selasar-loader

Bila Tsamara adalah Soekarnois, apa yang Tsamara ketahui tentang Manipol USDEK dan Tujuh Bahan Indoktrinasi? Apakah prinsip PSI sesuai dengan Manipol USDEK dan Tujuh Bahan Indoktrinasi Soekarno?

Last Updated Aug 16, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Tsamara Amany
Aktivis Media Sosial dan Perempuan

6poa_ffZfJgSu1ctHVNdTozTdjFCx7rf.jpg

PSI sih sebenarnya aku nggak tahu apakah PSI itu Soekarnois enough or not, tetapi kita bisa mengatakan bahwa kita mengagumi sosok Bung Karno. Tapi kalau boleh jujur, PSI itu sistemnya memang betul-betul mirip dengan partai yang sesuai dengan masa kini. Bung Karno itu memang pemikirannya timeless. Tetapi, prinsip perjuangan Bung Karno itu kan salah satunya prinsip perjuangan melawan penjajahan, prinsip perjuangan melawan kapitalisme, neoimperialisme, dan lain sebagainya. Nah, yang PSI lakukan sebenarnya mirip sekali dengan prinsip Emmanuel Macron. Kenapa partai kita mirip seperti ini? Karena kemiripan seperti partainya anak muda, orangnya rata-rata perempuan, terus kemudian baru berjuang saat ini. Aku nggak bisa mengklaim PSI sebagai partai yang seluruhnya sesuai dengan nilai Soekarno, tetapi aku selalu mengagumi sosok Bung Karno. Salah satu pemikiran Soekarno yang menurut aku sangat menginspirasi tuh justru Di Bawah Bendera Revolusi, sebenarnya.

 

Jadi, Di Bawah Bendera Revolusi lah yang menginspirasi aku begitu besar dan aku menganggap bahwa kalau kita baca Di Bawah Bendera Revolusi, maka aku merasa bahwa kita sebagai anak muda akan memiliki jiwa yang berapi, jiwa perjuangan, dan seneng aja gitu kalau melihat tulisan-tulisan Bung Karno yang kalau nulis tuh udah kayak pidato aja. Salah satu tulisan yang menurut aku paling hebat yaitu tulisan-tulisannya tentang Islam dalam buku Di Bawah Bendera Revolusi itu yang bagaimana Islam itu harus menjadi motor kemajuan, bukan sekedar kolot tetapi tidak substansial.

Sumber gambar: opinion.idntimes.com


 

Answered Sep 5, 2017

Question Overview


2 Followers
474 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana tanggapan Tsamara mengenai apartemen untuk DPR?

Apa idealisme yang selalu dipegang teguh oleh seorang Tsamara dalam hal berpolitik?

Apakah konsep perempuan politik menganut paham feminisme?

Sejauh mana batasan kesetaraan gender menurut Tsamara? Ataukah tidak terbatas?

Mengapa PSI tidak mau memiliki kader yang sebelumnya pernah memiliki pengalaman di dunia politik? Bukankah pengalaman, kompetensi dan idealisme menjadi kunci agar bisa sukses dan bertahan di dunia politik?

Mengapa Mbak Tsamara Amany bercita-cita ingin jadi Gubernur DKI Jakarta?

Bagaimana pendapat Tsamara Amany mengenai politik kampus?

Apa yang memotivasi Tsamara Amany terjun di dunia politik dengan usia yang masih muda?

Motivasi apa yang membuat Tsamara mau bergabung dalam dunia aktivis di tengah banyaknya mahasiswi saat ini yang cenderung pragmatis?

Tsamara, apa yang membuatmu kebal dan berani bicara mengangkat topik yang "tak normal" ditujukan untuk "beliau-beliau terhormat'?

Tsamara, kalau kamu jadi gubernur, apa yang bakal kamu lakukan untuk mengurangi kesenjangan sosial?

Bagaimana Tsamara membiayai hidupnya?

Siapa tokoh panutan Tsamara Amany dalam terjun ke dunia politik?

Bagaimana rasanya menjadi imam besar Masjid Istiqlal?

Sebagai imam besar masjid, bagaimana cara Bapak Nasaruddin Umar menjadi pengayom umat Islam Indonesia di tengah banyaknya ormas Islam di Indonesia?

Apakah ada program di Mesjid Istiqlal yang bertujuan agar anak-anak muda di Jakarta menjadikan Mesjid Istiqlal sebagai pusat untuk menimba ilmu tentang Islam? Jika ada lalu apa saja program tersebut?

Bagaimana tanggapan Bapak sebagai Imam ketika ada segelintir orang menautkan gerakan ISIS dengan Islam?

Bagaimana agar kita bisa umat Islam mudah berkomunikasi dengan mereka yang tidak memiliki agama/ atheis?

Bagaimanakah definisi Radikal dalam beragama?

Bagaimana pandangan Anda mengenai perkembangan Islam lewat tradisi esoteris Syekh Siti Jenar?

Bagaimana menjadi pribadi yang bisa istiqomah?

Apa arti dari beriman tetapi belum berhijrah?

Seperti apa beban menjadi seseorang yang dikenal sebagai ulama?