selasar-loader

Apa yang Anda rasakan jika hidup tanpa gawai (gadget) seperti ponsel, tablet, atau komputer berinternet barang seminggu saja?

Last Updated Nov 26, 2016

Manusia menjadi sedemikian tergantung kepada Internet, kepada gawai (gadget) yang tersambung ke internet seperti ponsel, tablet atau PC. Internet menjauhkan yang dekat tetapi mendekatkan yang jauh juga sehingga ada perang bermata dua.

4 answers

Sort by Date | Votes
Venusgazer E P
A man who loves reading, writing, and sharing

zEQslcI1cq9L-miJMPNmesuYI-f2GL6L.jpg

Sebenarnya tidak akan jadi masalah apa-apa. Masalahnya adalah keluarga, kerabat, teman, rekan bisnis akan kesulitan menghubugi kita. Masalahnya bukan pada diri kita, tapi membuat repot orang lain saja. Lucu bukan?

Tidak percaya? Coba bayangkan Anda terdampar di sebuah pulau terpencil, tanpa gawai, dengan penduduk lokal yang baik-baik. Saya yakin, Anda akan segera melupakan apa itu gadget.

 

Ilustrasi via vemale.com

Answered Dec 21, 2016

e-JCtYd38RagBp5_79Xl9vE85F12KssV.jpg

Apasih yang akan terjadi kalau kita tidak ditemani oleh gadget-gadget kita? Pertanyaan simple tapi sejuta makna, ya, hehehe. Tanpa gadget-gadget, hidup kita pasti akan hampa sekali. Seperti makan nasi tanpa lauk. Ibarat makan nasi, nggak ada lauk kan nggak enak.

Yang paling sulit adalah ketika orangtua, teman-teman, saudara menghubungi kita. Banyak manfaat yang kita dapatkan dari gadget dan tentunya peran internet.

Tinggal pencet yang kita cari, semua akan terhubung dan jawabannya akan kita dapatkan dalam hitungan detik. Semua bisa kita kendalikan dalam genggaman kita.

Banyak informasi baru yang akan kita dapatkan dari gadget-gadget kita dan sambungan internet nya. Mari kita manfaatkan yang ada dengan baik dan benar.

Answered Mar 14, 2017

Hasil gambar untuk dunia digital

Pada masa sekarang, sedang berkembang yang namanya "dunia digital". Segala apa pun yang ada di kehidupan kita tidak pernah lepas dengan dunia digital. Alasan ini pulalah yang membuat kita seakan-akan tidak bisa dan tidak rela jika terlepas dari dunia digital.

Setiap hari, bahkan setiap bangun tidur, kita biasanya akan membuka ponsel atau gawai kita untuk melihat pesan yang masuk atau browsing sesuatu yang sedang terjadi pada hari itu di internet. Satu hal yang sangat penting bagi kehidupan kita sekarang adalah internet. Segala apa pun dapat kita ketahui melalui internet. Oleh sebab itu, jika saya hidup selama seminggu tanpa kehadiran gawai dan internet, saya mungkin akan merasa panik dan takut karena tertinggal informasi yang penting bagi saya. Jika saya melewatkan suatu informasi yang penting bagi saya, maka itu akan berpengaruh pula pada keberlangsungan hidup saya. Selain itu, saya akan merasa kesepian karena tidak bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang saya kenal, yang jaraknya jauh dari tempat tinggal saya saat ini.

Gambar via blogspot.com

Answered May 27, 2017
Hamdi Alfansuri
Pemerhati langit dan kota. Berdomisili di Bandung.

kPw2aOgfVB2VEqVLz70mNygXe6r9pTEZ.jpg

Semakin dewasa ini, internet sudah menjadi kebutuhan semiprimer dalam setiap aktifitas kita. Berbagai macam interaksi dan informasi mulai beralih serba online. Kini sudah banyak tersedia aplikasi perpesanan online (messenger) dengan beragam fitur yang mendukung kebutuhan dalam berkomunikasi. Aplikasi itu misalnya Facebook, Line, Whatsapp, dan lainnya. Hal ini tentu memengaruhi ketergantungan manusia pada gawai berinternet. 

Apabila saat ini saya hidup tanpa internet mungkin seminggu saja, mungkin saya akan merasa sangat cemas dan khawatir. Saya cemas ada pesan penting yang dikirimkan kepada saya, saya cemas tidak dapat memperbaharui informasi, dan saya khawatir ada kewajiban yang saya lewatkan karena tidak tahu akan informasi. Mungkin karena itu sudah menjadi kebiasaan.

Saat ini hampir segala sesuatu itu di lingkungan kampus disampaikan via Line atau Grup Facebook, atau via WhatApps jika untuk obrolan yang lebih formal misal dengan dosen dsb. Awal saya memilih membeli gawai pintar saat akan kuliah dua tahun lalu karena tempat berkumpul pertama bersama teman sejurusan ada di grup line, dan segala bentuk informasi, diskusi dan banyak lainnya ada di sana.

Sebenarnya tahun lalu ketika gawai pintar saya rusak, saya hanya menggunakan gawai biasa yang cukup untuk menelfon dan sms saja. Kebetulan di waktu itu bertepatan dengan kesibukan kaderisasi yang harus saya jalani. Walau tidak ada kuliah atau kewajiban untuk ke kampus hari itu, saya tetap berangkat bermodal laptop untuk mencari jaringan hotspot gratis di kampus. Tujuannya hanya untuk memperbaharui informasi, mengecek jadwal kegiatan, atau sekadar mengobrol dengan teman jauh.

Di satu sisi, sempat merasa repot sendiri ketika harus ketinggalan diskusi atau informasi terbaru. Namun di sisi lain, kadang merasa sangat tenang ketika berkurangnya beban fikiran karena tidak tahu informasi. Haha.

Selain itu, setelahnya pada November tahun lalu, saya juga pernah mengikuti kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa selama tiga hari penuh. Dan saat kegiatan berlangsung segala gawai dan barang berharga harus dikumpulkan sehingga tidak adanya interaksi ke orang luar. Mengikuti kegiatan waktu itu saya merasa sangat tenang dan sempat bisa lepas dari gawai. Entah karena kegiatan dan materinya yang menarik atau karena secara tidak langsung saya lebih bisa merasakan komunikasi dan interaksi langsung dengan banyak orang secara alami.

Sebagaimana akhir-akhir ini, saya lebih sering berinteraksi dalam jaringan. Dan kadang agak canggung ketika berada dalam forum besar. Dan kemarin saya merasa biasa saja, mungkin karena tidak ada pilihan lain selain berinteraksi secara langsung, dan untuk diam-diam saja rasanya juga tidak mungkin.

Dan kadang akhirnya saya teringat dengan orang-orang di masa yang lalu, ketika gawai dan internet belum ditemukan atau belum banyak digunakan, orang-orang masih dapat berinteraksi dan memperbaharui informasi mereka dengan baik. Mereka tetap dapat mengenal dan mengerti orang-orang dan lingkungan di sekitar mereka dan tetap dapat berkomunikasi dengan baik. Tapi sekarang kita sudah masuk ke era ketika semua itu menjadi kebutuhan utama.

Sebenarnya sekarang saya lagi mencoba mengurangi efek ketergantungan akan internet dan gawai. Akan tetapi, ya, masih belum begitu berhasil. Haha.

 

Pekanbaru, 7 Juni 2017

Answered Jun 7, 2017

Question Overview


5 Followers
1103 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Benarkah peran media mainstream semakin terdesak oleh media sosial yang kontennya diisi para netizen?

Mengapa rakyat Tiongkok bisa hidup tanpa media sosial buatan AS seperti Facebook dan Google?

Negara mana di Afrika yang paling maju dari sisi industri teknologi informasi dan internet?

Bagaimana pendapat Anda tentang fenomena menjamurnya vlogger di Indonesia?

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar istilah 'Youtube lebih dari TV' ?

Bagaimana cara mengatasi kecanduan media sosial?

Apakah konsep kedaulatan negara masih relevan dalam konteks internet?

Seperti apa pedoman perlindungan HAM yang paling ideal di masa derasnya arus informasi internet seperti ini?

Seperti apakah batasan kebebasan berekspresi di Internet yang tidak melanggar peraturan?

Apa pendapatmu tentang media cetak sekarang?

Pada usia berapa seorang anak boleh punya telepon pintar?

Mengapa Anda memilih Android dibandingkan iPhone?

Bagaimana cara mudah mendeteksi HP second masih segel atau tidak melalui sistem COD?

Apa hebatnya iPhone 7?

Apa 5 benda yang selalu Anda bawa saat keluar rumah?

Strategi apa yang digunakan apple untuk membuat produknya lebih prestise dibandingkan merek lain?

Apa yang membuat Blackberry kalah bersaing dengan Android?

Berapa lama waktu yang ideal untuk bermain gadget dalam sehari?

Percayakah pada anggapan terbakarnya Samsung Galaxy Note 7 dalam beberapa kasus di berbagai tempat merupakan bagian dari perang dagang iPhone versus Samsung?

Apa telepon selular (ponsel) yang paling tangguh dan tahan banting menurut Anda dan sebutkan alasannya?

Apakah aman menyimpan data sidik jari kita pada telepon pintar seperti iPhone dan Samsung?

Kalau dikasih gratis, Anda akan pilih mana, iPhone 7 atau Galaxy S7 edge? Mengapa?

Setujukah Anda dengan aturan wajib Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 30% untuk perangkat 4G yang masuk Indonesia? Mengapa?

Apa Smartphone terbaik saat ini?

Mengapa baterai smartphone lebih boros ketika berada di suhu dingin?

Benarkah bermain ponsel saat petir itu berbahaya?

Apa keunggulan smartphone Oppo?

Apa yang dimaksud dengan growth hacker?

Apakah kehadiran seorang growth hacker penting dalam sebuah startup digital?

Apa fungsi utama seorang growth hacker?

Apa yang dimaksud dengan growth hacking?

Siapakah menurut Anda yang akan memenangkan kompetisi di Indonesia; Go-Jek, Uber, atau Grab?

Bagaimana cara melakukan usability testing untuk sebuah produk digital?

Seberapa penting usability testing dalam proses pembuatan sebuah produk digital?

Apa yang dimaksud dengan usability testing?

Apa perusahaan teknologi terbaik di Indonesia?

Mengapa banyak orang India menjadi CEO perusahaan digital internasional?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa yang membuatmu merasa bermakna dalam hidup?

Menurut Anda, bagaimana kualitas seorang artis atau selebritis di Indonesia dari segi moral?

Siapakah diri Anda?

Apa arti nama Anda?

Siapa kamu?

Apa hasil Myers-Briggs Type Indicator-mu ?

Bagaimana kepribadian mu pada hasil tes Myers-Birggs Type Indicator?