selasar-loader

Apa yang kalian semua harapkan untuk pendidikan di Indonesia?

Last Updated Aug 27, 2017

...karena setiap anak memiliki bakat masing-masing dan mempunyai keunikan masing-masing

8 answers

Sort by Date | Votes

Melihat keadaan Indonesia saat ini memang sangat menyedihkan. Bukan hanya permasalahan sarana dan prasarana pendidikan di Indonesia, bahkan orang-orang yang seharusnya menjamin pendidikan di indonesia pun justru mencuri hak anak bangsa dengan melakukan korupsi dana pendidikan yang seharusnya dapat dimanfaatkan bersama untuk kepentingan generasi muda Indonesia.

Pendidikan yang hanya terpusat atau terfokus di daerah perkotaan atau yang mudah terjangkau merupakan permasalahan utama di Indonesia. Sementara di daerah terpencil atau daerah perbatasan justru kurang perhatian bahkan dicampakkan. Lebih parah lagi, banyak anak-anak bangsa di daerah perbatasan yang tidak mengenal akan bangsa dan negaranya sendiri apalagi mengenai pengetahuan umum.  Bahkan puluhan tahun kedepan ratusan bahkan ribuan pulau-pulau terluar Indonesia akan diambil alih oleh Negara lain. Ini semua karena masalah Negara kita yang menganggap sederhana permasalahan akan perlunya perhatian lebih untuk masyarakat di daerah terpencil dan perbatasan padahal perhatian itu sangat dibutuhkan agar tidak terjadi diskriminasi dan kesenjangan yang jauh.

Saya berharap pada era kepemimpinan Presiden Jokowi ini dengan program Nawacitanya akan dirasakan dampak positifnya oleh seluruh masyarakat khususnya di daerah pelosok. Harapan saya jauh kedepan Indonesia menjadi lebih baik sumber daya manusianya, semua itu dapat terwujud jikalau dimulai dari sekarang yaitu menigkatkan mutu pendidikan anak-anak bangsa. Bukan hanya di Ibu Kota, tetapi juga di daerah pelosok dan perbatasan. Oleh karena itu mari kita semua tumbuhkan rasa sadar dan cinta kita terhadap sebangsa dan setanah air kita. Kita satukan niat kita untuk membangun Indonesia yang jauh lebih baik kedepan, kita bulatkan tekad bersama untuk mempertahankan dan melanjutkan apa yang telah ada saat ini, kemudian marilah kita melangkah bersama-sama sebagai generasi muda untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan para pendahulu kita.

 

Ini adalah jawaban saya atas pertanyaan mengenai pendidikan di Indonesia sekarang.

Gantyo Koespradono 

Nama : Esti Febri Ariyanti
NRP : 2015110145
Kelompok : Muda - Mudi

Answered Sep 17, 2017
Andika Gies
Psychology University of Indonesia | Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta

Pendidikan adalah pintu gerbang untuk membangun peradaban. Tidak ada peradaban tanpa pendidikan. Oleh karenanya, harapan saya, pendidikan di Indonesia dapat melahirkan generasi-generasi yang unggul dalam menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas demi mengisi perjuangan membangun peradaban Indonesia di masa depan. 

Selain itu, pendidikan jangan hanya menjadi pabrik yang akan menelurkan benih-benih pekerja untuk menjawab kebutuhan para pemilik modal. Tidak baik jika masyarakat hanya menjadi pekerja tanpa ada karya nyata untuk kemakmuran bangsanya.

Answered Nov 1, 2017
Zaki Vernando
Material Physics Student | Rumah Kepemimpinan

Indonesia, saat ini untuk tingkat partisipasi pendidikan, terus mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Namun sayangnya, mutu pendidikan yang diperoleh oleh masyarakat, terutama anak-anak, masih belum setara. Ketimpangan mutu pendidikan yang ada di daerah dengan di perkotaan masih sangat jauh menurut saya. 

Seperti yang dikatakan oleh Asisten Direktur Jenderal untuk Pendidikan di UNESCO, bahwa kesenjangan mutu pendidikan masih menjadi kendala bagi banyak negara, khususnya Indonesia.

Saya sendiri berasal dari daerah, dan dan saya merasakan bagaimana ketimpangan tersebut terjadi. Kendala utama yang di alami oleh anak-anak di daerah pada umumnya adalah keterbatasan informasi yang bisa mereka akses. Berbeda dengan di daerah perkotaan, dimana informasi dapat dengan mudah di akses.

Harapannya, ketimpangan mutu pendidikan ini dapat berkurang, atau bahkan hilang sama sekali. Setiap anak itu berhak mendapatkan hak yang sama dalam pendidikan. Mereka berhak mendapatkan mutu pendidikan yang sama, sehingga mereka tidak jauh tertinggal dari teman-temannya yang berada di daerah perkotaan. 

Anak-anak Indonesia adalah masa depan bangsa, merekalah yang akan melanjutkan estafet perjuangan bangsa. Masa depan bangsa Indonesia, ada di tangan mereka. 

Answered Dec 2, 2017
Haekal Akbar
Head of HIMATEKPAL FTK-ITS 2016/2017 | Rumah Kepemimpinan Surabaya

Pertama-tama harus dipisahkan makna tentang pendidikan dan bersekolah. Karena pada saat ini dua frasa tersebut seringkali disama artikan. Pendidikan yang dimaksud di sini adalah bagaimana memberikan pengetahuan dan wawasan kepada seseorang dengan berbagai macam cara. Tak terbatas papan tulis, kursi-meja, dan baris-berbaris.

Pendidikan di Indonesia kin harus bisa melihat zaman dari berbagai aspek. pertama adalah bagaimana dunia bergerak. kedua adalah bagaimana karakter generasi murid sekarang. ketiga metode apa yang sesuai untuk diberikan.

Melihat dunia bergerak dimaksud dengan memahami kebutuhan dan bagaimana lingkungan sekitar senantiasa berubah. Upgrade pola pendidikan yang disesuaikan dengan keadaan kekinian sungguh dibutuhkan untuk bisa menciptakan generasi-generasi yang cakap membaca keadaan juga lihai menghadapinya. Kemampuan untuk membaca dunia ini dimaksudkan bagaimana pola pendidikan tidak hanya terpaku pada satu atau dua instrumen yang dapat diandalkan, tapi bagaimana cara mengondisikan sebuah keadaan yang dapat diterima sebagai suasana mendidik-terdidik. Hal ini sangat dibutuhkan melihat bagaimana perkembangan dunia begitu cepat dengan berbagai kemudahannya. Pelajaran kini tidak hanya keluar dari mulut-mulut berbusa guru di hadapan papan tulis, tapi juga lahir di layar-layar handphone, arus dunia maya, juga layar-layar kaca.

Memahami karakter murid dimaksud dengan bagaimana menyesuaikan materi pendidikan dengan keadaan karakter generasi kekinian. Teori-teori mengenai sifat-sifat generasi yang diakibatkan kondisi dunia yang berubah-ubah perlu dipahami dalam membentuk kondisi pendidikan yang kondusif dan sesuai dengan kebutuhan generasi. pendekatan-pendekatan khusus berkait dengan zaman yang berubah sangat dibutuhkan untuk mengondisikan efektivitas pendidikan yang diberikan.

metode yang sesuai dimaksud dengan strategi dan teknis pendidikan yang diberikan kepada murid. Hal ini menjadi krusial karena metode yang tidak cocok dengan kebutuhan dan karakter murid akan menjadi kesia-siaan. Karena ketercapaian materi yang diinginkan akan berbanding lurus dengan kesuaian metode yang diberikan.

pada hakikatnya pendidikan yang sebenarnya adalah bagimana memanusiakan manusia, mengembalikan manusia kepada hakekatnya sebagai seseorang yang merdeka. Pendidikan yang sebaik-baiknya adalah pendidikan yang membebaskan dari bentuk-bentuk ketertindasan.

Answered Dec 2, 2017
Bob Aditya Hidayat
Ilmu Komunikasi UI 2014 | Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Regional Jakarta Putra

Pendidikan adalah suatu hal yang fundamental dalam mendidik moral bangsa. Yang paling saya harapkan adalah pendidikan dapat membentuk karakter yang baik kepada peserta didiknya. Dengan karakter yang baik, insyaAllah akan bisa membentuk generasi-generasi yang bisa membawa bangsa yang lebih baik.

Answered Feb 26, 2018
Rizky Ananda Putra
Ketua BEM FEB Unair 2018 | Peserta Rumah Kepemimpinan Surabaya

Harapan saya, pendidikan dapat dirasakan oleh semua kalangan, baik yang berada di kota hingga mereka yang berada di ujung desa. Karena beberapa kali saya melakukan pengabdian di daerah daerah terpencil, jamak sekali saya menemukan siswa yang tidak mampu baca tulis

Answered Mar 2, 2018
Kinanti Indah
Mahasiswa Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Universitas Gadjah Mada 2014

mencapai tujuan pendidikan nasional yang menekankan pada pembenahan moral. Dengan demikian diperlukan sistem pendidikan nasional memerlukan aspek pendidikan karakter yang didapatkan dari eksplorasi nilai luhur bangsa.

Answered May 5, 2018
Fikri Mauli Utomo
Mahasiswa Agribisnis IPB 2014 l Rumah Kepemimpinan Angkatan 8

Pendidikan adalah hal terpenting yang menentukan kehidupan seorang manusia. Semakin tinggi pendidikannya maka semakin kuat juga ia dalam menggenggam dunia. Kita mengenal pendidikan dimulai ketika masih dalam gendongan ibu hingga maut menjemput kita. Begitu pentingnya pendidikan, bahkan dalam agama islam dikatakan menuntut ilmu itu wajib hukumnya bagi setiap muslim dan muslimah. Oleh sebab itu, pendidikan menjadi hal utama dalam pembangunan SDM di setiap negara di dunia ini.

Berbicara tentang pendidikan Indonesia, saya kira masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Setidaknya terdapat tiga permasalahan utama yang terjadi pada pendidikan Indonesia, yaitu 1) tidak meratanya kualitas pendidikan di Indonesia, 2) sistem pendidikan yang masih belum sustain (sering berganti-ganti), dan 3) infrastruktur pendidikan yang masih belum memadai khususnya di daerah-daerah terpencil. Permasalahan tersebut harus dijadikan evalauasi bagi pihak-pihak yang terkait untuk terus berupaya memperbaiki sistem dan kualitas pendidikan di Indonesia. Karena Indonesia memiliki potensi SDM unggul yang siap dididik untuk menjadi solusi bagi permasalahan bangsa ini.

Adapun harapan saya untuk pendidikan di Indonesia, secara umum ada tiga yaitu :

1. Kualitas pendidikan di setiap daerah di Indonesia dapat merata dan memiliki standar yang sama dari segi kurikulum maupun fasilitas pendidikannya. Sehingga, dapat menghasilkan kualitas SDM berpendidikan yang sama dan merata di setiap daerah di Indonesia.

2. Sistem pendidikan segera diperbaiki dan dirumuskan dengan berbagai pihak yang berkompeten. Selanjutnya, sistem pendidikan yang sudah dirumuskan tersebut dapat difiksasi dan tidak ada perubahan yang signifikan lagi.

3. Biaya pendidikan dapat ditekan bahkan di gratiskan mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, setiap anak di Indonesia khususnya yang memiliki kekurangan ekonomi dapat menikmati pendidikan.

Answered May 6, 2018

Question Overview


11 Followers
697 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

Benarkah anak yang suka tantrum memiliki kecerdasan di atas rata-rata?

Benarkah anak yang 'fatherless' berpotensi menjadi kemayu? Mengapa?

Bagaimana cara mengatasi anak yang memiliki rasa ingin tahu berlebih?

Mengapa anak lebih baik tidur di kamar sendiri alias terpisah dari orangtuanya?

Pada usia berapakah anak boleh diajarkan bahasa asing? Mengapa?

Pentingkah mengajarkan bahasa daerah kepada anak?

Bagaimana cara yang bijak menjawab pertanyaan anak tentang seks?

Pentingkah orangtua memberikan nama yang baik kepada anaknya? Mengapa?

Seberapa berbahayakah kondisi anak yang memiliki kedekatan berlebih dengan pengasuhnya?

Mengapa channel mainan di YouTube cenderung memiliki banyak sekali penonton?

Apakah pekerjaan orang tua (Ayah dan Ibu) yang sangat sibuk menjadi penghalang untuk bisa bersama dengan Anda?

Apa faktor yang menyebabkan seorang perempuan berselingkuh dari kekasih atau suaminya?

Apa perbedaan Anda dan pasangan Anda?

Apa persamaan Anda dan pasangan Anda?

Bagaimana rasanya diselingkuhi?

Apa yang melandasi suami mengizinkan istri untuk berkarir/bekerja di luar rumah?

Apa saja yang menjadi alasan sebagian perempuan memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga?

Apa saja yang menjadi alasan sebagian perempuan memutuskan untuk menjadi wanita karir?

Bagaimana cara mengelola amarah terhadap pasangan?

Apa yang harus dilakukan untuk berdamai dan mengembalikan keadaan setelah mengalami pertengkaran dengan pasangan?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapatkan?

Apa tujuan dibangunnya Pertamina Tower UGM?

Pilih mana, menjadi mahasiswa pengabdi IPK atau pengabdi organisasi mahasiswa?

Bagaimana pengalaman pertama mendongeng di depan anak-anak?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Komunikasi?

Apa saja hukum/prinsip fisika yang diterapkan pada sebuah roller coaster?

Apakah HIV dan AIDS itu sama?

Bagaimana cara masuk UI (Universitas Indonesia)?

Mengapa kuliah di Universitas Indonesia begitu menarik dan prestisius?

Mengapa iPod mampu mengalahkan Walkman dalam bisnis peranti musik dunia?

Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

Siapa film director (sutradara film) terbaik menurut Anda?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Mengapa banyak anak perempuan yang menjadikan ayahnya sebagai cinta pertamanya?

Apa perbedaan menulis esai dengan menulis gagasan?

Apa yang menjadi alasan mengapa suatu negara menerapkan bebas visa terhadap negara lain?

Mengapa Indonesia sebagai negara maritim harus mengimpor garam?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Teknik Metalurgi?

Apa perbedaan antara sosiologi ekonomi dan ilmu ekonomi?

Apa yang menyebabkan manusia selalu menilai dari apa yang dia lihat?

Bagaimana efek otonomi daerah terhadap pengontrolan mutu di Indonesia?

Kabupaten apa yang mengalami inflasi paling tinggi pada tahun 2017?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Apa yang dimaksud dengan haram?