selasar-loader

Seberapa penting dunia keperawatan menurut Anda?

Last Updated Jul 23, 2017

[Sayembara Selasar]

Saat ini  banyak  sekali anggapan miring tentang perawat. Tak jarang pula ada mereka menganggap perawat ada hanya sebagai sosok 'pembantu'. Sebagai mahasiswa keperawatan, apa tanggapan kamu mengenai hal tersebut? Seberapa penting sosok perawat dalam dunia kesehatan?

Ketentuan:

- Hanya untuk Anagata dari Fakultas Ilmu Keperawatan

- Minimal 200 kata

- Diwajibkan untuk menyertakan gambar (di atas text jawaban) yang dapat mengilustrasikan pemikiran/ide/pengalaman/insight yang kamu miliki. Lebar maximal image adalah 1000px dan gambar tidak pecah

- Jangan lupa, setelah Anagata men-submit jawaban, di bawah nama ada button "edit bio topic", klik! Isi dengan keterangan Fakultas, sama seperti di bio utama. Contoh: Mahasiswa FIK UI 2017.

37 answers

Sort by Date | Votes
Lisa Widyarsi
Mahasiswa FIK UI 2017

pwtCEMZ0KEWN1IfMhtn5sZaheOsnFvZH.jpgMenurut saya peran perawat sangat penting. Perawat memberikan bantuan kepada pasien untuk memulihkan diri dari penyakitdan cederanya. Jika dokter menyembuhkan fisik pasien, maka perawat menyembuhkan mental dan emosi pasien. Perawat memberikan perhatiannya kepada pasien dengan cara selalu sabar ketika bersama pasien, menghibur pasien untuk menghilangkan ketakutannya selama mengikuti pengobatan, dan memberikan semangat kepada pasien untuk bisa pulih dari penyakit atau cederanya. Perawat harus mementingkan pasien daripada dirinya sendiri. Perawat harus memiliki rasa empati yang tinggi. Selain memberikan perhatiannya kepada pasien, perawat juga memberikan perhatiannya kepada keluarga pasien, perawat akan memberikan semangat kepada keluarga pasien agar bisa memberikan pengaruh positif kepada pasien. Perawatlah yang memberi nasihat kepada keluarga pasien agar selalu tabah dalam menghadapi cobaan. Karena ketika ada seseorang yang sakit, maka keluarga juga akan merasa sakit secara mental dan emosional. Perawat tidak boleh stress. Perawat tidak boleh keliru dalam merawat pasien, karena hal ini dapat memperburuk keadaan pasien. Perawat juga harus berani dalam menentang dokter apabila perintah tersebut dianggap keliru. Jadi, seorang perawat juga harus berani dan tegas dalam bertindak. Disinilah peran perawat dibutuhkan. Jadi jika ada yang mengatakan tugas perawat hanya menyuntik, mengukur tekanan darah, dan hanya membantu dokter, itu adalah kesalahan yang besar. Tugas seorang perawat lebih dari itu. 

Answered Jul 29, 2017
Siti Iqlima Istiqomah
Ilmu Keperawatan UI'17

QxoOdqm28eiLe8GmjH9mvAruguYq73OS.jpg

Menurut saya sendiri, dunia keperawatan itu sangatlah penting karena peranannya. Definisi perawat itu sendiri adalah seseorang yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kewenangan untuk memberikan asuhan keperawatan pada orang lain berdasarkan ilmu dan kiat yang dimilikinya dalam batas-batas kewenangan yang dimilikinya. Banyak sekali yang menganggap profesi perawat yang melihat perawat hanya dari kehidupan pasien sehari-hari sehingga banyak yang berpikir bahwa tugas perawat tidaklah jauh dari hanyalah seorang pembantu. Akan tetapi, jika dilihat lebih dalam lagi, tugas perawat tidaklah hanya itu saja. Perawat memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap pasiennya. Perawat ikut campur dalam hal menjadi seorang dokter juga karena tugasnya yaitu memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat dan berperan dalam kesembuhan sang pasien. 

Saat ini, banyak sekali rumah sakit yang sangat membutuhkan tenaga-tenaga kesehatan, terutama perawat yang profesional untuk memberi bantuan pelayanan yang berkualitas bagi pasien yang membutuhkan bantuan kesehatan. Selain itu, perawat juga memberikan perhatian yang penuh pengertian pada pasiennya, yang dengan kesabaran yang dimilikinya untuk mendengar semua keluhan, kekhawatiran, dan ketakutan yang dialami dari sang pasien. Oleh karena itu, tentu profesi sebagai seorang perawat sudah pasti tidak boleh diremehkan. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa profesi perawat itu bukanlah pembantu, tetapi membantu pasien. Perawat pun memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia kesehatan. Jika tidak ada perawat, maka tidak akan ada yang memastikan dan menjaga kondisi terbaik dari seorang pasien. Perawat juga termasuk profesi yang sangat mulia karena peranannya yang sungguh sangat berguna untuk orang lain.

 

Ilustrasi via arjohuntleigh.com

Answered Jul 29, 2017
Amyra luthfia mumpuni
Mahasiswi Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

9LJ9lq-lCs0_gcwIh3rCYFauodsz7aT-.jpg

Menurut saya, mereka yang menganggap perawat hanyalah pembantu belum mengetahui apa tugas perawat itu sendiri, mungkin mereka melihat perawat dalam kehidupan pasien sehari-hari seperti ketika pasien mau makan, minum, buang air besar, dan buang air kecil yang membentuk pandangan mereka terhadap perawat tidak lebih dari sekadar "pembantu".

Namun jika dilihat lebih dalam, tugas perawat tidaklah hanya itu saja. Di balik tugasnya yang harus memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat, seorang perawat juga berperan dalam kesembuhan pasien. Tanpa kita sadari, perawat sebenarnya mengemban tugas yang berat. Mereka harus bisa menjadi seperti seorang dokter, apoteker, psikiater, psikolog, bahkan teman yang dapat menjadi tempat curhat bagi pasien. Hal itu karena perawat memang harus memeriksa atau mendiagnosa, menyarankan obat, menjadi tempat curhat, memberi nasihat pada pasien, menemani pasien. Jadi, perawat sangat mempunyai peran penting dalam kesembuhan pasien karena memiliki tanggung jawab yang besar dalam pelayanan kesehatan.

Amyra Luthfia Mumpuni_1706977903_Wirabhumi-21

 

gambar via twitter.com

Answered Jul 29, 2017

Firstieanty Julius Sirait_1706078213_Jagaraga 8

 

Sangat penting karena dunia keperawatan sangat berguna untuk mengukur profesionalisme seorang tenaga fungsional kesehatan. Tanpanya, pasien susah memecahkan masalah kesehatan yang dihadapinya.

Answered Jul 30, 2017
Khadijah Atthahirah
Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan UI 2017

 

U8FhJ--lNeUDyDmurRTlOoGIdhv_b8yF.jpg

Menurut saya, peran seorang perawat sangatlah penting. Masih banyak orang yang beranggapan bahwa perawat sama halnya dengan pembantu, tetapi mereka belum melihat dan memahami sisi-sisi lain dari seorang perawat itu sendiri.

Sebelumnya kita harus paham apa tugas dari seorang perawat, jika tugas seorang dokter adalah "cure" atau "menyembuhkan", maka tugas dari seorang perawat adalah "care"atau "peduli". Perawat itu sendiri adalah sebuah profesi yang bertugas untuk merawat seorang pasien. Perlu ditekankan kembali perawat adalah mitra kerja dokter bukan pembantu dokter. Perawat dan dokter harus bekerja sama dengan baik demi kesembuhan dari pasien.

Peran perawat sangatlah penting di dunia kesehatan, karena tugas perawat adalah untuk mencegah terjadinya masalah lain di luar masalah utama yang dialami oleh pasien. Jika tidak ada perawat maka tidak akan ada yang memastikan dan menjaga kondisi terbaik dari seorang pasien.

Perawat adalah pekerjaan yang mulia, di mana seorang perawat dapat "menyentuh" kehidupan seseorang, dan seorang perawat dapat belajar dari kehidupan orang lain.

Perawat itu bukan pembantu pasien tetapi membantu pasien.

Perawat itu bukan pembantu dokter tetapi partner seorang dokter.

Khadijah Atthahirah_FIK_Kertanegara19

 

gambar via nursebuff.com

Answered Jul 31, 2017
Nur suci aulia
Vocational - accounting Universitas Indonesia 2017

Karena peran perawat sangat tinggi yang berperan sebagai rehabilitasi dan akuratif. Suatu pelayanan kesehatan akan terganggu fungsinya atau tidak berjalan dengan baik jika tidak didukung dengan pelayanan keperawatan atau peran perawat tidak maksimal.

 

Nur Suci Aulia_1706013043_89wirabhumi01

Answered Aug 1, 2017
Yushlihah Rofiati
Student of Nursing faculty at University of Indonesia

Sangat penting, seperti yang kita ketahui bahwa dokter is curing dan nurse is caring. Mereka bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan, jika tidak ada perawat, maka siapa yang akan take care? Mereka yang meremehkan perawat artinya tidak mensyukuri nikmat Allah dan tidak tahu terima kasih. Mereka sakit, masuk rumah sakit membutuhkan perawat. Bayangkan jika tidak ada perawat di rumah sakit, apakah harus keluarga mereka yang merawat?

Yushlihah Rofiati Yusuf_1706039111_Jagaraga-20

Answered Aug 1, 2017
Bestari Maris
Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan UI

5tbp1-m5hRgjdk1sFDx3ooYMfZeF_u7z.jpg

Perawat adalah seseorang yang berperan dalam merawat, membantu, dan melindungi orang-orang di sekelilingnya. Seorang perawat sejati akan mendedikasikan waktu dan pikiran mereka untuk menjadi orang pertama yang mengerti serta memahami kesulitan-kesulitan yang tengah dihadapi orang lain. Perawatlah yang selalu mendukung, memfasilitasi, dan memastikan setiap pasiennya untuk benar-benar kembali sehat jasmani maupun rohani.

Seberapa pentingkah dunia keperawatan?

Penting sekali hingga bisa dikatakan bahwa dunia akan hancur tanpa mereka. Mungkin terdengar berlebihan, namun kenyataannya adalah tenaga keperawatan lebih banyak dibutuhkan di setiap rumah sakit di Indonesia, bahkan di dunia. Dokter yang hebat sekalipun tidak akan berhasil jika tanpa campur tangan seorang perawat. Maka dari itu, kolaborasi yang baik antara dokter dan perawat sangat diperlukan.

Perawat di Indonesia memang cukup banyak. Namun, tidak dengan perawat profesional. Perawat profesional adalah mereka yang dengan telaten mendampingi dan memberi semangat kepada setiap orang untuk selalu menjadi manusia dengan pola pikir yang sehat. Ingat bahwa pikiran yang sehat akan membentuk jiwa yang kuat!

Perawat Indonesia juga terkenal sebagai perawat paling ramah di mata dunia. Mereka berwawasan luas, berbudi pekerti luhur, dan berbahasa santun. Jadi, kamu sebagai mahasiswa Keperawatan di Indonesia, jangan lupa untuk mempelajari berbagai bahasa asing juga. Dunia menunggu kontribusimu!

 

Kamu masih menganggap perawat hanyalah sosok "pembantu"?

Yuk, saling membenahi diri untuk masa depan Indonesia gemilang!

Discover Yourself for Brighter Future

BestariMaris_FIK_Kertanegara19

 

Ilustrasi via www.livinglearning.org.au

Answered Aug 1, 2017

Gambar terkait

"Ih ngapain sih jadi perawat, kenapa ga sekalian jadi dokter?"

Kalimat itu sering saya dengar dari orang-orang terdekat saya ketika mereka mengetahui bahwa saya akan mengambil Ilmu Keperawatan. Sebenarnya, sejak awal saya masuk SMA, saya memiliki impian bahwa saya ingin menjadi dokter, tetapi di tengah-tengah kegiatan pembelajaran saya di SMA tiba-tiba saja saya hati saya menetapkan saya harus jadi perawat. Mungkin ini yang dinamakan panggilan jiwa.

Seorang perawat adalah seseorang yang berperan dalam merawat dan memelihara, membantu, dan melindungi seseorang karena sakit atau cedera dan proses penuaan (Taylor, dkk dalam Gaffar, 1999). Di situ seorang ahli mengatakan bahwa peran perawat yaitu merawat, memelihara, membantu, dan melindungi seseorang dari sakit atau cedera. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa peran perawat sangatlah penting, sama pentingnya seperti peran dokter. Mengapa saya bisa mengatakan seperti itu? Coba bayangkan di dunia ini tidak ada perawat, maka dokter akan mengalami kesulitan dalam menangani pasiennya. Jadi, sebenarnya peran perawat itu sama pentingnya seperti peran dokter. Dokter akan mengalami kesulitan jika tanpa adanya perawat, dan sebaliknya perawat juga akan mengalami kesulitan jika tanpa ada dokter di sampingnya. Dokter dan perawat seperti dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Mereka sama-sama memiliki peran yang sangat penting dalam dunia kesehatan.

 

sumber gambar : https://indonesiana.tempo.co

Answered Aug 1, 2017
Asyifa -
Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan UI 2017

_WsP-kNwImBYPh4z940P0RGgY_UIWMFX.jpg

Masyarakat awam menyebut perawat adalah "pembantu" dokter. Penilaian tersebut adalah salah besar, karena tidak sembarangan orang dapat disebut sebagai perawat. Seorang perawat adalah orang yang telah lulus dari pendidikan perawat dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lalu, seberapa penting seorang perawat? Seorang perawat yaitu seseorang yang berperan dalam merawat atau memelihara, membantu, dan melindungi seseorang yang sedang sakit. Kalau bukan perawat, siapa lagi? Jadi, peran seorang perawat adalah penting untuk masyarakat.

 

Ilustrasi via cdns.klimg.com

Answered Aug 1, 2017

nxDbpFe4rFdVly6O24ksqYYfVSuSgV6p.jpg

Perawat memegang peranan penting dalam masyarakat. Tidak hanya penting, namun sangat-sangat penting. Mari telaah dari hal paling sederhana. Apakah Anda terjatuh, terluka cukup serius atau cukup lebar, sampai orang tua Anda atau Anda tidak tahu sebaiknya ditindak bagaimana? Atau, apakah Anda pernah mengalami mimisan, namun tidak tahu bagaimana cara menghentikannya?

Jika ya, maka di sini kita menemukan 1 poin penting mengenai pentingnya perawat. Perawat sudah terlatih dan tersertifikasi untuk melakukan pertolongan-pertolongan medis, tentunya bekerja sama dengan dokter dan rekan-rekan dalam dunia medis lainnya. Dunia ini begitu membutuhkan tenaga-tenaga medis yang andal karena dengan demikian, proses pertolongan, penyembuhan, dan pemulihan pasien akan berjalan lancar serta dengan risiko seminimal mungkin meski di luar pengawasan dokter.

Perspektif bahwa perawat adalah pembantu tentu merupakan penghinaan terhadap hati abdi yang dimiliki perawat. Secara umum, perawat-perawat pasti memiliki jiwa ingin mengabdi dalam merawat dan membantu pasien-pasien dalam pemulihan. Jiwa abdi yang dimiliki perawat ini muncul dengan dasar ingin menolong sesama umat manusia. Memang, terkadang, perawat cenderung terlihat seperti perawat jompo atau suster bayi. Dari sini, kiranya bisa disimpulkan sempitnya perspektif ini. Perawat hanya dilihat saat dia menggantikan popok lansia dan menggendong-gendong bayi tanpa pernah dilihat saat ia mengganti infus pasien maupun memeriksa pasien secara rutin dalam kurun waktu tertentu, lalu ia langsung dicap sebagai "pembantu". Berarti, saat perawat mengganti infus pasien, perawat berperan sebagai dokter. Begitukah?

Tidak, perawat adalah perawat. Dengan hati abdi dan tanggung jawab yang diemban, perawat adalah perawat, memegang peranan penting dalam masyarakat untuk membantu, menjaga, dan memahami pasien tanpa harus disamakan dengan profesi lainnya.

 

Ilustrasi via 1.bp.blogspot.com

Answered Aug 2, 2017

SangatEEZyIeoTeuZvP9TuaCeRLqFEKk9RWTzA.jpg penting, karena kesembuhan pasien tidak akan terjadi jika tidak adanya perawat profesional. Perawat memberikan pelayanan kesehatan baik secara psikis,jiwa sosial,biologis,spiritual dl. Banyak sekali masyarakat menganggap perawat itu hanya sebagai "pembantu" apakah anda lupa ketika anda sakit/keluarga anda sakit. Yang memsangkan infus anda, yang menyuntikkan obat anda,yang ramah dan baik ketika anda menanyakan informasi, yang membantu anda menjelaskan kepada dokter dengan kondisi ekonomi anda,yang menjelaskan progres kesehatan anda, yang mendampingi anda ketika dokter sulit sekali ditemui, bahkan dipedesaan yang tidak ada dokter disana perawat turun tangan 100% untuk menangani kesehatan anda, lalu mengapa yang anda ingat hanya memandikan,membersihkan muntah,membersihkan kotoran BAB & BAK. Apakah kalian tidak melihat bahwa profesi tersebut sungguhla mulia? Jadi asumsi orang tentang perawat tidaklah sesuai dengan fakta yang ada.

We care with love. 

 

Anita Rezeki Carolina_1706977916_399Warmadewa-14

Answered Aug 2, 2017
Qorin Ratal
Fakultas Ilmu Keperawatan 2017

2ItqAaP5AFZuTmD5vtLBXJgtm7yZdNk4.jpg

Sangat penting. Apabila tidak ada perawat, orang sakit akan dirawat oleh siapa? Yang membantu dokter siapa?

Banyak sekali daerah daerah yang membutuhkan tenaga medis seperti dokter,perawat,dll. Karena penyakit tidak diduga duga datangnya darimana dan kapan saja. Perawat selain mengurusi fisik pasien yang sakit,juga berguna untuk mengobrok dengan pasien bagaimana kondisinya sudah membaik atau belum . Masih banyak sekali yang meremehkan pekerjaan satu ini padahal sangat mulia, perawat harus sabar menghadapi segala sikap pasien. 

 

Banyak sekali pertanyaan mengapa kuliah keperawatan? Dokter aja enak tau. Semua jurusan enak asal dari hati dan tidak ada paksaan. Saya sangat suka menolong orang, jadi saya ingin suatu saat nanti saya berguna bagi masyarakat sekitar karena pasti sudah belajar di keperawatan ttg bersosialisasi terhadap orang.

Answered Aug 2, 2017
Luvie Mevia Azzahra
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia 2017

Kc-LJ4AsTXGUEOTuBR7ZNVIPg5BaD_L7.jpg

Perawat tidak bekerja hanya sebagai pembantu dokter. Dokter dan perawat tidak terpisahkan. Mereka bekerja sama, bukan dokter sebagai atasan dan perawat sebagai bawahannya. Lama waktu belajar dokter dan perawat pun relatif mirip. Apakah ada pembantu yang tingkat pendidikannya setingkat dengan "majikannya"?

Dokter dan perawat bagaikan satu tubuh. Bila salah satu anggota tubuh tidak ada, maka anggota tubuh yang lain pun tidak akan bisa bekerja secara optimal. Perawatlah yang mengawasi pasien 24 jam sehari.

Saya kutip dari perkataan kakak tingkat saya--Dyvia Mega, FIKUI 2016--perawat itu kerjanya melihat respon dari si pasien, membantu dia untuk beradaptasi dengan kondisi kesehatannya sekarang, dan membantu mencegah timbulnya masalah kesehatan lain. Percaya atau tidak, penyakit yang sudah diobati dokter, tetapi tidak dirawat dengan baik, justru bisa menimbulkan komplikasi atau masa pemulihannya memakan waktu panjang.

Menurut saya perawat adalah salah satu komponen penting dalam dunia. Karena tanpa perawat, siapa yang akan memantau, merawat, dan menjaga pasien?

Bila anda masih menganggap perawat hanyalah “pembantu” dokter, maka yang salah adalah pola pikir anda.

Answered Aug 2, 2017
Tama Benita
Mahasiswi FIK UI 2017

Perihal penting atau tidaknya perawat di dunia ini sepertinya tidak perlu jadi pertanyaan. Pada dasarnya, semua pekerjaan di dunia ini penting. Begitu pula perawat. Hanya saja, profesi perawat cukup berbeda dengan profesi lain. Di keperawatan, kami akan belajar how to take care of human. Ketika dokter berfokus pada memberikan serangkaian terapi untuk menyembuhkan gejala dan segala sakit penyakit—curing. Sedangkan perawat akan memberikan perawatan dan treatment sesuai dengan respond an kebutuhan pasien—caring. Maka dari itu, perawat dan dokter itu berbeda namun tetap berkolaborasi. Maka dari itu pula, mengapa perawat sangat penting untuk dunia kesehatan. Dan dari sana jelas, jika diksi pembantu yang ditujukan kepada perawat mengartikan seseorang yang patuh pada majikan, maka saya tidak setuju. Nyatanya, berdasarkan pengalaman saya masuk rumah sakit dan ibu saya yang dulu sudah 20  tahun bergelut di dunia keperawatan, perawat justru kerap kali tidak mau mengikuti apa kata pasien ketika pasien malas bergerak padahal dokter menyarankan untuk mulai berjalan pasca operasi. Perawat juga kerap kali menolak memanjakan pasien atau bahkan membiarkan pasien tidak bersemangat, ia justru memberikan motivasi agar pasien bisa cepat sembuh. Tapi, jika diksi pembantu diartikan sebagai orang yang membantu, maka saya dengan senang hati setuju. Karena hakikat seorang perawat, memanglah mengabdi untuk membantu tiap orang, di aspek kesehatan.

 

Bila sebuah orkestra membutuhkan pemain berbagai jenis alat musik di dalamnya, maka begitu juga lah rumah sakit.  Tidak akan lengkap tanpa perawat.

 

Tama Benita_1706978396_252 Makutawangsa 10

Answered Aug 3, 2017
Levi Fitalopa
Mahasiswa FIK UI 2017

23SEdzmEJQQR4fFAibjSX7H5FF9SzV3P.png

 

Meskipun masih sangat sederhana, profesi perawat sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Banyak orang bilang bahwa perawat adalah pembantu dokter akan tetapi banyak kok wanita
terpandang yang berprofesi sebagai perawat. Ada banyak hal yang tercakup dalam proses tersebut yang tidak hanya sekedar rutinitas perawatan seperti memeriksa tekanan darah , denyut nadi atau suhu pasien saja. Lebih dari itu para perawat merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keseluruhan proses pemulihan pasien.Perawat lebih memusatkan perhatiannya untuk mengatasi rasa sakit fisik pasien, melepaskan pasien dari penderitaan mental dan jika mungkin menghindari timbulnya komplikasi". Selain itu, perawat juga memberikan perhatian yang penuh pengertian yang mencakup mendengarkan dengan sabar semua kekhawatiran dan ketakutan pasien serta memberikan dorongan emosi dan penghiburan. Sifat yang tidak mementingkan diri sendiri sangat penting bagi seorang perawat, meskipun belum cukup sebagai bekal seorang perawat yang terampil.


Perawat yang baik dan terampil juga membutuhkan latihan yang intensif dan pengalaman yang luas. Salah satu syarat yang sangat penting adalah pendidikan dan pelatihan praktis yang membutuhkan waktu satu sampai empat tahun atau bahkan lebih.
Peran perawat yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan perhatian kepada pasien dalam segala situasi yang berhubungan dengan kesehatannya. Jadi jika obat berfungsi untuk mengobati penyakitnya maka perawat berfungsi untuk menangani orangnya. Dokter bertugas untuk menyembuhkan sedangkan perawat bertugas memberi perhatian kepada pasien yang mencakup untuk membangkitkan semangat pasien yang menderita luka fisik maupun emosi, misalnya sewaktu mereka diberitahu bahwa mereka sedang mengidap penyakit kronis atau bahwa umur mereka tidak akan lama lagi

Answered Aug 4, 2017
Visti Melani
Was born in Banyumas on January, 2000. FIK UI 2017

 

ugpn4h6PpJPJAvO7W-dI5xIw_eIeRy5e.jpg

 

Bagi saya, perawat itu sangatlah penting dan patut diapresiasi. Mengapa? Bagaimana tidak, profesi seorang perawat pada dasarnya tidaklah mudah. Berdasarkan pengamatan saya ketika berada di rumah sakit, perawatlah yang mengurus kebutuhan pasien, memperhatikan pasien dari apa yang boleh dikonsumsinya sampai  tidak boleh dikonsumsi. Meskipun dokter yang menyarankan apa saja yang perlu dihindari dan perlu dilakukan, serta obat-obatan yang harus diminum, akan tetapi perawatlah yang memastikan si pasien benar-benar meminum obatnya dan mengurus peralatan yang dibutuhkan dalam  perawatan si pasien. Oleh karena itu, dokter dan perawat itu bukanlah layaknya majikan dan pembantu, melainkan saling bekerja sama dalam pengobatan pasien.

Jika ada yang mengatakan bahwa seorang perawat adalah pembantu, menurut saya itu adalah salah. Bagi saya perawat adalah seorang  pahlawan dan perannya begitu besar. Bahkan, saya dapat masuk di FIK ini karena terinspirasi oleh perawat yang telah membantu ibu saya di rumah sakit. Jika tidak ada perawat, maka siapa yang akan membantu dalam proses perawatan pasien? Perawat cenderung lebih dekat dengan pasien daripada dokter. Tak jarang pula, yang lebih diingat oleh pasien adalah perawatnya. Mengapa begitu? Bukan karena perawat itu cantik atau tampan, tapi karena perawatlah yang selalu mendampingi pasien dari pagi, siang, bahkan hingga malam, entah itu mengganti cairan infus, memeriksa tekanan darah, gula darah, injeksi, dan sebagainya. Apakah menurut Anda  itu merupakan hal yang mudah? Mengurus satu pasien saja butuh kehati-hatian dan memperhatikan semua kondisinya, apalagi jika mengurus lebih dari satu pasien.

 

Visti Melani_FIK2017_WIKIRAMAWA 3

Answered Aug 4, 2017
Bianti Ayu Dwiputri
Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan UI 2017

ShnWYuXu2aqXi88K5KSHRWSpSoxBVOl_.jpg

Apabila masyarakat menganggap pekerjaan perawat tidaklah penting atau hanya menganggap perawat sebagai pembantu dokter, maka kalian salah.

Perawat merupakan hal yang sangat penting di bidang medis. Mengapa seperti itu? Karena perawat adalah tenaga yang dapat melakukan pertolongan pertama secara profesional kepada pasien. Perawat telah dilatih secara khusus bagaimana cara menangani pasien secara baik dan benar. Banyak yang mengatakan bahwa pekerjaan perawat itu tidak penting atau perawat hanyalah tenaga yang membantu dokter. Pekerjaan perawat sangatlah penting karena ia membantu dokter dalam menangani pasien, seolah olah ialah penghubungan antara dokter dengan pasien. Selain itu, perawat juga sangat dibutuhkan terutama bagian pasien lansia ataupun ibu hamil, karena mereka tidak dapat melakukan beberapa kegiatan secara sendiri dan harus mendapatkan bantuan dari seorang perawat.

Selain itu, perawat juga memiliki wewenang untuk melakukan tindakan pertama secara resmi dalam keadaan darurat. Perawat dapat memberikan tindakan paling tepat kepada pasien apabila tidak ada dokter yang sedang berjaga. Perawat biasanya melakukan tensi tekanan darah, mengecek apakah infus berjalan atau tidak, menyuntikkan obat-obatan, memberikan obat rutin, atau sekedar mengecek keadaan pasien. 

Maka dari itu, perawat merupakan pekerjaan yang sangat penting di bidang medis. Tanpanya, akan banyak kegiatan medis yang berjalan tidak sesuai dengan semestinya.

 

Answered Aug 4, 2017
karlin ratna mustika
fakultas ilmu keperawatan 2017

Vv-PwgPMHLmFLsC8eIM8I3g-CQFM-V6O.jpg

Menurut saya dunia keperawatan sangatlah penting, apalagi pada jaman sekarang minat masyarakat terhadap dunia keperawatan sudah mulai menurun, kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa "lebih baik menjadi seorang dokter sekalian". Pernyataan ini sering sekali saya dengar, namun pernyataan itu salah diluar negeri seorang perawat sangat dihargai bahkan kedudukan mereka setara dengan seorang dokter.

Dunia keperawatan sangatlah penting, coba bayangkan apabila tidak ada seorang perawat didunia ini, pasti para pasien akan terlantar dan tidak terawat dengan baik, apalagi seseorang yang sudah lanjut usia,  ibu hamil dan anak anak mereka tidak dapat melakukan semua nya sendiri.Lalu apabila tidak ada perawat didunia ini dunia kesehatan tidak akan berjalan dengan baik, karena seorang dokter tidak dapat bekerja maksimal jika seorang diri tanpa bantuan perawat. 

Seorang perawat akan selalu siap untuk membantu pasien yang mengalami kesulitan seperti menganti infus, perban dan yang lainnya, seorang perawat sangatlah dibutuhkan, apabila tidak ada perawat, para pasien tidak akan dapat melakukannya sendiri, seorang dokter juga tidak dapat membantu begitu banyak pasien karena jumlah profesi dokter yang tidak terlalu banyak, akan menjadi masalah yang cukup sulit. 

Tidak hanya merawat pasien, seorang perawat juga bisa menjadi penghubung antara dokter dan pasien, seorang perawat juga adalah seseorang yang akan melakukan pertolongan pertama secara profesional apabila ada keadaan darurat. Oleh karena itu perawat sangat dibutuhkan di dunia kesehatan. 

 

Karlin Ratna Mustika_FIK_1706978080

 

Answered Aug 4, 2017
Etik Ratnika Sari
Etik Ratnika Sari_Fakultas Ilmu Keperawatan_Dharmawangsa 17

s8iP9n52QbVBpG7TIVXD0jqYsaL6E_jL.jpg

 

Menurut saya perawat itu sangat penting . ya walaupun banyak orang yang mengangap remeh pekerjaan itu karena mereka tidak tahu  seluk beluk dari keperawatan . mereka hanya menganggap perawat hanyalah seseorang yang menemani dokter atau dalam istilah kasarnya  hanya sebagai pembantu dokter . padahal bayangkan saja kalo tidak ada perawat dalam sebuah rumah sakit  maka tidak akan ada yang melayani masyarakat yang berobat setiap  saat ,  tidak aka nada yang mengecek kesehatan dari pasien setiap saat . perlu kita tahu juga perawat itu tidak hanya itu-itu saja . ada banyak sekali perawat yang sudah ahli dibidangnya seperti perawat anak , perawat jiwa , dan masih ada lagi. perawat  juga merupakan orang  yang akan merawat pasien diruamah sakit secara telaten dan penuh kesabaran . jadi janganlah kita menganganggap rendah pekerjaan seorang perawat.  Trus nih jika gak ada perawat siapa juga yang akan menyapa para pasien . sebagian besar dokter kan sekali waktu untuk memeriksa pasien dan selebihnya pekerjaan itu dilakukan oleh perawat. Jika tidak ada perawat maka seoarang dokter akan kewalahan menangani banyaknya  tugas  dalam menangani pasien . perawat juga rela menghabiskan sebagian besar waktunya untuk rumah sakit dan mengenyampingkan  kesenangan pribadinyai demi mengabdi kepada tugasnya.  Jadi jangan pernah memandang rendah perawat ya.

Etik Ratnika Sari-Fakultas Ilmu Keperawatan-Dharmawangsa17

 

 

Answered Aug 4, 2017