selasar-loader

Apa grup band Indonesia yang paling Anda sukai?

Last Updated Nov 26, 2016

11 answers

Sort by Date | Votes
Edi Kusumawati
Ibu 2 putra, ngefans Ariel dan Chef Juna

Noah pastinya.. kan ada Ariel.

Hasil gambar untuk noah

Ilustrasi via wikimedia.org

Answered Dec 25, 2016
'Youly Chang'
Wanita biasa yang tertarik pada hal-hal yang tidak biasa.

NOAH.....

Noah is the best... terutama vokalisnya ariel... 

Answered Jan 18, 2017
Tigor Dalimunthe
Lelaki dan Ganteng

gbVBcR1HF7um43VvqUJd3FOaqQqsd4L9.jpg

Kalau boleh pilih 2, saya pilih PAS Band dan Gugun and The Blues Shelter.

6CG0mU88huRXFRKSgEnZhsLFCTXc58Vl.jpg

Answered Feb 9, 2017
Venusgazer E P
A man who loves reading, writing, and sharing

Kp7lrChxbbxsBbbWu-nPprYuoc8fbhYn.jpg

PADI

Band Padi terbentuk di Surabaya tahun 1997. Berangggotakan Fadly (vokal), Piyu (lead guitar), Ari (guitar), Rindra (bass), dan Yoyok sebagai drummer.

Secara kualitas lirik dan aransemen semua lagu-lagunya sulit ditandingi band-band Indonesia lainnya. Apa yang mereka hasilkan punya kelas tersendiri. Musik mereka kaya warna tanpa meninggalkan warna musik Rock. Ketika berbicara tentang cinta pun tidak diceritakan secara klise dan "cengeng".

Sayang grup sebagus ini sepertinya bubar. Bener-bener bikin kecewa! Padahal saya suka semua profil personelnya yang cool. Masing-masing individu punya skill yang mumpuni. Piyu bisa jadi motor dan vokal Fadly pun khas sekali.

Bahkan, seorang teman dari Belanda kepincut dengan grup band ini ketika datang ke Indonesia. Dia berkata musiknya sudah berkelas dunia.

Answered Apr 18, 2017
Kartika Aprilia
Indonesian Literature, University of Indonesia.

3WJo87xt0ajt9CSxDLmxAGEOWE_Awgdr.jpg

Sheila On 7

Saya sangat menyukai lagu-lagu SO7. Sejak kecil, saya sudah mendengar lagu-lagu mereka. Karakter suara Duta dan musik SO7 tidak pernah berubah. Mereka membawa suasana lagu yang sesuai dengan keadaan hati orang-orang pada umumnya.

Musik mereka terbilang muda karena setiap mereka mengeluarkan album, pasti lagu-lagunya mengisahkan kisah cinta atau hal-hal yang ada pada zamannya. Lirik dari lagu-lagu yang diciptakan juga mengandung makna tersendiri sehingga penggemar lagu-lagu SO7 akan merasakan suasana hati yang sesuai dengan liriknya.

Meskipun personil SO7 sudah tidak muda, namun mereka tetap menyajikan musik yang ada dan sejalan dengan remaja. Mudah-mudahan kekonsistenan mereka akan terus berlanjut di album-album berikutnya.

Answered Apr 18, 2017
Manoressy Tobias
Seorang skeptis. Banyak pikiran, banyak opini.

Dewa (era sebelum Ahmad Dhani sekarang... well, you know...) dan Peterpan.

Siapa yang senang disini waktu Ariel dulu akhirnya keluar dari penjara? Seperti dikatakan oleh Yos Beda, "Ariel Peterpan Bebas, Boyband Tewas." Oh yeah! Bukan berarti membenarkan kasus video dia, tapi jujur saja, setelah Peterpan bubar, seingat saya musik Indonesia jadi agak sedikit suram.

S7BLEjl0iXtQ13DH1CQ7LRpTs6f6-LJN.jpg

via peterpanband.wordpress.com

_u1Fj6FFTVZ5f8Yh698onNVfkNdC92-A.jpg

Dewa 19 via metrolyrics.com

Selain musiknya, saya suka lirik lagu-lagu mereka. Contoh: lagu Kirana milik Dewa 19. Saya pikir ini salah satu lagu dengan lirik terbaik di Indonesia. Siapa lagi, coba, yang bisa membuat lirik puitis dan sangat khas Indonesia seperti itu? They're freaking awesome!

Kalau Peterpan, salah dua lagunya yang paling saya suka adalah Dan Hilang dan Taman Langit. Teman saya menyebut lirik lagunya tidak masuk akal. Tapi di saya sih "masuk". Menurut saya, warna musik mereka tergolong unik untuk ukuran Indonesia pada masa itu.

Sekarang?

Saya tidak lagi mengikuti perkembangan musik arus utama. Tapi saya cukup mengetahui beberapa musisi indie. Salah satu sumber andalan saya adalah channel IndieLokal di YouTube, dimana terdapat banyak musisi indie baik dari Indonesia maupun negara-negara lain di Asia Tenggara. Salah satu yang saya sukai adalah Elephant Kind dari Indonesia (salah satu lagunya disini).

d3utbMQ7uIK53pUhpV40M_VmUnPofj42.jpg

via neighbourlist.com

Answered Apr 19, 2017
Gregorius Reynaldo
penikmat kopi, pengagum sastra, dan pecinta perempuan

NV5HsGh_xZrmWF-0bewCLGRED4JDwm3-.jpg

Payung Teduh (2007)

Payung Teduh, band indie yang kental dengan musik era lawas seperti keroncong, namun dengan cita rasa jaz yang cukup dominan dalam beberapa lagu mereka. Lagu mereka beberapa digunakan untuk pementasan hingga akhirnya mereka merilis album Dunia Batas (2012)

Pertama kali saya mendengar lagu-lagu Payung Teduh awal saya masuk SMA. Lagu-lagu Payung Teduh ditulis dengan diksi yang luar biasa. Lagu-lagu mereka menurut saya adalah contoh langsung menyanyikan puisi. "Untuk Perempuan yang Sedang dalam Pelukan", "Berdua Saja", "Angin Pujaan Hujan". Sudah kebayang kan bagaimana lagunya saat mendengar judulnya saja?

Lagu-lagu Payung Teduh sangat menenangkan, apalagi ketika malam hari sebelum tidur.

Lagu favorit saya adalah "Untuk Perempuan yang Sedang dalam Pelukan".

Gambar via amazon.com

Answered May 8, 2017
Elfira Fernanda
Communication Science student, Journalist wannabe

CT6S4nUMP02WX3uQZBMJ54yjJP-3FbGg.jpg

Masa kecil saya diwarnai dengan penyanyi-penyanyi asing misalnya MLTR, Bryan Adams, The Corrs, ABBA, dll; Karena ayah saya menyukai mereka dan sering memutarkan lagu-lagu mereka. Saya pun demikian, bahkan hingga kini pun masih.

Ketika beranjak remaja, saya mulai mengenal band-band Indonesia lewat paman dan kakak laki-laki saya. Mereka sering memutarkannya sehingga saya pun menyukai dan terbiasa dengannya. Di antaranya adalah Peterpan, Sheila On 7, Letto, Dewa, Padi, dll.

q6ur64gi0t2jDssZ-GiHHJUABpMnwGVQ.jpeg

Namun, band Indonesia yang saya sukai secara pribadi (tanpa pengaruh siapapun) adalah Ada Band. Lagu-lagu mereka menghanyutkan dan cukup untuk membuat saya galau seketika. Favorit saya adalah Setengah Hati. Lagu ini berhasil membuat saya terdiam paling tidak sedetik. Selalu berhasil.

Answered May 16, 2017
Arif Nur
Penikmat kisah Sejarah

Band Indonesia yang saya paling disukai sih yaa ada 5 band rock Indonesia. Kesemuanya ada di era 1970-an, yaitu Giant Step, Superkid, God Bless, The Rollies, dan SAS.

1. Giant Step

IaKtW_I3acVAH7F9jgOJeGcmMCoDIzZk.jpg
(sumber: youtube.com)

Giant Step adalah band progresif Indonesia yang terbentuk pada 1974. Musiknya bisa dibilang sangat di luar pakem konsep musik Indonesia pada era tersebut, bahkan lirik-lirik lagu yang ditulis hampir sebagian berbahasa Inggris. Beberapa tokoh musik besar Indonesia pernah jadi alumnus dan tamu dalam band ini, seperti Benny Soebardja, Albert Warnerin, Triawan Munaf, Yanto Diablo, Adhi Sibolangit, Deddy Dores, Jelly Tobing, Erwin Badudu, dan Oetje F. Tekol yang sempat menjadi bassist tamu untuk Giant Step.

 

2. God Bless

GbnEHYrLzzHGIVM5_BmrBlxs4-bw1UIm.jpg
(sumber: javarockingland.com)

Sebagai band yang paling konsisten dengan konsep hard rock-nya, saya akuin album pertama God Bless (self titled tahun 1976) harus diakui memang cukup dahsyat juga walau ada beberapa lagu yang memang mencomot lagu lain, misalkan Huma di Atas Bukit yang sebagian nadanya dicomot dari lagu Genesis yang berjudul Firth of Fifth. Kemudian aransemen God Bless terhadap lagu The Beatles berjudul Eleanor Rigby sih saya akui the best dan benar-benar di luar dugaan.

 

3. Superkid

148OmIfcZLF-Df1JhHxD-rI_Toi8wAbk.jpg
(sumber: dubidudamdam.wordpress.com)

Sebagai band rekayasa pemred Aktuil, Denny Sabri, Superkid juga dikenal dengan konsep rock yang gahar dan ngebut pula. Permainan gitar dan keyboard Deddy Dores yang dominan, gaya Deddy Stanzah sang bassist dan vokalis yang glamour, serta permainan drum Jelly Tobing yang drumnya keras dan ngebut juga.

 

4. SAS

R5_G7I-SvFzbtL_ezkueMwV6cb5mGSwV.jpg
(sumber: kapanlagi.com)

Band bentukan trio Soenatha Tandjung, Arthur Kaunang, dan Syech Abidin ini memadukan musik progresif dan hard rock sehingga menjadikan SAS sebagai band yang garang dan atraktif dengan lagu-lagunya, seperti Baby Rock, Larantuka, dan Rudal, namun terkadang mengejutkan para pendengar dengan lagu-lagu ballad-nya, seperti Sansekerta dan Jika Kau Panggil Namaku.

 

5. The Rollies

GOtnJstzHmOry0Fbo-swFsZgjcK92n4y.jpg
(sumber: dennysakrie63.wordpress.com)

Kalau mau mencari musik Indonesia 70-an yang flamboyan dan glamour, mungkin The Rollies bisa membantu. Dengan pengaruh dari Chicago, Blood Sweat, and Tears, Tower of Power hingga Santana, bahkan James Brown, The Rollies benar-benar membuat dunia musik Indonesia tahun 70-an semakin panas! Didukung tiga vokalis dengan gaya unik seperti Deddy Stanzah, Bangun Sugito, dan Delly Djoko Alipin, serta tangan-tangan dingin sang bassist Oetje F. Tekol dalam memainkan bass dan menciptakan lagu-lagu legendarisnya seperti Kemarau, Haus di Padang Tandus, Dunia dalam Berita, dan Problema.

 

Answered May 16, 2017
Nur Fadhilah
Penulis Lepas

tVyfhUR58u0PcK6mgzTSBTV2Z2Q_Lp3T.jpg 

Sheila on 7

Band asal Yogyakarta yang sudah lama hadir menyajikan musik yang menarik menjadi salah satu band yang memang banyak penggemarnya. Band yang berdiri pada tahun 1996 dapat dikatakan cukup konsisten untuk terus menyuguhi para penikmat musik Indonesia dengan berbagai lagu yang mereka mainkan. Sejujurnya, saya bukanlah Sheila Gank (sebutan untuk penggemar Sheila on 7), tetapi band ini adalah satu dari sekian banyak band di Indonesia yang lagu-lagunya memang sangat menarik untuk saya dengarkan. 

Salah satu lagu yang membesarkan  Sheila on 7 adalah "Sephia" yang kemudian di tahun-tahun berikutnya diikuti dengan lagu-lagu lain, seperti "Sahabat Sejati", "Kita", "Melompat Lebih Tinggi", dan "Lapang Dada". Salah satu lagu mereka yang sangat saya suka adalah "Kisah Klasik untuk Masa Depan". Tidak hanya beberapa lagu di atas saja yang enak untuk didengar, masih banyak lagu mereka lainnya yang sangat direkomendasikan untuk didengar. 

Sumber gambar : trivia.id

Answered Jul 12, 2017
Sutiono Gunadi
I am a Food-Travel-Hotel writer, also interests on technology, movies, HIV/AIDS

9YE0Mg_OFb0bg566HMxu7fBd66-qHNKJ.jpg

Panjaitan Bersaudara (PANBERS), karena lagu-lagunya abadi, sederhana, namun musiknya enak didengar dan didendangkan.

gambar via bintang.com

Answered Jul 19, 2017

Question Overview


14 Followers
1589 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apakah Michael Jackson benar-benar memiliki dampak positif bagi industri musik?

Menurut Anda, negara manakah yang menguasai industri populer saat ini?

Apakah Inggris benar-benar bergantung pada Simon Cowell dan ajang pencarian bakat untuk menghasilkan musisi atau grup vokal?

Mengapa lagu-lagu The Beatles masih tetap digemari hingga beberapa generasi setelah mereka?

Menurut Anda, seperti apakah budaya populer dunia 50 tahun ke depan?

Mengapa lagu-lagu zaman sekarang memiliki umur popularitas yang singkat?

Apa lagu yang paling menggetarkan hati yang pernah Anda dengarkan?

Bila inti puisi dan lirik musik rap sama-sama menitikberatkan pada rima, bukankah puisi bisa dijadikan lirik rap?

Apa pendapatmu tentang Rich Chigga?

Warna apa yang Anda paling sukai? Mengapa?

Apa makanan dari Indonesia yang Anda sukai? Mengapa?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa pendapatmu tentang Efek Rumah Kaca?

Apa grup band mancanegara yang paling Anda sukai?

Mengapa Anda menyukai God Bless dan lagu-lagu apa yang masih Anda ingat dari grup band legendaris ini?

Band indie lokal apakah yang menurut Anda paling menarik untuk diikuti?

Mana yang lebih baik, Padi atau Dewa 19?

Hal apa yang Anda suka dari The Beatles?

Manakah yang menurut Anda lebih baik; Coldplay atau Maroon 5?

Mengapa Band Cold Play tidak mau menggelar konser di Indonesia?

Apa yang kamu ketahui tentang Musikimia?

Apakah di masa yang akan datang, ada film yang menyaingi ranking The Shawshank Redemption dan The Godfather di IMDB?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapat dari menonton film?

Berapa pendapatan selebriti Indonesia per bulan?

Berapa pendapatan penyanyi group band Indonesia setiap bulan?

Apa humor paling cerdas yang pernah Anda dengar atau baca?

Siapa humoris paling cerdas di Indonesia menurut Anda?

Apa cerita paling lucu yang pernah Anda dengar?

Siapakah YouTuber Indonesia yang Anda anggap paling sukses?