selasar-loader

Apa yang dimaksud "Cub Reporter"?

Last Updated Nov 27, 2016

1 answer

Sort by Date | Votes
Pepih Nugraha
Mendalami ilmu jurnalistik sekaligus praktisi dengan menjadi jurnalis

Hasil gambar untuk cub reporter

"Cub reporter" adalah istilah yang diberikan kepada wartawan, khususnya sikap wartawan dalam meliput di lapangan, yang harus selincah atau lebih lincah dari anak singa (cub). Tanpa lelah dan penuh sukacita, "cub reporter" akan berlari ke sana ke mari mengejar narasumber, mengejar spot peristiwa, selalu hadir on the spot di tengah peristiwa.

Sejatinya, tidak ada ukuran rentang waktu kapan seseorang disebut "cub reporter" atau setelahnya menjadi wartawan yang tidak menyandang istilah itu lagi. "Cub reporter" harusnya dijadikan sikap, bahwa wartawan yang sudah terbilang senior pun harus punya sikap semacam "cub reporter" ini. Sebab, jika sudah merasa mapan, biasanya kelincahan sebagai "cub reporter" bisa hilang sehingga dia akan kehilangan passion sebagai wartawan.,

Editor senior biasanya selalu memerintahkan wartawan baru dengan semacam "perpeloncoan", menugasinya dengan waktu peliputan yang singkat dari satu tempat ke tempat lainnya. Pada tahap ini, banyak wartawan muda yang frustrasi karena sering tidak mengejar target berita. Jika si wartawan tidak memiliki sikap "cub reporter", maka ia akan menyerah akibat tekanan tersebut dan ia gagal menjadi warrtawan lalu memilih kerja kantoran.

Di lapangan, seorang wartawan terlihat sebagai "cub reporter" atau bukan dari cara dia mengejar narasumber. Contoh saat Sidang Paripurna MPR/DPR yang mendengarkan pidato kenegaraan kepala negara, misalnya, di sana akan banyak narasumber ternama, baik dari legislatif maupun eksekutif. Dari presiden sampai seluruh menteri saja biasanya hadir, belum lagi pejabat tinggi negara lainnya, apalagi para Ketua DPR/MPR.

Jurnalis "cub reporter" selain lincah bergerak ke sana ke mari, juga punya "segambreng" isu di kepalanya, yang siap ditanyakan kepada narasumber yang kredibel, yang pas untuk menjawab isu tersebut. Bayangkan kalau jurnalis tidak punya sikap seperti anak singa yang lincah alias "cub reporter", maka ia tidak akan banyak mendapatkan berita.

Gambar via www.americanartarchives.com 

Answered Dec 7, 2016