selasar-loader

Bagaimana posisi tidur yang baik?

Last Updated Jul 20, 2017

4 answers

Sort by Date | Votes
Resa Paksi Mandariska
Pendididikan Dokter UGM | Rumah Kepemimpinan Reg 3 Yogyakarta

3kakNRMsIO6QlAKuVRw3Sn6ILwxLdLRt.jpg

Tidur merupakan proses inhibisi aktif pada otak yang mengarahkan penurunan respon terhadap lingkungan dan bersifat reversibel. 
Posisi tidur setiap orang bermacam-macam, tergantung dari kebiasaan masing-masing individu. Seorang pakar ilmu tidur, Chris Idzikowski, menjelaskan posisi tidur manusia umumnya sebagai berikut:

shSF6qsAu8OFlDvq_VG3dDIyJdAbd5Te.png

Kembali ke pertanyaan utama, bagaimana posisi tidur yang baik ?
Mayoritas ahli merekomendasikan tidur dengan posisi menyamping kanan. Menyamping, hal ini karena tidur dalam posisi tersebut dapat menghindari sakit tulang belakang maupun mendengkur. Kaki ditekuk bertujuan untuk merilekskan perut. Apabila dikeluhkan kurang nyaman pada lutut, solusi yang tepat adalah meletakkan bantal di antara kedua kaki. Miring ke kanan karena mempertimbangkan letak dan posisi anatomis lambung. Posisi miring ke kanan akan cenderung mengurangi risiko mengalirnya cairan lambung ke esofagus dan tenggorokan.

Posisi tidur sangat memengaruhi kualitas tidur dan beberapa gangguan lain seperti mendengkur, refluks gastroesofagus, dan apnea (gangguan napas) pada orang yang tidur tengkurap. Maka, mari mulai kita perbaiki posisi tidur kita agar bisa beraktivitas semakin baik.

 

Referensi:
http://bettersleep.org/better-sleep/sleep-positions/

gambar via bersamadakwah.net

Answered Jul 24, 2017
Kusnul Khotimah
Hi! I'm Khusnul Khotimah, mahasiswi S1 Kesehatan Masyarakat UIN Jakarta.

TzBTCsC7nOTQZnGNLYyOQGTgF370W9Sn.png

Gambar via rukun-islam.com

Di dalam Islam, diajarkan pula bagaimana posisi tidur yang baik, yang tentunya juga sudah terbukti secara medis. Seperti yang diajarkan Rasulullah a.s. tidur yang paling baik menghadap ke kanan, dengan telapak tangan kanan di bawah pipi sebelah kanan.

Baginda Rasulullah a.s. juga menganjurkan untuk menepuk-nepuk tempat tidur sebelum menidurinya. karena ternyata setan dan jin bermain-main di tempat tidur kita, bahkan mereka buang air kecil/besar di atas tempat tidur kita, dan jika mereka sudah melakukan itu sebanyak 2 kali karena kita tidak ngebutin tempat tidur kita, mereka akan menganggap itu adalah tempatnya, jadi mereka akan sering bermain ke tempat tidur kita.

Juga, Rasulullah a.s. mengajarkan untuk membaca surat Al-Fatihah, An-Naas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan meniupkannya ke telapak tangan dan mengusap ke seluruh tubuh kita, agar terhindar dari godaan setan dan jin yang terkutuk.

Answered Aug 11, 2017
Anonymous

Posisi tidur yang baik dengan mengahadap ke posisi kanan badan. Tangan kanan sebagai alas bantal agar supply darah dari jantung ke anggota tubuh lain lancar.

Sederhananya seperti itu dan ini merupakan sunah Rasulullah.

Answered Aug 11, 2017
Anonymous

mengarah ke arah kanan,

Answered Aug 19, 2017