selasar-loader

Siapakah kandidat Ketua Umum PB HMI masa depan? Apa yang harus dijadikan standar memilih calon pemimpin HMI?

Last Updated Aug 23, 2017

Calon pemimpin HMI terpilih melalui proses demokrasi internal bernama kongres. Dalam kebiasaannya, calon kandidat ketum adalah para pengurus baik di PB HMI atau Bakornas. Secara sederhana, cara menentukan pilihan tidak begitu terbuka diakibatkan adanya gerbong-gerbong politik. Jadi, pilihan objektif menjadi sulit ditemukan. Yang ada adalah menarasikan dan menjelaskan kandidat yang di dukung gerbong kepada calon pemilih. Nah, mengingat persiapan calon untuk mengampanyekan diri kepada 218 cabang HMI membutuhkan waktu yang lama. Lalu syarat apa yang bisa dijadikan standar memilih calon Ketum dan siapa yang layak memimpin HMI?

9 answers

Sort by Date | Votes
Ma Isa Lombu
Pemerhati Indonesia

XtSjlYwi5vY5HrsOIyw6i6oBjH2jpEaD.jpg

Secara common sense, ketua/pemimpin organisasi adalah seseorang yang mampu mewujudkan visi organisasi. 

Dalam hal ini, menurut saya, orang yang cocok dicalonkan sebagai ketua Umum PB HMI adalah seseorang yang mampu mewujudkan visi HMI secara lebih konkret dan sesuai dengan kondisi kekinian tanpa mengurangi esensi visi organisasi untuk terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridai Allah SWT. 

Siapapun dia.

Saya bukan anggota HMI. Selama kuliah di Universitas Indonesia pun saya tidak banyak bersentuhan dengan HMI karena di kampus saya dahulu organisasi ekstra kampus (HMI, GMNI, PII dll) dilarang berkembang di lingkungan intra kampus. Apa sebab? Karena organisasi ekstra kampus sangat identik dengan diskusi dialektik tanpa batas ataupun konflik kepentingan politik kampus, yang menurut kesepakatan mahasiswa UI kala itu, lebih banyak menimbulkan mudharat dibanding manfaatnya. 

Gesekan politik kampus itulah yang sering kali menjadi kendala mahasiswa dan civitas akademika untuk dapat menerapkan prinsip tridarma perguruan tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat). Alih-alih berkolaborasi untuk berkarya dan menjadi value creator yang dibutuhkan untuk mengisi kekosongan karya intelektual di masyarakat, hadirnya organisasi politik ekstra kampus lebih sering menyulut gesekan antar pihak dan akhirnya melupakan esensi kemahasiswaaan itu sendiri. Terlebih lagi Universitas Indonesia kala itu sudah mencanangkan dirinya sebagai universitas riset.

Mungkin profil ketua PB HMI ke depan yang saya bayangkan adalah seorang figur yang bukan saja mampu mewujudkan visi organisasi secara efektif dan merangkul setiap faksi yang ada dalam organisasi, tapi lebih jauh dari itu, figur tersebut menurut saya juga harus dapat membalik citra buruk dan kenyataan yang hinggap di organisasi ekstra kampus yang saya sebut di atas. 

Saya berharap, HMI atau apapun organisasi ekstra kampus lainnya tidak hanya mampu berdialektika secara sehat antarkelompok, tetapi juga mampu berkolaborasi satu sama lain untuk berkarya secara konkret di masyarakat lewat program-programnya yang membangun, mencerahkan, juga menginspirasi. 

Seseorang yang bisa mewujudkan hal tersebut adalah sosok seorang calon pemimpin PB HMI masa depan yang diidamkan.

Answered Aug 24, 2017
Anonymous

Mempunyai program terukur, berdampak strategis dalam segala lini, dan terintegrasi dalam sebuah aplikasi IT.

Answered Aug 24, 2017

Sebagai organisasi yang memiliki missi keummatan dan kebangsaan  HMI harus bisa menjaga Indonesia dari pengaruh negatif terhadap bangsa lain, sehingga anak-anak Indonesia tidak terpengaruh oleh budaya-budaya bangsa lain. Sebagai organisasi yang bernafaskan Islam diharapkan selalu konsisten dalam mengamalkannya. Paham LGBT yang melanda Indonesia adalah salah satu bentuk terjadinya degredasi sosial di tengah tengah masyarakat indonesia yang selama ini dikenal memiliki budaya  ketimuran. dan sangat bertentangan dengan ajaran Agama Islam. 

Oleh karena itu diharapkan kedepannya Ketum PB HMI harus memiliki integritas yang berlegius, dan memiliki progres yang kongkrit mengaktualisasikan Mission HMI untuk pembangunan Indonesia. Saat ini Indonesia membutuhkan pemimpin-pemimpin masa depan yang bermoral, berakhlak, dan relegius. Kedepan HMI harus lebih agresif dalam menciptakan pemimpi-pemimpin tersebut.

Answered Aug 25, 2017
Anonymous

Kalo menurut saya, asalkan calon ketua HMI-nya memiliki integritas dan moralitas.

Answered Aug 25, 2017

"Seorang pemimpin bukanlah seorang administrator yang senang mengatur orang, tapi seseorang yang membawa air untuk pengikutnya sehingga mereka dapat melanjutkan pekerjaannya" -Robert Townsend.

Jutaan harapan rakyat bertumpu pada Himpunan Mahasiswa Islam, olehnya Pemimpin dalam organisasi ini harus benar-benar paham akan tugas dan fungsi kepemimpinannya. Mereka adalah Pemimpin yang memiliki kecerdasan yang tinggi, sehingga Himpunan ini benar-benar bisa di kelola secara rasional. Pemimpin di HMI adalah Pemimpin yang militan, adalah mereka yang telah mendemostrasikan kerja-kerja nyata di lapangan dengan prestasi dan keberanian penuh. #bahagia HMI

 

Answered Aug 25, 2017

Usia maksimal 25 tahun dan atau berstatus sebagai mahasiswa aktif.  InsyaAlloh integritas terjaga. 

Answered Aug 25, 2017
Ibnu Zubair
Menolak tua dengan rutin tertawa

wUgSLWj5gQyP7CO-BN6ZtOH77pmLhbTy.jpg

Setahu saya, HMI adalah organisasi mahasiswa Islam yaitu organ tempat berkumpulnya mahasiswa-mahasiswa Islam. Dengan demikian marwah Islam menjadi penopang dalam bersikap dan menjadi sifat mahasiswa-mahasiswa yang tergabung dalam HMI. Karena itu mengomentari HMI harus menurutkan prinsip-prinsip kepemimpinan Islam. Saya sendiri tidak terlalu paham prinsip-prinsip kepemimpinan Islam secara mendalam, kecuali tentang pentingnya teladan seorang pemimpin bagi orang yang dipimpinnya.

Keteladanan menjadi ciri utama dan tolak ukur dalam memiliki seorang anggota HMI layak atau tidaknya memimpin organisasi seperti HMI. Keteladanan adalah manifestasi dari ilmu dan akhlaq. Ilmu, tercermin dari kontribusi nyata seorang calon pemimpin dalam dunia akademis, yang dalam ukuran praktis yang sederhana, seorang calon pemimpin HMI harus pandai menulis, dalam arti mampu merumuskan gagasan dan mempublikasikannya, sehingga masyarakat luas bisa menilai kualitas dan kemampuannya.

Di era digital ini, kemahiran dalam menulis merupakan kemampuan standar yang harus ditunjukkan seorang calon pemimpin. Setidaknya, melalui menulis ia akan belajar memetakan dan memecahkan masalah. Sebagai usul sederhana, setiap calon pemimpin HMI, sebaiknya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia di selasar, dari situ akan terlihat kemampuannya mengelola organisasi nantinya. Sekalipun mengelola organisasi tidak sesederhana menjawab pertanyaan selasar, tapi setidaknya dengan menjawab akan tercermin cara dan pola pikirnya.

Kemudian akhlaq, hal ini dapat dilihat dari perilaku seorang calon pemimpin sehari-hari-hari. Sekalipun hal ini mulai sukar ditelisik, akibat pengaruh politik pencitraan yang juga menyelimuti organisasi mahasiswa. Namun untuk organisasi kemahasiswaan rasanya tidak serumit pencitraan ala politisi senayan. Akhlaq seorang pemimpin menjadi tolak ukur akhlaq anggotanya. Karena itu akhlaq menjadi penting dimiliki seorang calon pemimpin di HMI.

Answered Aug 25, 2017
Selamet Hariadi
Online Strategist, Researcher, Explorer, Writer,...

Yang punya Prinsip dan mengerti Nilai Dasar Perjuangan.

Answered Aug 28, 2017
Jumarni
Teknik informatika UNMUL | Sebatik kaltara

akhlaq yang baik, luas pengetahuannya, independen dalam langkahnya.

Answered Sep 4, 2017

Question Overview


10 Followers
1059 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Mungkinkah HMI akan kembali menjadi organisasi mahasiswa yang berpengaruh dan melahirkan calon pemimpin di Indonesia masa depan?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?