selasar-loader

Bagaimana cara mengobati gangguan jiwa karena depresi atau stres berat?

Last Updated Nov 27, 2016

6 answers

Sort by Date | Votes
Wahada Nadya
F.Psikologi UGM | masih belajar dan terus belajar | batubatako.wordpress.com

Hasil gambar untuk cara mengobati stres

Hal ini tidak dapat diobati secara instan dan memerlukan waktu dan proses dalam penyembuhannya. Namun, saran saya adalah jadilah terbuka. 

Ingat, hakikat sebagai manusia yang notabene adalah makhluk sosial. Berbagilah. Temukan siapa pun dan berbagilah mengenai kegelisahanmu. Tidak ada orang yang kamu percaya? Berbagilah pada Tuhan.

Selain itu, kamu bisa mengambil waktu kosong untuk merenung dan berfikir. Kenapa kamu mengalami hal tersebut. Pikirkan semuanya, plus minus dan apa konsekuensi ke depannya. Percayalah, kamu adalah pengendali pikiranmu. 

Jika memang masih berat dan solusi dini tersebut tidak ampuh, segera temui psikolog atau psikiater untuk diberikan antidepresan atau sejenisnya

Gambar via caramengatasistress.com

Answered Dec 20, 2016

Segera temui psikolog atau psikiater profesional terdekat.

Hasil gambar untuk psikiater mengobati orang gangguan jiwa

Ilustrasi via cloudinary.com

Answered Dec 24, 2016

RJcGrq9wWzly8TYLuQcICyW0aippcxNi.jpg

Ilustrasi

Saya ingin urung rembug masalah depresi dan stres. Keduanya merupakan hal yang berbeda, namun bisa saling berhubungan. Kedua masalah tersebut benar termasuk gangguan jiwa karena ada hendaya dalam kehidupan sehari-hari ataupun pekerjaan.

Untuk mengobatinya, penatalaksanaan awal adalah dengan melakukan asesmen yang benar dahulu untuk melihat penyebab utamanya sehingga bisa dilakukan konseling secara benar. Jika tidak teratasi, memang harus segera ke psikiater (beda dengan psikolog) untuk mendapat penanganan lebih lanjut dan pemberian terapi obat karena ditakutkan akan menjadi lebih kronis, bahkan membuahkan tindakan bunuh diri.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Answered Feb 1, 2017

xoBc2ftXxhTCdW_Ki6tSDKLfqAhxAhs-.jpg

 

Stres yang menekan terhadap mental secara terus menerus akan mengakibatkan gangguan yang cukup serius, baik secara psikis maupun fisik. Banyak kasus berupa hal tak terduga terjadi di ruang terapi, misalnya alergi yang tidak sembuh-sembuh disebabkan tekanan dari mertua untuk segera pindah, migrain yang berkepanjangan, sakit maag yang tak kunjung sembuh dan lain sebagainya.

Pada umumnya, stres akan memicu semangat. Contohnya begini, seorang atlet mendapat tekanan untuk mencapai target menjadi pemenang atau juara. Hal ini membuat daya juangnya/semangatnya meningkat. Ini disebut eustress. Tetapi, apabila tekanan tersebut membuat psikisnya merasa terbebani sehingga terjadi penolakan dalam dirinya, pribadinya menjadi kurang nyaman. Tekanan ini adalah jenis stres negatif, disebut distress.

Berbeda dengan stres yang faktor intinya adalah semangat, pada depresi, faktor-faktor intinya adalah perasaan-perasaan sedih, kecewa, dan tak mampu. Kesedihan dan kekecewaan terhadap kejadian kemudian dipindai oleh pikiran. Selanjutnya, kesedihan dan kekecewaan tersebut akan dibandingkan dengan datanya dalam memori/ingatan dia. Apabila dalam "database" ingatannya didapatkan data bahwa kejadian tersebut akan membuat dia merasa tidak mampu untuk melanjutkan kehidupannya, maka orang tersebut akan mengalami depresi.

Fight, Flight, and Freeze merupakan dasar tindakan pertahanan manusia. Ketika mendapatkan serangan atau ancaman, dia akan memilih bertarung/melawan atau melarikan diri. Apabila serangan atau ancaman itu terjadi dengan sangat kuat sehingga membuat dia tidak bisa melawan atau berlari, maka dia akan diam terpaku. Mungkin, Anda pernah melihat atau mengalaminya sendiri; terkaget dan tak mampu untuk berkata, hanya melongo saja. Ini adalah reaksi tubuh, terutama pikiran bawah sadar seseorang, saat melakukan defence terhadap aksi tekanan tersebut.

Apakah obat dapat membantu mengurangi atau menyembuhkan depresi? Obat dapat membantu mengurangi depresi tetapi tidak menyembuhkan, ibarat sebuah kain basah yang dapat menahan panasnya pot di atas tungku api tetapi akan kembali panas suatu saat nanti, selama api di bawahnya tidak dipadamkan.

Kebanyakan orang depresi sangat minim melakukan gerakan fisik atau berbicara tak menentu. Hal ini disebabkan pikiran bawah sadar kita ingin melarikan diri, tidak mau menerima kejadian atas dirinya. Keadaan ini akan terus berlanjut dan akan semakin parah apabila keluarga teman dan orang-orang terdekatnya berbicara terus menerus menganai hal penyebab depresinya.

Sangat bijaksana untuk membawa orang depresi kepada orang yang berpengalaman atau profesional dalam menangani kasus mental kejiwaan. Ini adalah teknik untuk membuat dia memahami bahwa kejadian yang membuatnya merasa sedih itu adalah hal biasa saja dan dialami oleh banyak orang. Diperlukan komunikasi anatara penderida depresi dengan konselornya sehingga mungkin diperlukan dokter untuk membantu mengurangi depresinya sebelum dibawa kepada seorang psikolog atau hipnoterapis.

Pertolongan selalu datang dari Tuhan melalui banyak cara. Apabila seseorang yang mengalami depresi masih dapat berkomunikasi serta mempunyai keinginan untuk sembuh, usaha dapat dilakukan melalui diri sendiri. Tetapi, bila kondisinya sudah terlalu parah, maka keluarga dan orang-orang terdekat harus sangat arif dalam menanganinya.

 

Answered Feb 14, 2017
Delfitria
Mahasiswi Psikologi katanya menarik. Tapi lebih menarik puisi dan photography

3zhM5DFnuUJ_iz2hcxsUtw1TRV6E3gW8.jpg

Gangguan jiwa karena depresi dan stres berat menjadi prediksi WHO dalam Effendi (2015) akan menjadi penyebab kedua dari tingkat disabilitas tahun 2020. Artinya, semakin banyak orang saat ini yang mengalami depresi dan stres berat. Selain itu, setidaknya ada 1 orang meninggal setiap 40 detik di dunia karena bunuh diri (WMFH, 2016). Apakah sudah cukup menggetarkan hati Anda? Kalau sudah, mari kita bersiap untuk mengobati bersama-sama. 

Depresi dan stres berat adalah "salah dua" dari gangguan kesehatan jiwa. Kesehatan jiwa berbeda dengan kesehatan fisik yang bisa dilihat secara langsung untuk diobati. Namun, jiwa? siapa yang tahu? Untuk itu, sulit sekali menghilangkan kesehatan jiwa jika hanya penderita yang berusaha untuk mengobatinya.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengobati gangguan jiwa seperti ini adalah mengenali penyebabnya. Saat ini, manusia mudah sekali mengatakan bahwa dirinya mengalami stres berat akibat tekanan dan pekerjaan yang terlalu banyak dan tidak mampu terselesaikan. Hal yang kecil mudah sekali dibesar-besarkan, padahal jika didata satu per satu tentang apa yang membuat depresi, rasanya akan lebih ringan.

Jika penderita masih belum bisa mengenali penyebab depresi dan stres berat, di sinilah peran keluarga dan kerabat dalam kehidupannya. Sebagai manusia, kita diamanahkan untuk menjadi makhluk yang peduli terhadap sesama berbeda dengan makhluk hidup lainnya yang bisa saja saling membunuh. Manusia memiliki hati untuk merasa apabila ada beberapa orang yang tiba-tiba berubah. Jangan dianggap remeh. Keluhan dari mereka yang biasanya tidak mengeluh atau bahkan sudah sering mengeluh adalah rambu-rambu terganggunya kesehatan jiwa. Jika tidak ditanya "Apa kabar?" "Mau cerita?" atau "Ada yang bisa dibantu?" bersiaplah dengan akibat selanjutnya.

Langkah terakhir, segeralah ke Psikolog atau Psikiater. Masalah gangguan jiwa ini tidak bisa diremehkan. Ceritalah pada expert! Sebelum Anda merasa hidup sudah tidak ada penyelesaiannya. Saat ini, sudah banyak orang yang tidak malu untuk sekadar berkunjung dan menguji tingkat kesehatan jiwanya. Lalu, jika kamu masih berkutat dengan depresi atau membiarkan saudaramu depresi, itu adalah sebuah tindakan yang merugikan. Psikolog dan Psikiter saat ini sudah menjadi wacana pemerintah untuk melayani masyarakat dalam menyelesaikan penyakit dan gangguan kejiwaan. 

Answered Mar 11, 2017
Rizqy Amelia Zein
Peneliti Psikologi Sosial di Universitas Airlangga

vcEPBPEyNkxZAetInNqVvhhbpxUoENso.jpg

Datanglah untuk berkonsultasi dengan profesional, bisa dengan psikiater atau psikolog. Gangguan mental tidak bisa sembuh sendiri tanpa bantuan tenaga medis.

Answered May 6, 2017

Question Overview


8 Followers
1774 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Bagaimana cara berdamai dengan masa lalu yang kelam dan penuh trauma?

Apakah kebiasaan nonton film porno dapat disembuhkan? Bagaimana caranya?

Bagaimana cara yang paling efektif untuk menyembuhkan penyakit susah tidur (Insomnia)?

Apakah Hipnoterapi itu berbahaya? Bagaimana proses hipnosis dilakukan untuk terapi/pengobatan?

Mengapa ada orang berpikir bunuh diri?

Bisakah hipnoterapi mengungkap rahasia seseorang?

Apa ciri-ciri orang mengidap manic depressive?

Apa ciri-ciri anak down syndrome?

Apa perbedaan gaya berpikir kuno/lama dan baru dalam perspektif dunia kerja?

Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Adakah kaitan antara parfum dan kepribadian seseorang?

Apakah status sebagai anak tunggal mempengaruhi sikap politik Presiden ke-6 RI?

Apakah status sebagai anak lelaki satu-satunya dalam keluarga mempengaruhi sikap politik Presiden Jokowi?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang menyebabkan orang takut menikah?

Apa yang menyebabkan seseorang takut menghadapi masa depan?

Mengapa respons orang sedih umumnya menangis?

Apakah menangis itu sehat atau malah membuat sakit?

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa yang membuatmu merasa bermakna dalam hidup?

Menurut Anda, bagaimana kualitas seorang artis atau selebritis di Indonesia dari segi moral?

Siapakah diri Anda?

Apa arti nama Anda?

Siapa kamu?

Apa hasil Myers-Briggs Type Indicator-mu ?

Bagaimana kepribadian mu pada hasil tes Myers-Birggs Type Indicator?