selasar-loader

Apa itu growth hacking dan apa yang membuat keahlian ini menjadi begitu istimewa?

Last Updated Nov 30, 2016

1 answer

Sort by Date | Votes
Hilman Fajrian
Founder Arkademi.com

Hasil gambar untuk growth hacking

Growth hack atau peretasan pertumbuhan adalah cara, teknik, metode, atau trik untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan cara lebih cepat dan berdampak lebih tinggi. Sebagai bagian dari kegiatan pemasaran (marketing) dan sales (penjualan), growth hack dipraktikkan dengan cara berbeda apabila dibandingkan dengan cara-cara konvensional di bisnis tradisional. Impelementasi growth hack dibutuhkan kemampuan marketing, engineering, dan data analytic. Seorang growth hacker biasanya memiliki kombinasi kemampuan tersebut. Bahkan, growth hacker disebut-sebut sebagai The New VP Marketning. Growth hack lebih relevan apabila dihubungkan ke industri internet di mana segala sesuatu bisa diukur, bisa diakses (memiliki market) dalam skala global, dijalankan dengan biaya efisien, dan bisa dieksekusi lebih cepat.

Growth hack lebih relevan dengan dunia industri internet karena di industri ini pertumbuhan (growth) adalah segala-galanya dalam menentukan valuasi sebuah bisnis. Di bisnis tradisional, growth juga penting. Namun, kita bicara growth yang berbeda di sini. Pada bisnis tradisional, growth terpenting biasanya adalah pendapatan (revenue) dan laba (profit). Sementara di bisnis, internet growth memiliki banyak basis; jumlah user, jumlah user aktif, jumlah kunjungan per hari, jumlah impresi, jumlah klik, jumlah subscriber, jumlah transaksi, jumlah item, jumlah revenue, dll. Dengan hadirnya berbagai model bisnis baru, banyak perusahaan industri internet yang belum memasuki masa monetize (komersialisasi) sehingga belum punya revenue dan laba sehingga harus menciptakan growth pada aspek-aspek lain. 

Salah satu growth hack yang sukses di Indonesia adalah penggunaan referral pada Gojek yang menjadi salah satu faktor terpenting kesuksesan Gojek di masa-masa awal. Dengan referral ini Gojek bisa mendapatkan lebih banyak user tanpa harus mengeluarkan biaya akuisisi user yang tinggi dan memperbanyak transaksi. 
Growth hack legendaris dunia salah satunya adalah yang dilakukan Youtube lewat opsi "Embed" ketika audiens mengklik "Share". Youtube akan menampilkan kode HTML Embed di mana seseorang bisa dengan mudah menempelkan kode Embed itu di web mereka. Terlihat simpel namun teknik ini mampu meningkatkan jumlah subscriber hingga 400%.

Gambar via neilpatel.com

 

Answered Dec 8, 2016