selasar-loader

Seberapa penting administrasi dalam kehidupan sehari-hari?

Last Updated Jul 23, 2017

[Sayembara Selasar]

Dalam kehidupan tentunya kalian pernah mengalami susunan keuangan yg berantakan. Jadwal-jadwal yang tak tersusun, alhasil segalanya jd runyam. Menurut anda seberapa penting administrasi dalam kehidupan sehari hari? Jelaskan argumen kamu, ya!

Ketentuan:

- Hanya untuk Anagata dari FIA

- Minimal 200 kata

- Diwajibkan untuk menyertakan gambar (di atas text jawaban) yang dapat mengilustrasikan pemikiran/ide/pengalaman/insight yang kamu miliki. Lebar maximal image adalah 1000px dan gambar tidak pecah

- Jangan lupa, setelah Anagata men-submit jawaban, di bawah nama ada button "edit bio topic", klik! Isi dengan keterangan Fakultas, sama seperti di bio utama. Contoh: Mahasiswa FIA UI 2017.

86 answers

Sort by Date | Votes
Anonymous

Sangat penting karena dengan administrasi kita bisa mengetahui tentang data seseorang yang sewaktu-waktu bisa kita gunakan untuk keperluan tertentu.

Answered Jul 29, 2017

Sangat penting karena dengan adanya administrasi, data yang kita butuhkan bisa lebih tersusun dengan rapi dan mudah saat dicari maupun saat dibutuhkan.

Answered Jul 29, 2017

3mvQwu58gteu_IiFmZ_OjJAvf3fRD4QP.jpg

Menurut saya, administrasi sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Ketika mengalami peristiwa seperti susunan keuangan yang berantakan, jadwal yang tidak tersusun, dsb yang akhirnya membuat segalanya menjadi runyam, maka diperlukan kemampuan administrasi agar kejadian serupa tidak terulang kembali di kemudian hari. 

Banyak orang yang mengatakan berkembangnya suatu peradaban kehidupan manusia dinilai dari ada atau tidaknya administrasi di dalamnya. Apabila seluruh orang bekerjasama mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana yang tersedia maka proses administrasi berjalan dengan baik di dalamnya. 

 

Anita Cahya Pratiwi_FIA_Makutawangsa-12

Answered Jul 29, 2017

Ys5DaiODAsGHHupYKcYJW38ATpwFbe2u.jpg

Sangat penting, karena administrasi merupakan inti yang sangat diperlukan agar segala sesuatunya dapat berjalan lancar, yaitu di mana segala hal dan fakta yang kita butuhkan tercatat secara rinci, seperti formulir.

VIna Alvionita_FIA_Samudera13

 

gambar via kdei-taipei.org

Answered Jul 30, 2017
Ilham Andriansyah Alghifari
Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi 2017

 

WytIvmjcslaOwmkcxtLr2_kszxWBLJzs.jpg 

Administrasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena dibutuhkan untuk mengefisienkan waktu. Dengan adanya administrasi juga membuat suatu tujuan yang akan dicapai menjadi lebih terarah dan tepat sasaran. Di dalam sebuah administrasi sendiri terdapat berbagai macam struktur yang masing-masing memegang suatu perananan penting yang saling berhubungan sehingga memudahkan mencapai suatu tujuan dan meminimalisir kesalahan. Jika pemegang peranan tersebut melakukan kesalahan maka akan berdampak ke hasil akhir.

Administrasi sendiri mengacu pada beberapa aspek yaitu aspek perencanaan, aspek pengendalian, aspek kepemimpinan, dan aspek pengorganisasian. Perencanaan sendiri menitikberatkan pada tujuan yang ingin dicapai, biasanya membahas tentang rencana apa saja yang akan dilakukan serta apakah dalam mencapai rencana tersebut ada hal-hal baik ataupun buruk yang akan dihadapi kedepannya. Pengorganisasian adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan tipe-tipe struktur organisasi dan prinsip-prinsip organisasi, menentukan siapa saja yang memegang peranan penting di dalamnya, sifat, dan jenis dari berbagai bentuk kegiatan yang harus dilaksanakan dalam pengorganisasian juga menitikberatkan pada aspek kerja sama. Kepemimpinan menitikberatkan pada penggunaan pengaruh untuk memotivasi karyawan yang memegang peranan penting sehingga dapat meraih tujuan yang telah direncanakan dengan baik. Pengendalian mempunyai arti mengawasi, mengatur, dan menjaga aktifitas seluruh organisasi agar berjalan dengan lancar dan sesuai dengan perencanaan dan juga sebagai pemecah masalah jika terjadi.

IlhamAndriansyahAlghifari_FIA_SAMUDERA-3

 

Answered Jul 30, 2017
Nisrina Wulan
Mahasiswa FIA UI 2017

ikjNcD4bd3V7wHIxdOyYahQsrDK9c3Fe.jpg

(Nisrina Wulan Setyani_1706052593_Jagaraga08_Adm Negara)

Menurut Luther M. Gullick, administrasi mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Planning (perencanaan): fungsi ini menunjukkan bahwa administrasi selalu membutuhkan perencanaan yang matang di setiap pelaksanaannya.

2. Organizing (pengorganisasian): fungsi dari sebuah organisasi berkaitan dengan usaha yang dilakukan dalam pengembangan hubungan kerja dan pembagiannya dalam suatu badan usaha atau organisasi.

3. Directing (pengarahan): fungsi yang berkaitan dengan usaha dalam memberi pengarahan, membimbing serta memberikan saran dan masukan untuk perbaikan suatu kegiatan yang sedang dilakukan agar dapat dilakukan semaksimal mungkin dengan hasil yang memuaskan.

4. Staffing (pengadaan tenaga kerja): praktek menemukan, menilai, mengevaluasi, dan menetapkan hubungan kerja dengan karyawan atau tenaga kerja dan memberhentikannya jika tidak lagi dibutuhkan. Sehingga tenaga kerja atau karyawan yang ditetapkan sesuai pada bidangnya atau keahliannya.

5. Coordinating (pengkoordinasian): suatu proses di mana seluruh kepentingan dan tujuan dari organisasi yang dilaksanakan bisa terintegrasi dan dapat sinkron dengan tempat dan waktunya.

6. Reporting (pelaporan): cara menginformasikan dari apa yang telah dilakukan dalam seluruh kegiatan sebagai salah satu pertanggungjawaban.

6. Budgeting (penganggaran): cara merencanakan keuangan, berapa anggaran yang diperlukan, dari mana pembiayaannya, perhitungan uang masuk dan keluarnya, serta pengawasan yang dilakukan.

Dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwa administrasi mempunya peranan yg sangat penting, karena dengan adanya administrasi, pekerjaan dan tugas yang kita kerjakan menjadi lebih efektif dan efisien. Administrasi juga bisa membantu kelompok kerja menjadi lebih terarah dan terstruktur. Selain itu, administrasi juga mempermudah kita dalam pengarsipan dokumen/laporan sehingga bisa mempermudah proses managerial.

gambar via abnp.co.id

Answered Jul 30, 2017
Anonymous

Administrasi adalah suatu proses organisasi dan ruang lingkupnya termasuk manajemen dan berbagai sistem yang terkait di dalamnya untuk mencapai tujuan organisasi, baik organisasi publik maupun bisnis/private. Jadi jelaslah bahwa tanpa administrasi, kehidupan pasti berantakan karena di kehidupan ini penuh dengan administrasi.

Answered Jul 30, 2017

Adminitrasi merupakan suatu fungsi yang memegang peranan yang sangat penting terhadap tercapainya kelancaran usaha kegiatan maupun aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan/organisasi. Sehingga dengan demikian, dapat dikatakan administrasi juga merupakan urat nadi perusahaan dan administrasi juga dapat memperlihatkan fakta dan keterangan yang diperlukan untuk perencanaan secara rinci dan keterangan/data yang meliputi catatan yang akurat, formulir serta laporan yang meliputi tugas administrasi. Pada dasarnya, fungsi administrasi dan fungsi manajemen adalah sama perbedanya, di mana fungsi administrasi adalah untuk menentukan tujuan organisasi dan merumuskan kebijaksanaan umum, sedangkan manajemen bersifat melaksanakan kegitan yang perlu dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan dalam batas-batas kebijaksanaan yang dirumuskan. Sangat penting karena di kehidupan sehari-hari kita pasti akan berhubungan dengan administrasi. Administrasi itu pada hakikatnya sebagai rangkaian kegiatan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Ilmu administrasi terdiri dari publik dan bisnis bahkan fiskal pun ikut. Dapat disimpulkan bahwa administrasi sangatlah penting di kehidupan sehari-hari. Kita sebagai manusia tidak bisa membayangkan bagaimana kelangsungan hidup manusia tidak ada administrator yang menggerakannya.

Answered Jul 30, 2017
Kevin Quds
Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi UI

Qsfn0xvT7snW8DHF_0lrWGhLZ4cvy-M9.jpg

Dewasa ini, ketika kita mendengar kata "administrasi", pasti yang ada dipikiran kita terbayang mengenai surat-menyurat, catat-mencatat, dan pengelolaan suatu data agar tersusun secara rapih dan sistematis atau disebut juga sebagai ketatausahaan. Pemikiran seperti itu memang betul adanya, karena jika ditinjau dari segi pengertian yang sempit, seperti itulah administrasi. Dengan adanya administrasi dalam kehidupan sehari-hari, tak bisa dipungkiri bahwa segala kegiatan yang kita lakukan jikalau pengelolaan administrasinya baik pasti kegiatan yang kita lakukan juga akan menuai hasil yang baik pula. Mengapa? Menurut Liang Gie (Penulis buku “Pengantar Filsafat Ilmu dan Filsafat Keindahan”) bahwa pengertian administrasi adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam bentuk kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu, Liang Gie juga beranggapan bahwa ilmu administrasi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari proses (process), kegiatan, dan dinamika kerja sama manusia (human teamwork).

Berdasarkan pengertian di atas, dapat kita peroleh kesimpulan bahwa dalam kehidupan sehari-hari, manusia pasti hidup bergantungan satu sama lain. Dengan demikian, segala kegiatan yang kita lakukan pasti berhubungan dengan orang lain agar mencapai tujuan yang dicita-citakan. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pengelolaan administrasi sepertI perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang baik sehingga terjadi keselarasan dan kesinambungan suatu proses dan berjalan sesuai dengan rencana di awal.

Dengan adanya administrasi, tugas-tugas diselesaikan lebih efisien karena adanya manajemen yang tepat. Contohnya, perusahaan dapat menjadi perusahaan yang bonafide pasti karena administrasi yang baik dan setiap menjalani tugas terjadi pembagian tanggung jawab pekerjaan dan pengelolaan administrasi sebagai tolok ukur untuk pengambilan keputusan oleh administrator/pimpinan perusahaan. Selain itu, hidup akan terasa lebih mudah dijalani karena manusia di zaman yang modern ini dituntut untuk melakukan kerja sama dalam berbagai sektor kegiatan. Hal itu disebabkan oleh teknologi yang canggih, tuntutan akan kompleksitas kebutuhan manusia yang semakin beraneka ragam dan tuntutan akan efektivitas pekerjaan yang semakin tinggi pula.

Oleh karena itu, lahirlah ilmu administrasi pada abad ke-19 atas prakarsa dari seorang warga negara Prancis, Henry Fayol, memberikan kita kemudahan dalam menjalankan kegiatan yang sedang dijalani. Dapat ditekankan bahwa administrasi dalam kehidupan sehari-hari amatlah penting untuk dilakukan jika menggunakannya secara bijak dan penuh tanggung jawab. Jadi, suatu kegiatan/organisasi berbanding lurus dengan administrasinya. Artinya, jika pengelolaan administrasinya baik maka kegiatan/organisasinya juga baik, begitupun sebaliknya.

Kevin Aushaf Quds_Fakultas Ilmu Administrasi_Singhapura 10

 

gambar via howdesign.com

Answered Jul 31, 2017

WnDEy09brTZCoQhd3ND8xbNnMczELZ7W.jpgixh-cUmeCsfz7xT9BLCJMEpYZpOXR_V6.png

Administrasi sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Administrasi memegang peranan penting untuk mencapai kelancaran tujuan dari sebuah kegiatan. Contoh administrasi misalnya administrasi negara. Segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan publik termasuk dalam pengertian administrasi negara. Administrasi negara merupakan penggerak pembangunan, maka administrasi negara membantu menekankan prinsip persaingan bebas dalam era globalisasi ini. Secara politis, peranan administrasi negara adalah memelihara stabilitas negara, baik dalam pengertian keutuhan wilayah maupun keutuhan politik. Secara ekonomi, peranan administrasi negara adalah menjamin adanya kemampuan ekonomi nasional untuk menghadapi dan mengatasi persaingan global. Kesimpulannya, keseharian kita tidak bisa terlepas dari sistem administrasi, karena tujuan administrasi itu sendiri adalah mencapai keselarasan dan kesinambungan dalam suatu kegiatan, baik administrasi fiskal, negara, maupun niaga.

 

Sumber gambar 1 via pgr.fisip.uns.ac.id

Sumber gambar 2 via cdnimage.terbitsport.com

Answered Aug 1, 2017

MLtrtPc7SyhXdGFOmJzIwgCS8DVaJ8DO.jpg

Pengertian administrasi secara sempit ialah suatu bentuk kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik, dan sebagainya yang mempunyai sifat teknis ketatausahaan. Sedangkan pengertian administrasi secara luas ialah segala bentuk proses kerja sama dari dua orang atau lebih untuk mencapai tujuannya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana, khusus secara berdaya guna dan berhasil guna. Berdasarkan kedua pengertian di atas, menurut saya, administrasi itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena dengan adanya administrasi, kita dapat belajar mencatat hal-hal kecil yang berdampak atau berpengaruh besar terhadap tujuan kita di masa depan. Bisa kita ambil contoh misalnya sebagai mahasiswa baru, saya akan mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan saya dalam satu bulan, dari pengeluaran yang kecil hingga yang besar begitu pula dengan pemasukan yang saya terima. Dengan begitu saya akan mengetahui apakah manajemen keuangan saya sudah bisa dikatakan baik atau tidak.

Selain itu, administrasi dibutuhkan bukan hanya untuk diri sendiri saja tetapi juga di sektor pajak, negara, niaga (bisnis), dll. Administrasi di beberapa sektor tersebut jelas sangat penting karena jika tidak ada administrasi, maka kegiatan kerja di sektor tersebut tidak akan berjalan dengan lancar sehingga akan menghambat negara dalam hal keuangan negara. Bukan administrasi saja yang penting, tetapi para pekerjanya (administrator) juga sangat diperlukan karena ketelitian, kejujuran, kerapian, kecepatan berhitung, ketepatan, dan hafalan sangat dibutuhkan dalam diri seorang administrator. Alasan-alasan di atas sudah jelas bahwa administrasi sangatlah penting di kehidupan sehari-hari.

AdilliaPutriSetianingtyas_FIA_Jagaraga19

 

Ilustrasi via ineditonline.ro

Answered Aug 1, 2017
Nurwanti Dwi Agustin
Mahasiswa FIA UI 2017

 

iRcuWbheF8UABgqrZFV0eSxnOrakWMgI.png


Di zaman ini, kita bisa melihat bahwa istilah administrasi itu bukanlah yang tabu lagi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kita juga sering menjumpainya di mana saja dan kapan saja dalam aspek kehidupan kita. Namun, banyak orang yang tidak tahu dan mengerti tentang apa arti dan makna yang sebenarnya tentang administrasi. Oleh karena itu, pentingnya pelajaran/studi Administrasi untuk dipelajari dan dipahami oleh manusia untuk lebih mengenal dan tahu tentang administrasi yang sebenarnya. 

Administrasi dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan kerja sama manusia untuk mencapai suatu tujuan. Dari pengertian tersebut, bahwa administrasi itu sebuah fenomena kerja sama sebagai objek kajian ilmu administrasi, karena sering dijumpai dalam setiap aspek kehidupan manusia sehari-hari. Lagi pula, perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin canggih, tuntutan akan efisiensi dan efeksivitas kerja yang semakin sulit, tuntutan akan kompleksitas kebutuhan manusia yang tinggi, mendorong masyarakat dan organisasi untuk melakukan kerja sama dalam berbagai sektor kegiatan. Sekarang ini, dunia terus berkembang dan kehidupan masyarakat kita terus maju dengan segala perubahannya yang sangat cepat dan pesat, sehingga untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi dan timbul di dalam masyarakat itu, antara negara, organisasi, dan masyarakat sendiri harus melakukan kerja sama. Dalam pelaksanaan pembangunan transportasi dan perhubungan stabilitas nasional, kemajuan ekonomi dapat berlangsung dengan cepat, mudah, dan tepat waktu melalui proses pengelolaan secara administratif.

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa administrasi itu sangat dibutuhkan sekali oleh manusia. Kita sebagai manusia sulit sekali membayangkan bagaimana kelangsungan hidup manusia dalam proses sekarang yang modernisasi tanpa adanya seorang pemimpin/administrator yang menggerakkannya. Dengan ilmu administrasi, manusia dapat ditolong dari efek-efek negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi modern yang sangat cepat dan berkembang pesat.

 

Ilustrasi via cdnimage.terbitsport.com

Answered Aug 1, 2017
Muhammad Dwiki Rivaldy
APA ITU OKK UI 2017

8RpPZBG3QEa0dz7oq_-q99t8qjQcA2JD.jpg

Menilik pentingnya administrasi dalam kehidupan sehari-hari.

"Bro, lu udah ngerjain tugas dari mbak "A" belum?"

"Nanti aja lah, santai. Lagian deadline-nya masih lama juga"

(Dua minggu kemudian) "Yah sial gua lupa lagi ngumpulin tugas gara-gara keasikan futsal"

"Duit di dompet tinggal orang bawa golok, masih pertengahan bulan lagi, Gajian dari bokap, nyokap masih tanggal 25. Yah apes dah mana ada tugas revisi skripsi lagi ngeprint seratus lembar. Duit gua dipake buat apa aja kemarin-kemarin?"

"Eh tugas kita kenapa berantakan gini sih. Jadi dapet nilai C kan pas dikumpulin ke dosen "B". Elu sih gak bener ngerjainnya gaming mulu "

"Gua disalahin. Elu tuh ketua kelompok malah cabut. NgeGebet anak fakultas sebelah. Ngaku lo! Gua sama temen-temen sekelompok kita lihat pas lo duduk berdua duduk di Kutek"

Begitulah kira-kira  masalah yang terjadi pada mahasiswa. Mengumpulkan tugas akhir-akhir deadline bahkan sampai lupa, uang habis pada pertengahan bulan hingga saling-menyalahi ketika hasil tugas kelompok tidak maksimal.

Beberapa contoh di atas adalah sebagian dari banyak kasus akibat kesalahan dari administrasi. Banyak orang menganggap administrasi hanya ada di tingkat perusahaan, organisasi, pemerintahan, dan lembaga pendidikan. Padahal administrasi mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Bangun dan tidur tepat waktu merupakan contoh kecil dari administrasi.

Administrasi memang memiliki kaitan yang sangat erat kaitannya dengan manajemen. Namun saya beranggapan bahwa administrasi bukanlah hanya soal manajemen atau mengoordinir sesuatu. Administrasi menurut saya ialah kegiatan mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara mempersiapkan segala sesuatunya dan membenahi serta mengkoreksi  (mengontrol) jika terjadi kesalahan agar mencapai hasil yang maksimal. 

Pada kehidupan sehari-hari administrasi dapat dilihat dari diri sendiri. Misalnya seseorang harus berpenampilan menarik, rupawan, dan berkharisma jika menjadi salesman apartemen tentunya dengan pakaian yang sesuai dan menarik perhatian konsumen. Dimulai dari contohnya menyisir rambut hingga rapih, memakai parfum, hingga menggunakan setelan kemeja jas berdasi, celana panjang dan sepatu pantovel layaknya businessman hingga orang merasa yakin apa yang diucapkan oleh nya ketika sedang promosi.

Apabila anda merasa administrasi tidaklah penting itu adalah hak anda. Namun, jika kehidupan anda merasakan banyak masalah, tidak sesuai rencana anda ataupun selalu ada hambatan ketika ingin melangkah lebih jauh, coba lihat dari diri Anda, bagaimana bersikap kepada orang lain, merespons kepada permasalahan sekitar sampai bagaimana Anda memperlakukan diri Anda sendiri.

Dalam berorganisasi atau dalam pemerintahan contohnya, haruslah bisa mengadministrasi pembagian waktu antara berorganisasi ataupun rapat dengan tugas dan keperluan pribadi. Jangan sampai terjadi bentrokan dalam pembagian waktu. Namun bukan hanya waktu yang harus dikelola dengan baik hal-hal lain sampai yang mendasar juga harus perlu proses administrasi.

Jika mau ditelusuri lebih jauh mengapa administrasi itu penting, contohlah kasus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bisa berakhir di hotel rodeo saat ini. Memang beliau sangatlah lihai dalam mengadministrasikan pemerintahan DKI Jakarta.

Dari mulai kebijakan DO Langsung anak yang melakukan bullying, pembagunan infrastruktur contohnya RPTRA di berbagai daerah di Jakarta sampai menciptakan pemerintahan yang menurut banyak pihak lebih transparan dan akuntabel dibandingkan dengan di jaman para pendahulunya.

Namun, satu hal penting yang ia lupakan. Beliau lupa untuk memperbaiki dan mengadministrasi gaya bicaranya yang terkesan sangat arogan ke anak buahnya sendiri. Memang hal itu dipuji oleh banyak pihak. Namun Ahok sampai kebablasan lupa mengontrol kebiasannya itu hingga terjadilah kasus seperti sekarang ini.

Memang bukan secara ucapannya langsung tetapi ini membuka celah bagi para pembecinya untuk mengedit ucapannya tersebut lalu disebar luaskan ke publik. Publik lebih tahu dahulu video yang di-edit. Ya apalah daya. Demo berjilid-jilid hingga hasilnya yang Anda bisa lihat seperti ini.

Sebagai mahasiswa baru UI 2017 terutama dari FIA saya bisa menyimpulkan dari artikel yang saya buat bahwa administrasi itu penting karena dengan administrasi tujuan awal yang direncanakan bisa dicapai dengan maksimal dengan kesalahan yang dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Akhir kata cukup sekian jawaban yang saya buat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata dalam penulisan.

Sumber gambar: merdeka.com

Muhammad Dwiki Rivaldy_FIA_374 Sangrawijaya 9

Answered Aug 1, 2017
winda teresia
FIA-Administrasi Fiskal 2017

I5Dd1eCYHxBJUzY3pTuO3boHJ_dMna8R.jpeg

Kita bisa melihat bahwa istilah administrasi itu bukan hal yang asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kita juga sering menjumpainya di mana saja dan kapan saja dalam aspek kehidupan kita. Namun, banyak orang yang tidak tahu dan mengerti tentang apa arti dan makna yang sebenar-benarnya tentang administrasi. Oleh sebab itu, pentingnya pelajaran/studi Administrasi untuk dipelajari dan dipahami oleh manusia untuk lebih mengenal dan tahu tentang administrasi yang sebenarnya. Pengertian administrasi sederhananya adalah kegiatan penyusunan dan pencatatan data serta informasi (drafting and recording data + information) secara sistematis dengan tujuan untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam satu hubungan satu sama lain.

Pada dasarnya, fungsi administrasi adalah untuk menentukan tujuan organisasi dan merumuskan kebijaksanaan umum. Administrasi memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan karena hampir dalam setiap segi ilmu pengetahuan memang memerlukan sesuatu agar setiap kegiatan yang dilakukan dapat terorganisasikan dengan baik. Dalam suatu perusahaan, administrasi dibutuhkan karena dapat membantu perusahaan dalam memberikan data/informasi yang diperlukan oleh pimpinan perusahaan dan memudahkan pimpinan dalam mengambil keputusan dalam pelaksanaan tugas selanjutnya. Dalam bidang keuangan, administrasi sangat dibutuhkan agar setiap pendapatan dan pengeluaran dapat dicatat dengan baik sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Pemerintahan juga membutuhkan disiplin ilmu administrasi karena melalui administrasi, pemerintah dapat membuat kebijakan-kebijakan publik yang mana dapat membantu penyelesaian permasalahan dalam masyarakat. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa administrasi memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari guna memudahkan setiap aspek karena administrasi menyusun dan mengelompokkan setiap data yang ada.

Winda Teresia/FIA/Sangarawijaya13

 

Ilustrasi via blogspot.com

Answered Aug 1, 2017

1ReA6n7x9TeLn-oLUKVswEfOrOwG17R5.jpg

Administrasi sangat penting dalam kehidupan sehari hari. Karena, apabila kita tidak menerapkan administrasi dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa mengerjakan sesuatu seperti yang kita inginkan. Administrasi membuat kita menjadi lebih teratur dan kita bisa mengetahui apa yang akan kita lakukan selanjutnya sehingga bisa mencapai tujuan.

Fakhri Rachman_1706055613_Smaradhahana-13

 

Ilustrasi via blogspot.com

Answered Aug 1, 2017
Irmala Syabani
Fakultas Ilmu Administrasi/Wirabhumi 02

OC79SByYOI2qiwmesEkg0vpm-MSKGHSF.jpg

Administrasi sangat penting dalam kehidupan untuk menunjang kelancaran aktivitas perusahaan, organisasi, maupun aktivitas kehidupan sehari-hari. Administrasi itu sangat dibutuhkan sekali oleh manusia. Kita sebagai manusia sulit sekali membayangkan bagaimana kelangsungan hidup manusia dalam proses sekarang yang modernisasi tanpa adanya seorang pemimpin/administrator yang menggerakannya. Dengan ilmu administrasi, manusia dapat ditolong dari efek-efek negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi modern yang sangat cepat dan berkembang pesat. Administrasi dalam arti luas salah satunya adalah kegiatan. Kegiatan yang dimaksud seperti catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. Contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika kita membuat KTP, banyak data yang harus dipersiapkan. Data tersebut antara lain surat keterangan baik dari desa maupun kecamatan. Dalam proses pengumpulan data tersebut, dibutuhkan ilmu administrasi. Tanpa administrasi,  kegiatan sehari-hari akan kacau.

Bayangkan saja untuk hal kecil seperti tidak masuk sekolah masih menggunakan surat menyurat. Sekarang ini, dunia terus berkembang dan kehidupan masyarakat kita terus maju dengan segala perubahannya yang sangat cepat dan pesat, sehingga untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi dan timbul di dalam masyarakat itu, antara negara, organisasi, dan masyarakat sendiri harus melakukan kerja sama. Dalam pelaksanaan pembangunan transportasi dan perhubungan stabilitas nasional, kemajuan ekonomi dapat berlangsung dengan cepat, mudah, dan tepat waktu melalui proses pengelolaan secara administratif. 

Irmala Sya'bani/FIA/WIRABHUMI 02

Answered Aug 1, 2017


v26TeB3nMrdRvR-HhplrEQT9E97BMAQL.jpg

Menurut saya administrasi dalam kehidupan sangat lah penting,karena kalau tidak administrasi segala sesuatu jadi kacau. Karena arti administrasi itu sendiri adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Kita bisa melihat, bahwa istilah Administrasi itu bukan hal yang asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, kita juga sering menjumpainya dimana saja dan kapan sajadalam aspek kehidupan kita. Namun, banyak orang yang tidak tahu dan mengerti tentang apa arti dan makna yang sebenar-benarnya tentang administrasi Administrasi memang sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari-hari agar segala sesuatu yang kita kerjakan jadi lebih terorganisir dengan baik. 

Contohnya saja hal hal dalam hidup kita sehari-hari yang gampang di temui seperti mengurus KTP jika tidak terlaksanakannya administrasi yang baik maka prosesnya menjadi lebih laama dan bertele-tele. Dalam keadaan seperti ini semua berkembang dengan pesat dan kehidupan lebih maju maka Administarsi semakin sangat penting untuk membantu menyelesaikan masalah yang timbul dalam ruang lingkup masyarakat,negara maupun internasional. Maka pada saat inilah waktunya orang orang harus mengerti apa itu administrasi dengan baik agar mereka dapat melaksanakannya untuk masa yang akan datang agar segala sesuatu menjadi lebih terorganisir dengan baik dan menjadikan kita sebagai orang yang maju serta bisa menghadapi segala sesuatu dengan baik.

 

An-Nisa Usman / FIA/ Mawardhana 5-290

Answered Aug 1, 2017

Xp3Qq2CLCrRP83zIiKiTVVwSn5rtN61M.jpg

Menurut saya, administrasi sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan administrasi merupakan cara atau proses seseorang  atau bahkan sebuah organisasi untuk  mencapai tujuan tertentu.  Harus kita ketahui bahwa fungsi dari administrasi sendiri akan memudahkan pekerjaan agar lebih efektif dan efisien dikarenakan administrasi mengajarkan kita untuk memanajemen segala hal dengan tepat, kerja sama dalam kelompok juga sangatlah menjadi hal penting dalam suksesnya sebuah pencapaian tujuan, maka admministrasi berfungsi sebagai mengarahkan kerja sama agar lebih terarah dan terstruktur. Selain itu, administrasi dapat mempermudah pekerjaaan pengarsipan dokumen atau laporan.

Kalian juga harus mengetahui bahwa administrasi membuat kita mudah untuk memprioritaskan hal-hal yang penting agar lebih teratur dan mudah untuk mencapainya.  Administrasi juga memiliki tujuan mengendalikan, mengelola,  dan menangani semua urusan mulai dari pribadi hingga ke ranah makro seperti halnya urusan negara.  Administrasi  dalam lingkup makro seperti halnya negara tidak hanya dapat dijalankan dengan kepercayaan tetapi harus dijalankan dengan orang-orang yang mau bekerjasama didalamnya agar sebuah tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien dan tercapai sesuai kemauan,

Dari paparan mengenai seberapa pentingnya administrasi bagi saya tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa administrasi cakupannya lebih luas daripada hanya sekedar memanajemen suatu usaha serta administrasi juga dapat mempermudah setiap pekerjaan dalam usaha agar lebih teratur, efektif, dan efisein.

 

Answered Aug 2, 2017
Nur Amalia
Mahasiswa FIA UI 2017

lxSn35IPjTDgYjiWlNwtNBn2WtuLamlJ.jpgSeperti yang kita tau bahwa administrasi sangat penting dan berguna dalam kehidupan sehari - hari.  Saat kita ingin melamar pekerjaan,  mendaftar organisasi,  mendaftar ke sekolah atau universitas pasti kita harus mengikuti rangkaian administrasi terlebih dahulu.  Administrasi itu pada hakikatnya  dan dapat di artikan sebagai rangkaian kegiatan kerjasama manusia untuk mencapai suatu tujuan. Dari pengertian tersebut, bahwa Administrasi itu sebuah fenomena kerjasama sebagai objek kajian ilmu Administrasi karena sering dijumpai dalam setiap  kehidupan manusia sehari-hari. Lagi pula, perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin canggih, tuntutan akan efisiensi dan efeksifitas kerja yang semakin sulit, tuntutan akan kompleksitas kebutuhan manusia yang tinggi, mendorong masyarakat dan organisasi untuk melakukan kerja sama dalam berbagai sektor kegiatan. Dalam berbagai sektor kegiatan administrasi memiliki fungsi yang sangat baik,  diantaranya : Pekerjaan terbagi secara efektif ,tugas tugas diselesaikan lebih efisien karena adanya manajemen yang tepat, tujuan tujuan yang ingin diperoleh disetarakan dengan beban kerja yang ada, kerja sama dalam kelompok kerja seperti perusahaan lebih terarah dan lebih terstruktur,fungsi administrasi apabila dianggap tata usaha, sehingga administrasi mempermudah pekerjaan pengarsipan dokumen atau laporan sehingga mempermudah kerja kerja manajerial. Dapat kita lihat di gambar atas bahwa organisasi juga memiliki fungsi : Planning ,  Organizing , Staffing,  Directing,  Coordinating,  Reporting,  Budgeting.  Komponen - komponen tersebut sangat dibutuhkan dalam era globalisasi saat ini.  Semua akan terarah sehingga tujuan akan tercapai . Dengan melakukan pengadministrasian akan menghindarkan dari hal - hal yang tidak diinginkan ataupun efek negatif lainnya.  Banyak orang yang mengatakan, peradaban kehidupan manusia itu tergantung pada ada atau tiadanya suatu administrasi.

Nur Amalia _ FIA _ Singhapura 18

Answered Aug 2, 2017
Rahayu Lestari
FIA-Ilmu Adm.Negara _ Kramawarata 3

c6zpE7gv39-sE-F63bLXiCiFxe2RoE_-.jpg

Menurut saya dari skala 0-100 Administrasi itu berada pada skala 80% ,mengapa ?.. memang Administrasi itu penting banget ya ? kayanya Administrasi itu hanya sekedar kegiatan tulis menunulis aja deh. Ya memang benar, Administrasi itu merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan tulis-menulis. Tapi siapa sangka didalam kehidupan kita kata “Administrasi” sendiri banyak sekali digunakan, baik pada lembaga BUMN/Swasta, dimana Administrasi merupakan hal kecil yang sepele tapi berpengaruh besar untuk kita, bahkan untuk kehidupan masyarakat luas, seperti bila kita masuk ke Rumah Sakit, pasti kita disuruh mengurus Administrasi terlebih dahulu,barulah pihak RS menangani kita. Serta dalam pelaksanaan pembangunan kota maupun desa, seorang Administrator sangatlah dibutuhkan agar pembangunan tersebut dapat terancang dengan rapih, baik pemasukan maupun pengeluaran yang akan dilakukan.

Banyak orang yang mengatakan “Peradaban Kehidupan Manusia itu Tergantung pada Ada/Tidaknya suatu Administrasi” ya manurut saya hal itu benar, karena pada hakekatnya Administrasi merupakan suatu kegiatan atau usaha untuk membantu,melayani,atau mengatur semua kegiatan dalam mencapai suatu tujuan agar tujuan tersebut dapat selesai dengan cepat,rapih,dan tepat pada waktunya. Administrasi tidak hanya berperan penting untuk kalangan luas, tapi administrasi juga berperan penting bagi kita individu untuk membantu mengatur keuangan yang kita miliki, agar kita dapat lebih teratur dalam memakai uang, karena semua pengeluaran akan jelas tercatat bila kita memahami tujuan ke administrasian.

Dari pemaparan saya diatas, saya mengambil kesimpulan bahwa Administrasi sangatlah penting untuk kita pelajari dan kita kenal. Karena hanya dengan memahami Administrasi dapat di katakan “Hidup kita akan Lebih tersusun dan Terarah”.

Rahayu Lestari _ 1706976150 _ KRAMAWARATA-3

Answered Aug 2, 2017