selasar-loader

9 answers

Sort by Date | Votes
Rumah Kepemimpinan
Beasiswa Pemimpin Indonesia | Institusi Strategis Milik Bangsa

 

Berawal dari Cita-Cita

Mulanya adalah cita-cita membangun kembali Indonesia, sebuah Indonesia baru  yang idam-idamkan. Indonesia yang kuat dan dinamis, sebuah negara di mana hukum tegak sebagai pilar dan atap pelindung yang mengayomi semua anak bangsa  dalam kesetaraan, dan roda ekonomi berputar menebarkan kemakmuran dan kesejahteraan yang berkeadilan. Indonesia dalam visi para pendiri Rumah Kepemimpinan adalah Indonesia baru di mana politik dan demokrasi yang berakal sehat menjadi wahana bagi segenap rakyat yang berdaulat untuk mengekspresikan kehendak luhurnya sebagai bangsa yang beradab. Dalam cita-cita para peletak dasar lembaga ini, Indonesia baru adalah Indonesia yang bermoral tinggi, bangsa yang hidup dalam kesantunan. Indonesia yang dirindukan adalah Indonesia yang bermartabat, Indonesia yang disegani oleh bangsa-bangsa sedunia, sekaligus menjadi rahmat bagi umat manusia dan guru bagi seluruh alam.

Rumah Kepemimpinan adalah institusi strategis milik Bangsa yang memiliki kepedulian terhadap persoalan kepemudaan dan kepemimpinan. Rumah Kepemimpinan berkomitmen untuk menjadi institusi yang bersifat non partisan, non-profit, terbuka, profesional, relijius, dan menjunjung tinggi kebersamaan. Lahirnya pemimpin Indonesia yang dapat membawa negeri ini menjadi bangsa yang maju dan bermartabat adalah cita-cita Rumah Kepemimpinan.Hampir 15 tahun kami telah berkiprah menghasilkan 1046 Alumni yang berkontribusi di berbagai sektor kehidupan. Saat ini Rumah Kepemimpinan memberikan beasiswa dan pembinaan bagi peserta Angkatan ke VIII yang terdiri dari 270 mahasiswa/i terpilih dari 9 PTN di 7 kota.

Rumah Kepemimpinan memiliki bentuk Quantum Model Pembinaan yang terdiri dari Indealisme Kami, Visi - Misi, ROOM PK, Kompetensi Dasar, dan Kompetensi Bidang. Kelima unsur pembinaan merupakan dasar dalam pembinaan peserta selama 2 tahun di asrama Rumah Kepemimpinan.

KRm989lm_qsdPYRojiGzF8a65QlRsFjb.jpg

Rumah Kepemimpinan memiliki visi:

Menjadi lembaga pembinaan yang melahirkan pemimpin berintegritas, akseptabel dan profesional untuk berkontribusi dalam transformasi bangsa menuju Indonesia Madani

dan misi:

  1. Kaderisasi / Pembinaan: Membangun paradigma Islam dan kompetensi Peserta dan Alumni Rumah Kepemimpinan yang Rendah hati, Open mind, Moderat, dan Obyektif serta Prestatif-Kontributif.
  2. Pemberdayaan / Mobilitas: Mendorong dan mengarahkan mobilitas Pemimpin Muda Rumah Kepemimpinan ke berbagai bidang dan institusi strategis
  3. Kepeloporan: Membangun kepeloporan Pemimpin Muda Rumah Kepemimpinan menjadi ”problem solver” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  4. Penguatan Lembaga: Menjadikan Rumah Kepemimpinan sebagai wadah konsolidasi Para Pemimpin untuk berkontribusi mewujudkan Indonesia dan Dunia yang lebih baik dan bermartabat.
XJ2Fk33dfdxmsaB1KxxSJfBa_pmxL-sT.png
Saat ini, Peserta Rumah Kepemimpinan berasal dari 9 PTN di 7 kota di seluruh Indonesia, yaitu:
Regional 1 Jakarta: 30 mahasiswa dan 30 mahasiswi Universitas Indonesia
Regional 2 Bandung: 35 mahasiswa Institut Teknologi Bandung dan Universitas Padjajaran
Regional 3 Yogyakarta: 30 mahasiswa dan 30 mahasiswi Universitas Gadjah Mada
Regional 4 Surabaya: 35 mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Univerrsitas Airlangga
Regional 5 Bogor: 30 mahasiswa Institut Pertanian Bogor
Regional 6 Medan: 25 mahasiswa Universitas Sumatera Utara
Regional 7 Makassar: 25 mahasiswa Universitas Hasanuddin
 
Keyakinan Dasar Rumah Kepemimpinan sebagai suatu organisasi dirumuskan dalam bentuk 
"Idealisme Kami":

Betapa inginnya kami agar bangsa ini mengetahui
bahwa mereka lebih kami cintai daripada diri kami sendiri.

Kami berbangga ketika jiwa-jiwa kami gugur
sebagai penebus bagi kehormatan mereka,
jika memang tebusan itu yang diperlukan.

Atau menjadi harga bagi tegaknya kejayaan, kemuliaan,
dan terwujudnya cita-cita mereka, jika memang itu harga yang harus dibayar.

Tiada sesuatu yang membuat kami bersikap seperti ini selain rasa cinta
yang telah mengharu-biru hati kami,
menguasai perasaan kami, memeras habis air mata kami,
dan mencabut rasa ingin tidur dari pelupuk mata kami.

Betapa berat rasa di hati
ketika kami menyaksikan bencana yang mencabik-cabik bangsa ini,
sementara kita hanya menyerah pada kehinaan dan pasrah oleh keputusasaan.

Kami ingin agar bangsa ini mengetahui bahwa kami membawa misi yang bersih dan suci;
bersih dari ambisi pribadi, bersih dari kepentingan dunia, dan bersih dari hawa nafsu.

Kami tidak mengharapkan sesuatupun dari manusia;
tidak mengharap harta benda atau imbalan lainnya,
tidak juga popularitas, apalagi sekadar ucapan terima kasih.

Yang kami harap adalah terbentuknya Indonesia yang lebih baik
dan bermartabat serta kebaikan dari Allah, Pencipta alam semesta

Answered Aug 15, 2017
Rio Agustian Fajarin
Mahasiswa FTUI | Peserta Rumah Kepemimpinan 8 | Sekjen HIPMI UI 2017

Rumah Kepemimpinan adalah suatu Instansi dimana tempat berupa asrama dengan berbagai program unggulannya yang berisi mahasiswa-mahasiswa terbaik dari berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. Dengan tekad membuat indonesia yang lebih baik dan bermartabat dan semangat darah, keringat, dan air mata maka Rumah Kepemimpinan akan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik

#RumahKepemimpinan # Regional1Jakarta # Agustus 

Answered Aug 19, 2017
Ade Rainaldo
Beswan Rumah Kepemimpinan Regional 2 Bandung || Penulis Buku Resonansi 2017

Wadah manusia strategis yang mau dibina dan mengikhtiarkan dirinya untuk terus berjuang dalam "Life Balance Ways" dengan hanya mengharap ridha-Nya tanpa mengharap imbalan atau hanya sekadar ucapan terima kasih.

 

#RK #PPSDMS #R2Bandung #Prabu #Astabhadrika #Unpad #ITB

Answered Aug 23, 2017
Dian Fhaatma Thaib
Core Lead Team Psychological First Aid (PFA) F. Psikologi Universitas Indonesia

WrQl5D9k8VJMGNcNxuDKKl8lwOCbyRWy.png
Andai jawaban dari pertanyaan ini bisa sesederhana "Rumahnya para pemimpin". Tapi sayangnya tidak bisa.

Bagi saya, Rumah Kepemimpinan tidak sekedar Institusi yang misi utamanya mempersiapkan pemimpin terbaik Indonesia dimasa mendatang. Tak sesederhana beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa-mahasiswi terbaik se-Indonesia agar sampailah mereka pada aktualisasi diri tertingginya nanti. Tak hanya soal asrama dengan fasilitas wifi gratis super gesit dan uang saku tiap bulan yang cukup untuk tabungan liburan akhir tahun. Ya, buat saya Rumah Kepemimpinan jauh, jauh lebih dari semua itu.

Setelah kurang lebih 13 bulan lebih berkenalan dan menjadi bagian Institusi ini, saya mulai memaknai ulang, apakah ini (baca : Rumah Kepemimpinan) sebenarnya? Tempat apakah ini? Dan mengapa saya ada di tempat ini?

Dalam perjalanan yang sama sekali masih jauh dari kata 'selesai' ini, saya mulai memahami,bahwa Rumah Kepemimpinan (RK) tak ubahnya bagaikan rumah dan sekolah yang di gabungkan menjadi satu. RK buat saya, adalah tempat pulang dan tempat belajar, tempat dimana visi, misi serta idealisme tak hanya dibacakan tapi juga diamalkan.

Bagaikan rumah, meski tak pernah berhenti menagih janji idealisme pada siapa saja yang telah memilih menjerumuskan diri di institusi ini, tapi RK, terutama bagi saya, selalu berhasil menjadi tempat pulang yang terbaik, yang membuka pintu saat kita pulang entah dengan segenggam keberhasilan atau bahkan dengan segelintir kegagalan yang memilukan. Karena didalamnya selalu ada tangan-tangan baik yang senantiasa merangkul, dan membantu untuk bangkit dan tidak menyerah dengan keadaan. Tempat pulang dari garangnya dunia luar yang tak sehari saja ingin mengalah demi menggoyahkan idealisme yang bertahun-tahun coba dipertahankan. Rumah, dimana didalamnya ada sosok-sosok ayah yang siap mengajak, dengan ajakan terbaik bernama keteladanan.

Juga ibarat sekolah, yang mengerti bahwa dalam proses belajar ada yang namanya "trial and error" yang mesti dimaklumi. Sekolah yang akhirnya menyadarkan setiap muridnya bahwa di dunia ini istilah "altruisme" (perhatian terhadap kesejahteraan orang lain tanpa memperhatikan diri sendiri) itu benar adanya. Sekolah dimana lagi-lagi pengajaran tebaik adalah tauladan,tauladan dan tauladan.

Dan selayaknya sekolah yang tujuan utamanya adalah menjadi tempat belajar, serta belajar itu sendiri yang diartikan sebagai proses perubahan perilaku yang permanen. Maka, jika ada yang bertanya Apa itu Rumah Kepemimpinan?
Saya dengan senang hati akan menjawab "Sebuah tempat dimana sejarah perubahan saya dimulai".

Answered Aug 23, 2017
Emma Afifah
Mahasiswi Ilmu Komputer UGM 2014 | Rumah Kepemimpinan #8 | Education Enthusiast

Kalau kebanyakan orang menilai bahwa Rumah Kepemimpinan adalah rumahnya para aktivis, para mahasiswa berprestasi, para pioneer-pioneer pergerakan, ladangnya pembicara dimana-mana. Bagi saya tidak.

Rumah Kepemimpinan lebih dari sekedar itu. Tempat menimba ilmu, tempat berbagi keluh kesah, tempat rehat dari berbagai aktivitas yang penat, siraman rohani ketika jiwa kita gersang akan nafsu duniawi. Tempat dimana sahabat nggak sekadar berjuang untuk kemaslahatan ummat, tapi berjuang bareng bahwa apa yang kami lakukan bersama hanya untuk Allah semata. Nggak klise, nggak terlalu muluk-muluk. Ketika badan terasa lelah, ketika hati terasa gundah, ketiga raga selalu ingin merebah, tapi selalu teringat, tekad kuat untuk berubah mengalahkan segala rasa. Tekad untuk mengubah Indonesia menjadi lebih baik dan bermartabat.

Answered Sep 1, 2017
Bob Aditya Hidayat
Ilmu Komunikasi UI 2014 | Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Regional Jakarta Putra

Rumah Kepemimpinan merupakan beasiswa pembinaan untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin di masa depan. Analogi yang selalu diberikan adalah merubah kurcaci-kurcaci pengangguran menjadi raksasa-raksasa perubahan. Pemimpin yang diharapakan bukanlah pemimpin yang berdiri sendiri, tetapi adalah pemimpin yang secara bersama-sama akan membuat Indonesia lebih baik dan bermartabat.

Answered Sep 1, 2017
Yessy Nur Handayani
Rumah Kepemimpinan

Layaknya Sebuah Rumah, ialah tempat mengukir cerita, tempat bertumbuh, tempat bersenda gurau dan juga tempat kembali. Rumah Kepemimpinan memiliki Tujuan yang sederhana tapi besar yaitu "Creates Future Leaders". Untuk itu orang-orang yang menjadi bagian di dalamnya juga ditempa untuk menjadi pemimpin-pemimpin dari lingkup kecil yaitu diri sendiri dan keluarga hingga yang besar seperti Bangsa dan Dunia. Orang-orang tersebut mengukir cerita kehidupan baik manis maupun pahit di asrama. Kemudian masing-masing orang bertumbuh menjadi orang yang lebih baik. Bukan berarti tidak pernah gagal, cukup sering malah. Tapi mereka yakin bahwa kegagalan itu merupakan satu step kemajuan yang harus dilewati untuk menjadi seorang pemimpin. Seringkali obrolan ringan maupun berat diselingi senda gurau. Namun senda gurau itu hanyalah sebuah intermezo dari penatnya pikiran yang menggelayut dalam hati. Intermezo itu lah yang merefresh kondisi pribadi mereka agar bisa melaju lebih cepat lagi. Rumah Kepemimpinan juga tempat kembali, kembali untuk mengukir karya, kembali untuk memberikan kontribusi, kembali untuk berbagi setelah terbang berkelana mencari asupan yang memperkaya wawasan dan cara pandangnya.

Semoga mimpi Rumah Kepemimpinan untuk mewujudkan Indonesia yang Lebih Baik dan Bermartabat segera terwujud. Dari usaha kecil-kecil namun konsisten, melahirkan hasil yang besar.

Answered Sep 14, 2017
Ragil Setia
Fisheries and Marine UNAIR | Rumah Kepemimpinan Surabaya | Ig : ragil_setia

Asrama beasiswa yang dulunya bernama PPSDMS (Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Strategis) yang sekarang disebut RK (Rumah Kepemimpinan) untuk membina kader-kader pemimpin bangsa

 

Answered Sep 18, 2017
Ahmad Salim
Aktivis Anti Pornografi. Ketua BEM Psikologi UI 2017. Rumah Kepemimpinan R1 JKT.

 

NCYP3O2uJklGuaaiQQjc0cJZJDoXg8tu.jpg

 

Apa yang anda bayangkan ketika mendengar kata RK?

Ketua-ketua BEM? Ketua-ketua Lembaga Dakwah? Mahasiswa berprestasi?

Semua itu benar adanya, namun bagaimana semua itu bisa terjadi? Apakah RK mewajibkan pesertanya untuk menjadi ketua BEM? Apakah RK mengancam pesertanya harus menjadi mahasiswa berprestasi?

Jawabannya adalah tidak sama sekali. Tidak ada yang namanya pemaksaan di dalam institusi ini. Nilai yang dipegangnya saja adalah moderat, bagaimana bisa RK memaksakan kehendaknya kepada para pesertanya? Jika sampai ada paksaan, saya yang paling pertama akan bilang bahwa RK tidak moderat!

Namun, bagaimana semua itu terjadi jika tidak ada kewajiban apalagi paksaan?

Jawabannya adalah karena RK adalah tempat bertemunya orang-orang yang potensial sehingga ketika orang-orang tersebut bertemu, maka yang terjadi adalah mereka merasa harus lebih hebat dari yang lain. Mereka merasa harus berlomba-lomba dalam kebaikan, menjadi yang terdepan dalam prestasi dan kontribusi. Sehingga ketika ada orang-orang yang memiliki potensi menjadi mapres, maka hal itu akan melesat dan menjadi semangat yang membakar mereka untuk mengkonkretkannya. Begitu pula dengan ketua-ketua BEM, ketua LD, dan ketua-ketua lembaga yang lain. Mereka tidak mau kalah pula dalam hal kontribusi, sehingga jika ada kesempatan untuk berkontribusi maka mereka akan mengambil hal tersebut. 

Answered Apr 1, 2018

Question Overview


13 Followers
1562 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Benarkah anggapan pemimpin perempuan itu lebih tangguh dibanding pemimpin pria? Apa alasannya?

Apakah NKRI akan memiliki Kepala Daerah dengan latar belakang pendiri start up?

Jika ada pemilihan Presiden Dunia, siapa sosok yang pantas untuk memimpin dunia tersebut?

Pemimpin Indonesia yang ideal di mata anak muda?

Tipe seperti apakah Anda jika memimpin sebuah organisasi atau acara?

Apa yang memicu pertengkaran Anda dengan atasan (boss) Anda dan bagaimana cara terbaik mengatasi pertikaian itu?

Apa itu Rumah Kepemimpinan? Apa saja program dan kegiatannya?

Apakah dalam kaidah berbangsa dan bernegara kita memiliki sebuah kepemilikan tersendiri?

Apa kesan para politisi top PDIP (Ganjar, Bu Risma, Budiman, Pramono Anung, dll.) terhadap Megawati?

Hal apa yang paling membedakan seorang pemimpin yang baik dan yang buruk dalam sebuah perushaan?

Apakah pemimpin itu dibentuk atau dilahirkan?

Seberapa besar pengaruh olahraga terhadap kemampuan memimpin seseorang?

Apa saja cara seorang pemimpin memotivasi tim yang sedang demotivasi karena performa organisasi yang buruk?

Apa saja karakteristik dari pemimpin/CEO yang buruk?

Apa kesalahan terbesar yang pernah dilakukan oleh seorang pemimpin negara?

Siapa CEO terbaik Indonesia saat ini?

Kenapa CEO sekelas Emirsyah Satar yang bergaji besar masih tergoda melakukan korupsi?

Bagaimana kinerja KPK di bawah Abraham Samad dan apa prestasi yang menonjol di bawah kepemimpinannya?

Bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

Kenapa Selasar akhir-akhir ini mengunggah tulisan para peserta Rumah Kepemimpinan?

Mengapa anda memilih Rumah Kepemimpinan sebagai tempat menimba ilmu, berproses, dan menginfakkan diri dalam lingkaran yang disebut keluarga?

Bagaimana Anda memaknai tujuan kehidupan?

Siapa orang yang selalu menyemangati hidup Anda?

Apa saja hukum-hukum fisika yang penting tapi tidak banyak diketahui orang lain?

Bagaimana cara yang masih dapat dilakukan manusia untuk memanfaatkan energi yang dikeluarkan oleh matahari?

Siapa Drs. Musholli, pendiri Nurul Fikri?

Bagaimana cara kamu mengatasi kesedihan?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Psikologi?

Apakah tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa LPDP?

Apa beasiswa yang terbaik di Indonesia saat ini?

Universitas apa yang paling indah di dunia?

Apa itu kampus Ivy League dan seberapa prestisius berkuliah di sana?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

Apa tips mendapatkan beasiswa Chevening (Pemerintah Inggris)?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di DAAD (Pemerintah Jerman)?

Apa tips mendapatkan beasiswa DAAD (Pemerintah Jerman)?

Apa tips mendapatkan beasiswa AAS (Australia Awards Scholarships)?

Mengapa kuliah di Jepang begitu menarik dan prestisius?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Komunikasi?

Apa saja hukum/prinsip fisika yang diterapkan pada sebuah roller coaster?

Apakah HIV dan AIDS itu sama?

Bagaimana cara masuk UI (Universitas Indonesia)?

Mengapa kuliah di Universitas Indonesia begitu menarik dan prestisius?

Mengapa iPod mampu mengalahkan Walkman dalam bisnis peranti musik dunia?

Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

Siapa film director (sutradara film) terbaik menurut Anda?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Mengapa banyak anak perempuan yang menjadikan ayahnya sebagai cinta pertamanya?

Apa tujuan utama yang harus dicapai perusahaan ketika menggunakan media sosial sebagai alat komunikasinya?

Bagaimana melatih skill komunikasi publik seorang pemimpin yang pada dasarnya pendiam?

Apa tips yang dapat Anda berikan bagi pejuang SBMPTN?

Apa enaknya jadi mahasiswa?

Apa yang menyebabkan Nokia kalah dalam persaingan global?

Apakah nama perusahaan startup terbaik di Indonesia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Apakah "mood booster" terbaik Anda?