selasar-loader

Apa yang Anda lakukan ketika mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan?

Last Updated Nov 26, 2016

16 answers

Sort by Date | Votes
Robby Syahrial
Penikmat kenikmatan duniawi

Hasil gambar untuk kesulitan menentukan pilihan

Kalau saya, pertama akan konsultasi dengan orang terdekat saya tentang permasalahan tersebut (mungkin beberapa orang) minta masukan, pendapat, dan penilaian mereka.  Setelah itu, memikirkannya, mempertimbangkan baik buruknya, dampaknya ke depannya. Setelah itu, salat istikharoh, memikirkannya kembali lalu memantapkan hati menentukan pilihan. 

Gambar via cdns.klimg.com

Answered Dec 13, 2016
Florensius Marsudi
Lelaki, satu istri, satu putri. Masih belajar menulis....

Hasil gambar untuk hidup sulit

Pertama, biasanya saya akan bertanya pada diri sendiri lebih dulu. Mengapa saya sampai sulit menentukan pilihan. Memang begitukah, tingkat kesulitannya?

Kedua, saya akan bertanya pada orang tua saya dari sisi pengalaman hidup, mereka sangat kaya (orang tua saya masih hidup, 80-an tahun, sehat), bertanya pada orang yang lebih mumpuni di bidangnya (yang berhubungan dengan polihan yang akan saya pilih).

Terakhir, saya akan lebih melihat dan memilih secara praktis saja, yakni dari sisi keperluan dan kepentingan. Apa kepentingannya pilihan itu untuk diri saya pun keperluannya untuk orang lain yang berada bersama saya.

Ilustrasi via blogspot.co.id

Answered Jan 4, 2017

Kalau saya, nih, saat susah menentukan pilihan, jalan satu-satunya, ya, salat istikharah.

-K36JOpsXD_dDiGBBJFj59dLpqRkmnhw.jpg

via pinterest.com

Answered Mar 15, 2017

Gambar terkait

via alliaoktisativa.files.wordpress.com (SUM) 

Di dalam hidup, seseorang pasti pernah mengalami kebimbangan atau kegalauan dalam menentukan keputusan. Saya pun pernah beberapa kali mengalami hal demikian. Ketika saya mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan, saya akan melakukan beberapa hal. 

Pertama, saya biasanya akan berdoa kepada Allah agar diberikan petunjuk pilihan mana yang terbaik untuk saya. Selanjutnya, saya biasanya akan merenungkan baik dan buruk ketika mengambil putusan tersebut. Jika saya mengalami kebuntuan berpikir, saya akan menceritakannya kepada ibu saya. Entah mengapa, ketika saya mengalami kesulitan, jalan keluar yang menurut saya paling mujur adalah bercerita kepada ibu, karena ibu pasti akan memberikan solusi atau setidaknya menasihati saya. Itu adalah cara yang biasa saya lakukan ketika mengalami kebimbangan menentukan sebuah keputusan.

Answered Apr 16, 2017
Kartika Aprilia
Indonesian Literature, University of Indonesia.

E2Anu9nsfoHYvVm5A8e4K1fuxSdaTpPw.jpg

Jika saya mengalami kesulitan saat menentukan pilihan, saya akan meminta saran dari ibu saya, kakak saya, dan teman-teman saya, kemudian terakhir saya akan melakukan ibadah untuk minta petunjuk Allah.

Bercerita kepada ibu saya dan meminta saran kepadanya adalah kegiatan yang saya lakukan. Saya percaya bahwa apa yang disarankan ibu saya adalah saran terbaik. Oleh karena itu, tidak jarang saran dari beliau akan saya ikuti.

Jika merasa belum puas, saya akan bercerita kepada kakak saya dan meminta sarannya. Kakak saya merupakan orang yang memiliki prinsip kuat sehingga saat memberikan saran, ia akan tegas.

Saya juga kadang bercerita dan meminta saran kepada teman-teman saya. Jawaban mereka pasti berbeda, jadi saya akan memutuskan hal yang sesuai dengan hati saya atau saran yang banyak.

Terakhir, saya juga akan minta petunjuk pada Allah dengan solat istikhoroh. Saya akan bercerita pada Allah dan meminta diberikan petunjuk apa yang harus saya lakukan. Biasanya, saya akan diberikan petunjuk berupa mimpi atau hal yang terjadi kepada saya.

Answered Apr 28, 2017
M. Iqbal Harefa
Rumah Kepemimpinan Regional Medan

Hasil gambar untuk menentukan pilihan

Biasanya, kalau saya lagi bingung menentukan sebuah pilihan, saya suka nekat saja pilih ngasal. Tapi, kalau pilihannya itu terkait hal-hal biasa dalam kehidupan sehari-hari ya, saya tidak mau saja disibukkan dengan sesuatu yang tak harus dipikirkan terlalu lama.

Mungkin banyak sebagian orang jika bingung menentukan sesuatu harus mikir lama dulu, kayak misal tentuin warna pakaian atau nentuin menu makan siang, ya ada orang harus nanyak ke orang tua, kakak, abang atau teman kos dulu. Saya mah simpel saja dalam menentukan sebuah pilihan. Tinggal pilih ngasal aja daripada ribet kan ya, tapi pasti dengan naluri dan pertimbangan dong ya.

Beda jika pilihan itu bersifat penting dan jarang terjadi kayak misalnya dalam menentukan pasangan hidup. Wah, sampek sekarang saya masih bingung memilihnya, hehehe.

Ilustrasi via amazonaws.com

Answered Jul 20, 2017
Fajrin
Blogger (Pendiri anakdagang.com)

jqZCxluHRGLuW4em7csZLTUUvab2rqV9.png

Jujur, mungkin saya termasuk orang yang sering berada pada titik di mana kesulitan dalam menentukan sebuah pilihan. Kalau soal masalah sehari-hari, it's ok (hampir tidak menemukan masalah). Namun, berbeda dengan masalah-masalah yang berhubungan dengan keluarga saya, ada trik yang selalu saya lakukan.

Berikut tahapannya :

  1. Saya akan mencari sebuah alasan kenapa saya memilih A dan kenapa saya memilih B.
  2. Selanjutnya, saya akan meminta pendapat pada orang-orang terdekat saya, istri, ibu, paman, atau kakak. Saya menjelaskan semua sudut pandang jika memilih A dan jika memilih B.
  3. Kemudian, sebagai orang Islam, tentunya saya akan meminta petunjuk pada yang kuasa, Allah swt.
  4. Setelah menjalani tahapan tersebut, saya lebih yakin untuk menentukan pilihan.
Semoga bermanfaat, salam.
 
ilustrasi via amazonaws.com

Answered Jul 28, 2017

Hasil gambar untuk sulit menentukan pilihan

Ini pertanyaan yang cukup sulit dijawab. Saya pribadi adalah orang yang sering menemukan kesulitan ketika akan menentukan suatu pilihan. Saya adalah orang yang realistis cenderung pesimis terhadap sesuatu, saya sering tidak berani untuk mengambil keputusan secara cepat karena terlalu banyak yang dipertimbangkan. Ketika harus menentukan suatu pilihan, saya akan memikirkan pilihan tersebut secara matang-matang melihat sisi positif dan negatif yang akan saya dapatkan. Selain itu, sering kali saya bertanya kepada lingkungan terdekat, seperti keluarga dan teman yang lebih paham terhadap suatu pilihan tersebut. Dan yang paling utama adalah saya akan meminta petunjuk dari Yang Maha Berkehendak, memohon yang terbaik untuk pilihan saya. Karena sejatinya kita hanya bisa berusaha dan berdoa, selebihnya Allah SWT Tuhan YME yang menentukan.

Anjaaaay keren ga tulisan gua? Udah pantes ya jadi penulis novel. :D

 

Ilustrasi via blogspot.com

Answered Jul 28, 2017
Maini Riza
Mahasiswa Komunikasi (Jurnalistik) UIN Suska Riau

Ketika mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan, biasanya saya bertanya pada orang tua ataupun orang yang lebih paham tentang kesulitan yang saya hadapi.

Answered Jul 29, 2017
Ulfa Rodiah
Mahasiswi Ilmu Sejarah, Universitas Indonesia

3BZ3om4PkMI2C-rJZ4pZFcdjsNi_aN6Y.jpg

Wah, pertanyaannya mantap!

Pertama, sebisa mungkin berdoa lah, ya. Untuk menguatkan, biasanya saya melakukan salat istikharah supaya ditunjukkan atau diarahkan kepada pilihan terbaik menurut versi-Nya.

Kedua, tanya-tanya ke orang-orang yang saya percayai untuk dimintai pertimbangan yang cukup mencerahkan hingga akhirnya, masukan-masukan itu bisa menguatkan pilihan manapun yang saya ambil.

Ketiga, tetap berusaha berpikir positif, sesulit apapun kondisinya, dalam menentukan pilihan. Sebenarnya, inilah yang mengiringi semua hal yang dilakukan saat mengalami kesulitan itu sih, haha.

Semoga menjawab!

 

Ilustrasi via pixabay

Answered Aug 8, 2017
narsini 793
Menulis adalah ekspresi jiwa, pikiran, hati untuk keadaan dan kejadian sekitar.

WuIgasrk7cq70UzfWa0LhcOqIvlhv-6W.jpg

Ketika mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan, saya biasanya akan merenung sejenak. Bila ada waktu cukup, saya akan memelajari setiap kemungkinan yang terjadi dari setiap pilihan yang saya ambil.

Namun, seringkali tidak tersedia cukup waktu untuk berpikir atau merenung terlalu lama. Untuk itu, biasanya saya mengikuti kata hati.

Untuk menyakinkan diri agar yakin dan percaya diri ketika menentukan pilihan, saya sering baca berbagai quote dari tokoh-tokoh hebat. Ini adalah kata kata penyemangat hidup yang turut membantu dalam menentukan pilihan.

1. Dalam Kehidupan, Selalu Ada Pilihan

"Kita tidak menjalani beberapa pilihan sekali, tetapi beribu-ribu kali, mengingat hal tersebut di sisa hidup kita." - Richard Bach

2. Pilihan adalah Sebuah Ketetapan

"Ada tiga ketetapan dalam hidup… Perubahan, pilihan, dan prinsip." - Stephen Covey

3. Filosofinya, "Pilihan adalah Tanggung Jawab"

"Filosofi seseorang tidak diungkapkan dalam kata-kata; ini diungkapkan dalam pilihan yang ia buat dan pilihan yang kita buat sepenuhnya adalah tanggung jawab kita."-Eleanor Roosevelt

4. Tidak Memilih adalah Pilihan (menurut saya)

Sebagai penutup, saya selalu mengingatkan diri sendiri bahwa "tidak memilih adalah pilihan". Bila mungkin Anda berpikir untuk pasrah dan tidak memilih apa pun, ingatlah bahwa Anda sudah memilih untuk tidak memilih.

Saya sendiri punya prinsip bahwa hidup ini tidaklah seperti sinetron yang selalu bahagia di akhir episode atau film horor yang akan menyeramkan pada akhir cerita.

Menurut saya, lebih baik menyesal karena memilih daripada menyesal karena memilih untuk tidak memilih!

 

Ilustrasi via pixabay

Answered Aug 9, 2017

Yang saya lakukan cuma satu: bertanya kepada Tuhan.

Answered Aug 12, 2017

Yang pasti, akan ada banyak pilihan dalam hidup. Pilihlah yang terbaik dan siaplah untuk menerima segala konsekuensi atas pilihan tersebut karena itu merupakan langkah seseorang untuk belajar bertanggung jawab.

Answered Aug 13, 2017

Baru aktif Selasar lagi, nih. Duh, gimana yah? Saya sendiri sebenarnya suka galau.

PnivXfRIyGC1RcRvt33auzwd5LMmMmFR.jpg

Meski begitu, sebenarnya terkadang saya tahu apa yang harus saya lakukan atau saya putuskan. Mengapa? Karena pilihan apapun pada akhirnya tidak akan sepenuhnya salah sehingga jika pilihannya sulit, setelah memakan waktu pertimbangan yang lama, mau enggak mau saya harus pilih salah satu.

Bagi saya, yang terpenting adalah menyikapi hasil dari keputusannya. Kalau dirasa salah pilih, jangan disesali, melainkan direnungkan dan diperbaiki ritme salah pilihnya. Kalau dirasa sudah benar, diingat-ingat sebagai bahan pertimbangan terhadap proses mengambil keputusan selanjutnya. Demikian, hehehe.

 

Ilustrasi via pixabay

Answered Nov 19, 2017
Nurul Muizah
Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM | www.preservingideas.wordpress.com

Karena hidup adalah pilihan, maka menentukan pilihan sudah pasti menjadi hal yang kita laksanakan hampir setiap waktu. Mulai dari pilhan akan memakai baju apa hari ini hingga pilihan yang sulit seperti memilih pasangan.

Sebagai makhluk yang rasional, manusia secara alami akan memilih mana yang paling menguntungkan untuk dirinya. Setiap pilihan pasti memliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi cara terbaik yang pertama adalah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan setiap pilihan. Di sini kita harus berhati-hati karena terkadang banyak fakta terkait kelebihan maupun kekurangan pilihan kita yang belum kita ketahui. Sehingga mencari tahu hingga tuntas dari berbagai sudut pandang terkait calon pilihan kita harus dilakukan sebelum kita melakukan analisis. 

Lalu, cara terbaik dari dulu dan selamanya adalah berdoa. Minta petunjuk Yang Kuasa. Karena manusia hanya bisa berencana tapi Allah yang menentukan dan yang tau mana yang terbaik untuk kita. Berdoa dan selalu berbaik sangka (berpikiran posituf) juga akan membuat jiwa kita lebih stabil dan bahagia. Karena hujan akan menyedihkan di mata ibu rumah tangga yang menjemur pakaianya namun membahagiakan di mata petani.

Jadi, kamu mau pilih yang mana?

Answered Feb 2, 2018
Bening Tirta Muhammad
PhD Researcher on New Generation Solar Cell, Proofreader, Blogger.

Ada beberapa cara yang unik yang bisa ditempuh bila mengalami kebuntuan atau kesulitan menentukan pilihan. 

Pertama, menulis daftar plus dan minus dari pilihan-pilihan yang kita punya, termasuk mengurai untung-rugi, kecocokan dengan tujuan utama, tingkat kesulitan, sumber daya yang kita miliki, dan sebagainya. Daftar plus minus ini nanti dibandingkan.

Kedua, make a story line. Menulis bisa menjadi sebuah media untuk mengobrol dengan diri sendiri. Buat cerita sebelum (atau saat ini) dan sesudah. Ketika sebelum dan sesudah sudah ada ceritanya, maka nanti kebingungan dalam menentukan pilihan bisa terjawab dengan sendirinya.

Ketiga, mengobrol dengan orang lain. Apa yang kita pikirkan bisa jadi sangat bias dan terbingkai dalam bentuk yang tidak sederhana atau malah tidak wajar. Apalagi buat tipikal orang yang terbiasa overthink atau pencemas. Mengobrol dengan orang lain bisa memberikan perspektif segar dan menyadarkan kita pada kecemasan yang tidak perlu atau aspek penting yang silap oleh pandangan kita pribadi.

Answered Mar 24, 2018

Question Overview


and 5 more
23 Followers
2138 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapatkan?

Bagaimana menjelaskan bahwa ada kemungkinan kehidupan lain selain di Bumi ini?

Apa motto hidup paling keren?

Apakah seseorang mempunyai karakter bawaan yang tidak bisa diubah?

Apa ketakutan terbesar dalam hidupmu? Mengapa?

Siapakah cinta pertama Anda?

Seberapa pentingkah olahraga bagi Anda ?

Apa pengalaman paling bermakna dalam kehidupan Anda?

Siapakah orang yang paling berpengaruh dalam kehidupan Anda?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa alasan seseorang untuk memilih menjadi jomblo?

Mana lebih baik: Kaya atau Bahagia?

Mana film yang lebih baik, Dr.Strange atau Fantastic Beasts?

Mengapa ada orang yang memilih untuk tidak menikah?

Jika Anda diberikan kesempatan untuk berpindah fungsi kerja, bagian atau fungsi kerja apa yang akan anak Anda pilih? Mengapa?

Apakah saya orangtua yang baik, saya membawa anak saya ke polisi karena mengkonsumsi narkoba?

Manakah yang Anda pilih, kuliah tatap muka atau kuliah jarak jauh?

Manakah yang terbaik menurut Anda, Heathrow atau Schipol?

Manakah yang terbaik menurut Anda, Changi atau Suvarnabhumi?