selasar-loader

Sebagai negara kelautan, mengapa masyarakat Indonesia jarang mengkonsumsi ikan?

Last Updated Nov 25, 2016

8 answers

Sort by Date | Votes
Anonymous

Selain harganya mahal, masih banyak penduduk yang tinggal di pegunungan yang sulit untuk memperoleh ikan laut.

Answered Jan 12, 2017
Hendra Wiguna
Humas DPD KNTI Kota Semarang

Pemasaran yang kurang merata serta kurangnya pencerdasan akan manfaat makan ikan, sehingga ikan kalah pamor dengan daging ayam dan sapi.

Answered Jan 13, 2017
Benedictus Erwin
Operator Jalan Tol & Penggemar sejarah perang dunia ke 2 di Eropa

Penduduk Indonesia sebagian tinggal di pulau Jawa, dimana sebagian besar merupakan daerah berbudaya agraris sehingga lebih banyak mengonsumsi produk pertanian.

Answered Jan 13, 2017
Wisnu M.R.
Mahasiswa Fak. Peternakan

Saya rasa rantai distribusi yang menjadi penyebab utama. Semakin jauh tempat tinggal dari sumber pennghasil ikan, maka harga ikan akan semakin tinggi. Lainnya adalah soal kurang pemahaman masyarakat tentang pentingnya memakan ikan..

Answered Jan 13, 2017
Yasser Arafat
Minang tulen, penyelam sekaligus peneliti ekosistem terumbu karang, traveller❤

Kurang promosi. Tidak memanfaatkan media komunikasi dan media sosial yang efektif untuk meningkatkan penjualannya kepada masyarakat. Selain itu ikan yang enak dan kualitas nomor wahidnya pun sudah ter-ekspor ke jepang sehingga yang tersedia di dalam negri adalah kualitad reject. #eh

Answered Jan 13, 2017
Ismoko Widjaya
Co-Founder & Wapemred Dream.co.id. Former detikcom, viva, Lip6.com, okezone

Ada beberapa alasan kenapa orang Indonesia `malas` makan ikan. Berikut diantaranya: 

1. Mahal

- Meski Indonesia dikelilingi lautan, harga ikan laut yang bisa sampai ke meja makan relatif mahal. Apalagi bila kita menyantapnya di restoran. Harganya bisa berkali lipat dari harga daging. Coba tengok ke mal-mal besar atau resto, harga ikan per 100 gramnya bisa Rp 40-50 ribu. Untuk menyantap 1 kilogram ikan, harganya bisa Rp 400-500 ribu. Itu belum diolah sesuai selera. Maka lebih banyak keluarga yang menyantap ikan laut alias seafood di rumah saja. Tapi ini jumlahnya pun masih sedikit. 

2. Stok Sedikit

- Ketersediaan pasokan karena kendala distribusi menjadi salah satu penyebab lainnya. Alhasil, pasokan ikan-ikan laut yang menjadi favorit tidak begitu banyak. Sekalinya tersedia, ikan lautnya sudah tak lagi segar. Sudah mahal, kurang segar, sedikit pula. Jadi, ikan-ikan yang ready stock hanya itu-itu saja. Lele, mujair, ikan mas. Lele, mujair, ikan mas. 

 

 

 

Answered Jan 13, 2017
Boy Ardian
Saya penyuka kuliner, pecinta buku, penikmat film, dan peminat jalan-jalan.

Ikan biasanya dijual di pasar tradisional dengan harga variatif. Daerah pesisir tentu harga ikan lebih murah. Tidak semua orang bisa mengakses tempat penjualan ikan apalagi kalau jauh. 

Answered Jan 13, 2017
Adibah Rasikhah Amanto
Health Nutrition UGM 2016

qnpTEb9oiHcaVN4tFvvOKNeVMxM7f23b.jpg

Kalau kata Bang Rifky Effendi Hardijanto, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP November 2018 kemarin sih karena kita (masyarakat Indonesia) kurang memiliki kesadaran untuk mengonsumsi ikan. 

bisa dicek di https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/18/11/21/pijrbp383-kkp-konsumsi-ikan-nasional-naik-setiap-tahun

Emang berapa sih tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia ? Meningkat sih, di tahun 2018 aja dah sampe 50 kg/kapita/tahun, 2019 sih targetnya bakal sampe 55 kg/kap/thn. Semoga dilancarkan hehe. 

FYI aja nih, propinsi dengan tingat konsumsi tertinggi itu ada di MALUKU - sebesar 55,13 kg/kap/thn, ini nih tempat asal gue, mantapkan. Everyday is about ikan.

Tapi terendahnya ada di tempat sekarang gue menuntut ilmu, YOGYAKARTA cuma 23,14 kg/kap/thn. Sedih banget gak sih. Haha. 

Kalo website KKP sih bilangnya gara-gara masyarakat kurang sadar gizi tentang pentingnya ikan. 

cek disini aja https://kkp.go.id/artikel/8225-faq-tentang-gerakan-memasyarakatkan-makan-ikan-gemarikan

INTINYA SIH KARENA KURANGNYA KESADARAN MASYARAKAT UNTUK MENGONSUMSI IKAN.

btw gambar diatas adalah menu ikan favorit saya (ikan bakar + sambal colo2) - asli maluku

Answered Jan 20, 2019

Question Overview


16 Followers
1911 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Adakah makanan/minuman yang berasal dari era Perang Dunia II?

Seperti apakah pengaruh budaya populer pada makanan?

Benarkah anggapan bahwa sayur itu menyehatkan tubuh?

Makanan apa yang paling layak mewakili Indonesia sebagai brand makanan dunia?

Kenapa Indomie bisa enak dan murah sekali?

Bagaimana asal mula menjamurnya tenda pecel lele di Indonesia?

Makanan Indonesia apa yang paling Anda suka?

Apa saja makanan asli dari leluhur/pendahulu Indonesia?

Makanan apakah yang melambangkan Amerika?

Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

Bagaimana cara Jerman membangun kembali ekonominya setelah Perang Dunia II?

Apakah kunci sukses pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pada puncak bonus demografi di Indonesia (2025-2035)?

Apakah penggunaan alat ukur Gross Domestic Product (GDP) masih relevan untuk menghitung tingkat kesejahteraan sebuah negara?

Mengapa perhitungan Gross National Product (GNP) jarang digunakan sebagai alat ukur kinerja ekonomi?

Apa yang Anda ketahui tentang Green GDP?

Apakah inflasi selalu berdampak buruk untuk perekonomian?

Apakah konsekuensi deflasi terhadap kinerja perekonomian sebuah negara?

Ketika terjadi apresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar, langkah taktis apa yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan kerja perekonomian?

Apakah depresiasi nilai tukar selalu memiliki dampak negatif untuk perekonomian?

Mengapa banyak kecelakaan terjadi di sekitar segitiga bermuda?

Siapa Fadel Muhammad?

Siapa Sharif Cicip Sutarjo?

Apa yang akan Anda lakukan jika bertemu dengan paus terdampar?

Apakah kalian percaya dengan adanya Segitiga Bermuda?

Mengapa air laut asin?

Bagaimana pendapatmu tentang kebijakan kartelisasi garam?

Manakah negara dengan wisata alam bawah laut terbaik, Indonesia atau Maldives?

Siapa Indroyono Soesilo?

Siapa Susi Pudjiastuti?

Seandainya Anda CEO PT. PAL Indonesia, inovasi apa saja yang ingin Anda terapkan?

Negara manakah yang dapat menjadi inspirasi Indonesia dalam mengembangkan industri perkapalan?

Bagaimana keterkaitan antara kebijakan Tol Laut dan Wawasan Nusantara?

Apa yang Anda ketahui dari ikan belida?

Apa yang Anda ketahui dari ikan dencis?

Apa yang Anda ketahui dari ikan senangin?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?