selasar-loader

Apakah cacing tanah memiliki organ dalam? Lalu bagaimana dia mengelola makanan dalam tubuh?

Last Updated Jul 28, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Hanifah Nisrina C
Co-founder, Field Researcher @Bantuternak | Rumah Kepemimpinan Batch 8

__z-6bokLovI_Pr3eqHAJajYuR5-9D3L.png

Hidup seekor cacing tanah bisa dikatakan unik. Eksistensi dan tujuan hidupnya pun menjadi pertanyaan, bagaimana bisa cacing tanah hanya memakan "kotoran" sepanjang hidupnya? Bagaimana cara ia mencerna makanan?

Cacing tanah atau biasa disebut Earthworm, merupakan hewan yang masuk ke dalam Phylum annelida. Tentunya, karena cacing tanah masuk ke dalam golongan Animalia, cacing tanah tentunya dapat memiliki organ dalam dan dapat mencerna makanannya. Namun, berbeda dengan hewan pada umumnya (yang tergolong dalam tingkat tinggi), organ yang dimiliki cacing tanah sangatlah sederhana.

xk6d6Tacf8FTVOJnfksSgbYAqG7TUf27.jpg

Cacing tanah hanya terdiri atas mulut, faring, esophagus, tembolok, lambung, usus, dan anus. Cacing memang tidak memiliki gigi. Namun, mereka memiliki otot-otot yang kuat. Mereka menarik makanan sedikit demi sedikit, dan juga mereka "menelan" tanah ketika menggali tanah.​

cHdDzpYawxa5-ngL_sgsknw9n1ssEQ1t.jpg

Nutrisi yang mereka makan dari tanah seperti akar-akar dan dedaunan yang membusuk. Pupuk yang berasal dari kotoran binatang juga penting sebagai sumber nutrisi cacing tanah. Mereka memakan organisme seperti nematoda, rotifera, alga, bakteri, fungi di dalam tanah. Cacing juga memakan sisa-sisa hewan lain yang membusuk di dalam tanah.

 

Sumber gambar via beatricebiologist.com 

Answered Aug 1, 2017