selasar-loader

Apa itu The Federalist Papers?

Last Updated Jul 27, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Nur Fadhilah
Bijak karena Ilmu Sejarah

_rj8NP7PskdsPqaI_EBmU-tM4b_j3jiU.jpg

The Federalist Papers merupakan kumpulan tulisan yang ditulis oleh tiga tokoh federalis, yakni Alexander Hamilton, James Madison, dan John Jay. The Federalist Papers muncul ketika Amerika Serikat tengah dilanda kekhawatiran terkait pemberlakuan konstitusi. Konstitusi yang mengatur pemerintahan secara terpusat dikhawatirkan akan berdampak pada penindasan terhadap rakyat dan beban pajak yang semakin tinggi. 

Kekhawatiran ini memicu munculnya kalangan yang tidak berpandangan sama dengan mereka yang mengusung pemerintahan terpusat tersebut. Bagi mereka yang tidak sepaham dengan ini, mengelompokkan dirinya sebagai antifederalis. Mereka tidak setuju pada kalimat pembuka dalam konstitusi, yang berbunyi, "Kami rakyat Amerika Serikat."

Mereka yang antifederalis berpendapat bahwa tanpa penggunaan masing-masing negara bagian di dalam konstitusi, negara bagian tidak akan mampu mempertahankan hak dan kebebasan individu. Akhirnya, mereka (antifederalis) mewakili negara bagiannya untuk tidak meratifikasis konstitusi. 

Untuk menjawab segala bentuk kekhawatiran akan pemerintahan pusat yang kuat, tiga tokoh federalis dengan latar belakang dan asal yang berbeda (Alexander Hamilton, James Madison, dan John Jay) menulis sekumpulan esai yang dikenal dengan The Federalist Papers.

rGxFRS1eEIDROPeTDiMaqFko9RA5jxrt.jpg

The Federalist Papers sengaja ditulis oleh ketiga tokoh tersebut sebagai alat atau media untuk menyampaikan pesan yang tujuannya adalah agar negara-negara bagian yang belum bersedia meratifikasi untuk sesegera mungkin melakukannya. Terlebih dua negara bagian, seperti Virginia dan New York belum bersedia untuk meratifikasi. 

Kedua negara bagian ini memiliki peranan penting dalam diberlakukannya konstitusi, sebab tanpa persetujuan dari dua negara bagian tersebut berpengauh juga terhadap kekuatan konstitusi. Esai-esai tersebut dipublikasikan melalui surat kabar New York. 

Publikasi yang dilakukan melalui surat kabar ini disebabkan oleh karena media yang hadir saat itu berbentuk surat kabar. Menariknya lagi, esai-esai tersebut ditulis dengan menggunakan nama samaran yang dikenal dengan sebutan "Publius". Penggunaan nama samaran ini bertujuan agar pesan yang disampaikan dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat.

Adapun salah satu tulisan yang tertera dalam The Federalist Papers yang sekaligus menjadi pesan yang disampaikan oleh ketiga tokoh federalis ini adalah "Tiada kebahagiaan tanpa kebebasan, tiada kebebasan tanpa pemerintahan sendiri, tiada pemerintahan sendiri tanpa konstitusionalisme, tiada konstitusionalisme tanpa moralitas dan tak akan ada satu pun dari perkara-perkara baik di atas tanpa keteraturan dan stabilitas."

Artinya, kebahagiaan tak akan pernah ada tanpa adanya kebebasan, kebebasan tidak akan ada tanpa adanya pemerintahan, dan tidak akan ada pemerintahan tanpa adanya konstitusi. Konstitusi tidak akan pernah ada tanpa adanya moral dan tidak akan ada kebahagiaan, kebebasan, pemerintahan, dan konstitusi jika tidak ada keteraturan dan stabilitas.

Melalui pesan inilah, ketiga tokoh tersebut memberikan gambaran bahwa pemerintahan yang terpusat pada intinya adalah ingin mewujudkan adanya keteraturan dan negara yang stabil, sehingga dari sinilah akan tercipta kebebasan dan kebahagiaan yang menjadi hak setiap warga negara.

 

Sumber gambar 1 via amazon.com

Sumber gambar 2 via pbslearningmedia.org

Answered Jul 28, 2017

Question Overview


2 Followers
489 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa sajakah pengaruh D-Day bagi Sekutu pada Perang Dunia II?

Bagaimana dampak D-Day bagi Jerman pada Perang Dunia II?

Apakah kesalahan fatal Hitler yang membuat Jerman kalah pada Perang Dunia II?

Mengapa Perang Dunia II terasa lebih populer daripada Perang Dunia I?

Pesawat paling canggih apa yang tercipta saat Perang Dunia II?

Berapa banyak korban pada Perang Dunia II?

Mengapa tentara Rumania dan Italia gagal menahan serangan Soviet di Stalingrad?

Pesawat tempur apa yang paling ditakuti saat Perang Dunia II?

Pesawat bom apa yang paling berbahaya saat Perang Dunia II?

Pesawat buatan Amerika Serikat atau Jerman yang lebih canggih pada Perang Dunia II?

Apa sajakah kepentingan Amerika Serikat pada Perang Dunia II?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Apakah Amerika Serikat akan kembali membom nuklir Jepang bila Jepang tak juga menyerah setelah pemboman Nagasaki?

Seperti apa kebijakan luar negeri Donald Trump terhadap pemerintahan Rodrigo Duterte?

Adakah kemungkinan sejumlah negara bagian di Amerika Serikat memisahkan diri jadi negara berdaulat akibat kemenangan Donald Trump?

Apa pendapatmu tentang Fidel Castro?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Makanan apakah yang melambangkan Amerika?