selasar-loader

Bagaimana anak kos menjaga pola hidup sehat?

Last Updated Aug 9, 2017

13Apa8DyS8uaNHEqbGlAWtu-pdvVfecm.jpg

Anak kost, terutama yang berstatus pelajar dan mahasiswa, identik dengan makan apa aja yang penting makan. Awal bulan mendapat kiriman dari orang tua bisa untuk makan di restoran. Ketika akhir bulan mulai makan yang instan-instan. Bahkan ada meme yang menggambarkan anak kost makan nasi, kerupuk, dengan kecap yang botolnya dibalik alias kecapnya sisa sedikit. Kocak tetapi ada benarnya juga.

Padahal anak kost juga perlu menjaga pola hidup sehat supaya lancar menjalankan aktivitas. Kementrian Kesehatan RI mencanangkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), salah satunya dengan membatasi konsumsi 5 sdm minyak goreng, 1 sdt garam, dan 4 sdm gula per hari.

Terkadang kesibukan membuat anak kost kurang memperhatikan asupan tubuh. Selain itu ada dilema antara biaya konsumsi dengan kebutuhan lain, misalnya untuk membayar kost,membeli buku, biaya photocopy, mengerjakan tugas, PDKT ke gebetan, pulsa HP, juga internet.

Sebenarnya untuk urusan pulsa dan paket data internet, anak kost dapat menggunakan Combo Xtra dari XL yang memberikan paket internet dengan Xtra Nelpon ke semua operator. Atau buat yang suka begadang ada XL Super Ngebut yang menyediakan kuota internet besar di malam hingga pagi hari. Mau mengerjakan tugas di kampus, kafe, atau kost tetap bisa online.

Selain membatasi konsumsi makanan sesuai anjuran pemerintah, apa yang bisa dilakukan anak kost untuk menjaga pola hidup sehat?

9 answers

Sort by Date | Votes

Memperhatikan pola makan, yakni makan teratur tiga kali sehari. Selain itu, masak sendiri lebih sehat dan bisa lebih hemat, hindari makanan junkfood. Rajin berolahraga. Jaga kebersihan. Hindari hal-hal berbahaya, seperti rokok, minuman keras, pergaulan bebas, dll.

Answered Aug 9, 2017
anjar setyoko
Dinas Perindusterian Kabupaten Paser

Ya, Mbak, bener banget, tuh. Dulu waktu jadi anak kos saya malah makan junk food. Anggapan saya, sih, karena praktis, terus murah dan rasanya pun enak. Hehehehe. Habis sakit baru tahu, ternyata anak kos malah harusnya lebih intens jaga pola hidup sehat. 

Nah, soal kebutuhan internet dan hubungan keluarga yang jauh memang dari dulu udah saya pasrahkan ke XL. Murah dan Jaringannya kuat.

Answered Aug 12, 2017

Biasanya masak nasi sendiri, tapi lauk dan sayur yang sudah matang lebih sering beli di warung, selain bisa lebih hemat jam makanan juga tetap teratur sih jadinya. 

Answered Aug 19, 2017

Makanan yg dikonsumsi setiap harinya haruslah memenuhi kriteria dari protein,vitamin,nutrisi,karbohidrat, lemak dls. Setidaknya sayuran,buah,nasi,dan lauk jadi santapan utama dan tidak kekurangan air putih. Serta memininalisir memakan yg berbau gorengan. Terima kasih

Answered Aug 19, 2017
Olgha Ngantung
Curious observer, skeptical learner, UI

Pola hidup sehat tidak hanya dikaitkan dengan asupan nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Selain menjaga pola makan 4-sehat 5-sempurna, rutin berolahraga penting untuk membentuk daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan lelah dalam beraktivitas, mengingat kegiatan mahasiswa begitu padat. Tidak perlu olahraga berat, cukup sempatkan waktu lari keliling daerah sekitar kost 2-3x dalam seminggu. Selain itu, kurangi kebiasaan tidak sehat lainnya, seperti bergadang. Hal ini kian berlaku bagi anak-anak PP (pulang-pergi). Sebagai mahasiswa, tentu menjadi amanah untuk belajar dan mengerjakan tugas sebaik-baiknya. Oleh sebab itu, mahasiswa rawan sekali bergadang demi mengerjakan tugas yang seakbrek. Saran saya, belajarlah mencicil tugas agar tidak keteteran di kemudian hari.

Answered Sep 6, 2017
Eka Primadestia K
Administrasi Negara UI - Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta

Berbicara terkait menjaga pola hidup sehat bagi anak kost, kita perlu melihat dari perspektif yang berbeda selain dari sisi konsumsi yang telah dianjurkan oleh pemerintah (gerakan masyarakat hidup sehat). Kita dapat melihatnya dari sisi perihal olahraga pada gaya hidup anak kost. Kebiasaan berolahraga merupakan kebiasaan yang sering terlupakan oleh anak kost karena beberapa penyebabnya antara lain rasa malas / mager serta tingkat kesibukan yang tinggi yang menyebabkan anak kost mengabaikan pentingnya olahraga.

Tingginya mobilisasi anak kost di kampus tersebut membuat anak kost untuk bisa menjaga kesehatan tubuhnya yang dimulai dari menjaga pola hidup yang sehat di kehidupan sehari-hari. Manfaat dan pentingnya olahraga sudah diketahui oleh masyarakat pada umumnya namun lagi-lagi implementasinya yang belum dibiasakan oleh masyarakat umum tersebut termasuk anak kost. Orang yang tidak pernah berolahraga akan rentan untuk terkena penyakit karena kekebalan tubuhnya yang tidak terlalu kuat untuk melindungi diri sendiri.

Oleh karena itu, salah satu alternatif yang perlu anak kost lakukan untuk menjaga pola hidup sehat adalah mulai sadar akan pentingnya melakukan olahraga dan memulai olahraga sejak saat ini. Perlu disadari dan direfleksikan bersama mengapa olahraga penting untuk menjaga kesehatan bagi anak kost karena memang nyatanya memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Olahraga bisa menghilangkan beban pikiran yang membebani anak kost. Bila diibaratkan sebagai sebuah mesin, apabila tidak pernah dipanaskan maka mesin tersebut akan rusak dan macet. Sama halnya dengan tubuh manusia, yang memang perlu untuk dipanaskan melalui olahraga untuk melemaskan otot-otot dan bagian tubuh lainnya.

Apabila teman-teman kost merasa penat dan stress, maka kita bisa sejenak menghirup udara segar di pagi hari untuk sejenak melepaskan ketegangan di kepala dan merelaksasi pikiran. Olahraga yang dilakukan secara teratur membuat mood lebih stabil, dimana realitanya mood anak kost tidak bisa terkontrol karena tekanan di kampus/organisasi dan sebagainya. Olahraga dapat mengurangi stres, membantu membakar lemak dalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh serta memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Kamu mau sehat ? makan sehat saja tidak cukup, yuk lengkapi dengan olahraga yang teratur para anak kost.

#Jawabanku November 2017

#Rumah Kepemimpinan

#RK Regional Jakarta

Answered Nov 28, 2017
Silmy Kaaffah
Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat UI. Peserta Rumah Kepemimpinan Jakarta

Memilih menjadi anak kos tentu disertai dengan berbagai tanggung jawab yang mengikuti. Dari seorang anak yang tadinya hidup bersama keluarga menjadi seorang individu yang akan mengurus berbagai hal sendiri. Kita dihadapkan pada banyak pilihan yang akan selalu ada konsekuensi setelahnya, termasuk dalam segi kesehatan.

Seringkali beredar berita ada seorang ditemukan meninggal akibat sakit maagh kronis di kamar kos, atau anak kos operasi usus buntu dianggap wajar karena memang sering mengonsumsi mie instant. Hal tersebut dapat terjadi karena kesehatan bukan menjadi hal utama yang diperhatikan anak kost, padahal jika sudah sakit, tentu tidak bisa melakukan apa-apa bukan?

Ketidakperhatiannya anak kos pada kesehatan banyak dikorelasikan dengan kondisi ekonominya.

"Gimana mau makan sehat, makan nasi aja udah syukur" atau "Udah, makan mie aja yang penting kenyang, murah lagi.." atau lagi "Buah itu mahal, gak sanggup belinya.."

Padahal, ada banyak cara untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dengan harga hemat. Salah satunya adalah dengan memasak sendiri, masak nasi, sayur dan lauk sederhana bisa menjadi pilihan. sayur bayam dan tempe gorang dan telur mata sapi sudah mencukupi kebutuhan gizi kita, terdapat kerbohidrat, protein nabati dan protein hewani serta serat di dalamnya. Nah, memasaknya bisa dibagi menjadi beberapa periode makan sehingga dapat jauh lebih hemat.

JIka kesulitan memasak lauk, seminimalnya cobalah untuk memasak nasi sendiri, sekali masak jangan banyak-banyak sehingga tidak terbuang percuma, setengah liter beras bisa untuk makan sepanjang hari. Nah, pemilihan lauk saar hanya masak nasi menjadi hal yang penting, karena konsumsi lauk berhubungan erat dengan kandungan lemak, kolesterol dan mungkin gula. pilihlah lauk yang mengandung protein seperti ayam dan ikan di awal bulan, atau kalau lagi sekarat di akhir bulan tempe dan tahu. ingat, jangan menggunakan gorengan seperti bakwan sebagai lauk, karena bakwan mengandung karbohidrat dri terigunya. Selain lauk, perlu juga kita memilih sayur pada setiap makan. Kombinasikan sayur yang cocok dengan lauknya seperti bayam dengan tempe goreng, capcay dan telur pedas dsb, pastikan lidah kita cocok agar kita lahap memakannya.

Eits, jangan lupa porsi nasi yang kita makan juga jangan banyak-banyak ya, karena semakin banyak makan jika tidak diiringi dengan banyaknya aktivitas akan memicu terjadinya obesitas.

Hal penting yang kadang dilupakan adalah... mengonsumsi buah. Memang jika dilihat harga buah relatif tinggi, tapi kita bisa menyiasatinya dengan membeli buah yang besar dan menyimpannya di kulkas. misalnya, di awal minggu kita membeli pepaya seharga 10 ribu, pepaya bisa disimpan di kulkas dan di cicil untuk di makan setiap harinya. kalau dibagi, harga pepayanya per hari hanya 1400 rupiah, murah bukan?

Nah, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi makanan sehat karena keuangan terbatas ya. Kadang, kitanya saja yang malas untuk repot-repot menyediakan makanan sehat, padahal kesehatan investasi bukan?

Mari sukseskan gerakan hidup sehat untuk masa depan yang cemerlang!

Answered Dec 31, 2017
Affan Mahfudz
Occupational Health and Safety FKM UNAIR 2015| HEROBOYO 8

Menjaga pola hidup sehat bisa dibilang mudah-mudah sulit, apalagi anak kos yang jauh dari kata sejahtera. Bisa dibilang banyak keterbatasan untuk hidup sehat. Namun, saya hanya menggaris bawahi 2 hal penting untuk tetap hidup sehat ala anak kos.

1. Menjaga pola makan: makan adalah sumber zat gizi. Aktivitas kita memerlukan energi yang berasal dari zat gizi. oleh sebab itu anak kos harus faham takaran porsi dalam sekali makan, setidaknya telah mengonsumsi karbohidrat, vitamin serta protein dalam sehari. Banyak penyakit degeneratif yang timbul pada remaja akibat gaya hidup kurang sehat seperti terlalu sering makan fastfood.

2. Menjaga pola aktivitas tubuh: beraktivitas minimal 30 menit sehari adalah bagian dari hidup sehat menurut 1 dari 7 aktivitas Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) oleh Kemenkes RI. Setidaknya anak kos kalo tidak jogging pagi ya ikut aktivitas seperti futsal atau silat atau lain sebagainya.

Dua hal penting ini perlu diketahui anak kos. Semuanya butuh usaha dan pembiasan. 

Answered Jan 2, 2018
Rizky Anwari
Mahasiswa Prodi Matematika, Universitas Gadjah Mada

Dapat dilihat dari dua aspek. Pertama dari kesehatan tubuh, yakni dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang juga banyak minum air putih. Aspek yang kedua adalah dari segi kesehatan lingkungan. Bersihkan selalu tempat tidur, rapikan barang-barang dan buang yang tidak perlu. Pastikan kostan memiliki ventilasi udara yang cukup dan cahaya matahari agar dapat masuk.

Answered Mar 2, 2018

Question Overview


11 Followers
966 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Bagaimana cara mendapatkan kekayaan 1 miliar rupiah pertama Anda?

Bagaimana cara untuk mendapatkan return yang tinggi saat berinvestasi di bursa saham?

Berapa pendapatan selebriti Indonesia per bulan?

Berapa pendapatan seorang motivator terkenal Indonesia setiap bulan?

Berapa pendapatan penyanyi tunggal Indonesia setiap bulan?

Berapa pendapatan penyanyi group band Indonesia setiap bulan?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan untuk pasangan muda?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan untuk seorang mahasiswa?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan kala bulan ramadhan?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan kala akhir bulan menjelang?

Apa itu Diet Ketogenic Fastosis?

Bagaimana caranya ikhlas memaafkan orang dengan cepat hingga bisa tidur malam tanpa membenci siapapun? Dan apa indikatornya bahwa hati telah benar-benar ikhlas memaafkan?

Apa dampak globalisasi terhadap budaya konsumsi masyarakat?

Bagaimana cara menjadi penyiar radio?

Apa suka duka menjadi seorang penyiar radio?

Dari mana biasanya Anda mendapatkan referensi musik baru?

Apa yang kamu lakukan bila diminta membuat sebuah event Reuni Sekolah?

Mungkinkah reuni sekolah dibuat secara digital?

Maukah datang di Launching Buku di Mall Bassura City tgl 23 April 2017?

Kamu lebih memilih bekerja dengan gaji tinggi atau sesuai bidang yang diminati?

Senyaman Apakah Co-Working Space-mu?

Semisal apa yang dikatakan itu berbeda dengan apa yang kita lihat, mana yang lebih dahulu harus kita percaya? Yang kita dengar atau yang kita lihat?

Apakah ada badan khusus atau organisasi yang mencari kebenaran berita yang beredar di media sosial atau semacam hoax identifier di Indonesia?

Bagimana rasanya mempunyai penghasilan sebesar 100 juta rupiah setiap satu bulan?

Mengapa Sistem Transportasi Berbasis Digital Belum Bisa Diterima di Sebagian Kalangan?

Salahkah beralih provider telekomunikasi?

Apakah menulis kegiatan yang menyenangkan bagi Anda?

Apakah hal yang membuat Anda bersyukur?

Apa faktor yang membuat orang menggunakan Vape?

Apa cerita tak terlupakan dan mengesankan yang Anda alami dengan teman indekos?

Di mana tempat kost cowok/laki-laki yang bersih dan murah di sekitar UGM?

Apa yang kamu lakukan ketika merasa bosan di kamar kost?

Benarkah anak yang suka tantrum memiliki kecerdasan di atas rata-rata?

Benarkah anak yang 'fatherless' berpotensi menjadi kemayu? Mengapa?

Bagaimana cara mengatasi anak yang memiliki rasa ingin tahu berlebih?

Mengapa anak lebih baik tidur di kamar sendiri alias terpisah dari orangtuanya?

Pada usia berapakah anak boleh diajarkan bahasa asing? Mengapa?

Pentingkah mengajarkan bahasa daerah kepada anak?

Bagaimana cara yang bijak menjawab pertanyaan anak tentang seks?

Pentingkah orangtua memberikan nama yang baik kepada anaknya? Mengapa?

Seberapa berbahayakah kondisi anak yang memiliki kedekatan berlebih dengan pengasuhnya?

Mengapa channel mainan di YouTube cenderung memiliki banyak sekali penonton?

Apakah warna jaket almamater Universitas Gadjah Mada (UGM)?

Lebih penting mana, IPK atau organisasi?

Mengapa kita harus kuliah?

Bisakah kesuksesan diraih tanpa harus kuliah?

Apa motivasi terbaik Anda untuk seseorang yang mulai jenuh kuliah?

Apa strategi terbaik untuk mendapatkan IPK tinggi tapi tetap santai dalam kuliah?

Bolehkah ikut BEM meskipun sebenarnya tidak tertarik dengan dunia pergerakan mahasiswa?

Ketika menyadari bahwa Anda salah jurusan, apa yang Anda lakukan?

Pernahkah Anda di-drop out (DO) ketika kuliah?

Apa peristiwa paling menyebalkan ketika sedang mengerjakan skripsi?

Di mana kamu indekos selama kuliah di Yogyakarta? Apa alasan di sana?

Mengapa mahasiswa Indonesia harus berprestasi?

Bagaimana sejarah atau cara sebuah perguruan tinggi sekarang meraih predikat unggul?

apa langkah terbaik yang bisa dilakukan sebagai mahasiswa tahun akhir?

Apa kelebihan hidup di desa daripada di kota?

Bisakah orang yang sudah terlanjur hedon kemudian menjalani hidup seadanya?

Adakah makanan/minuman yang berasal dari era Perang Dunia II?

Seperti apakah pengaruh budaya populer pada makanan?

Benarkah anggapan bahwa sayur itu menyehatkan tubuh?

Makanan apa yang paling layak mewakili Indonesia sebagai brand makanan dunia?

Kenapa Indomie bisa enak dan murah sekali?

Bagaimana asal mula menjamurnya tenda pecel lele di Indonesia?

Sebagai negara kelautan, mengapa masyarakat Indonesia jarang mengkonsumsi ikan?

Makanan Indonesia apa yang paling Anda suka?

Apa saja makanan asli dari leluhur/pendahulu Indonesia?

Makanan apakah yang melambangkan Amerika?

Bagaimana cara memasak rendang yang enak?

Apa nama restoran Jepang terbaik di Jakarta dan sebutkan alasannya?

Mengapa masakan Jepang sering disajikan dalam keadaan mentah?

Dari setiap masakan/makanan Jepang yang ada, apa yang terbaik menurut Anda dan apa alasannya?

Makanan apakah yang menurutmu 'Jepang banget'?

Apa restoran Padang terbaik di Jakarta? Mengapa?

Kuliner apa yang menurut Anda spesial di Sydney?

Kuliner apa yang paling kamu rekomendasikan di Jakarta?

Menurut anda, apa panganan asli Indonesia yang layak masuk warisan dunia?

Apa Kuliner Nusantara paling enak yang pernah kamu cicipi?

Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

Bagaimana cara Jerman membangun kembali ekonominya setelah Perang Dunia II?

Apakah kunci sukses pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pada puncak bonus demografi di Indonesia (2025-2035)?

Apakah penggunaan alat ukur Gross Domestic Product (GDP) masih relevan untuk menghitung tingkat kesejahteraan sebuah negara?

Mengapa perhitungan Gross National Product (GNP) jarang digunakan sebagai alat ukur kinerja ekonomi?

Apa yang Anda ketahui tentang Green GDP?

Apakah inflasi selalu berdampak buruk untuk perekonomian?

Apakah konsekuensi deflasi terhadap kinerja perekonomian sebuah negara?

Ketika terjadi apresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar, langkah taktis apa yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan kerja perekonomian?

Apakah depresiasi nilai tukar selalu memiliki dampak negatif untuk perekonomian?

Siapa dokter yang paling berjasa dalam hidup Anda?

Siapa dokter yang paling keren di Indonesia?

Mengapa resep dokter sulit dibaca?

Apa penyakit aneh yang pernah Anda lihat secara langsung selama berkarir di dunia kesehatan?

Apa yang menarik dari Museum Kedokteran, Surabaya?

Mengapa kita menguap?

Bagaimana ciri-ciri buta warna pada manusia?

Apa yang membuat Anda ingin menjadi dokter hewan?

Apa yang membuat Anda takut cabut gigi?