selasar-loader

Makanan Indonesia apa yang paling Anda suka?

Last Updated Nov 27, 2016

25 answers

Sort by Date | Votes
Arfi Bambani
Jakartan. Indonesian. Minang.

Hasil gambar untuk masakan padang

Makanan Padang dong.

Saya sering ditanya, "Mengapa hampir tiap hari makan Makanan Padang?" Saya jawab, ini seperti koala yang hanya makan eukaliptus.

Saya dibesarkan di tanah Minangkabau dengan menu makanan tiap hari seperti yang ada di restoran Padang. Mungkin dengan catatan, daging-dagingan agak jarang.

Gambar via image-serve.hipwee.com

Answered Dec 13, 2016
Nurul Kania
Lulusan IT yang gak IT

Image result for soto enak

SOTO is the BEST!

Mudah nyarinya, dari pedagang kaki lima, warung tenda, sampai francise yang ada di mall.

Kuahnya segar apalagi ditambah perasan jeruk nipis.

Banyak variasinya, soto Kudus, soto Betawi, soto Lamongan, soto Sokaraja.... semua enak.

Ilustrasi via blogspot.com

Answered Jan 3, 2017
Marwan Azis
Founder Terkini.com & Everest.id

1. Makanan Racikan Ibu

Kalau saya ditanya tentang makanan kesukaan saya, tentu saja yg pertama saya pilih adalah makanan yang diracik Ibu. Apapun menu makanan dibuat Bunda selalu enak dan pastinya selalu dihabiskan. Ada bumbu kasih sayang dibalik racikan Ibu kepada anak-anaknya dan keluarga.

2. Makanan Sunda

Sebagai penganut vegetarian, saya suka sekali masakan Sunda karena lebih alami dan banyak sayur-sayurannya.

3. Masakan Padang

Gampang ditemukan karena restoran Padang banyak tersebar dimana-mana, termasuk ketika saya melakukan penelitian di Papua.

Answered Jan 13, 2017
Wisnu M.R.
Mahasiswa Fak. Peternakan

Ketoprak!

sambel kacangnya itu lohhh

Answered Jan 13, 2017
Luthfia Rizki
Beauty Enthusiast

Sate ayam.

Juicy-nya bumbu kacang dan empuknya daging ayam. Nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan..

Answered Jan 13, 2017
Ismoko Widjaya
Co-Founder & Wapemred Dream.co.id. Former detikcom, viva, Lip6.com, okezone

Masakan Cirebon donk. 

1. Nasi Jamblang

- Dengan sambel goreng cabe yg dirajang  kian membuat `Sega` jamblang makin top. Belum lagi alas daun jati yang unik. Perkedelnya, semurnya, juga blakutak (sotong/cumi). 

2. Empal Gentong/Asem

- Ini unik banget. Cuma Cirebon yang punya. Kuahnya, jeroannya, apalagi sambel bubuknya. 

3. Mie Koclok

- Beda dengan Mie Kocok bandung. Mie koclok Cirebon ini kuahnya ngga bening. Tapi putih dan kental. Karena terbuat dari semacam tepung apa gitu ya.. Antreannya panjang nih klo musim lebaran. 

4. Doclang

- Cuma di Cirebon yang punya nama masakan aneh ini. Kuah bening, ada sedikit urab, kelapa, daun singkong, pake krupuk lebih yummy. 

5. Sate Sapi

- Di deket pasar Kanoman, ada sate sapi yang diiris tipis-tipis. Manis.. 

 

Answered Jan 13, 2017

Karena saya asal Makassar, yang paling saya suka: 1. Coto Makassar, 2. Sop Saudara, 3. Pallubasa, 4. Mie Titi.

Answered Jan 13, 2017
Boy Ardian
Saya penyuka kuliner, pecinta buku, penikmat film, dan peminat jalan-jalan.

Soto meskipun ada banyak varian tergantung daerah misalnya Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Betawi, namun semua soto menawarkan rasa segar kuah dan menggugah selera. Soto lebih nikmat disantap panas dengan sambal dan perasan jeruk nipis.

Answered Jan 13, 2017
Nuzulul Arifin
I'm a travel and food blogger. Write about anything useful for others.

K_1dqw2-KFGcRU6lCt6guKD-QaRbWYBD.jpg

Sego Gudeg (Nasi Gudeg).

Makanan khas Yogya yang dengan setia menemani saya selama 28 tahun. Mulai zaman kuliah sampai zamannya anak pertama mo kuliah. Saya tak sanggup menghindarinya. Apalagi rasa krecek yang legit, lumer, dan meleleh itu. Hahaha...

 

Answered Jan 13, 2017

GADO - GADO!!!

2Zzi-hkrY4bQrhVOLv31mBhjWX3Bwhaj.jpg

Makanan khas Indonesia satu ini benar - benar top markotop. Sajian sederhana tapi mewah gizi, vitamin, nutrisi dan segala zat yang baik untuk tubuh. Gado - gado sangat mudah ditemukan baik di Jakarta maupun daerah pelosok sekalipun. Saya pernah tinggal di sebuah desa kecil di Bali, ternyata banyak juga penjual gado - gado disana.

Apa saja yang ada di dalam sepiring Gado - Gado? Komplit yah. Hmmm ada sayuran hijau, kol, selada, wortel, labu, kentang, tahu, tempe, ketupat/ lontong, bumbu kacang yang maknyus, dan tidak ketinggalan emping atau kerupuk udang.

Yesss.. ini makanan sederhana banget tapiii rasanya nendang abis. Yang pasti, kalau kita makan sepiring Gado - Gado komplit dijamin kenyang dan sehat.

Ini cuma di Indonesia. Kalaupun di luar negeri sana ada (maklum belum pernah ke negeri sakura, apalagi negerinya Pakdhe Sam), pasti tiruan Indonesia deeeeh. Biasanya orang barat makan sayuran pake cocolan dressing atau mayonnaise. Siraman Gado - gado tentu beda.. dibuat dari bumbu kacang, bawang, sedikit terasi, air jeruk/ asam, gula jawa, dan cabai...... Yummy........... Siapa yang tidak suka Gado - gado?????

Answered Jan 18, 2017
Meilisa Rahmadani
Tak bisa hidup tanpa cabe

lhjIOfp1TGWNGzZFrGTQq0xRBq0KeuhP.jpg

IKAN PANGGANG 

Ikan panggang pertama yang saya makan di waktu kecil adalah Ikan Panggang Si Cincin. Salah satu resto terkenal di zamannya yang terletak di jalan Si Cincin Sumatera Barat. Sayangnya kenikmatan hidangannya mulai pudar konon kabarnya semenjak kokinya diganti. Untungnya sekarang sudah banyak ditemui resto ikan panggang lain yang tak kalah enak, contohnya Lubuak Idai.

Ikan panggang asal Minang ini berbeda dengan ikan panggang dari daerah lain. Perbedaan dasar ada pada bumbunya. Sebelum dipanggang, ikan dibalur dengan bumbu rempah dipadu santan kelapa (mirip bumbu gulai). Semakin nikmat jika dipadu dengan sambalado tanak mudo. Yakni sambal cabe hijau giling kasar yang disiram dengan minyak tanak (minyak kelapa) panas. 

Answered Feb 1, 2017
Kartika Aprilia
Indonesian Literature, University of Indonesia.

PECEL LELE

b9oOuVUSl6v2Zgb0sXTqdx2ysIrAMIcg.jpg

via bp.blogspot.com

Makanan Indonesia yang paling saya sukai adalah pecel lele. Ya, pecel lele yang digoreng kering, disajikan dengan nasi uduk panas, bawang goreng, sambal super pedas, kol goreng, timun, dan tambahan tempe, tahu, atau ati ampela. Wah, sangat nikmat rasanya!

Sensasi makan pecel lele ini tidak bisa saya dapatkan ketika saya makan makanan lain. Apalagi ketika saya menikmati garingnya buntut lele. Saya merasa makanan ini adalah makanan ternikmat yang pernah ada. Bahkan, saya memiliki cita-cita untuk mendirikan usaha Pecel Lele Maharani di beberapa tempat. 

Meskipun saya sangat menyukai lele, namun saya juga memilih-milih untuk makan di tenda pecel lele yang bersih dan tidak jorok. Agar saya bisa makan dengan lahap.

Answered Apr 9, 2017
Christie Damayanti
Just disabled woman, architect, urban planner, author, philatelist; motivator

iUohDQrXr5R0AIv0xksPs3iCdbIDJjHo.png

via CD

GUDEG Yogyakarta. Yu Djum ❤❤❤❤❤

Answered Apr 12, 2017
Dewi Naharia
Content Writer, interested media and psychology. ❤

A-zQ0MelkS_-A2AqJ0Ua44p4T43xA9wS.jpg

Maaf ya, kalau saya menjawab makanan Indonesia dalam bentuk kudapan.

Makanan Indonesia (sekali lagi, makanan asli Indonesia) yang saya sukai, tentu saja martabak manis atau kue terang bulan. Karena ada varian topping yang bermacam-macam, jadinya rasanya ada yang manis, gurih, dan lain-lain. Dari sekian topping yang dijumpai, martabak cokelat kacang yang menjadi favorit saya.

Ilustrasi via foody.id

Answered Jul 5, 2017
Aqil Wilda
External Relations Rumah Kepemimpinan // Dot Connector // Philantropist

Hasil gambar untuk nasi pecel tumpang

Makanan khas Indonesia yang paling saya sukai. Hal yang sulit untuk dijawab. Mengingat saya adalah tipikial orang yang suka berwisata kuliner. Jadi, banyak makanan di Indonesia yang melekat dengan memori saya. Namun, jika ditanya yang paling disukai, maka saya akan menjawab nasi pecel tumpang

Seperti halnya nasi pecel pada umumnya, ia adalah sajian nasi putih berisikan berbagai jenis sayuran segar dibumbui dengan bumbu kacang nan istimewa. Juga dilengkapi dengan pelengkap makanan yang menggoda selera seperti sate jeroan, gorengan, rempeyek, telur dadar, dsb. Nasi Pecel ini dapat ditemukan di Madiun dan Kediri.

Akan tetapi, perbedaan antara nasi pecel tumpang dengan nasi pecel pada umumnya adalah terletak pada bumbunya. Nasi pecel tumpang menggunakan tambahan bumbu di luar bumbu kacang atau sambal pecel (sambal kacang) yang dibubuhkan di atasnya. Nasi pecel tumpang juga menggunakan bumbu yang dibuat dari tempe bosok yang dihaluskan, yang juga dibubuhkan di atas nasi pecel yang tersaji. Citarasa yang menggugah muncul dari campuran antara sambal pecel yang pedas-manis, berpadu dengan gurih-gurih berkarakter khas rasa tempe bosok. Patut dicoba bagi para pecinta kuliner Indonesia.

Ilustrasi via wisatakuliner.com

Answered Jul 5, 2017

7B429li4mdMNvOcGwGWiKOvuaQrTohf7.jpg

Ini makanan terfavorit bangeet! Walaupun saya adalah orang Jawa yang identik dengan kecenderungan terhadap makanan yang manis, tetapi saya sebagai orang Jawa malah suka masakan Padang yang identik dengan pedas. Semua masakan pasangan, saya suka.

 

Answered Aug 3, 2017

Gulai ayam.

Answered Aug 9, 2017
Anonymous

Nasi goreng, bakso, sate

Answered Aug 12, 2017
Euis Saraswati
saya lahir di Karawang, hobi saya bermain bulu tangkis

Ketoprak.

Answered Aug 13, 2017

Sate ayam madura

Answered Aug 19, 2017

Question Overview


and 14 more
32 Followers
2209 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Adakah makanan/minuman yang berasal dari era Perang Dunia II?

Seperti apakah pengaruh budaya populer pada makanan?

Benarkah anggapan bahwa sayur itu menyehatkan tubuh?

Makanan apa yang paling layak mewakili Indonesia sebagai brand makanan dunia?

Kenapa Indomie bisa enak dan murah sekali?

Bagaimana asal mula menjamurnya tenda pecel lele di Indonesia?

Sebagai negara kelautan, mengapa masyarakat Indonesia jarang mengkonsumsi ikan?

Apa saja makanan asli dari leluhur/pendahulu Indonesia?

Makanan apakah yang melambangkan Amerika?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Bagaimana cara memasak rendang yang enak?

Apa nama restoran Jepang terbaik di Jakarta dan sebutkan alasannya?

Mengapa masakan Jepang sering disajikan dalam keadaan mentah?

Dari setiap masakan/makanan Jepang yang ada, apa yang terbaik menurut Anda dan apa alasannya?

Makanan apakah yang menurutmu 'Jepang banget'?

Apa restoran Padang terbaik di Jakarta? Mengapa?

Kuliner apa yang menurut Anda spesial di Sydney?

Kuliner apa yang paling kamu rekomendasikan di Jakarta?

Menurut anda, apa panganan asli Indonesia yang layak masuk warisan dunia?

Bagaimana anak kos menjaga pola hidup sehat?

Apa Kuliner Nusantara paling enak yang pernah kamu cicipi?