selasar-loader

Siapa lebih baik; Tokopedia atau Bukalapak?

Last Updated Nov 16, 2016

Apa alasannya?

4 answers

Sort by Date | Votes
Arief Mizan
Pendiri dan membantu berdiri beberapa usaha rintisan

Disclaimer: ini pendapat subyektif :)

IzJeOkGcHY9pJLNkjXobT0pBuOBe2DpO.png

Saya rasa Bukalapak lebih baik dari semua e-commerce yang ada di Indonesia saat ini. Saya kesulitan mengingat sudah berapa kali bertransaksi di BL saking banyaknya. :)

Banyak hal yang membuat saya kecanduan berbelanja di sini. Saya membagi pengalaman menyenangkan yang saya dapatkan di BL dari beberapa aspek.

1. Website yang ringan dan cepat. Walaupun berisi banyak foto, web BL terasa ringan dan loading-nya gak lelet.

2. Aplikasinya juga sama, simpel, dan ringan. Oh ya, satu lagi, adiktif. Pengen buka terus untuk lihat barang-barang kekinian.

3. User interface-nya (tampilan) ciamik. Warna eyecathing, layout rapi, font-nya nggak banyak dan desain barang-barang promonya juga bagus. Terlihat BL sangat peduli desain.

4. Mesin pencarinya cadas. Waini! Berasa search di Google, responsif, dan gak ngelantur ke mana-mana hasilnya, berasa nyaman karena hampir di setiap percobaan search, saya menemukan apa yang saya cari.

5. Filter-nya kumplit! Dari mulai kondisi barang, biaya kirim, alamat kirim, kurir, rentang harga, rating barang, dll..

6. Penyortiran juga asyik. Saya sih paling sering pakai sort by/urutkan berdasarkan yang termurah, hehehe. Maklum, kantong pas-pasan. :D 

7. Form pengiriman nggak ribet. Pastikan sudah log in ya, supaya alamat dan kontak Anda bisa terekam. Jadi, pada transaksi berikutnya tidak perlu repot-repot isi lagi. Dalam beberapa kesempatan, BL memberikan kode promo untuk barang-barang tertentu. Pastikan Anda menggunakannya, ya!

8. Opsi kurir pengiriman barang lengkap, mulai JNE, Pos, Ninja Express, sampe Go-Send. Tapi yang ini beda-beda, ya, tergantung penjualnya pake kurir apa. 

9. Kode unik-nya sepanjang saya transaksi sih belum pernah yang sadis seperti 999, hahaha. Jadi masih sangat enjoy dan kode ini penting banget ya, karena sebagai penanda bahwa pembayaran X untuk barang X. 

10. Sistem pembayaran yang banyak banget. Pake kartu kredit bisa, transfer bisa, internet banking bisa, ATM bisa, dll. Bank yang bekerja sama juga banyak. Saya sendiri sih paling suka pakai fasilitas transfer jadi bisa lewat ATM atau Mobile Banking.

11. Notifikasi transaksi. Ini nih! Transfer sesuai Harga barang+ongkir+kode unik --> berhasil --> langsung dapat notifikasi di email. Tidak perlu memakai foto atau capture bukti transfer terus kirim kayak di toko sebelah yang bikin ribet. Di BL, transaksi berhasil, langsung diproses. 

12. Status pengiriman barang yang detail. Dari permintaan pembayaran, packing barang oleh penjual, barang sampe di kurir, dikirim, sampai di tujuan dan barang diterima semua ada statusnya.

13. Chat engine. Ini yang bikin rada lega kalo mau beli barang yang agak mahal (atau murah juga iya sih). Kita bisa ngobrol dulu sama yang jual atau yang mau beli barang  yang kita jual, jadi lebih yakin.

14. Packaging. So far sih packaging barangnya selalu rapi. Mungkin ada mandatory dari BL ke pelapak untuk concern ke masalah ini. Jadi, barang yang diterima customer tetap terjaga baik

15. Terakhir nih...hehe. Iklan-iklannya BL unik-unik dan kreatif. Bosnya saja berani nongol di TV nasional pake jas sama celana pendek. Kan udah gila! Hahaha. Tapi justru kegilaan ini yang bikin BL susah ditiru pesaing, karena inti dari bisnis yang berkelanjutan ya harus terus inovasi. Dan sepertinya sih ya, kegilaan BL adalah gila yang terukur :D

Hufft, panjang ya..haha. Maaf. Tapi mudah-mudahan bisa jadi gambaran yang bagus buat pembaca sekalian untuk memilih e-commerce yang bisa diandalkan. Selamat berbelanja dan selama kecanduan dengan Bukalapak!

Ilustrasi via bukalapak.com

Answered Dec 24, 2016

Bukalapak, Karena bukalapak jarang maintenance system :)

Answered Jan 18, 2017
rai nasrullah
Rumah Kepemimpinan Surabaya | Universitas Airlangga

Menurut saya pribadi yang lebih baik yaitu bukalapak karena saat ini bukalapak telah memberikan fasilitas jaminan uang kembali 100% apabila barang yang dipesan tidak sampai, hal tersebut merupakan nilai tambah untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan selain itu bukalapak mempunyai harapan yang mulia yaitu ingin mengoptimalkan pelapak kecil agar tetap eksis dan tidak kalah dengan pelapak besar lainnya seperti indomart dan almafart

beberapa hari lalu saya sempat berdiskusi dengan CEO bukalapak yaitu ahmad zaki beliau mengatakan tujuan bukalapak yaitu melakukan pemberdayaan terhadap pelapak kecil agar lebih terorganisir sepert indomaret.

Answered Dec 2, 2017
Muhammad Savero Ghafiruzzambi
Mahasiswa Teknik Pertanian Unpad | Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 2 Bandung

Bukalapak, karena masih mempertahankan aset nya milik Indonesia

Answered Apr 3, 2018