selasar-loader

Apakah Baitul Maqdis dan Masjid Al Aqsa adalah bangunan yang sama?

Last Updated Jul 26, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Ma Isa Lombu
Kadang Skeptis, Seringnya Rasional

FNUVvsezIGN5IsR_o0ITHj6XJ7vGhXr1.jpg

foto via tapchidulich.com.vn

Beda!

Mengapa?

Saya ingin mengawalinya dengan hadis berikut:

“Aku bertanya, “Wahai, Rasulullah. Masjid manakah yang pertama kali dibangun?” Beliau menjawab, ‘Masjidil Haram”. Aku bertanya lagi : Kemudian (masjid) mana?” Beliau menjawab, “Kemudian Masjidil Aqsha”. Aku bertanya lagi : “Berapa jarak antara keduanya?” Beliau menjawab, “Empat puluh tahun. Kemudian di manapun shalat menjumpaimu setelah itu, maka shalatlah, karena keutamaan ada padanya”. Dan dalam riwayat lainnya : “Di manapun shalat menjumpaimu, maka shalatlah, karena ia adalah masjid” (HR Al-Bukhari dan Muslim, dari Abu Dzar).

Dalam hadis ini dibilang bahwa masjid yang pertama kali dibangun adalah Masjidil Haram dan yang kedua adalah Masjidil Aqsha. 

Note: Buat yang belum tau, perlu kita ketahui bahwa Masjidil haram adalah sebuah masjid besar yang ada di Mekkah dan di dalamnya terdapat Kabah. Sedangkan Masjid Al Aqsa adalah sebuah masjid tua yang terletak di kota tua Jerusalem.

Kembali, mari fokus ke Masjidil Aqsa (Masjid Al Aqsa). 

Sebagai tempat suci umat Islam, dikenal juga hadis nabi yang menjelaskan tentang keutamaan Masjidil Aqsa ini.

Dari Abu Dzar Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata.

تَذَاكَرْنَا وَ نَحْنُ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّهُمَا أَفْضَلُ أَمَسْجِدُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمْ بَيْتِ الْمَقْدِسِ ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صلاَةٌ فِيْ مَسْجِدِيْ أَفْضَلُ أَرْبَعِ صَلَوَاتٍ فِيْهِ وَلَنِعْمَ الْمُصَلَّى هُوَ وَلَيُوْشَكَنَّ لأَنْ يَكُوْنَ لِلرَجُلِ مِثْلُ شَطْنِ فَرَسِهِ (وَفِيْ رِوَايَةٍ “مِثْلُ قَوْسِهِ”) مِنَ الأَرْضِ حَيْثُ يُرَى مِنْهُ بَيْتُ الْمَقْدِسِ خَيْرٌ لَهُ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا

“Kami saling bertukar pikiran tentang, mana yang lebih utama, masjid Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam atau Baitul Maqdis, sedangkan di sisi kami ada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Satu shalat di masjidku lebih utama dari empat shalat padanya, dan ia adalah tempat shalat yang baik. Dan hampir-hampir tiba masanya, seseorang memiliki tanah seukuran kekang kudanya (dalam riwayat lain : seperti busurnya) dari tempat itu terlihat Baitul Maqdis lebih baik baginya dari dunia seisinya” 

(HR Ibrahim bin Thahman dalam kitab Masyikhah Ibnu Thahman, Ath-Thabrani dalam kitab Mu’jamul Ausath, dan Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak, Al-Hakim berkata, “Ini adalah hadis yang shahih sanadnya, dan Al-Bukhari dan Muslim tidak mengeluarkannya. Adz-Dzahabi dan Al-Albani sepakat dengan beliau).

Tapi tunggu dulu, ternyata dalam hadis yang kedua ini tidak disebut sebagai masjid Al Aqsa, tetapi disebutkan sebagai Baitul Maqdis. 

Kembali ke pertanyaan yang akan saya jawab, apakah sama antara masjid Al Aqsa dengan baitul Maqdis?

Saya akan jawab dengan menanggapi hadis tentang masjid yang pertama kali dibangun, terlebih dahulu. Apakah benar masjid yang pertama kali dibangun adalah Masjidil Haram dan yang kedua adalah Masjidil Aqsha?

Jika hadist ini di terjemahkan secara Letterlijk, jelas hadist ini telah menyalahi fakta sejarah

Kenapa? 

Karena bagunan Masjid sebagai tempat ibadahnya masyarakat Islam yang pertama kali dibangun adalah masjid Quba. Masjid ini dibangun oleh Rasulullah SAW pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba, sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah.

Nah, perlu diingat bahwa peristiwa Isra Miraj terjadi pada periode akhir kenabian di Makkah sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. 

Menurut al-Maududi dan mayoritas ulama, Isra Mi'raj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M. Menurut al-Allamah al-Manshurfuri, Isra Mi'raj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer.

Saat isra miraj dilakukan Muhammad SAW, Mekkah waktu itu masih dikuasai kafir Quraish. Makanya umat Islam Hijrah ke Madinah untuk cari tempat yang kondisif utk dakwah dan growth. 

Jadi, mana mungkin ada masjid di Mekkah kala itu..

Begitu juga di Jerusalem. Umat Islam (non-nabi Muhammad SAW) yang pertama kali masuk ke Jerusalem itu adalah Umar. Umar jadi orang Muslim pertama yang masuk ke Jerusalem waktu Palestine ditaklukan pertama kali di bawah kepemimpinan Abu Ubaidah ibn Jarrah. 

Jadi (kembali), mana mungkin ada masjid di Jerusalem kala itu...

Jadi menurut saya, dari data tersebut, yang dimaksud "masjidil Haram dan Masjidil Aqsa" dalam "hadis masjid yang pertama kali dibangun" adalah wilayah, bukan masjid (sebagai bangunan).

Intinya: Salah menyimpulkan bahwa masjid (sebagai tempat salat orang muslim) yang pertama kali dibangun adalah Masjidil Haram dan selanjutnya masjidil Aqsa karena baik di Mekkah dan Jerusalem kala itu tidak mungkin ada (bangunan) masjid.

Mempertajam argumen tersebut, menurut saya yang dimaksud sebagai "masjidil haram" yang dimaksud dalam riwayat isra miraj adalah wilayah yang kini dibangun masjidil Haram yang mana ada bangunan Kabah di dalamnya, bukan masjid.

Sedangkan, "masjid Al Aqsa" dalam semua hadis (termasuk hadist tentang masjid tadi) adalah wilayah Baitul Maqdis/Haram As Syarif/Temple Mount, bukan masjid.

 Lalu, apa itu Baitul Maqdis dan dimana letak Masjidil Aqsa?

Baitul Maqdis adalah wilayah komplek bangunan suci umat Islam yang dikelilingi tembok berbentuk persegi panjang di bagian timur dalam wilayah kota lama Jerusalem.

Baitul Maqdis juga kita kenal dengan Al-Haram asy-Syarif atau Temple Mount atau al-Haram ash-Sharīf atau "tanah suci yang mulia". 

FjAiKwuaSHRBYc_mnTQhgQkzr7S3SIKT.jpg

Note: Foto di atas...(more)

Answered Jul 26, 2017
Andara Geofani
Suka membaca, Engineer, Hobi Makan

Masjidil Aqsa sejatinya bukanlah sebuah ‘bangunan’ masjid seperti yang dibayangkan selama ini.  Namun ia adalah sebuah area/ kompleks yang terletak di Kota Lama Jerusalem, Palestina. 

Dan dalam kompleks itu sekarang ini terdapat lebih dari 60 bangunan bersejarah dan 6 buah di antaranya adalah masjid.

Nama Masjid Al Aqsa adalah nama yang diberikan langsung oleh Allah seperti yang tercantum dalam Al Quran surat Al Israa’ (17) ayat 1 :

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Pada peristiwa Isra’ Mi’raj di atas, Rasulullah serta para Nabi salat disebuah tempat yang telah ditentukan Allah Ta’ala [(melalui Jibril yang telah membawa Nabi ke sana).  Tempat itu berupa tanah lapang di mana tidak ada bangunan apapun di atasnya, kecuali setumpukan batu.  Di tempat itulah Nabi memimpin salat dengan makmum para Nabi.

Dan tempat itulah yang disebut Allah sebagai Masjidil Aqsa.

PdGlG86MMoJbM-4jlvTXnUKiumkp6QAw.jpg

Jadi Masjidil Aqsa sejatinya bukanlah berupa bangunan masjid seperti dalam bayangan kita selama ini.  Itu hanya sebuah lapangan seluas sekitar  14,4 hektar yang ketika Rasulullah Isra’ Mi’raj di sana, tidak ada satupun bangunan utuh yang berdiri. Hanya reruntuhan bekas masjid yang dulu dibangun oleh Nabi Ibrahim, Ishaq, Daud, dan Sulaiman. 

Lapangan luas itu dikelilingi tembok kokoh. Rasulullah memimpin salat di antara reruntuhan masjid itu, dengan makmum para nabi, rasul dan malaikat.  Sebelum Rasulullah terbang ke Sidratul Muntaha

Saat ini di dalam kompleks Masjidil Aqsa itu telah terdapat lebih dari 60 bangunan bersejarah, yang masing masing memiliki sejarahnya sendiri sendiri.  Tiap bangunan bersejerah itu dibangun satu demi satu setelah peristiwa Isra’ Mi’raj. Pada waktu dan zaman yang berbeda beda dan penguasa yang berbeda-beda pula.

KJAE28qpinldVeyUShOf4Aq8So3NKkZR.jpg

Dome of The Rock sejatinya adalah satu dari 25 kubah kubah yang ada di Masjidil Aqsa.  Dome of The Rock atau dikenal sebagai  Kubah As Sakhrah, yang berarti Kubah Batu.  arena memang berdiri di atas batu raksasa. Dari titik inilah Rasulullah naik ke langit dalam perjalanan  Mi’rajnya. Dari kemudian di atasnya dibangunlah bangunan yang bentuknya kita kenal seperti sekarang.

Sekarang ini Dome Of The Rock difungsikan juga sebagai tempat salat.  Karena memang sejatinya seluruh lokasi/ kompleks itu adalah masjid, orang boleh salat di manapun mereka sukai.

Namun bangunan ini bukanlah masjid (tempat untuk salat). Ini hanya  bangunan biasa yang dibangun oleh Sultan Abdul Malik bin Marwan pada tahun 685-705. Bentuk bangunan segi delapan, dengan tinggi 35 meter.

Kubah Dome of the Rock ini dilapisi potongan emas, sementara bangunannya dihiasi dengan porselin khusus, khat yang sangat indah dan lantainya keramik. Di masa Perang Salib bangunan ini dijadikan gereja dengan ditambahi sebuah altar sementara bulan sabit besar di kubah diganti dengan salib.

Pada tahun 1187, Salahuddin AlAyyubi mengembalikan Kubah As-Sakhrah ke fungsi semula. Pada tahun 2009, Turki memperbarui hiasan bulan sabit pada Kubah As-Sakhrah dengan biaya 250 ribu Euro.

Al Haram Asy Syarif

Masjidil Aqsa juga disebut Al Haram Asy Syarif yang artinya tanah suci yang mulia. Maksudnya “Haram” artinya suci, seperti pada istilah Tanah Haram (tanah suci), Alharamain (dua tanah suci), Masjidil Haram (Masjid Suci) yang maksudnya tempat yang diharamkan melakukan perbuatan yang melanggar kesuciannya. 

Akan tetapi kesucian Masjidil Aqsa berbeda dengan kesucian Masjidil Haram yang memang disebutkan dalam Al Quran.

Kesucian Masjidil Aqsa lebih karena peran pentingnya dalam kehidupan umat dan terlebih lebih sekarang ini Al Aqsa masih dalam penjajahan dan hanya dijadikan objek wisata yang keuntungannya lebih banyak mengalir ke Israel.

Al Haram Asy Syarif atau “tanah suci yang mulia” ini oleh umat Yahudi dan Kristen disebut sebagai Temple Mount  atau Bait Suci dan merupakan suatu tempat paling suci dalam agama Yahudi yang umumnya dipercaya merupakan tempat Bait Pertama dan Bait Kedua dahulu pernah berdiri. Di salah satu tembok Bait Suci itulah terdapat tembok ratapan yang terkenal.

Lalu bagaimana dengan penyebutan nama Baitul Maqdis? Apakah sama dengan yang dimaksud dengan Masjidil Aqsa?

rFFJvWLa84VLd3n1Nz5GTKgE34ok58mi.jpg

Masjidil Aqsa adalah nama yang diberikan oleh Allah seperti dalam surat Al Israa’ (17) ayat 1.  Namun Rasulullah juga menggunakan nama Baitul Maqdis untuk menyebut Masjidil Aqsa.

Selain itu, istilah atau nama Baitul Maqdis juga bisa berarti lebih luas daripada Masjidil Aqsa yang ‘hanya’ seluas 14.4 Hektar.  Perhatikan surat Al Israa’ (17) ayat 1 :

Maha suci Allah Azza wa Jalla yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami barakahi sekelilingnya.

…. yang Kami barakahi sekelilingnya.

Nah, area sekeliling Masjidil Aqsa yang ikut diberkahi Allah Ta’ala itulah yang disebut Baitul Maqdis.  Yang artinya adalah Rumah yang Disucikan.

Baitul Maqdis juga disebut oleh bangsa Palestina dan Arab sebagai Al Quds.

Answered Apr 11, 2018

Question Overview


2 Followers
2688 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Mengapa Tuhan membuat surga, padahal insentif tertinggi umat Islam adalah ridha Allah?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Bagaimana cara mengakhiri konflik antara Sunni dan Syiah?

Apakah Syiah bukan Islam?

Mengapa Nabi Muhammad tidak mengizinkan Ali mempoligami Fatimah?

Apa yang dimaksud dengan bid'ah?

Apa yang dimaksud dengan munafik?

Apa yang dimaksud dengan halal?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Apa yang dimaksud dengan mubah?

Mengapa Agama Yahudi tidak diperkenankan berkembang di Indonesia?

Kenapa orang Yahudi memiliki tingkat kecerdasan dan kesuksesan jauh di atas rata-rata?

Bila Muslim dan Yahudi mengharamkan babi serta Hindu mengharamkan daging sapi, makanan apa yang haram bagi Kristen?

Apa beda Halal orang Islam dengan Kosher orang Yahudi?

Saat belajar agama, buku apa saja yang pernah Anda baca?

Apakah kamu percaya ada Konspirasi Yahudi? Apa alasannya?

Apa persamaan agama Islam dengan agama Yahudi yang Anda ketahui?

Mengapa Hitler dan Nazi sangat membenci Yahudi?

Mengapa Anda pindah ke agama Kristen?

Apa esensi dasar Kristiani?

Apa beda Kristen Protestan dengan Kristen Katolik?

Apakah nabi Isa AS adalah orang yang sama dengan Yesus?

Bagaimana Agama Kristen Saksi Yehuwa dapat berkembang di Indonesia?

Apakah penganut Protestan menganggap bahwa penganut Katolik akan masuk surga? Bagaimana sebaliknya?

Sajak Kapan Alkitab ada? Apakah dilemparkan dari Langit? Apakah Roh Kudus membuat Alkitab? Alkitab manakah yang digunakan oleh para rasul?

Apa pandangan Anda mengenai surga dan neraka?

Apa perbedaan mendasar antara agama Kristen Protestan dengan Katolik?

Apa yang menarik dari Gua Maria Longdres Pohsarang?

Apa yang menarik dari Mata Air Sendang Waluyo Jati?

Apakah Vatikan negara merdeka?

Bagaimana hubungan tokoh politik Kristen dan Katolik dengan organisasi keagamaan Kristen dan Katolik?

Mengapa SMA Kristen dan Katolik banyak memiliki kualitas dan prestasi bila dibandingkan sekolah Islam?

Apa sajakah pengaruh D-Day bagi Sekutu pada Perang Dunia II?

Bagaimana dampak D-Day bagi Jerman pada Perang Dunia II?

Apakah kesalahan fatal Hitler yang membuat Jerman kalah pada Perang Dunia II?

Mengapa Perang Dunia II terasa lebih populer daripada Perang Dunia I?

Pesawat paling canggih apa yang tercipta saat Perang Dunia II?

Berapa banyak korban pada Perang Dunia II?

Mengapa tentara Rumania dan Italia gagal menahan serangan Soviet di Stalingrad?

Pesawat tempur apa yang paling ditakuti saat Perang Dunia II?

Pesawat bom apa yang paling berbahaya saat Perang Dunia II?

Pesawat buatan Amerika Serikat atau Jerman yang lebih canggih pada Perang Dunia II?

Kenapa Islam mengalami kemunduran dalam hal ilmu pengetahuan sejak kemajuan di abad pertengahan?

Apa sebenarnya penyebab utama kemunduran Kekhalifahan Islam di Turki?

Apa benar kerajaan Islam di Indonesia adalah bagian dari Kekhalifahan Turki Utsmani?

Siapa sebenarnya Maulana Malik Ibrahim, orang yang paling berperan menyebarkan Islam di Indonesia?

Apa yang membuat sains di dunia Islam begitu maju di tahun 700-1100?

Darimana kemajuan ekonomi awal Kekhalifahan Turki Utsmani berasal?

Faktor apa yang paling menentukan kemenangan Al Fatih di Konstatinopel?

Faktor apa yang paling menentukan kemenangan umat Islam pada peristiwa futuh Mekkah?

Faktor apa yang paling menentukan kekalahan umat Islam pada perang Uhud?

Mengapa Snouck Hurgonje mampu melakukan infiltrasi sedemikian dalam terhadap tubuh umat Islam Indonesia?

Sikap politik luar negeri yang paling signifikan dilakukan Amerika Serikat pada Perang Dunia II?

Apa kebenaran atau prinsip yang Anda yakin benar tapi semua orang di sekeliling Anda mengatakan itu salah?

Bagaimana membuktikan bahwa Tuhan ada?

Apa dunia ini adil?

Mengapa ada gravitasi di alam semesta ini?

Jika memang hanya satu diantara tiga agama langit (Islam, Kristen dan Yahudi) yang benar, mengapa Tuhan tidak menimpakan adzab kepada ajaran yang salah seperti yang Tuhan lakukan kepada kaum Ad, Nuh, Tsamud?

Mengapa kisah-kisah Israiliat seringkali dijadikan referensi yang sahih dalam mengajarkan hikmah dalam budaya Islam?

Apa agama orang tua Muhammad SAW? Jika mereka non-Islam, apakah mereka masuk neraka?

Apakah sebagai seorang manusia biasa, para nabi juga memiliki dosa? Jika benar demikian, apa saja dosa mereka?

Bagaimana Anda dapat menjelaskan keberadaan Tuhan dan Malaikat secara ilmiah?