selasar-loader

Bagaimana menjadi pribadi yang bisa istiqomah?

Last Updated Aug 1, 2017

Terkadang iman ini teguh dan terkadang iman ini juga runtuh (naik turun). Berharap bisa menjadi pribadi yang istiqomah dan konsisten, terutama dalam ibadah. 

2 answers

Sort by Date | Votes
Alya Assyifa Ramandhani
University Diponegoro '2017 , Manajemen Perusahaan

Cara yang paling ampuh adalah dengan cara berteman dan berkumpul dengan kawan-kawan yang saleh/salihah. Dengan begitu, kita dapat selalu mencharge iman kita dengan keberadaan mereka disamping kita. Sebagai teman, kita juga harus saling mengingatkan jika teman kita sedang futur/naik-turun imannya. Dengan berkumpul dengan teman-teman yang saleh, kita juga akan semakin termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi dan selalu mengingat. 

Answered Aug 8, 2017
Rizky Aditya Darmawan
Peserta Rumah Kepemimpinan reg. Bogor

Untuk menjadi Istiqomah setidaknya ada beberapa hal yang harus kita pegang.

Yang pertama adalah muahadah, yaitu mengingat perjanjian kita kepada Allah. Sebab tiap jiwa sudah dimintai janjinya untuk beribadat kepada Allah. Selain itu di setiap sholat kita di bacaan Al Fatihah selalu diulang "Iyya kana'budu wa Iyya kanasta'iin" yang berarti hanya kepada mu-lah aku beribadah dan memohon pertolongan.

Selanjutnya adalah melakukan muroqobah, yaitu selalu merasa dalam pengawasan Allah SWT. Sehingga setiap langkah dan perbuatan kita baik

Answered Apr 1, 2018