selasar-loader

Apa saja hal yang membuat Jakarta lebih bagus dari kota lain?

Last Updated Dec 1, 2016

6 answers

Sort by Date | Votes
Shendy Adam
Lahir dan besar di Jakarta, sekarang kerja untuk Pemprov DKI Jakarta

vEQG2SL2MR75Gopf_IV6GX0JIqCl-_fQ.jpg

Saya rasa saat ini tidak ada daerah (kabupaten/kota maupun provinsi) lain di Indonesia yang memiliki kecepatan tindak lanjut (respons time) pengaduan warga lebih baik dari Jakarta. Ada tiga hal utama yang membuat itu mungkin terjadi :

  1. Penggunaan aplikasi Qlue. Dengan mobile apps ini, warga bisa melaporkan berbagai masalah secara real time dan on the spot. Notifikasi langsung muncul di gawai aparatur wilayah di Jakarta begitu laporan masuk ke dalam sistem. Warga pelapor juga bisa memantau sejauhmana tindak lanjut laporannya, apakah sudah dikerjakan, sedang proses atau belum.
  2. Kebijakan Kelurahan sebagai estate manager. Dari dulu sering ada jargon bahwa kelurahan adalah ujung tombak pelayanan publik oleh pemerintah daerah. Akan tetapi, fungsi yang dijalankan tak lebih dari administrasi saja. Gubernur Basuki melakukan gebrakan dengan mendelegasikan sebagian kewenangan yang sebelumnya dimiliki oleh instansi teknis/sektoral di tingkat provinsi maupun kota/kabupaten ke kelurahan. Dengan begitu, lurah tidak lagi sekadar bisa melapor atau berkoordinasi manakala ada pengaduan warga melainkan bisa langsung menindaklanjuti apabila jenis dan skala permasalahannya masih bisa tertangani.
  3. Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). Harus diakui bahwa keberadaan Petugas PPSU sangat signifikan perannya. Sudah disebutkan di atas bagaimana warga mudah melapor melalui Qlue dan lurah diberikan kewenangan untuk menindaklanjuti. Namun, mustahil itu terjadi apabila lurah tidak memiliki personel untuk mengerjakan pekerjaan di lapangan. PPSU di setiap kelurahan memiliki fungsi untuk melakukan pekerjaan penanganan masalah-masalah yang sifatnya segera seperti saluran air mampet, tumpukan sampah, pohon tumbang, dll.

Answered Jan 31, 2017
Shabilla Indah
Mahasiswa Teknik Industri Univ. Trisakti 2016

Sejauh yang saya rasakan (saat ini), mungkin tingkat kredibilitas serta transparansi pemimpinnya yang sangat baik serta pelayanan tansportasi murah hingga ke daerah sub-Jakarta.

Answered Jan 31, 2017
Martina Mochtar
Istri dari seorang pecinta sosial, dan Ibu dari seorang Bocah Pemberani

8vNkeZfEDvR_iyBokzVsMW36XGPxs4yg.jpg

1. Keberagaman Pilihan 

Kalau kata teman saya, "Di Jakarta mah lu mau ngaco gampang, mau bener juga gampang." Di Jakarta, banyak sekali pilihan, baik jenis manusianya (berbagai macam etnis, latar belakang dsb), jenis pekerjaan, jenis perkumpulan, dan jenis makanan. Apapun banyak pilihannya, tergantung mau bagaimana tujuan kita, tinggal pintar-pintar memilih dan memutuskan. 

2. Dekat dengan Executive Level

Berbeda dengan di daerah lain, mayoritas kantor pusat berada di Jakarta sehingga mayoritas executive level berkantor dan beraktivitas di Jakarta. Jika memiliki performa yang baik, kita menjadi lebih gampang dikenal oleh executive level sehingga kesempatan untuk pengembangan karier menjadi lebih terbuka.

3. Tantangan Hidup

Saya yang besar dan tinggal di Kota Bandung merasakan bahwa Jakarta penuh dengan tantangan untuk dapat bertahan hidup. Setuju atau tidak setuju, mau atau tidak mau, kita langsung dihadapi dengan tantangan. Untuk bisa sampai kantor saja sudah ditantang untuk memikirkan bagaimana cara yang paling ekonomis dan cepat. Selain itu, keberagaman yang ada juga menjadi tantangan bagi kita untuk mampu berkomunikasi dengan manusia dari berbagai macam latarbelakang, suku, budaya, dan kepentingan manusia. 

 

Answered Mar 3, 2017
Anonymous

7cuiyOaVp29UlVcZBG9JRX96auLx2Rew.jpg

- Smoking free.

- No speed limit.

- Money talk.

Answered Mar 4, 2017
Sutiono Gunadi
I am a Food-Travel-Hotel writer, also interests on technology, movies, HIV/AIDS

Hasil gambar untuk ikon jakarta

Jakarta memiliki wisata apa saja secara lengkap. Wisata laut, ada Kepulauan Seribu. Wisata sejarah, banyak museum, mulai dari Museum Nasional, Museum Batik, Museum Bahari, dll. Wisata religi, ada Masjid Istiqlal dan masjid-masjid megah lainnya, Katedral Jakarta, Gereja Immanuel, Vihara, dan Klenteng kuno. Wisata budaya, ada banyak pengaruh bangsa lain di Jakarta, seperti India (Pasar Baru), Tionghoa (Glodok), Arab (Cikini), Jepang (Melawai), dan Portugis (Gereja Tugu). Serta wisata kuliner, makanan dari negara mana saja ada, Chinese food, Japanese food, Korean food, Italian food, Western food, Indian food, Arabian food, Mediteranian food, tex-mex fodd, French cuisine, dan lain-lain. Bahkan, wisata makam pun ada. Anda dapat mengunjung Taman Prasasti dan Mausoleum. Wisata malam, tentu saja, banyak underground Jakarta, seperti klub malam di kawasan Mangga Besar, Melawai, Kelapa Gading, dan tempat-tempat khusus.

 

Ilustrasi via naughtyaccessories.co.id

Answered Jul 20, 2017
Anonymous

mVeLl_RuW_LBRzmfu7XutG9hkjjn9Gkn.jpg

Ada beberapa hal. Inilah beberapa di antaranya.

Fasilitas

Fasilitas adalah hal paling menonjol dari Jakarta. Untuk mobilitas saja, ada banyak pilihan transportasi umum, meskipun belum 100% terintegrasi. Malas berdesakan? Ojek bertebaran, siap mengantar Anda ke mana saja selama masih di Jabodetabek. Orang Jakarta sangat mobile sekaligus sangat malas. Pergi ke warung/minimarket radius 20 meter saja pakai motor. Mungkin hal yang proven melatih otot kaki mereka bukanlah berjalan ke sana-sini, melainkan menggunakan sepatu hak tinggi.

Fasilitas-fasilitas di Jakarta juga memungkinkan Anda menjadi apapun yang dimau. Mau bercita-cita jadi social climber? Bisa. Ada (terlalu) banyak tempat nongkrong di sini. Mau jadi petapa kota? Bisa juga. Kurung diri Anda di kamar, baik kamar rumah maupun kamar penginapan, lalu pesan apapun melalui ponsel Anda dan bayar menggunakan uang elektronik.

Perputaran Uang

Ketika mengikuti seminar tentang startup di Surabaya, seorang rekan curhat kepada saya. Dia bilang, Surabaya punya banyak techpreneur. Ada banyak digital enterprise di sini. Ekosistem digital pun sudah ada. I praise Surabaya for that. Keren. Dia sendiri adalah salah satu penyedia jasa digital sana. Tapi responsnya tidak begitu sumringah. Katanya, segala permintaan jasa digital dari Surabaya larinya ke Jakarta.

Paham maksud saya, kan?

Kesempatan

Ini berkaitan dengan dua hal yang telah saya sebutkan sebelumnya. Kalau Jakarta sudah unggul dalam hal fasilitas dan perputaran uang, sudah sewajarnya ia juga unggul dalam hal kesempatan. Kalau soal kesempatan kerja, nggak usah ditanya. Jakarta adalah oase, meski bisa jadi ending-nya fatamorgana akibat penipuan, misalnya. Namun, kesempatan-kesempatan yang lain ini sangat terbuka, mulai dari pendidikan hingga hiburan. Bahkan, majalah remaja yang dulu saya baca pernah menobatkan Jakarta sebagai kota yang paling banyak kesempatan nonton konsernya. Hampir setiap artis dunia kalau manggung di Indonesia ya di Jakarta. 

Itu baru musik. Sekarang, dimensinya beyond music. Mau cari uang dari bidang pekerjaan apapun dan dengan cara apapun bisa, mulai dari ekstrem halal hingga ekstrem haram. Pilih hal yang ingin Anda dalami, lalu cari fasilitasnya (baik fasilitas fisik maupun nonfisik seperti komunitas) dan pusat perputaran uangnya.

Itulah hal yang membuat Jakarta lebih bagus dari kota lain...

...sekaligus lebih jelek.

 

Ilustrasi via pixabay

Answered Sep 26, 2017

Question Overview


7 Followers
1395 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apakah jenis parfum wanita yang paling tahan lama untuk dipakai di Jakarta?

Apa nama restoran Jepang terbaik di Jakarta dan sebutkan alasannya?

Apa yang Anda lakukan ketika sedang terjebak dalam kemacetan Jakarta?

Mengapa orang Jakarta suka menghabiskan waktu di mal?

Apa lokasi wisata terbaik di Jakarta? Mengapa?

Bagaimana cara terbaik dan paling efektif untuk menghindari kemacetan di Jakarta?

Mengapa banyak sekali orang Jawa di Jakarta?

Apa sajakah pengaruh D-Day bagi Sekutu pada Perang Dunia II?

Bagaimana dampak D-Day bagi Jerman pada Perang Dunia II?

Apakah kesalahan fatal Hitler yang membuat Jerman kalah pada Perang Dunia II?

Mengapa Perang Dunia II terasa lebih populer daripada Perang Dunia I?

Pesawat paling canggih apa yang tercipta saat Perang Dunia II?

Berapa banyak korban pada Perang Dunia II?

Mengapa tentara Rumania dan Italia gagal menahan serangan Soviet di Stalingrad?

Pesawat tempur apa yang paling ditakuti saat Perang Dunia II?

Pesawat bom apa yang paling berbahaya saat Perang Dunia II?

Pesawat buatan Amerika Serikat atau Jerman yang lebih canggih pada Perang Dunia II?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Mengapa Kitabisa.com dipercaya banyak kalangan untuk mengumpulkan donasi?

Menurut Anda, bagaimana Corporate Social Responsibility (CSR) yang ideal dilakukan oleh perusahaan di Indonesia?

Apa sajakah kelebihan dan kelemahan orang Indonesia?

Apa yang harus saya ketahui tentang Indonesia dari segi kultural, sosial, ekonomi?

Jujur, apa komentar pertamamu saat kamu pertama kali ke Jakarta?

Apa yang membuat Anda tertarik bergelut di kegiatan sosial?

Menurut Anda, apa arti pengabdian?

Pengabdian masyarakat seperti apa yang dapat dilakukan oleh mahasiswa?

Bagi lulusan ilmu sosial, apakah Anda keberatan jika sains hanya digunakan khusus untuk menyebut ilmu pasti?

Mengapa orang lebih banyak bermain Twitter daripada Facebook?