengisahkan tentang laki-laki yang telah lama menjalin kasih dengan seorang gadis tanpa sepengetahuan kekasih si gadis. Namun lama kelamaan, dia lelah mencintai gadis itu secara diam-diam. Akhirnya, dia menuntut kepastian dari si gadis. Dia tak ingin lagi hanya menunggu dan bertahan.

Lagu ini menyiratkan bahwa cinta harus punya kepastian. Cinta segitiga harus diakhiri, walaupun itu akan menyakiti salah satu di antara mereka. Namun, bahagia tanpa harus menyakiti pihak lain adalah pilihan yang harus ditetapkan.

Fhbj6o-NzlBIrIKdmc9TdeFpXbojEhT4.jpg pixabay

2. “Melangkah Tanpamu”

Kalau lagu yang satu ini adalah salah satu lagu dari album pertama Fiersa, “11:11”. Lagu ini mengisahkan seseorang yang merasa menyesal telah meninggalkan kekasihnya. Kini, dia tak tahu harus bagaimana menjalani hidupnya tanpa kekasihnya. Dia berharap ada jalan untuknya yang ingin kembali. Namun, kini dia tak tahu di mana keberadaan kekasihnya sekarang dan kini dia hanya tersiksa dalam rasa rindu. Berikut ini adalah kutipan lirik lagunya. Siap-siap jadi galau, ya!

Aku yang bodoh melepasmu
Hal terbaik yang pernah ada
Di hidupku kini aku tak tahu
Bagaimana cara melangkah tanpamu

3. “Nadir”

Lirik dalam lagi ini pas untuk kamu yang sedang terbayang-bayang mantan. Lagu ini seakan mendukung kegalauanmu, berkisah tentang seseorang yang ingin mengulang masa-masa indah sebelum dia dan kekasihnya berpisah.

Sebelum dirimu pergi
Dan janjimu hilang arti
Lihatlah perjuanganku
Namun jika memang harus
Berakhir sampai di sini
Biar ku berharap dengan hati yang keras kepala

Dari liriknya, "si aku" jelas masih sangat mendambakan kekasihnya. Dia meminta untuk mempertimbangkan kembali keputusan kekasihnya sebelum benar-benar ingin pergi. Dia berharap agar kekasihnya melihat perjuangannya selama ini. Dia akan memohon dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh, walau kini dia dan kekasihnya bagai dua orang asing yang tak saling tanya. Waduh, galau maksimal yang tidak terelakkan, nih!

4. “Hingga Nafas Ini Habis”

Meski hidup berat
Kau memilikiku
Ku kan menjagamu
Hingga nafas ini habis

Dari liriknya yang dalam, lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang tak ingin kehilangan kekasihnya. Dia berharap untuk akan selalu bersama, tetap saling memilik dan akan selalu ada di kala suka dan duka selamanya, sampai akhir hidupnya.

Lagu mana yang paling cocok dengan kamu?

Mgj8EkyRy6AJrz19cIPtyxycoCJ3TVym.jpg youtube

Memulai Perjalan Karier sebagai Penulis

Tulisan-tulisan Fiersa kerap diunggah di dunia maya. Publik pun makin mengenalnya. Sejak sebuah buku miliknya yang berjudul Garis Waktu diterbitkan oleh MediaKita (Agromedia Group), dia mantap berkiprah sebagai penulis. "Dari awal musik dulu, menulis itu bagi saya cuma senang-senang saja. Bukan jadi pembaca buku yang gila, tapi intensitas membaca saya sudah lebih baik dari dulu," ujar Fiersa seperti dikutip dari hot.detik.co (20/02/2018).

Pada bulan April 2013, pria yang akrab disapa Bung itu mulai berkeliling Indonesia. Dia mencoba mencari jati diri dan memahami arti dari perjalanan. Selama delapan bulan, Fiersa mulai menjelajah. Penjelajahannya berawal dari kota asalnya di Bandung, lalu ke Sumatera sampai Titik Nol di Pulau...(more)

Answered Mar 18, 2018

Question Overview


4 Followers
28876 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apakah Michael Jackson benar-benar memiliki dampak positif bagi industri musik?

Menurut Anda, negara manakah yang menguasai industri populer saat ini?

Apakah Inggris benar-benar bergantung pada Simon Cowell dan ajang pencarian bakat untuk menghasilkan musisi atau grup vokal?

Mengapa lagu-lagu The Beatles masih tetap digemari hingga beberapa generasi setelah mereka?

Menurut Anda, seperti apakah budaya populer dunia 50 tahun ke depan?

Mengapa lagu-lagu zaman sekarang memiliki umur popularitas yang singkat?

Apa lagu yang paling menggetarkan hati yang pernah Anda dengarkan?

Apa grup band Indonesia yang paling Anda sukai?

Bila inti puisi dan lirik musik rap sama-sama menitikberatkan pada rima, bukankah puisi bisa dijadikan lirik rap?

Apa pendapatmu tentang Rich Chigga?

Siapa Mar'ie Muhammad?

Siapa Seno Gumira Ajidarma?

Siapa Gaffari Ramadhan?

Siapa Fithra Faisal Hastiadi?

Siapa Edho Mahendra?

Siapa Bane Raja Manalu?

Siapa Ronny P Sasmita?

Siapa Pramudya Oktavinanda?

Siapa Hasan Nasbi Batupahat?

Apa definisi dokter yang sukses menurut Anda?

Apa saja hal yang membuat Bandung lebih baik dari kota-kota lainnya?

Tempat hiburan malam apa yang paling "undercover" di di Bandung?

Apa saja tempat wisata yang mengesankan dan wajib dikunjungi di Bandung?

Apa saja fakta-fakta yang paling mengerikan tentang Bandung?

Apakah yang menarik di Kota Bandung?

Menurut Anda apakah Bandung kota yang toleran?

Apa yang membuat kota Bandung demikian memikat dan berkesan buat Anda?

Gedung bersejarah mana saja yang bisa dikunjungi pesepeda di Bandung?

Bagaimana sejarah dari rivalitas klasik antara Persib dengan Persija?

Kuliner apa yang paling Anda sukai jika berada di Kota Bandung?

Mengapa generasi milenial sangat menjadi sorotan di masa ini?

Apa pekerjaan favorit generasi milenial?

Bagaimana tipe bos yang dibutuhkan para generasi milenial?