selasar-loader

Bagaimana tips dan trik untuk sukses di media sosial?

Last Updated Aug 13, 2017

Tau nggak kalau perkembangan sosial media dari tahun ke tahun itu mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, tiap hari saja sudah tak terhingga orang mendownload aplikasi sosial media yang lagi happening saat ini misalnya Instagram, Facebook, Twitter, Youtube dan lainnya. Nah perkembangan ini dimanfaatkan oleh sebagian orang menjadi sebuah peluang yang mungkin di masa yang akan datang bisa menghasilkan uang, sebut saja memonoteis blog/atau akun youtubenya dengan Google Adsense, menjadi Selebgram di sosial media Instagram dan mendapatkan penghasilan dari hasil Endorsenya, menjadi Youtubers dan masih banyak lagi sosial media yang dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan nantinya.

Pada tahun 2016 kemarin APJII melakukan survey tentang Perilaku Pengguna Internet Indonesia dimana hasil tersebut menyimpulkan bahwa angka pengguna internet Indonesia 2016 yang mencapai 132,7 juta, dan data lain yang diungkap oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam hasil surveinya adalah tiga (3) media sosial yang paling banyak dikunjungi yaitu facebook, instagram dan youtube.

Data surveynya bisa dilihat pada grafik di bawah ini:

T2JrwhGa1zn5qKIXbRdqUfziCW9cb-vR.jpeg

Hasi Survei APJII tentang Perilaku Pengguna Internet Indonesia - Media Sosial Paling Banyak Dikunjungi. Kredit: APJII

Dengan adanya peningkatan pengguna sosial media tersebut, setiap orang tentunya akan bersaing untuk menjadi populer dan merebut hati para penikmat untuk menjadi pelanggan setianya.,ada yang melakukan secara natural adapula yang melakukan dengan cara pintas misalnya membeli followers (dalam dunia internet marketing hal itu sebenarnya sah-sah saja), namun secara umum terdapat beberapa tips dan trik untuk menjadi sukses di sosial media, dan menjadikan akun kamu sebagai penghasilan pasifmu.

SVI6duIJdAwlYjv3d4DYIDi5mHMWKSOd.jpg

https://digitalmarketer.id/content/7-tips-untuk-membuat-konten-viral-di-media-sosial/

Buatlah Content yang menarik

Hal pertama yang saya tekankan adalah membuat konten menarik,.untuk mendapatkan viewers atau pengunjung memang butuh waktu lama tapi ketika orang telah mengenali karakter dan kontemu yang menarik orang tersebut pasti akan menjadi pelanggan setiamu, jadi tetap pastikan kontenmu adalah konten menarik.

Beberapa konten menarik yang saat ini populer dan diminati oleh banyak orang adalah tentang traveling dan kuliner, dua hal ini adalah tak bisa dipisahkan bagai dua sisi mata uang, ketika orang melakukan sebuah perjalanan tentu akan mencari makanan khas di tempat tersebut. 

Tentunya ini hanyalah salah satu konten menarik versi saya, karena di luar ini tentu masih banyak konten menarik sesuai dengan passion kalian masing-masing.

Gabung atau bentuk grup sendiri sesuai dengan targetmu

Setelah kamu membuat konten menarik, saya contohkan misalnya kamu khusus memuat konten tentang traveling, maka bergabunglah dengan grup-grup yang sejenis, kenapa.?? karena dengan kegemaran yang sama otomatis ketika kamu mengenalkan produkmu atau feed mu maka mereka pun akan tertarik karena pada dasarnya mereka juga suka traveling. 

Jika kamu merasa bisa membentuk komunitas maka bentuklah komunitasmu sendiri, awalnya jangan langsung mengenalkan produkmu, berjalanlah secara natural hingga mereka tidak sadar ketika kamu menyisipkan konten-konten yang terkait dengan produkmu, misalnya saja jasa open trip, jasa tiket pesawat, jualan outdoor dan masih banyak lagi.

Mulailah Mengenalkan Produk atau jasamu

Seperti yang saya bilang diatas tadi, meskipun kamu telah bergabung dengan grup atau membentuk grup sendiri upayakan untuk mengenakan produkmu senatural mungkin alias tidak hard selling. Karena ketika kamu langsung mengenalkannya maka orang-orang disekitarmu akan kaget, dan menyangka..owhh ternyata kamu bergabung hanya untuk jualan saja, padahal selain untuk berjualan memang itu adalah passion kamu cuman cara berjualannya saja yang beda.

Konsisten dan Semangat Terus Update Portofolio/blogmu...Jangan Kasi Kendor

Ini adalah salah satu tahap yang paling sulit bagi pelaku/pembuat konten kreatif. Banyak orang atau pelaku konten kreatif gugur pada tahap ini, pada awalnya mereka semangat membuat konten kreatif, mengenalkan feed mereka, membuat video keren di channel youtubenya tapi karena kurang pengunjung atau kehabisan ide akhirnya akun-akunnya pun ditinggalkan.

Sayang sekali jika sudah melalui tahap di atas dan harus terputus pada tahap ini, walaupun saya juga akui tahap inilah yang paling sulit. Salah satu cara yang banyak dilakukan orang adalah keluarlah sejenak, bertemulah dan berbincanglah dengan kawan-kawanmu, ajak mereka kumpul di suatu tempat, ngobrol santai atau membicarakan ide-ide kreatif lainnya atau barangkali aja mereka ada project yang sesuai dengan passion kamu nah kamu boleh ikutan tuh... 

Pilihlah jaringan Internet yang jaringannya baik, murah tapi berkualitas.

Aktif di sosial media tidak hanya membutuhkan laptop, HP, kreatif dan semangat aja gais,... jangan lupa kita juga butuh internet yang bersahabat. Nah beberapa pelaku konten kreatif di sosial media ini adalah anak-anak mahasiswa, jadi kalian perlu mensiasati kebutuhan internet ini agar tidak menguras kantong orang tua kalian, masa iya tiap kali dikirimkan harus membeli paket internet yang lumayan mahal.

Nah di Lampung ini, kebetulan saya juga sedang kuliah,..jadi harus pandai-pandai menggunakan uang apalagi urusannya dengan paket internet, tau sendiri kan paket internet sekarang mahal-mahal. Setelah melakukan survey ke beberapa provider maka saya memutuskan untuk menggunakan si biru XL sebagai partner kerja saya dalam berselancar di Internet. Alasan saya adalah paket yang ditawarkan sangat bersahabat dan jaringan XL di kota bandar lampung sangat bagus.

Kemarin saya beli kartu perdana super ngobrol sebagai kartu perdana dan  membeli paket internetnya seharga Rp89.000 ribuah tapi bonusnya banyak bro. yaitu 16Gb plus dapat gratis nelpon selama 40 menit ke all operator mantap kan.

Nah itu dia gais yang bisa dilakukan untuk sukses di sosial media,..saat ini sosial media bukan hanya sebagai tempat pajangan biasa aja tapi bisa jadi sebagai tempat kamu menghasilkan uang. Keep posting dan semangat :)  

2 answers

Sort by Date | Votes

Post foto yang menarik di instagram! Kaya hobi, makanan, pokoknya sesuatu yang menurut kita menarik posting aja. Jangan selfie2 aja yang diposting. 

Answered Aug 19, 2017
Mugniar
Blogger www.mugniar.com | Freelance writer

Wah, saya setuju banget.

Saya juga mencoba mengerjakan semua tips di atas, berhubung saya ini blogger aktif yang harus selalu terhubung, memelihara, dan mengembangkan media sosial saya.

Saya juga memilih XL karena internetnya kencang, banyak inovasi, dan banyak memberikan bonus yang menjadi keuntungan tersendiri bagi saya.

Answered Sep 2, 2017