selasar-loader

Apa formasi sepak bola yang paling banyak digunakan oleh pelatih dalam suatu pertandingan? Mengapa?

Last Updated Aug 9, 2017

QIeA8N0E3e3hLaLWmZOBJAY57Xks-1Sx.jpg

Ilustrasi via skylinesoccer.org

5 answers

Sort by Date | Votes

4-4-2. Karena ini formasi offensive regular

Answered Aug 11, 2017
Anonymous

d4CV-QafGerrheW_gNrAaPDqCH7eLTBt.jpg

Gambar via sportnusa.com

4-2-3-1

Karena 4-2-3-1 adalah formasi yang paling fleksibel dikarenakan di formasi tersebut memiliki attacking midfielder yang bertugas mengirim terobosan untuk para sayap, center midfielder yang bertugas sebagai box to box dengan menjemput bola dari belakang dan mengalirkan ke depan, serta deffensive midfielder yang selalu sing meng-cover pemain tengah dan berguna untuk memutus irama serangan.

Answered Aug 11, 2017

Salah satu formasi yang populer digunakan oleh tim sepakbola di era modern ini adalah formasi 4-3-3. Formasi yang terdiri dari 4 orang bek, 3 orang pemain tengah, dan 3 orang penyerang ini memungkinkan bagi tim yang menggunakannya untuk mendapatkan penguasaan bola yang baik di daerah lawan.

Formasi Sepak Bola 4-3-3

Formasi ini juga termasuk salah satu formasi yang populer sampai saat ini dan digunakan oleh klub-klub hebat dari berbagai penjuru dunia. Salah satu tim papan atas liga Spanyol yang menggunakan formasi ini adalah Barcelona.

Bagi tim yang memiliki para pemain berkemampuan operan yang luar biasa, formasi 4-3-3 ini sangat menguntungkan. Hal ini membantu pola permainan yang mereka gunakan agar bisa lebih optimal.

Pada intinya, formasi ini memang cocok digunakan ketika tim pemprioritaskan aliran-aliran bola yang cerdas dalam menciptakan peluang untuk mencetak gol. Formasi ini memungkinkan banyak terciptanya gol-gol karena pola serangannya yang maksimal. 

 

Source: https://olahraga.pro/macam-macam-formasi-sepak-bola/

Answered Aug 11, 2017
Ibnu Zubair
Menolak tua dengan rutin tertawa

VdpmDsU9bDllCjfZJTYvrmYTDxkE4ESI.jpg

sumber foto: thepicta.com

Ada banyak formasi yang digunakan dalam sebuah pertandingan sepakbola. Formasi tersebut mengalami perubahan dari waktu ke waktu, tergantung cara bermain yang diinginkan dan lawan yang akan dihadapi. Tercatat ada formasi 3-5-2, 3-4-3, 4-4-2, 4-3-3, dan 4-2-3-1. Formasi-formasi tersebut yang paling lawas adalah formasi 3-5-2. Dalam formasi ini, bek tidak berdiri sejajar, melainkan ada satu pemain di belakang dua pemain lainnya yang menjadi tembok terakhir sebelum lawan benar-benar berhadapan dengan penjaga gawang. Formasi ini memperkenalkan kita pada Roby Darwis atau Nur Alim, yang mahir bermain sebagai tembok terakhir tim merah putih pada waktunya. Formasi ini agak sulit melakukan jebakan offside karena selalu ada pemian terakhir yang terlambat naik, dan posisinya menjadi sejajar dengan striker lawan.

Di Indonesia formasi ini cukup lama digunakan, bahkan ketika formasi 4-4-2 di praktekkan, para pemain Indonesia mengalami kesulitan. Ketika timnas diarsiteki Danurwindo, perubahan formasi dari 3-5-2 ke 4-4-2 diuji coba, dan Indonesia benar-benar terpuruk di buatnya, penggunaan bek sejajar telah menyulitkan pemain belakang dalam membendung serangan lawan. Danurwindo sempat jadi bulan-bulanan, akibat eksperimen tersebut. Namun perlahan-lahan klub di Indonesia mulai menggunakan formasi tersebut, pelatih-pelatih lokal pun berani mengadopsi gaya permainan bek sejajar, dan hingga kini, formasi di Indonesia di dominasi oleh penggunaan bek sejajar, atau formasi 4-4-2.

Saat ini modifikasi formasi lebih bervariasi dan pemain-pemain di Indonesia sudah bisa menyerap berbagai macam formasi, sekalipun penempatan striker tunggal dalam formasi 4-2-3-1 cukup sering kita lihat dalam Liga 1. Mungkin pengaruh hadirnya pelatih asing, sehingga variasi formasi menjadi lebih beragam. Formasi yang jarang digunakan, dan penggunaan di Indonesia digunakan hanya oleh segelintir pelatih, adalah formasi 4-3-3. Formasi ini membutuhkan tenaga ekstra pada pemain, karena formasi ini mendahulukan serangan daripada bertahan, dan cara bertahan paling baik adalah serangan yang terus menerus. Namun formasi ini akan gagal manakala fisik pemain tidak prima. Formasi ini cukup baik digunakan oleh para pemain timnas U-22 saat ini. Formasi ini pernah digunakan Kolev ketika melatih timnas.

Formasi sejatinya hanya penempatan posisi pemain di lapangan, namun ketika permainan berlangsung, formasinya bisa berubah-rubah, tidak baku pada satu formasi saja. Misalnya saat bertahan menggunakan formasi 4-2-3-1, dengan menumpuk empat bek dan dua gelandang bertahan. Sehingga pertahanan akan lebih kuat. Apalagi ketika melawan tim yang kuat, maka pola pertahanan akan lebih sering dilakukan.  Demikian pula saat menyerang, formasi 4-3-3 akan menjadi favorit, karena pencetak gol bisa datang dari siapa saja, tanpa harus seorang penyerang. Karena itu pemain-pemain jaman sekarang dituntut untuk bisa bermain dalam banyak posisi, sehingga ketika dibutuhkan untuk bertahan, bisa dilakukan dan saat menyerang fasih mencetak gol. Kwan Adiksit contohnya, sebagai bek, dia mampu bertahan dan menyerang sama baiknya, bahkan bisa mencetak gol.

Jadi, kecerdasan pemain dibutuhkan untuk memainkan banyak formasi, agar pelatih mudah menentukan formasi apa yang dimainkan nantinya.

 

 

Answered Aug 21, 2017
El Hakim Law
Founder Lingkar Studi Islam & Kepemimpinan (@larsik.id)

Sebagai seseorang yang berpengalaman sejak belasan tahun sebagai pelatih dan pemain sepak bola (di WE dan PES), saya menilai seringkali formasi yang cukup fleksibel untuk menyerang dan bertahan adalah 4-3-3.

Hal ini disebabkan formasi ini tidak hanya nyaman digunakan oleh mereka yang mengandalkan kecepatan tinggi pemain sayapnya namun juga bisa dipakai bagi mereka yang lihai mengocek bola dari tengah.

Pun jika bicara soal umpan, formasi ini juga bisa disesuaikan dengan umpan lambung melalui sayap, umpan manis jarak dekat dari tengah maupun counterattack dengan efektif.

Salah satu klub besar yang masih setia dan terbukti sukses menggunakan formasi ini tentu saja, Real Madrid yang diasuh oleh legenda hidupnya, Zizou.

Answered Aug 22, 2017

Question Overview


9 Followers
688 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Siapa yang bakal keluar sebagai juara catur dunia yang saat ini sedang berhadapan antara Magnus Carlsen melawan Sergey Karjakin?

Apakah berolahraga memiliki pengaruh secara langsung terhadap perkembangan mental?

Apakah kerugian dari memiliki tubuh berotot?

Bagaimana cara Anda menyiasati kemalasan berolahraga pada pagi hari?

Apa tujuan terbesar Anda ketika berolahraga?

Bagaimana budaya populer diterapkan dalam dunia olahraga?

Siapa atlet Indonesia yang paling fenomenal?

Mengapa olahraga Indonesia mengalami kemunduran drastis sejak 2000an?

Apa yang membuat sepak bola Indonesia tidak berkembang?

Kenapa beberapa klub sepak bola mandiri/profitable, sementara sebagian klub sepak bola lainnya mengandalkan dana APBN?

Mengapa Brasil bisa menjadi juara dunia sepak bola berkali-kali dan apa rahasia suksesnya?

Apa yang pertama kali ada di kepala Anda saat diucapkan kata Manchester United? Alasannya?

Menurut Anda, apa faktor yang menentukan kemenangan Indonesia atas Singapura?

Mengapa pengorganisasian kompetisi bola basket lebih baik daripada sepak bola di Indonesia?

Apa pendapat Anda tentang klub sepakbola R.B. Leipzig?

Siapakah pemain Manchester United favorit Anda?

Siapa saja pemain Manchester United yang menyeberang ke Liverpool?

Apakah persamaan antara Manchester United dan Liverpool?

Bagaimana cara mempersiapkan diri untuk mengikuti dan memenangkan perlombaan?

Bagaimana cara bekerja matrix yang paling efektif?

Apakah bauran pemasaran (4 ataupun 7 P's) masih relevan dipraktikan di era digital saat ini?

Apa strategi terbaik untuk mendapatkan IPK tinggi tapi tetap santai dalam kuliah?

Apa strategi makan prasmanan Anda?

Apa yang membuat McDonald's menjadi restoran cepat saji paling sukses?

Apa tips agar karir bisa naik dengan cepat di perusahaan multinasional?

Bagaimana cara kotor/tidak pantas yang kerap dilakukan salesman untuk dapat mempengaruhi calon pembelinya?

Bagaimana cara terbaik dan yang paling efektif belajar dalam mempersiapkan ujian (UTS/UAS)?

Pembukaan dan pertahanan apa yang paling sering digunakan para pecatur dunia?