selasar-loader

Kebaikan kecil apa yang Anda lakukan hari ini?

Last Updated Aug 29, 2017

5 answers

Sort by Date | Votes
Ibnu Zubair
Menolak tua dengan rutin tertawa

wzE_3D4oqMNwbFiih2Me13cvnN9CS1Hn.jpg

sumber foto: wordpress.com

Salah satu ketidakbiasaan yang saya lakukan hari ini adalah bersepeda keliling komplek. Biasanya program keliling ini bertujuan untuk merenggangkan otot otot kaku yang sering datang. Mungkin akibat jarang berolah raga, dan keliling ini menjadi semacam pengganti olah raga. Sekalipun gerakannya tidak teratur tapi efeknya cukup menguras tenaga dan berkeringan.

Hari ini tanpa sengaja, saya gunakan sepeda sebagai teman berkeliling, sekaligus mengetes kembali kemampuan bersepeda dan sepedanya juga kebetulan sudah lama tidak digunakan. Ketika sedang berkeliling itu tanpa sengaja menabrak pot bunga yang berada dipinggir jalan. Pot bunga yang indah itu pecah seketika, tapi kembang yang ada dalam pot tidak ikut terburai, karena akarnya cukup kuat.

Saya berusaha memberitahu pemilik pot, kalau saya telah memecahkan potnya. Namun pemilik rumah, rupanya tidak ada, dan kejadian itu tidak ada yang melihatnya. Atas situasi itu sempat terjadi perang batin sesaat. Antara harus mengganti atau kabur meninggalkan pot yang pecah itu, karena toh tidak ada yang melihat, paling-paling kalau pemiliknya tahu, ia hanya akan marah dalam hati tanpa tahu harus marah pada siapa.

Tapi pikiran sesat yang terakhir burung saya lakukan. Buru buru saya pulang ke rumah untuk mencari pot yang baru. Kebetulan ada satu pot yang belum ditanami, tapi sudah ada tanah didalamnya. Setelah tanahnya saya keluarkan, segera saya ke tempat pot pecah tadi. Tak lupa saya beritahu satpam komplek, kalau pemilik rumah komplain dengan potnya, tolong beritahu kalau saya yang memecahkannya dan akan saya ganti jika tidak berkenan dengan pot baru yang saya berikan tersebut.

Setelah selesai saya rapikan tanamannya, lalu saya pulang dengan hati lapang. Mungkin keberanian dan kesigapan tersebut, menjadi cerita kecil saya di hari Sabtu (2/9/17) ini.

Answered Sep 2, 2017
Elvin Sujatmiko
Writer | Minimalist| Student College in Universitas Pertamina

menggunakan fasilitas umum, membantu perkenomian Indonesia

Answered Sep 3, 2017
Pepih Nugraha
Mengikuti perkembangan gaya hidup setelah membaca buku Jean Baudrillard

6XpORqcTremgkq67gN16p03n2dsAUL3c.jpg

Hari ini saya memberi makan emak kucing liar yang melahirkan dua anaknya di teras rumah. Entah kenapa, sejak dari dulu rumah saya sering menjadi tempat kucing beranak. Ada Neige, ada Noir, ada Jolie, itu semua nama anak-anak kucing liar yang lahir di depan rumah dalam kurun waktu berbeda, kemudian setelah dewasa mereka menghilang entah ke mana.

Sebenarnya kucing liar berbulu kelabu itu sudah melahirkan dua anaknya sejak seminggu lalu, tetapi berhubung kami sekeluarga pulang kampung untuk melaksanakan ibadah kurban, maka kucing liar itu telantar selama beberapa hari. Ia melahirkan di atas kardus berisi buku-buku yang masih saya pakai. Sebelum mudik, kami menyediakan ikan untuk ibu kucing agar ia punya air susu untuk kedua anaknya.

Apa kebaikan yang saya lakukan hari ini? Kalau itu dianggap sebagai kebaikan, tidak lain adalah memberi makan kucing liar itu selepas solat subuh. Ibu kucing sempat memindahkan kedua anaknya ke kamar depan dan mengisi salah satu lemari baju tanpa pintu berbentuk kotak. Saya bersama Gadis, anak saya, menurunkan kembali ibu kucing dan mengangkat dua anak kucing itu dengan hati-hati, memindahkannya kembali ke dalam kardus di teras rumah.

Tatkala saya kasih makan, kucing itu menyambar kepala ikan kakap dengan lahapnya. Ketika saya menambahkannya dengan nasi yang sudah saya kepal-kepal dengan sosis sisa kemarin, nasi-sosis itu pun dia makan juga, seakan-akan di perutnya masih tersisa ruang yang luas untuk menampung makanan itu.

Kebaikan yang tidak penting juga sih.  

***

 

Answered Sep 4, 2017
Venusgazer E P
A man who loves reading, writing, and sharing

Menjelang malam saya menerima telp dari seorang ibu. Dia adalah istri teman saya. Menanyakan apakah saya ada di rumah. Karena saya tidak punya agenda kemana-mana, saya jawab saya ada di rumah. si ibu itu lapor bahwa akun taksi online suaminya disuspend. Kebetulan memang saya yang membantu suaminya mendaftarkan menjadi driver taksi online dan mengajarkan bagaimana menggunakan aplikasi dalam prakteknya di lapangan.

Saya pikir mereka akan datang ke rumah namun ternyata sudah terjadi miskomunikasi. Ibu itu telp lagi dan saya ditunggu di rumah mereka. Segera saya ke rumah mereka. Sesampai di sana, sang suami sedang bertelepon. Saya pikir dengan admin taksi online. Rupanya dengan "orang bank".

Rupanya penelepon sedang memandu teman saya tadi dalam menggunakan aplikasi mobile banking. Si penelepon meminta kode/passowrd login yang dikirim via sms. Ujung-ujungnya si penelepon mengatakan bahwa akan dilakukan transfer ke rekening sebesar 2 juta ke akun mobile banking. Syaratnya harus ada rekening lain.

Ada kejanggalan yang saya  perhatikan. Pertama gaya bicaranya bukan gaya bicara seorang customer care. Kedua, diharuskan ke ATM secepatnya. Ketiga, telepon tidak usah ditutup. 

Sebelum ke ATM saya coba amati urutan sms-sms yang masuk dan pengakuan teman tadi.Ternyata memang si penelepon meminta dia untuk download aplikasi m-banking. Orang akan mudah percaya bahwa sms-sms yang masuk memang dari nomor bank/bukan nomor ponsel biasa. Saya cek dari sms yang masuk, sepertinya sudah terjadi penarikan dana.

Saya coba cek nomor telp si penelepon, ternyata berasal dari nomor ponsel pribadi. Saya katakan bahwa ini pasti penipuan. Akhirnya kami tidak ke ATM dan menutup telp. Untung tidak sampai melakukan transaksi sebesar 2 juta. Tetapi teman sudah kehilangan 180 ribu, Jumlah maksimal yang bisa ditarik dari saldo di rekeningnya.

Sekitar pukul 10 malam saya mendapat telp dari teman itu. Dia habis dari ATM untuk cek apa benar uang ditarik orang. Betul ternyata! Lalu dia coba hubungi no telp tadi. Lucunya si penipu malah maki-maki duluan.

Begitulah kisah 'kebaikan' hari ini yang bisa dibagikan. Modus operandi penipuan sekarang bermacam-macam. Harus hati-hati menerima telp atau sms dari nomoryang tidak dikenal. Juga jangan mudah panik, tenang dalam memahami situasi. Jika ragu cobalah search di Google karena biasanya banyak kisah penipuan yang dishare di sana.

 

Answered Sep 5, 2017

Bantuin orang tua kerja

Answered Sep 5, 2017