selasar-loader

Manakah restoran cepat saji yang dianggap sebagai ikon budaya Amerika, McDonald's atau KFC? Mengapa?

Last Updated Aug 20, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Savina suci Maddinah
Perbankan syariah

McDonald's 

Answered Aug 20, 2017
Agaton Kenshanahan
Penstudi Hubungan Internasional, Universitas Padjadjaran

t12ILb58FghtAgGVz38Y4QA2vw1uT4Wi.jpg

SEBAGAI restoran cepat saji yang sudah berekspansi hampir ke seluruh penjuru dunia, keduanya bisa dianggap hampir setara untuk dianggap ikon budaya Amerika. Namun, bagi para akademisi, McDonald’s lebih disukai untuk dijadikan sebagai ikon pembahasan fenomena globalisasi. Khususnya menyangkut salah satu proses yang terkait dengannya yaitu Amerikanisasi.

Amerikanisasi adalah proses impor oleh orang non-Amerika berkenaan dengan produk, images, teknologi, praktik-praktik, dan perilaku yang lekat asosiasinya dengan Amerika/orang Amerika (Kuisel, 2003). Sebenarnya ikon McDonald’s hanya satu dari sekian produk yang menjadi ikon Amerikanisasi. Beberapa produk lainnya yang juga merebak di antaranya Wal-Mart, Coca-Cola, Visa,  Disney, dan Starbuck (Ritzer, 2010).

Produk-produk ikon Amerikanisasi ini oleh para akademisi diberi label yang mewakili sebuah proses mengglobalnya sebuah ikon. Misalnya “Coca-Colonization” (Kuisel, 1993) atau “Coca-Globalization” (Foster, 2008), lalu “Disneyization” (Bryman, 2004), juga kemudian Starbuckization (Ritzer, 2008). Produk McDonald’s juga dilabeli sebagai McDonaldization oleh George Ritzer dalam bukunya The McDonaldization of Society (1993).

Menurut Ritzer, McDonaldization didefinisikan sebagai proses di mana prinsip restoran cepat saji hadir untuk mendominasi lebih banyak lagi sektor kehidupan masyarakat Amerika dan juga seluruh dunia. Penggunaan ikon McDonald’s oleh Ritzer dalam tesisnya menandakan bahwa McDonald’s menjadi wakil dari seluruh restoran cepat saji yang berkembang menyebar di seluruh dunia, termasuk KFC.

Alasan mengapa produk McDonald’s dijadikan sebagai judul tesis Ritzer barangkali dilatarbelakangi oleh popularitas speedee service system McDonald’s yang menjadi prinsip utama dan landasan dalam sistem restoran cepat saji. Meskipun sebenarnya penemu pertama ‘sistem cepat’ dalam penyajian makanan adalah restoran burger White Castle, namun waralaba McDonald’s lah yang akhirnya memenangkan atribusi sebagai restoran cepat saji pertama yang mengglobal dan populer. Ini disebabkan karena pemilik restoran White Castle menolak mewaralabakan bisnisnya sebagaimana McDonald’s.

Apa yang diwakili dari budaya Amerika dalam sebuah makanan cepat saji? Menurut Geoge Ritzer terdapat 5 dimensi hakikat dari McDonaldization yaitu: efisiensi, kalkulabilitas, prediktabilitas, kontrol teknologi, dan irasionalitas dari sebuah rasionalitas.

Efisiensi diwakili dari bagaimana suatu produk dibuat dengan cara paling baik dan cepat sehingga sesuai dengan apa yang diharapkan. Dalam kasus McDonald’s penerapan speede service system di mana konsumen mendapat apa yang mereka ingin makan hanya dalam beberapa menit membuktikan penerapan efisiensi berjalan dalam penyajian makanan cepat saji. Penerapan layanan tanpa turun (drive thru) juga menjadi budaya baru dalam jual beli bahwa pembeli tidak perlu repot-repot turun kendaraan untuk mengambil barang yang hendak ia beli.

Kalkulabilitas, di mana semua hal dalam pelayanan restoran perlu dihitung. Sejumlah aspek kerja para karyawan diberi jadwal waktu, sehingga sebisa mungkin segala hal tidak terbuang percuma hanya karena tidak diperhitungkan sebelumnya. Desain kursi dan meja di dalam restoran pun nampak dibuat setidaknyaman mungkin sehingga dapat dikalkulasi agar konsumen segera meninggalkan tempat duduk mereka dan tidak menghabiskan banyak waktu di dalam restoran untuk makan.

Prediktabilitas, diwakili dari bagaimana sistem restoran cepat saji membentuk ritual khusus jual beli yang sudah bisa diprediksi sebelumnya. Konsumen dan karyawan sudah harus sama-sama tahu apa yang harus dilakukannya. Konsumen masuk, karyawan bertanya, konsumen pesan dan menunggu sejenak agar mendapatkan yang dipesan, kemudian konsumen bisa memilih untuk makan di restoran atau pergi. Sebuah proses yang terprediksi dan cepat, tanpa ba-bi-bu basa-basi.

Kontrol teknologi juga menjadi dimensi wajib dalam sistem restoran cepat saji. Sejumlah peralatan yang terotomatisasi membuat karyawan mesti bergantung dan menguasai kontrol teknologi untuk membuat makanan yang sudah dipatenkan bentuknya, resepnya, dan rasanya. Bagaimana dari proses kontrol teknologi tersebut diharapkan bisa menghasilkan hamburger dengan rasa yang sama meskipun yang satu dijual di Riyadh dan yang lainnya dijual di Jakarta, misalnya.

Adapun irasionalitas dari sebuah rasionalitas muncul akibat paradoks yang akhirnya ditimbulkan dari adanya restoran cepat saji. Misalnya McDonald’s menjadi restoran tercepat dalam menyajikan makanan yang diinginkan konsumen, namun pelayanan menjadi semakin lama karena antrian konsumen yang merebak. Kemudian pola makan yang tidak humanis mulai diperkenalkan ketika konsumen secara tidak langsung dipaksa untuk makan sambil berdiri atau berjalan sambil membawa burger berbungkus kertas dan segelas minuman bersoda. Kita tidak memungkiri pula bahwa makanan cepat saji bisa dibilang tidak sehat jika dikonsumsi berlebihan.

Kelima dimensi hakikat McDonaldization yang dibicarakan Ritzer ini tidak hanya menghasilkan sebuah produk makanan semata, tapi juga sekaligus sistem budaya atau kebiasaan tertentu yang lekat dengan Amerika/orang Amerika. Pola konsumsi suatu masyarakat pasti akan berubah, pola hubungan sosial juga demikian. Pada akhirnya restoran cepat saji menjadi wabah Amerikanisasi yang menjangkiti kehidupan masyarakat dunia. Bahkan beberapa negara sudah menerapkan sistem restoran cepat saji yang sama sebagaimana McDonald’s dengan produk yang bervariasi sesuai kekhasan selera masyarakatnya.

Teori Lengkungan Emas McDonald’s

Satu teori menarik berkenaan dengan McDonald’s pernah muncul untuk menunjukkan hubungan antarnegara dan keidentikan ikon ini dengan nilai Amerika. Adalah Thomas L. Friedman dalam teori lengkungan emas (merujuk pada logo lengkungan ‘M’ berwarna emas McDonald’s) mengajukan tesis bahwa tidak ada dua negara yang akan berperang satu sama lain ketika di dalam wilayah negara keduanya terdapat gerai McDonald’s.

Friedman...(more)

Answered Mar 19, 2018

Question Overview


3 Followers
463 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa sajakah pengaruh D-Day bagi Sekutu pada Perang Dunia II?

Bagaimana dampak D-Day bagi Jerman pada Perang Dunia II?

Apakah kesalahan fatal Hitler yang membuat Jerman kalah pada Perang Dunia II?

Mengapa Perang Dunia II terasa lebih populer daripada Perang Dunia I?

Pesawat paling canggih apa yang tercipta saat Perang Dunia II?

Berapa banyak korban pada Perang Dunia II?

Mengapa tentara Rumania dan Italia gagal menahan serangan Soviet di Stalingrad?

Pesawat tempur apa yang paling ditakuti saat Perang Dunia II?

Pesawat bom apa yang paling berbahaya saat Perang Dunia II?

Pesawat buatan Amerika Serikat atau Jerman yang lebih canggih pada Perang Dunia II?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Sejauh manakah batasan-batasan dalam Posmodernisme?

Apa sajakah kepentingan Amerika Serikat pada Perang Dunia II?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Apakah Amerika Serikat akan kembali membom nuklir Jepang bila Jepang tak juga menyerah setelah pemboman Nagasaki?

Seperti apa kebijakan luar negeri Donald Trump terhadap pemerintahan Rodrigo Duterte?

Adakah kemungkinan sejumlah negara bagian di Amerika Serikat memisahkan diri jadi negara berdaulat akibat kemenangan Donald Trump?

Apa pendapatmu tentang Fidel Castro?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Makanan apakah yang melambangkan Amerika?

Apakah pernah terpikir olehmu menjadi seorang pelayan restoran dan apa yang akan kamu lakukan jika itu terjadi?

Apakah bisa memesan koki pilihan di restoran kelas atas?

Apa menu kesukaanmu di Waroeng Aceh Kemang?

Apa fakta tentang restoran yang tidak banyak diketahui orang?

Manakah yang paling banyak dikunjungi, KFC atau McDonalds? Mengapa?

Restoran Padang mana yang bikin kamu ketagihan dan apa yang menyebabkan kamu ketagihan?

Restoran Jepang mana di Indonesia yang bikin kamu ketagihan dan apa yang menyebabkan kamu ketagihan?

Restoran Sunda manakah yang bikin kamu ketagihan dan apa penyebabnya?

Bagaimana awal mula cerita menjamurnya rumah makan Padang di Indonesia?

Kenapa begitu banyak rumah makan Padang di Indonesia?

Apa yang membuat McDonald's menjadi restoran cepat saji paling sukses?

Apakah fakta unik yang Anda ketahui tentang McDonald's?

Mengapa McDonald's tidak memberikan alternatif yang lebih sehat (seperti buah) atas makanan mereka yang asin dan berminyak?

Makanan apa yang sering dijadikan rekomendasi di McDonald's?

Makanan apa yang sering dijadikan rekomendasi di KFC?