selasar-loader

Bagaimana mengobati penyakit diabetes?

Last Updated Nov 27, 2016

1 answer

Sort by Date | Votes
Wulandari Putri
Seorang yang memiliki hobi travelling, memasak dan mau tau aja...

uznMbjxoW_1JRX_RnRQ2imfW2R-4Dqfs.jpg

Ada beberapa faktor yang menjadi penyabab diabetes, di antaranya :

  1. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat - makananan yang tidak sehat yang kita konsumsi akan terkakumulasi seiring dengan bertambahnya umur yang akan berdampak baik buruknya bagi tubuh. Mengonsumsi asupan makanan seperti pemanis buatan, gorengan, makanan yang mengandung gula berlebih, dan meminum minuman bersoda akan membuat kinerja pankreas semakin meningkat. Jika pankreas tidak dapat memenuhi kebutuhan untuk menghasilkan insulin yang diperlukan oleh tubuh untuk menetralisis gula darah, maka glukosa akan menumpuk.
  2. Kurangnya melakukan aktivitas olahraga.
  3. Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman kemasan yang memiliki kandungan pemanis buatan.
  4. Faktor keturunan - namun, anggapan ini tak semuanya benar, itupun tergantung pada seseorang yang memiliki risiko tersebut. Jika pola hidupnya sehat, penyakit inipun tidak akan menyerang.
Dalam dunia medis, penyakit diabetes dapat terjadi karena tubuh mengalami kekurangan hormon insulin atau terjadinya resistensi (penolakan) insulin dalam tubuh yang dihasilkan oleh pankreas. Fungsi dari insulin itu sendiri yaitu menyerap kadar gula atau glukosa dalam aliran darah yang kemudian mensirkulasikannya ke sel-sel tubuh, yang selanjutnya digunakan sebagai sumber energi. 
 
Untuk mengobati diabetes, yang perlu dilakukan adalah memperhatikan apa-apa yang akan dikonsumsi dan melakukan aktivitas olahraga dengan teratur sesuai dengan porsi tubuh. Ada banyak pantangan yang harus dijalankan terutama soal makanan. 

Selanjutnya dapat mengkonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari tanaman obat, seperti kumis kucing, daun pegagan, buah mahkota dewa, buah mengkudu, dan sebagainya. Diminum secara teratur. hingga kadar gula darah kembali normal. Lakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengetahui perkembangannya. sumber : gejalapenyakit.org
 
gambar via theknclan.com

Answered Jul 18, 2017