selasar-loader

Apakah menjadi seorang fotografer harus belajar melalui ahlinya atau bisa pula otodidak?

Last Updated Jul 24, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Annisa Nur Purnama Sari
Public Policy and Management UGM | Public Relation and Adm. sharingbareng.com

Sangat jelas bisa belajar secara otodidak. Saya mencintai dunia fotografi, karena memulai belajar dengan diri sendiri. Kalian juga bisa belajar dengan sendirinya melalui channel youtube, search google, dan lainnya. Ketika sudah cukup menguasai dasar penggunaan kamera, baru lah saya bertanya kepada yang lebih ahli. Disana kalian akan mendapatkan banyak masukan ketika menggunakan kamera.

Dan ketika kalian memutuskan untuk belajar, jangan menunda-nunda, misalnya kalian menunda belajar fotografi karena menunggu harus memiliki kamera terlebih dahulu atau menunda karena belum ada seseorang yang cocok untuk mengajari. Tidak ada alasan untuk menunda, karena penundaan itu bukan kesalahan. Namun, dikatakan salah adalah ketika kalian tidak memulai untuk mencoba.

Dahulu saya juga belum memiliki kamera sendiri, masih meminjam saudara. Kalau saudara saya butuh, yaa saya kembalikan. Jujur saja, saat ini lebih suka mengambl banyak foto daripada menjadi objek fotografi. Dengan banyaknya sudut pandang yang kalian ambil, maka kebahagiaan itu akan muncul. Kalian akan tersenyum lega, ketika orang lain melompat riang, tertawa, dan memuji hasil karya kalian.

Pada intinya, kalian harus memulainya terlebih dahulu. Nanti, kalian akan membutuhkan orang lain untuk membantu menjadi orang yang keren, sehingga banyak orang yang akan meminta jasa kalian dan kebahagiaan itu akan muncul. Jangan sekali-kali kalian tolak tawaran kebaikan dari orang lain, siapa tau itu adalah rezekimu. Lakukan semaksimal mungkin yang kalian telah pelajari sebelumnya. Pastikan orang lain tersenyum bahagia. Sederhana bukan?

Answered Apr 1, 2018