selasar-loader

Apa yang akan kamu lakukan bila hidupmu tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan?

Last Updated Dec 1, 2016

12 answers

Sort by Date | Votes

Hasil gambar untuk hidup tidak sesuai harapan

Segera analisis,  kemudian ganti haluan.

Gambar via image-serve.hipwee.com

Answered Dec 11, 2016
Agus Setyono
Pencari Kebenaran

Santai saja. Hidup itu seperti air. Ikuti saja kemana dunia ini mengalir. Kadang kita sudah berjuang keras menuju A, tapi dapatnya B. Selalu syukuri apa yang kita dapat hari ini. Perjuangkan terus kebahagiaan diri. Hidup menurut saya bukanlah kumpulan tujuan di langit, tapi tentang kepuasan dan kebahagiaan diri. Hal-hal sederhana banyak yang membuat kita merasa puas dan lebih hidup.

Answered Jan 19, 2017
Zulfian Prasetyo
Tertarik pada gaya hidup sehat dan pernak-pernik keseharian lainnya.

8y9z59pZVv03hDAiL2xC7Lh6Ovd6KfqQ.jpg

via flatchr.io

 

Pilot tempur. Ini adalah rencana saya. Rencana hidup. Tidak tanggung-tanggung.

Sebagai orang yang senang sekali membuat rencana, saya sudah merancang rencana hidup sejak remaja. Meliuk-liuk di udara, mempelajari dan mempraktikkan manuver Cobra Pugachev dari kokpit Sukhoi Su-27 Flanker, dan kalau perlu mati di udara.

Faktanya, hidup kadang memang suka 'bercanda'. Ketika bercita-cita menjadi pilot tempur, saya mempersiapkan diri dengan cara masuk kelas unggulan di SMP, belajar sejak pukul tiga pagi, ikut les baik di sekolah maupun di bimbingan belajar, dan lari 10-20km seminggu. Harapan saya kala itu, bisa mendapatkan NEM tertinggi di SMP sehingga bisa masuk SMA favorit dan mengambil jurusan IPA sesuai requirement yang ditetapkanTNI AU untuk calon-calon perwiranya. Saya cukup optimis, rutinitas ini akan memudahkan langkah saya masuk SMA Negeri 8 Jakarta sebagaimana yang ditargetkan wali kelas saya kala itu, Bu Endri. Benar saja, NEM saya qualified untuk masuk SMAN 8. Pun demikian halnya NEM seorang teman, Riandhika, yang merupakan NEM terbaik satu angkatan. Dia akhirnya masuk SMAN 8 Jakarta...

...tapi tidak dengan saya.

Ketika itu, bapak saya tidak setuju saya masuk SMA 8. Kemudian standar diturunkan menjadi SMA 81 yang juga unggulan. Masih tidak setuju. Lalu, SMA 42. Tetap tidak setuju.

Pada akhirnya, saya diarahkan ke SMK Negeri 26 Jakarta, dulu terkenal sebagai STM Pembangunan, proyek Soeharto di bidang pendidikan dengan menciptakan sekolah setaraf D1 yang ditempuh selama 4 tahun. Sebagai anak, saya menurut saja. Mau bagaimana lagi? Tidak punya modal apa-apa untuk menciptakan pilihan sendiri.

Saya kemudian membuat rencana baru. Pertama, escape dengan cara lulus bagaimanapun caranya dari SMK N 26, meskipun IPK saya pas-pasan saat itu (kurikulum sekolah saya menerapkan sistem IPK saat itu). Kedua, menemukan passion baru. Ini saya lakukan dengan cara rajin main ke ruang BK (efeknya, saya dikira anak nakal saat itu) dan berkonsultasi dengan para konselor di sana.

Intinya, buat rencana baru. Inilah yang saya lakukan ketika hidup tidak berjalan sesuai yang diinginkan.

Rencana baru saya berjalan dengan baik. Saya berhasil lulus empat tahun dari sekolah ini, artinya rencana pertama berhasil. Selain itu, saya menemukan passion baru selain terhadap pesawat tempur. Passion itu adalah menulis dan mengamati manusia. Maklum, lingkungan saya saat itu relatif homogen di Halim. Sesipil-sipilnya orang, tetap saja ada jiwa militernya. Makanya ketika saya sekolah di Rawamangun, kehidupan berbeda berupa manusia-manusia yang berbeda karakter saya jumpai. Ini kemudian menumbuhkan minat saya untuk memahami manusia. Observasi lapangan ini sesekali saya tulis, jadi sejalan dengan passion menulis.

Passion menulis saya tuangkan di blog bibirkudalaut.blogspot.com. Dari blog itu, terbitlah buku Diary Dodol Pelajar Konyol dan Panjul's Diary. Dari situ, saya jadi punya tambahan uang jajan (dan NPWP, karena kebijakan Dirjen Pajak membuat saya dikenakan pajak royalti 30% bila tidak mempunyai NPWP. Bila punya, pajaknya hanya 15%).

Jadi, ketika hidup tidak berjalan sesuai rencana, bikin saja rencana hidup yang baru. :)

Answered Jan 19, 2017
Florensius Marsudi
Lelaki, satu istri, satu putri. Masih belajar menulis....

Saya akan coba....coba dan coba lagi sampai saya merasa sudah tak sanggup berbuat apa-apa lagi. Saya berkeyakinan, dalam hidup selalu ada kemungkinan. Dalam keyakinan selalu ada jalan. Begitu Selasares!

Answered Jan 19, 2017
Asep Sumpena
Menjalani Kehidupan dengan Sederhana dan Ucapan Syukur

Kalau hidup kita tidak berjalan sesuai rencana, saya pikir ini adalah situasi dan kondisi yang alamiah. Karena banyak faktor yang mempengaruhi dalam menjalani kehidupan seperti diri sendiri, lingkungan dan juga campur tangan Tuhan.

Apabila kehidupan kita dirasa tidak sesuai dari yang direncanakan baiknya kita "hidupi" dan "hidupkan" saja kehidupan kita ini sehingga kehidupan kita bisa bermanfaat baik buat pribadi, keluarga dan orang lain.

Dalam konsep holistik, apapun yang terjadi dalam kehidupan kita selagi masih beriman kepada Tuhan, maka kita (seharusnya) berkeyakinan bahwa bahwa Dia turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kehidupan kita.

Sekali lagi bila hidup kita tidak berjalan dengan yang direncanakan, pesan saya jangan putus asa masih banyak jalan keluar untuk membuat hidup kita berharga dan bermanfaat. 

Malah yang seharusnya kita kuatirkan adalah kalau kita tidak mempunyai rencana dalam hidup ini.

Semoga bermanfaat.

Answered Jan 20, 2017
Erin Nuzulia Istiqomah
Bersyukurlah maka kamu akan bahagia :)

S-rDP5p7w4OgyYCGmBC9KC1ogJumy8z-.jpg

Pada dasarnya hidup yang paling indah adalah ketika rencana-rencana kita bertemu dengan rencana Allah. 

Satu hal yang saya pahami dari apa yang diajarkan kedua orangtua saya, bahwa kita boleh merencanakan sesuatu, sebagus apapun, tetapi serahkan hasilnya pada Allah. 

Bisa jadi rencana kita yang menurut kita baik, ternyata di mata Allah bukanlah yang terbaik untuk kita. Begitu juga sebaliknya, rencana kita yang tidak berjalan dengan baik, bisa jadi adalah yang terbaik di mata Allah. 

Maka ada pepatah yang mengatakan "Tulislah rencanamu dengan pensil, berikan penghapusnya pada Allah"

Ini bukan berarti kita hanya pasrah atas apa yang Allah berikan kepada kita, tetapi justru kita sedang bertawakal. Setelah kita melakukan ikhtiar terbaik atas segala rencana yang sedang kita usahakan, berdoa dengan sepenuh hati agar berjalan lancar, lalu Allah membuatnya tidak sesuai rencana, maka saya meyakini, ada sesuatu yang lebih baik yang Allah berikan kepada saya. 

Jadi ketika hidup kita tidak sesuai rencana, bisa jadi Allah sedang melihat kesungguhan kita untuk menjalankan berbagai rencana itu, atau Allah menginginkan kita memiliki hidup yang lebih baik, maka yang saya lakukan adalah memperbaiki segala usaha yang ada, mengevaluasinya, masihkah relevan untuk diusahakan, jika tidak, move on guys!

Begitu banyak ladang kebaikan di luar sana yang bisa kita lakukan dengan berbagai cara dan usaha yang baik. Jangan sampai kita terpaku dengan rencana yang tidak mampu kita capai, dan membuat kita terhambat untuk menjalani berbagai kebaikan dan kebermanfaatan lainnya. 

Answered Jan 26, 2017

YjYFTLSvELAzsG8eSNj2MHEb84jKa23u.jpg

Seringkali, apa yang kita rencanakan tak sesuai dengan harapan. Mau gimana lagi? Pada akhirnya, ya, dinikmati saja. Masak mau ngedumel atau misuh-misuh terus. Nggak mungkin, kan? Hal itu toh takkan membalik keadaan menjadi baik. Justru sebaliknya, keadaan malah semakin memburuk.

Lebih baik, kita menikmati hidup dan mulai menyukainya. Being grateful. Positive thinking. Semua itu adalah skenario-Nya.

Answered Mar 17, 2017
Uli Elysabet Pardede
Karyawan Biasa, Blogger, Make-Up Addicts

yN-zgddwmcav2H7KDgGQ2ws0SHNWo8L1.jpg

Saya akan tetap berusaha sebaik mungkin sampai Tuhan mengatakan, "Oke, Uli. Selesai...." Toh, saya punya Tuhan yang tidak pernah tidur.

Answered Mar 17, 2017
Christie Damayanti
Just disabled woman, architect, urban planner, author, philatelist; motivator

9yjWkb4P8XWSS0t463gPLuIm2hKaxNMR.jpg

via hipwee.com (FR)

Hampir semua perjalanan hidupku tidak sesuai dengan impianku. Tuhan memberi hidupku seperti jet coaster, jumpaliran tidak karuan. Tetapi, Tuhan tetap membimbingku.

Setiap ada yang tidak sesuai dgn rencanaku, bahkan ketika aku mendadak lumpih karena terserang stroke, aku mulai dengan DOA.

1. Doa, adalah berdamai dengan Tuhan

2. Menerima diri dengan cacatku

3. Berdamai dengan keadaan dan lingkunganku

4. Berusaha untuk bangkit

5. Mengajak Tuhan untuk ikut dalam rencana hidupku. Karena ketika Tuhan TIDAK BERKEHEDAK, sia-sialah rencanaku. Dan ketika Tuhan berkehendak, semuanya bisa terjadi ......

Answered Apr 13, 2017

Hasil gambar untuk terus semangat

Bersabar dan tetap semangat. Terkadang memang apa yang telah kita rencanakan tidak sesuai dengan kenyataan. Hal ini berkaitan dengan hakikat manusia yang memang hanya bisa berdoa dan berusaha. Semua hasil yang nanti akan kita dapatkan sudah ditentukan oleh Allah.

Jika sesuatu yang kita rencanakan tidak sesuai dengan kenyataan, tetap semangatlah dan tentu bersabarlah. Yakinlah bahwa kegagalan atas sesuatu yang kita rencanakan memiliki maksud lain yang sebenarnya lebih baik untuk kita. Jika sesuatu yang kita rencanakan gagal, tetap semangatlah dan yakin bahwa suatu saat nanti kita akan berhasil. 

Gambar via strategi5.com

Answered May 25, 2017

Nama: firmansah dianputra

Fakultas: ekonomi Bisnis

Jurusan: ekonomi Pembangunan

Saya Akan introspeksi diri Dan mulai kembali lgi ke jln yg bentar

 

Answered Aug 20, 2017
Mugniar
Blogger www.mugniar.com | Freelance writer

Kalau saya:

  1. Mengevaluasi apa yang telah dilakukan.
  2. Jika mungkin, ulangi langkah-langkah yang sudah dilakukan.
  3. Jika tak mungkin maka lebih baik mengerjakan plan B.
  4. Jika suda berusaha sebaik-baiknya maka pasrah dengan hasilnya.
  5. Bersiap untuk gagal, jangan hanya bersiap untuk sukses.
  6. Percayalah, kegagalan bukan berarti akhir dunia! Toh tak ada yang melarang untuk bangkit lagi?

 

Answered Aug 21, 2017
Sponsored

Question Overview


15 Followers
1656 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa tips/trik yang bisa dilakukan dalam 5 menit dan bisa mengubah hidup kita di masa depan?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapatkan?

Apa sepatah kata/nasihat yang Anda berikan kepada generasi muda berusia 15-20 tahun?

Apa kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan dan membuat Anda bahagia?

Bagaimana cara sederhana/singkat menjadi orang yang rapi dan teratur?

Apa satu kebiasaan Anda yang membuat hidup Anda sangat produktif?

Bagaimana cara singkat/sederhana untuk membiasakan bangun pagi?

Bagaimana cara terbaik untuk keluar dari zona nyaman?

Bagaimana cara berhenti melukai diri sendiri?

Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Adakah kaitan antara parfum dan kepribadian seseorang?

Apakah status sebagai anak tunggal mempengaruhi sikap politik Presiden ke-6 RI?

Apakah status sebagai anak lelaki satu-satunya dalam keluarga mempengaruhi sikap politik Presiden Jokowi?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang menyebabkan orang takut menikah?

Apa yang menyebabkan seseorang takut menghadapi masa depan?

Mengapa respons orang sedih umumnya menangis?

Apakah menangis itu sehat atau malah membuat sakit?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Bagaimana menjelaskan bahwa ada kemungkinan kehidupan lain selain di Bumi ini?

Apa motto hidup paling keren?

Apakah seseorang mempunyai karakter bawaan yang tidak bisa diubah?

Apa ketakutan terbesar dalam hidupmu? Mengapa?

Siapakah cinta pertama Anda?

Seberapa pentingkah olahraga bagi Anda ?

Apa yang Anda lakukan ketika mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan?

Apa pengalaman paling bermakna dalam kehidupan Anda?

Siapakah orang yang paling berpengaruh dalam kehidupan Anda?

Apa yang membuatmu merasa bermakna dalam hidup?

Menurut Anda, bagaimana kualitas seorang artis atau selebritis di Indonesia dari segi moral?

Siapakah diri Anda?

Apa arti nama Anda?

Siapa kamu?

Apa hasil Myers-Briggs Type Indicator-mu ?

Bagaimana kepribadian mu pada hasil tes Myers-Birggs Type Indicator?