selasar-loader

Menurut Anda, apa film favorit di tahun 2015?

Last Updated Jul 25, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
M Afwan Fathul Barry
Tukang tulis, juru edit, penggelut multimedia.

Ea6uXL8GaPycSHFuGbJs48_FPpqL1ic4.png

Kingsman: The Secret Service! Itu jawaban saya. Meski film itu mulai dirilis tahun 2014 (karena mengikuti Butt-Numb-A-Thon di Texas), tetapi jutaan pasang mata manusia di dunia baru menontonnya secara resmi di bioskop sejak Januari 2015. Para kritikus film hampir semuanya memberi komentar positif.

Namun, bukan karena review dari orang-orang itu yang membuat saya melabeli Kingsman sebagai film favorit saya di tahun 2015. Alasannya lebih kepada saya menikmati cerita film ini. Hampir semua film aksi dikemas sedeg-degan mungkin, mirip James Bond, Mission Impossible. Kingsman betul dikemas demikian, tetapi ia membawa kebaruan. Kebaruan ini yang membawa Kingsman sebagai pendatang baru langsung setara dengan dua film aksi mutakhir tadi. Apa kebaruan itu?

Ada Eggsy yang diperankan pemuda. Sepengamatan saya, belum ada tokoh sentral di film aksi yang berumur muda macam dia. Namun, ada kebaruan lain. Kingsman dikemas sangat klimis, macam rambut yang terkena pomade sepanjang hari. Klimisnya pada seluruh sisi yang membangun film (Maaf, saya mulai lebay), mulai dari penampilan, sampai gaya bertarung yang kaku dan sedikit gerak.

Keklimisan seperti model pakaian dan kacamata. Saya sampai sekarang masih berkeinginan (sebatas ingin, karena harga yang mahal) untuk mendapat kacamata kerennya Eggsy, dkk. Pun wajah para aktor yang tampak nge-doff. Keklimisan ini yang sulit didapat di film aksi lainnya. Kalau pun ada, itu karena saya terlalu suka Kingsman dibanding yang lain. Mohon maaf. Hehehe.

Kingsman bagus dan layak menjadi favorit (saya mulai menjawab serius) karena adegan kepala-kepala yang meledak di ujung film. Bagi saya ini sangat kreatif-imajinatif-revolusioner-radikal. Ini menjadi sebuah jawaban film aksi tak melulu soal keringat dan muncratan darah. Kepala meledak dianimasikan macam bom atom berwarna warni, diiringi orkestrasi yang okeoce pula. Tidak sadis, kan? Barangkali ke depannya visualisasi sadisme di film aksi bisa lebih cerdas sejak ada Kingsman.

Bagi yang belum menonton, sila segera menonton karena akan tayang sekuelnya, Kingsman: The Golden Circle, tahun ini. Bila sudah nonton, sila menonton lagi di website streaming online yang menyediakannya agar kembali menghangat euforia emosinya.

Meski Kingsman dengan segala isinya mendapat tempat lebih spesial di hati saya ketimbang Mission Impossible, saya tetap hormat dengan dada membuncah ruah ke mana-mana pada Om Tom Cruise.

Sumber gambar: Kingsman: The Secret Service

Answered Jul 25, 2017
Cok Deniro Panjaitan
Historian UI 2015

yIr_qG_dhfDcijDa0sfE1_DFAjciyaQ7.jpg

Film "Jurassic World" merupakan film favorit saya di tahun 2015. Awalnya, saya kurang tertarik akan kehadiran film tersebut. Namun, adik saya memiliki ketertarikan dengan film-film bertema dinosaurus sehingga pada saat itu, tepatnya setelah selesai menempuh ujian SBMPTN dan SIMAK UI, saya sekeluarga pergi ke Gandaria City untuk menonton film tersebut, sekaligus pertama kalinya mencoba bioskop IMAX dan langsung berformat 3D.

Jika saya memberi skor rating terhadap film ini, nilai yang saya berikan adalah 9/10 oleh karena kekuatan fiksi ilmiahnya yang bermutu dan mendidik. Sisi pendidikan yang diambil dari film tersebut adalah bahwa setiap eksperimen sains tidak ada gunanya jika tidak ditopang dengan kemampuan ilmu sosial. Hal ini ditunjukkan dengan hancurnya taman rekreasi Jurassic World yang disebabkan oleh dinosaurus buatan yang dinamakan Indominus Rex. Dinosaurus ini hanya dibesarkan dalam kandang sehingga begitu ia keluar dari kandang, ia langsung menyerang berbagai dinosaurus lainnya secara membabi buta. Berdasarkan riset yang terdapat dalam film tersebut, dinosaurus tersebut hanya dapat dikalahkan dengan serangan berkelompok dinosaurus jenis lainnya mengingat jumlah giginya yang sangat banyak (tidak diketahui jumlah pastinya).

Aksi mengalahkan dinosaurus buatan tersebut adalah adegan favorit saya dalam film tersebut. Setiap kali menyaksikan adegan tersebut, bulu kuduk saya berhasil dibuat merinding oleh karena aksi gabungan T-Rex dan Velociraptor yang menegangkan dan puncaknya adalah serangan ikan purba yang disebut Mosasaurus. Film ini sedang dibuat sekuelnya dan rencananya akan dirilis pada pertengahan tahun 2018.

 

Sumber foto: jurassicworld.com

Answered Jul 28, 2017