selasar-loader

Apa yang Anda lakukan ketika sedang terjebak dalam kemacetan Jakarta?

Last Updated Nov 29, 2016

13 answers

Sort by Date | Votes
Anonymous

smw4hMWqkQvO9rm6QAnzj_bn1NnWvaDy.jpg

via essaynparagraph.com

Kalau sedang bawa kendaraan pribadi, saya tetap fokus dengan apa yang ada di depan dan sekitar.

Kalau jadi penumpang, lebih banyak memikirkan apa saja yang akan dilakukan ketika sampai ditempat tujuan, dll.

Answered Feb 28, 2017
Syaifuddin Sayuti
Happy Holiday...

SIRxWOVY_hreSttN6ohoFdA-IR84UIhy.jpg

Hal yang paling sering saya lakukan saat terjebak kemacetan di ibukota adalah mendengarkan musik. Dengan musik, tekanan kemacetan sedikit berkurang. Saya jadi lebih relaks, lebih santai menghadapi kemacetan.

Selama kemacetan, biasanya saya juga berbagi informasi mengenai kawasan macet yang saya bagikan melalui akun sosial media. Biasanya saya kirimkan ke sejumlah akun, seperti akun stasiun radio, akun Polda Metro Jaya, hingga akun yang khusus berbagi soal kemacetan.

Harapan saya dengan membagikan info kemacetan adalah agar orang di belakang saya bisa menghindari jalan yang saya lalui dan mencari jalur alternatif.

Jika bepergian bersama keluarga atau kawan, kemacetan justru menjadi berkah tersendiri bagi saya. Saya jadi lebih bisa berbincang tentang apapun. Bercerita hal-hal sepele, yang lucu, dan yang membuat seisi mobil saling terhubung.

Oh iya, ada satu lagi kegiatan yang kerap saya lakukan jika terjebak kemacetan, yaitu memfoto jalanan, kemacetan, dan perilaku orang di jalan. Kamera di smartphone yang makin canggih sangat memudahkan saya mengembangkan keterampilan fotografi saya, meski tidak bisa dilakukan di setiap ruas jalan.

Answered Feb 28, 2017
Nisafu -
Jakarta, Indonesia.

KPEAnOaOdPYHlRud3yogjvjMjfgnOcwj.jpg

via shutterstock.com

Berhubung saya adalah pengguna angkutan umum Transjakarta, kalau terjebak macet, maka handphone dengan baterai cukup harus stand by untuk mendengarkan musik sebagai pintas untuk menghilangkan bosan. Oh ya, saya suka memperhatikan orang2 disekitar yang terjebak macet di dalam bus bersama saya, menebak-nebak apa yang dipikirkan orang itu dan sikap dari bahasa tubuhnya. 

Answered Mar 2, 2017
Christine Cleine
business law student of BINUS

yb880sCOiFX9eheNlgob9drQfCqPnc6U.jpg

Dengerin lagu.

Answered Mar 23, 2017

tvv8LlX2tgvNqHR4WbO1wQLWVCP-9uO_.jpg

Ada empat hal yang selalu saya bawa kemana-mana (selain kunci dan nyawa), yaitu:

  1. Hp
  2. Dompet
  3. Buku
  4. Notes

Berhubung saya sudah janji untuk nggak akan nyetir (ini panjang ceritanya), maka saya selalu menjadi penumpang. Baik pada kendaraan pribadi, kendaraan teman, atau angkutan umum.

Pilihan pertama, buka hp. Kalau baterenya masih 80-90% saya online; lihat berita-berita yang terbaru, status-status Twitter teman, atau situs-situs yang menarik perhatian saya. Namun, jika baterenya sudah 40% ke bawah, biasanya saya dengerin musik.

Pilhan kedua, baca buku. Bisa bermacam-macam tema. Saya punya kebiasaan untuk membaca setidaknya dua buku dalam satu minggu. Jika sibuk sekali, minimal saya baca dua majalah. Lumayan untuk memperkaya wawasan.

Pilihan ketiga, buka notes. Mengingat apa yang sudah saya baca dan saya anggap menarik. Poin-poinnya saja. Ini bisa jadi kontruksi awal untuk memulai tulisan. Semacam kerangka utama. Kadang saya tengok kiri kanan, memikirkan apa yang menarik, apa yang perlu dibenahi dari kondisi di sekitar saya, mengingat tempat-tempat yang pernah saya kunjungi, pengalaman aneh yang pernah saya alami, berandai-andai seandainya hal tersebut diterapkan disitu. Terkadang hasil "imajinasi" tersebut saya tulis di notes (jika tidak terlalu gila). 

Pilihan keempat, ambil dompet. Ini adalah pertanda bahwa kebosanan saya sudah berada pada level sangat akut (biasanya siang atau sore hari). Capek, ditambah emosi labil, mood berantakan, kesabaran habis, hp sudah mati, tidak ingin baca buku, apalagi nyatet. Maka saya akan ambil dompet, turun, lalu jalan kaki. Yang lain-lain, urusan nanti. Beli makanan yang ada di sekitar tempat itu, bayar pengamen untuk nyanyi 1-2 lagu, beli bakso, minum kopi, atau apa saja yang bisa bikin saya happy dan bikin mood balik lagi. Jadwal dapat dibatalkan. Acara bisa telat. Tugas terancam bubar. Tapi semakin saya tumbuh dewasa, saya sadar bahwa hidup ini bukan soal kejar target, waktu, atau angka-angka; melainkan tentang melakukan hal-hal yang bisa membuat kita bahagia.

#SayembaraSELASAR (Saya pilih MacBookPro)

Answered Apr 2, 2017
Arief Bahari
Graphic Designer at Selasar. Data Visualization • Motion Artist

Pt5008x7oNv1RcFYYmVsM6B1-2NSr4SB.png

berkontemplasi. mereview kembali tujuan hidup jangka pendek & jangka panjang. memastikan pilihan hidup saya tidak melenceng dari tujuan tersebut.

Answered Apr 2, 2017
Annisa Sri Aulia Mutiara
Pecinta sepakbola. Penikmat sastra.

Hal pertama yang pasti saya lakukan ketika terjebak kemacetan Jakarta adalah bermain handphone. Saya akan membuka LINE, Instagram, dan media sosial lainnya secara berulang-ulang, sembari sesekali mengeluh.

Saya punya perhitungan yang tepat, biasanya ketika ingin pergi pasti handphone saya memiliki daya baterai yang cukup sehingga saya bisa memainkannya kala bosan dengan kemacetan. Hal lainnya, jika sudah bosan melihat-lihat sosial media, saya akan mendengarkan musik. Saya tak suka mendengarkan musik dan melihat-lihat media sosial secara bersamaan di handphone (sebenarnya sih karena sangat menguras baterai, hehe), sehingga pasti akan saya lakukan salah satunya.

Hm, intinya, kemacetan Jakarta memang sulit dihindari.

xx8_UDnl7rd0xS9BJ9rI5KjOwCgV3XOd.jpg

via 1.bp.blogspot.com (KAM)

Answered Apr 2, 2017
Anonymous

0VFxurThoY5zslZOqtVjbGhuMH3mZfJ1.jpg

via cari-mobil.com (FR)

Mendengarkan musik ataupun berita.

Answered Apr 6, 2017
Uli Elysabet Pardede
Karyawan Biasa, Blogger, Make-Up Addicts

XNlZGzDlDLiT-xX6sGM7sIrGXmzGNaFz.jpg

via techgyd.com (FR)

 

Mendengarkan Musik. Tapi akhir-akhir ini telinga saya mulai terasa sakit. Jadi saya memilih berdiam diri sambil memandangi jalanan, bahkan terkadang ketiduran.

Kalau untuk bermain handphone atau membaca buku, saya rasa suasananya kurang kondusif. Karena pasti banyak orang kepo ngelirik kita lagi buka apa, isi chatnya apa dan lain sebagainya. Entahlah, yang pasti saya kurang nyaman melakukannya di bus. 

Answered Apr 6, 2017
Dina Adr
A former Communication student at UI. Take career path in communication world.

Z-s5916VNUM-OWFqM5Bfa_EFguAwbdka.jpg

via sukarto.com (FR)

Mendengarkan kembali lagu-lagu favorit dari waktu ke waktu adalah cara yang cukup efektif untuk menghilangkan bosan dan paling simple untuk dilakukan.

Jika macetnya cukup parah, saya membuka atau meng-update akun sosial media pribadi. Sosial media adalah Pintu Kemana Saja-nya saya di saat macet. Walaupun terjebak di dalam kemacetan, saya masih bisa tau tentang apa sih yang terjadi di luar sana dan bahkan yang terjadi di belahan bumi lainnya.

Selain itu, saya juga sering mencari-cari ide. Entah mengapa, banyak ide-ide baru yang terlintas saat saya menyetir kendaraan pribadi. Baik itu ide baru untuk pekerjaan atau pun sekedar ide kegiatan untuk dilakukan pada hari weekend.

Answered Apr 6, 2017
Yohanes Ray Ginjara
Strategic Communication Postgraduate Student

Hasil gambar untuk terjebak macet di dalam mobil

Mendengarkan lagu-lagu yang bisa meredam emosi saat stuck di kemacetan. Kemudian, cari informasi di Twitter tentang penyebab kemacetan di jalan yang saya lalui. Kemudian, lihat-lihat IG, cari update-tan yg lucu-lucu agar tidak stres.

Gambar via allianz.co.id

Answered May 6, 2017
Bernhart Farras
TRY - DO - NOW!

Mendengarkan audio book.

Hasil gambar untuk mendengarkan audio book ketika macet

Gambar via encrypted-tbn0.gstatic.com

Answered May 27, 2017
Zenia Zn
Mahasiswa Manajemen Komunikasi di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

7QRYmBtCQBsiF9U-4PPk-IpLH02xaNtq.jpg

Terjebak macet di jalan Jakarta mungkin sudah menjadi pemandangan sehari-hari bagi saya. Apalagi jika mengendarai kendaraan roda empat yang praktis tidak bisa apa-apa saat kejebak kemacetan. Hanya pasrah dan terus berdoa semoga kemacetan dapat segera terurai dan perjalanan sampai ke tempat tujuan bisa lancar kembali. Berbeda saat mengendarai sepeda motor, pasti lebih lincah meliuk-liuk di antara mobil yang macet. Jika kondisinya seperti itu sudah pasti membuat kesal dan bosan, berikut beberapa hal yang saya lakukan untuk membunuh waktu disaat kemacetan tersebut.

1. Mendengarkan musik

Dengan mendengarkan musik yang saya sukai selain lebih menghibur mendengarkan musik juga bisa membuat saya lebih ceria dan lebih bersemangat.

2. Browsing

Dengan memanfaatkan gadget saya bisa melakukan browsing di internet, entah itu untuk mengecek timeline di social media atau membaca berita di portal berita online.

3. Bermain game

Bermain game dapat mengurangi tingkat kesetressan saat macet dan dapat mengalihkan perhatian.

Answered May 31, 2017

Question Overview


16 Followers
2737 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apakah jenis parfum wanita yang paling tahan lama untuk dipakai di Jakarta?

Apa nama restoran Jepang terbaik di Jakarta dan sebutkan alasannya?

Mengapa orang Jakarta suka menghabiskan waktu di mal?

Apa saja hal yang membuat Jakarta lebih bagus dari kota lain?

Apa lokasi wisata terbaik di Jakarta? Mengapa?

Bagaimana cara terbaik dan paling efektif untuk menghindari kemacetan di Jakarta?

Mengapa banyak sekali orang Jawa di Jakarta?

Dari mana Google Maps memprediksi jalanan padat atau lancar dari warna jalan yang merah, hijau, dan oranye?

Mengapa Jogja semakin macet?

Mungkinkah berdamai dengan kemacetan di Jakarta?

Apa yang menyebabkan jalanan di Jakarta macet ?

Apa penyebab utama kemacetan tol dari Jakarta ke Bandung? Apa yang bisa dilakukan masyarakat sebagai solusinya?

Apa yang biasanya Anda lakukan ketika terjebak macet?

Benarkah Sandiaga Uno menuding pejalan kaki penyebab macet?

Bagaimana mengatasi masalah kemacetan di Jakarta?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Kendaraan darat apakah yang paling banyak digunakan oleh tentara saat Perang Dunia II?

Apa rute penerbangan dengan durasi paling pendek di Indonesia?

Apa yang menjadi transportasi Anda di Jakarta?

Apa moda transportasi terbaik di Jakarta?

Situs apa saja yang harus dipantau pengguna kereta api di Jakarta?

Siapakah yang mempopulerkan "Om Telolet Om"? Mengapa bisa populer di kalangan netizen?

Bagaimana asal-usul fenomena "Om Telolet Om"?

Apa kereta api ternyaman dan teraman di Indonesia?

Apa penerbangan ternyaman dan teraman di Indonesia dan apa alasannya?

Apa jalan tol teraman dan ternyaman di Indonesia?