selasar-loader

Bagaimana cara agar hits suatu web bisa tinggi?

Last Updated Nov 28, 2016

2 answers

Sort by Date | Votes
Pepih Nugraha
Mulai nge-blog 2005 sampai menciptakan blog sosial Kompasiana milik Grup KG.

HayIPuxhhWzUZNRUMgb3zo3MhTmSBIdY.jpg

Tingginya trafik dan hit web sangat tergantung dari konten web itu sendiri. Sebuah web tidak hanya wajib memiliki keindahan dalam desain, melainkan lebih kepada keunikan yang tidak ada pada web lainnya. Namun demikian, konten yang baik dalam hal ini bermanfaat yang bersifat "the content that the readers can use" akan terus dikunjungi banyak orang (visitors).

Tampilan, desain, dan antarmuka web juga memegang peranan penting, tetapi itu bukan yang utama. Kemudahan cara menggunakannya juga membuat orang betah menggunakan web, apalagi kalau web itu juga dilengkapi aplikasi di berbagai platform, setidak-tidaknya menggunakan RWD (responsive web design) agar tampilan versi mobile-nya lebih nyaman.

Ada beberapa cara agar orang melirik sebuah web. Salah satunya dengan membuat judul bombastis. Judul boleh saja bombastis, tetapi harus sesuai dengan isi tulisan. Persoalannya, tidak sedikit web yang menulis judul bombastis tetapi isinya kosong atau tidak sesuai dengan judul. Cara ini memang banyak menangguk trafik, tetapi setelah itu pembaca akan kecewa dan mungkin tidak lagi mengunjungi web tersebut.

Ada lagi web yang memanfaatkan serta mengolah kebencian satu kelompok orang kepada sosok, lembaga atau keyakinan tertentu dengan membuat konten "fitnah" atau "hoax" yang tidak sesuai kenyataannya. Selain menyalahi etika dan hukum, web seperti ini juga cenderung memecah belah, namun dari sisi trafik web tersebut diuntungkan karena banyaknya pembaca yang masuk.

Cara lain yang lebih elegan adalah dengan memanfaatkan foto dan video. Artinya, web tidak semata "text base" yang polos, tetapi dilengkapi grafis, foto, dan bahkan video. Kelangkapan fitur untuk interaktivitas pengguna seperti komen, tanggapan, emoticon, share, juga menjadi kelengkapan standar web sekarang.

Namun, semua kelengkapan itu tetap tidak ada artinya kalau pemiliknya tidak memelihara web tersebut. Memelihara di sini bukan semata dari sisi engine dan hosting-nya, lebih kepada kontennya yang harus terus menerus diperbaharui (update).

Answered Dec 14, 2016

Fzh8Ch3niK0PinLPkeSGSwdmDUd55Nii.jpg

Dari pengalaman saya membangun website dan blog, beberapa hal yang bisa saya bagi adalah sebagai berikut:

1. Buat konten yang bermanfaat bagi pembaca. Selain itu, bikin konten yang tak lekang oleh waktu (evergreen). Jadi konten itu bisa jadi referensi banyak orang selama bertahun-tahun. 

2. Rajin meng-update blog, minimal seminggu sekali. Salah satu penulis blog fotografi populer, Eric Kim, ketika membangun blognya rutin menerbitkan konten baru setiap Senin, Rabu, dan Jumat di sela-sela waktu istirahat kantor. 

3. Promosikan blog kepada orang-orang yang sangat dikenal, baik itu via media sosial maupun lewat email. Saran saya, jangan hanya membagi link di wall atau timeline media sosial, tapi manfaatkan fasilitas direct message ke teman-teman dekat Anda. 

4. Bersabar. Kecuali Anda membangun blog untuk tujuan bisnis, ada baiknya Anda bersabar sambil terus meningkatkan kualitas konten. Eric Kim pernah menulis, ia menunggu hingga dua tahun untuk hingga blognya mendapat 5.000 hits per hari. Setelah mapan, ia kemudian resign dan mengajar workshop fotografi sambil terus ngeblog

5. Investasikan waktu untuk menulis lebih baik dan belajar SEO. Meski Anda terus meng-update blog, jika penulisan kalimat berantakan, hal itu buruk untuk reputasi blog. Saya belajar menulis lebih baik dengan membaca buku dan koran-koran nasional. 

6. Jika memungkinkan, pilih ceruk (niche) khusus sehingga dapat menjadi referensi komunitas yang bergerak di bidang yang sesuai niche Anda. Beberapa niche yang banyak peminatnya antara lain kesehatan, marketing, penghasilan online, atau fotografi. 

7. Jika ada teman yang memiliki blog dengan jumlah kunjungan yang tinggi, coba tawarkan diri Anda untuk menjadi penulis tamu. Jika berhasil, Anda dapat menulis di blog teman Anda itu dan menautkan link blog Anda dalam tulisan. Selain meningkatkan hits, backlink seperti ini meningkatkan otoritas blog Anda di mesin pencari. Jika Anda belum diterima sebagai penulis tamu oleh blog-blog populer, cobalah menulis di situs komunitas seperti Kompasiana atau Hipwee, lalu tautkan ke blog Anda. 

Ilustrasi via pixabay

Answered Jan 15, 2017

Question Overview


3 Followers
1105 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apa yang membuat orang betah berlama-lama di suatu situs/web?

Mungkinkah Selasar menjadi salah satu situs web paling dikunjungi di Indonesia?

Apa itu WebAssembly?

Model bisnis apa saja yang biasa dilakukan oleh media online?

Mengapa selasar sangat lambat dimuat dibandingkan situs lain?

Dapatkah Anda bercerita lengkap tentang website atau blog yang Anda miliki sendiri?

Halaman website apa yang pertama kali Anda buka setiap terhubung dengan internet?

Apa perbedaan mendasar antara user interface (UI) dan user experience (UX)?

Apa perbedaan mendasar antara detik.com dengan kompas.com?

Apa yang disebut "Nilai Berita" atau news value?

Bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung di blog?

Apa Content Management System (CMS) populer untuk Blog?

Bagaimana perkembangan Wordpress kini dan apakah Wordpress sebagai platform blogging masih relevan saat ini?

Seberapa kenal Anda dengan Matt Mullenweg pendiri Wordpress dan apa kesan Anda mengenai orang ini?

Apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang Blogger?

Mengapa saya harus membuat akun Selasar?

Apa yang anda ketahui tentang Multiply.com?

Jika sudah tahu merokok itu berbahaya, mengapa para perokok masih merokok?

Berapa banyak views yang saya perlukan sehingga video saya bisa tampil di halaman depan YouTube?

Siapakah YouTubers yang meraih kesuksesan dalam jangka waktu sangat lama?

Bila saya ingin membeli targeted views yang real, di mana saya bisa membelinya?

Channel YouTube apa yang menurut Anda paling unik dan belum ada duplikasinya?

Bagaimana cara YouTube mengkalkulasi view-nya?

Seberapa besar pengaruh fitur menonton secara offline terhadap jumlah views video di YouTube?

Apa yang membuat Megawati begitu kuat di PDIP?

Makanan apa yang paling layak mewakili Indonesia sebagai brand makanan dunia?

Siapa tokoh Indonesia yang paling fenomenal?