selasar-loader

Apa saja tempat wisata yang belum terkenal di Indonesia, tetapi memiliki potensi yang luar biasa?

Last Updated Nov 25, 2016

24 answers

Sort by Date | Votes

Sangat menantang dan bikin semangat untuk mengungkap sesuatu yang baru.

Hasil gambar untuk WISATA YANG MENANTANG

Ilustrasi via wordpress.com

Answered Dec 29, 2016

XuKlXqiU5zsEMIqjwWrV8Pi431iYcKW9.jpg

Pernah tahu Pulau Kodingareng di Makassar, Sulawesi Selatan? 

Perjalanan saya menuju Pulau Kodingareng, Kecamatan Ujung Tanah, ini terjadi saat saya mengikuti Ekspedisi Nusantara Jaya pada tahun 2015. Di saat yang sama setelah bertolak dari Makassar, saya juga bisa belabuh di Sorong yang dilanjutkan menuju Raja Ampat.

Pulau Kodingareng berbeda dengan Pulau Kodingareng Keke yang tak berpenghuni. Pulau Kodingareng seperti memiliki dua sisi mata uang yang berbeda. 

Sisi paling depan sedikit tercemar oleh sampah-sampah yang berkumpul di dekat dermaga. Sedangkan, sisi di belakangnya bak sebuah pulau di ujung Timur Indonesia. 

Pasirnya putih, lautnya berwarna biru sehingga terlihat gradasi yang indah menandakan kedalaman lautan. Semakin biru, dasarnya akan semakin dalam.

yINnFxzVFyi4yMCyS7L3BVpGZF5x40R3.jpg

Pulau ini memang tidak bisa dikatakan sebagai pulau wisata, namun punya potensi yang sangat luar biasa. Seperti pulau Pari yang dulunya tidak pernah dilirik oleh wisatawan, kini dengan Pantai Perawan-nya yang indah dan terkenal dangkal, kerap menjadi salah satu tempat wisata yang dipadati saat liburan tahun baru.

y5l8PtZoBwmRpdGZUkz7OMxHsFmVMjks.jpg

Pulau Kodingareng memiliki sekolah hingga tingkat SD. Pulau ini bahkan sudah memiliki masjid yang memadai. Saya sempat bersujud di lantainya dengan hawa panas pesisir pantai. Teriknya membakar kulit, namun pemandangannya menyejukkan mata.

Perjalanan dari Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, berkisar antara 60-90 menit saja. Tergantung kapal apa yang ditumpangi. 

Aktivitas yang paling menarik adalah saat kapal bermuatan sembako hingga gas melon (3 kg) diturunkan dari geladak kapal-kapal berukuran sedang. Riuh warga membawa gerobak-gerobak kecil pulang pergi mengambil satu persatu barang-barang yang baru saja diturunkan.

nu1O34i2vrkdqNhWU2NOZyYydtP-dhPa.jpg

Di saat yang sama, gas-gas kosong dan kantong-kantong kosong dinaikkan sesaat muatan telah kosong. Waktu terasa lambat di Pulau Kodingareng ini. Angin bertiup kencang pada bulan Juni. Tapi, pasir putih dan birunya langit membuat saya selalu kangen ingin kembali mencicipi kuliner bahari yang kaya dengan cita rasa khas.

Ilustrasi via dokumentasi pribadi

Answered Jan 4, 2017
Wahyu Adiningtyas
Master Candidate in Social Policy at Victoria University of Wellington

Pegunungan Mollo di Soe, Nusa Tenggara Timur. Ini adalah sebuah tempat yang eksotis dan mistis dengan gunung-gunung batu marmer. Sebelum sampai ke puncak gunung, Anda akan melalui hutan pinus, padang rumput, dan kemungkinan kuda-kuda liar yang sedang bermain di alam. Beberapa sumber menyebutkan bahwa pemandangannya mirip dengan Eropa.

Answered Jan 13, 2017

P2ZMwKv1ejoMoJPcgu-gsmbS4LObAsez.jpg

(Teluk Kiluan, Lampung/ Setiawan Hari/ Flickr)

Saya sekarang ini tinggal di Lampung. Wisata pantai luar biasa. Ada Teluk Kiluan di Tanggamus yang keindahannya tak kalah dari Bali. Di lepas pantainya kita bisa menyapa lumba-lumba.

Kemudian, ada Pantai Krui di Lampung Barat. Pantainya menakjubkan, ombaknya tinggi, bagus untuk berselancar. Lalu, di Pesawara  ada Pulau Pahawang yang memiliki pemandangan bawah laut yang sungguh memesona.

Answered Jan 13, 2017

Talaga Biru Cisoka, Banten

MqErNm__9BKV8psyw_NfUtAdxFcs_AOC.jpg

Talaga biru Cisoka, Banten, merupakan destinasi baru yang belum begitu terkenal di kalangan masyarakat. Situs wisata ini berlokasi di kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tanggerang. Talaga ini berlokasi tepat berada di tengah sawah dan pemukiman warga, panorama talaga biru yang cukup bagus untuk berfoto ini sangat disayangkan belum tersentuh pembangunan, baik dari pemerintah daerah maupun pusat.

Untuk berkunjung ke sini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, seperti Kereta Commuter Line Jabodetabek dari Jakarta dengan rute terakhir di stasiun Tigaraksa. Setelah itu, kita bisa meneruskan perjalanan dengan naik angkot dengan tujuan pertigaan gang SMA N 8 Cisoka. Setelah naik angkot sekitar 30 menit, kita akan sampai di gang SMA N 8 Cisoka. Dari sini, kita bisa naik ojek atau berjalan kaki (kalau jalan kaki mungkin akan memakan waktu sekitar 20 menit).

 

tAv2M47tta4oVxhx5WevFTaLGIBZePY7.jpg

 

Setelahnya, tibalah kita di Talaga Biru Cisoka yang indah serta cocok bagi kalian yang ingin liburan namun tidak memiliki waktu yang lama. Kekurangannya, kondisi jalan yang masih tanah membuat kawasan ini akan becek jika diguyur hujan. Jadi, persiapkanlah sandal jika kalian akan ke tempat wisata ini pada musim hujan.

Harga tiket masuk wisata ini hanya Rp5000,00. Namun, jika kalian membawa kendaraan pribadi, banyak masyarakat sekitar yang memungut biaya liar (pungli) di depan jalan-jalan masuk. Tarifnya berkisar mulai dari Rp2000,00 sampai Rp5000,00. Saat ke sana, saya dikenakan biaya di dua tempat, yaitu pos masuk pertama (Rp2000,00) untuk kendaraan sepeda motor dan pos masuk kedua (Rp. 3000,00). Jadi, total biayanya adalah Rp10.000,00. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan Rp5000,00 untuk sepeda motor.

Wisata Talaga Biru ini sangat berpotensi untuk pariwisata Jabodetabek, apalagi masyarakat urban memiliki ciri berupa relatif sibuk dengan pekerjaannya, ingin menghabiskan waktu luang pada akhir pekan, namun bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja. Peran pemerintah daerah maupun pusat sangat diperlukan. Mereka harus segera memperbaiki fasilitas wisata di Indonesia, salah satunya di Talaga biru, untuk menarik minat wisata dalam negeri.

Answered Mar 8, 2017
Anonymous

Taman Wisata Alam Pulau Menipo (Kec.Enoraen, Kab.Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur)
yQ9GfCeA8NDs6Pqt15BexRP3sH3Ei2uq.jpgA1lfrmhp3QlNKLMXyLOiP3DYulEhlxUL.jpgjCMGz4Jlobrc6rTQROSpLsrNh6F1hzpN.jpgNqlEA_dNdTS7DTA3HKpHFf4Yjj4MHamo.jpgY6EX1-4_fdVJA1hU74ffA23lbwWd62Lg.jpg3G9wiWyY3f70wpSjMQ4IgOlfn0ZN3qHH.jpgInC5KMTSxidFIi_R1rTlKWPeXaFwf8-q.jpgJ2kDDiSjsfu8NXS3SI6FBBgGE85U99lj.jpgfSC8lw7PJQ_xV17Yixo6yAfWoFmTTl2N.jpg

Answered Mar 9, 2017
Anonymous

Garut, Jawa Barat

1P4-4S4D3jaevToX5wb5Ls2xGETxdTH1.gif

YJq5ule-damTJW5WSo7DtudjCDgDABHy.jpg

YDJ9cpno6UAMd_rL95Y_m31EvXskXULt.jpg

Lokasi : Pantai Sayang Heulang - Pamangpeuk Garut.

 

Sk7Ek4ZDSiWc-BSz5X-MddpyhAcvlO8-.jpg

Lokasi: Curug Cibadak - Cisangkal Garut

(Note: Saya nggak dapet gambar yang lebih bagus, tapi dijamin aslinya keren banget dan masih sepiiii karena akses menuju lokasi tersebut jauh dan medan jalan bebatuan terjal.)

Answered Mar 10, 2017
Avinda
News Production CNN Indonesia

AGHbTv1e06YKfs8hMlHlCNL-PpI5CZRG.jpg

From my experience as a candidate of tourism ambassador for kabupaten Sukabumi, Jawa barat, Sukabumi memiliki potensi pariwisata yang menjanjikan. Di sana, terdapat wisata bahari yang unik dan menarik seperti pantai di Bali, Lombok, atau yang lainnya bisa ditemui di Sukabumi.

Saat saya tergabung dengan paguyuban Mojang Jajaka 2015 lalu, kami bekerjasama dengan Disparbudpora Kabupaten Sukabumi untuk lebih gencar sounding mengenai kepariwisataan yang ada. Ini dilakukan karena kami menemukan fakta bahwa permasalahan pariwisata Sukabumi ialah kurang ada "suaranya" sehingga kami pun menyuarakannya.

Sebenarnya, ada banyak orang yang sudah lebih kenal dengan Sukabumi sehingga tidak asing lagi bagi mereka yang mendengarnya. Keindahan pantai Sukabumi kami menjadi sorotan mereka. Turis lokal sangat memungkinkan untuk bisa mengunjungi Sukabumi, karena aksesnya masih bisa dijangkau meskipun cukup melelahkan.

Namun, bagaimana dengan mereka (para turis asing) yang menginginkan untuk datang ke Sukabumi?

Pernah saya juga melihat mereka (para "bule") seliweran di beberapa pantai kami, tapi tidak sedemikian semarak di Bali dan Lombok pada umumnya.

Apakah karena Sukabumi tidak memiliki bandara? Iyaa kali yaaa....

Untuk mereka, para turis asing, perjalanan udara menuju Sukabumi tentu hanya bisa dilakukan hingga mereka mendarat di bandara Jakarta atau Bandung saja. Setelahnya, perjalanan dilanjutkan dengan kendaraan darat yang harus dipersiapkan matang-matang.

Selain masalah sounding, ada masalah-masalah lainnya yang menjadi tantangan Sukabumi. Salah satunya ialah akses darat menuju Sukabumi. Saat ini, jalan-jalan raya di Sukabumi lebih sering bolong-bolong. Selain itu, banyak pabrik besar yang dibangun para investor menyebabkan udara segar Sukabumi pun ikut menipis.

Meskipun demikian, teman-teman bisa melihat langsung keindahan Sukabumi ketika mengunjunginya. Setelahnya, pasti teman-teman bisa menjawab pertanyaan ini juga, bahwa di Sukabumi juga terdapat potensi pariwisata yang luar biasa. :)

Answered Mar 12, 2017
Kesha Darma
Traveler, Worker, Lover (of Hawa), Pro-Rider in sometimes, and a writer

R6pJcIDYUYOlpbk9c_vKroQ-Hs3yOPJZ.jpg

Melihat teman-teman yang sudah memberikan pengalaman dari tempat tinggal masing masing, saya sungguh takjub dan makin sayang dengan Indonesia. Namun, untuk beberapa tempat, letaknya sangat jauh dari Jakarta dan akomodasinya pasti sangatlah mahal. Bagi saya yang sangat suka laut dan berdomisili di Jakarta, saya ingin berbagi pengalaman dengan teman-teman yang memiliki tempat tinggal di Jakarta.

Pulau Seribu selalu menjadi destinasi laut terdekat bagi orang-orang yang tinggal di Jakarta. Salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang sangat saya rekomendasikan adalah Pulau Harapan.

Berbeda dengan pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu, Pulau Harapan memiliki snorkeling spot yang sangat banyak, dan kita dapat memilih spot-spot yang kita inginkan, misalnya di laut yang lebih tenang atau karang yang lebih dalam, snorkeling spot yang lebih cetek dan sebagainya. Selain memiliki snorkeling spot yang banyak, Pulau Harapan juga memiliki pulau-pulau kecil yang banyak di sekitarnya sehingga ketika sedang lelah untuk snorkeling, kita bisa berhenti di salah satu pulau yang ada. Selain itu, banyak orang yang jualan di pulau kecil tersebut.

Masih kurang? Di Pulau Harapan, tentunya juga ada water sport untuk kamu yang suka olahraga air menantang. Berbagai macam permainan ada, jadi jangan patah arang ketika ke Pulau Harapan tapi masih mau main banana boat.

Apa??

Masih kurang???

Selain lautnya yang indah, adalagi hal yang sangat bisa memanjakan para pelancong di laut. Ya, jajanan es dek-nya banyak banget!!! Apalagi, semenjak beberapa tahun belakangan ini, alun-alun pulau sudah direnovasi dan dibuat senyaman mungkin untuk orang-orang yang sedang jalan-jalan. Setiap malam minggu, di alun-alun kota, akan banyak abang-abang jajanan plus abang-abang jualan yang bisa kita nikmati sebelum Minggu datang, sebelum kita kembali ke Jakarta untuk 'menikmati' kemacetan lagi.

Answered Mar 21, 2017
Muhammad Habibullah
mahasiswa fakultas adab dan humaniora jurusan bahasa dan sastra arab UIN jkt 17

Talaga biru, tanjung lesung, danau singkarak, gua jepang.

Answered Aug 19, 2017

Air terjun Nyarai. Air terjun yang terletak kecamatan Lubuak Aluang. Kalau kesini, kita harus berjalan kira-kira 3 km dari pos. Dan untuk datang ke sini, hanya bisa di akses dengan berjalan kaki. Hal tersebut dikarenakan lokasinya yang berada di dalam hutan. dari foto tersebut bisa dikatakan bahwa tempat wisata ini tidak bisa diragukan lagi keindahannya. bisa dibuktikan dari bebatuan yang bisa kita lihat karna saking jernihnya air tersebut. 

menurut saya, tempat wisata inisangat perlu di sebar luaskan keberadaannya kepada orang-orang diluar sana yang bahkan sama sekali tidak tau kalau di minangkabau, terutama di Lubuak Aluang yang mempunyai tempat wisata yang se-indah ini.

menjelajah ACJItFTIyCcv6c_M95c4BlnkeusTU1yQ.jpg

Answered Aug 19, 2017
Anonymous

Seperti di pulau seribu dan pulau harapan itu tempat yang sangat potensi khususnya bagi pecinta diving,snorkling karena lautnya indah bersih dan terjaga

Answered Aug 19, 2017
Sekar Febiola Putrie
I cant be teh Best without Allah.. I belive Allah anda Rasul always with me

DANAU KACO: BERCAHAYA TERANG DI MALAM BULAN PURNAMA

Ada nya di Jambi.. Kalau kena sinar matahari danau nya bner2 kaya kaca bagus banget

Answered Aug 19, 2017
Abdillah Elfatih
Fakultas Syari'ah dan Hukum Jurusan Hukum Ekonomi Syari'ah NIM 11170490000058

la0DWBisBO_T7Ts2VnnZZP_NHD4gQidO.jpg

Answered Aug 19, 2017

Menurut sy itu pulau oar yg terletak d pandeglang banten. Nuansa alam nya yg masih jarang tejamak oleh manusia, pulai oar pun mempunyai ciri khas tersendiri, dengan pulau pulau Kecil d sepanjang pantai. Air nya yg begitu jernih dan pasir pantai nya yg begitu putih halus, merata d sepajang pulau.

Answered Aug 20, 2017

Salah satu wisata indonesia yang belum terkenal, namun memiliki potensi yang luar biasa adalah wisata alam panorama pabangbon, karena pabangbon adalah wisata yang hampir sama dengan wisata lodge maribaya di bandung, wisata ini trletak di bogor barat kec. Lw liang, didalam wisata tersebut, trdapat rumah pohon, pemandangan uar biasa, tempat perkemahan dan lain sebagainya yang luar biasa indah dan asyik jika kita kunjungi

Answered Aug 20, 2017

Wisata yg belum di ketahui masyarakat banyak adalah panorama pabangbon yg berada di daerah lewiliang Bogor....di sana tempat nya bagus ga kalah lah ama tempat wisata alam lain nya ya walaupun numpang foto bayar..

 

Answered Aug 20, 2017

1. Keraton kesepuhan. Ini terletak d daerah cirebon jawa barat sangat kental dengan nilai budaya

2. Setu patok

3. Keraton kanoman

Answered Aug 20, 2017

 Tempat wisata yang belum terkrnal di Indonesia, namun memiliki potensi yang luar biasa yaitu:

1. Jam Gadang ( terletak di kota Bukittinggi, sumatera barat. Jam gadang merupakan suatu benda yang bersejarah di Bukittinggi)

2. Ngarai Sianok ( yang juga terletak di kota bukittinggi, disini kita  dapat menikmati derasnya air yang sangat indah dan sejuk)

3. Lembah Harau ( terletak di kota payakumbuh. Disini kita dapat menikmati sejuknya air terjun perbukitan ) 

4. Janjang 1000 ( ini juga terletak di kota Bukittinggi. Jumlah tangga nya pun ada 1000, jadi bagi yang ingin jogging atau jalan santai di pagi hari bisa datang ke janjang 1000 ini)

5. Great Wall ( ini juga terletak di kota bukittinggi. Bentuknya menyerupai tembok cina)

6. Lobang jepang (ini juga terletak di kota bukitinggi. Bentuknya menyerupai terowongan yang sangat panjang ) 

Tempat tempat di atas merupakan tempat yang bersejarah.

#pbakuinjkt 

Answered Aug 20, 2017

Pantai Lere, NTB.

Pantai-pantai yang ada di NTB memiliki keindahan yang luar biasa.

Answered Aug 20, 2017
Sponsored

Question Overview


and 19 more
37 Followers
2111 Views
Last Asked 1 year ago

Related Questions


Negara mana yang tidak mau Anda kunjungi untuk yang kedua kali?

Gunung apa yang paling indah dan berkesan di Indonesia? Mengapa?

Apa destinasi wisata terbaik di Indonesia?

Apa yang istimewa dari Candi Borobudur sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Gili Trawangan sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Pulau Bali sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Taman Nasional Gunung Rinjani sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Danau Toba sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa destinasi wisata yang menurut Anda paling keren di Indonesia?

Apa tempat wisata paling menarik di Indonesia yang pernah Anda kunjungi?

Bagaimana rasanya mengunjungi pulau-pulau terluar di Indonesia?

Seperti apa rasanya pergi ke luar negeri untuk pertama kali?

Bagaimana cara traveling dengan biaya murah?

Apa alasan terbesar Anda melakukan travelling budaya?

Pengalaman traveling apa yang paling berkesan dalam hidup Anda? Mengapa?

Dari semua negara yang pernah Anda kunjungi, mana yang terbaik (Selain Indonesia)? Mengapa?

Dari semua makanan dari negara lain yang pernah Anda konsumsi, mana yang terbaik? Mengapa?

Bagaimana rasanya backpacking dengan biaya sangat rendah ke luar negeri?

Apa yang harus dilakukan saat paspor hilang kala di Luar Negeri?

Hal apa yang wajib diketahui oleh seorang backpacker?

Apa saja tempat wisata yang mengesankan dan wajib dikunjungi di Jakarta?

Apa saja tempat wisata yang mengesankan dan wajib dikunjungi di Bandung?

Apa saja tempat wisata yang mengesankan dan wajib dikunjungi di Solo?

Setiap membeli tas, bahan apa yang menjadi andalan Anda?

Apa yang harus dipersiapkan saat akan melakukan backpacker travel dan mengapa hal itu penting?

Apa saja festival yang penting untuk dikunjungi ketika melakukan wisata ke Seoul (Korea Selatan)?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?