selasar-loader

Bagaimana cara kamu memaafkan seseorang yang telah menyakitimu?

Last Updated Jul 25, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Aulia Aziza
Be Better Like a Queen

Mengingat perjuangan dia yang pernah membuat bahagia dan tertawa hingga lupa akan segalanya,dan mnjadikannya sesuatu yang mnjadi alat kekuatan yg mndorong kita lebih dewasa satu tingkat

Answered Aug 19, 2017
Zulfansyah Binjai
Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

VdwVTYZmo66MvEmmyQkipRJwqU5GWl8-.jpg

Di dalam proses untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik, manusia tidak akan pernah luput dari kesalahan ataupun kekhilafan. Hal itu merupakan hal yang wajar, mengingat tidak ada manusia yang sempurna. Kita sebagai manusia juga berkewajiban untuk bisa memaafkan kesalahan orang lain, bagi yang telah meminta maaf.

Alasan orang sulit memaafkan biasanya adalah karena hal tersebut sudah melukai hati yang paling dalam. Tetapi dalam Islam, sebesar apapun kesalahan tersebut, kita sebagai manusia harus mampu dan wajib untuk memaafkannya. Karena dengan begitu, kita bisa terhindar dari bahaya tidak memaafkan, yaitu menghancurkan rantai dendam dalam diri dan melangkah menuju ke kehidupan yang lebih baik.

Jika kita ingin disebut sebagai orang bertakwa kepada Allah swt, kita wajib memberi maaf atas kesalahan orang lain tanpa harus ada permintaan maaf dan mempermasalahkan lagi kesalahan yang diperbuatnya. Jika kita berbuat dosa kepada orang lain, kita wajib meminta ampun kepada Allah swt. Permintaan maaf kepada orang lain penting untuk menjaga hubungan kita dengan sesama manusia dan agar kita terhindar dari sifat dendam yang dibenci dan sangat oleh Allah Swt.

“Tidak halal apabila seorang Muslim menjauhi kawannya lebih dari tiga hari. Apabila telah lewat waktu tiga hari tersebut, maka berbicaralah dengannya dan beri salam. Jika ia menjawab salam, maka keduanya akan mendapat pahala dan jika ia tidak membalasnya, maka sungguhlah dia kembali dengan membawa dosanya, sementara orang yang memberi salam akan keluar dari dosa.”(HR. Muslim).

Hadis di atas cukup menakutkan bagi saya. Oleh karena itu, cara saya dalam memaafkan seseorang yang telah menyakiti saya adalah dengan memaafkannya terlebih dahulu. Jujur, saya pribadi setiap malamnya selalu memuhasabah diri sebelum tidur. Memohon ampun dan memaafkan seluruh kesalahan orang-orang yang telah berbuat zalim kepada saya satu hari ini. Karena dengan begitu, saya akan terhindar dari dendam dan penyakit hati.

Itu saja yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat bagi semuanya, terkhusus bagi saya pribadi. Wassalam.

 

Ilustrasi via Pixabay

Answered Jan 3, 2018