selasar-loader

Bagaimana tips singkat dan mudah menguasai bahasa Inggris?

Last Updated Nov 27, 2016

2 answers

Sort by Date | Votes
Venusgazer E P
A man who loves reading, writing, and sharing

d-K_c0toT73AO2fL7mw5h0gL8-cSMovN.jpg

Saya pikir, tidak ada tips singkat atau cara yang mudah untuk menguasai Bahasa Inggris. Karena "menguasai" berarti Anda sangat fasih dalam berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.

Untuk mahir atau bisa berbahasa Inggris, setiap orang perlu waktu, sama seperti belajar bahasa lainnya. Kuncinya adalah practice. Kita mengenal ungkapan practice makes perfect. Ungkapan itu betul adanya.

Jika ingin setidaknya mampu berbahasa Inggris, saya punya tips sebagai berikut:

1. Jika Anda merasa berkemampuan NOL tentang Bahasa Inggris, ambilah kursus reguler atau privat. Belajarlah TENSES sebaik-baiknya dan perbanyak latihan-latihan soal. Ini akan menjadi modal dasar untuk belajar percakapan (conversation).

2. Bergabunglah dengan English speaking club atau cari partner. Lebih bagus lagi mencari partner yang Bahasa Inggrisnya jauh lebih baik daripada Anda. English Club bisa dibuat di grup WA atau dulu ketika jaman Break-breakan, ada dial/frekuensi radio yang anggotanya diwajibkan menggunakan Bahasa Inggris.

3. Belajar lewat film. Coba tonton film yang ada teks Bahasa Inggrisnya, baik itu film-film Amerika atau film-film Asia seperti Korea dan Jepang. Teks Bahasa Inggris dari film-film Asia minim kata-kata sulit.

4. Baca buku berbahasa Inggris, tetapi jangan yang berat-berat seperti novel. Buku-buku anak-anak dan remaja berbahasa Inggris akan banyak membantu.

5. Via internet. Kunjungi blog-blog pribadi berbahasa Inggris yang niche-nya lifestyle saja.

Jika dirasa kemampuan berbahasa Inggris ada peningkatan, silakan cari dan tingkatkan lagi level metode di atas. Mulailah belajar listening, misalnya, melalui lagu atau film-film tanpa terjemahan. 

Dalam menguasai suatu hal, dibutuhkan ketekunan dan waktu. Asal ada niat, semangat, dan kesabaran, Anda pasti bisa.

Answered Mar 18, 2017
Dio Kuncoro
Teknik Transportasi Laut FTK ITS 2014 | Peserta Rumah Kepemimpinan 4 Surabaya '8

SERING MEMPRAKTEKKANNYA!

Answered Apr 2, 2018