selasar-loader

Bagaimana pandangan Anda terkait politik?

Last Updated Jul 12, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Muhammad Andika Widiansyah Putra
Agribisnis IPB 2014 | Pegiat FLP Bogor | Peserta Rumah Kepemimpinan Bogor

Hasil gambar untuk politik

Menurut saya, politik merupakan suatu mekanisme yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang, baik dalam aspek berbangsa dan bernegara, berniaga, juga lain sebagainya. Faktanya seseorang, sekukuh apa pun ingin memisahkan diri dan tidak terlibat dalam kegiatan politik, pada akhirnya tetap saja dirinya tidak bisa lepas dari dampak adanya kegiatan politik tersebut.

Misalnya, harga bawang di pasaran ditentukan oleh politik, akses terhadap angkutan perkotaan juga terdampak politik, bahkan hanya masalah urusan tanam-menanam di suatu lahan pun terdampak oleh politik. Artinya, politik memang merupakan komponen yang harus diperhatikan secara saksama, diikuti, dan menuntut keterlibatan kita dalam beberapa aspek di dalamnya, khususnya dalam kapasitas kita sebagai warga negara.

Terkadang, ketika saya sampaikan argumen ini, ada yang sering kali berpendapat jika politik itu kotor. Sebetulnya politik itu tidak kotor, hanya saja beberapa "oknum" di dalamnya memang mencitrakan jika politik merupakan sebuah ajang yang tidak ada bersihnya sama sekali.

Politik menjadi terkesan kotor ketika para oknum tersebut masuk ke dalam kancah politik dengan membawa kepentingan ekonomi. Memperhitungkan berapa biaya yang telah dikeluarkan, kemudian membebankan itu semua kepada negara. Licik, hehe.

Tapi, di balik itu semua, tetap bagi saya pribadi, kita tidak bisa melepaskan diri dari politik. Setiap kehidupan kita akan terdampak oleh kebijakan yang muncul di kancah politik. Dan itu artinya ada tuntutan bagi kita untuk berkontribusi meski hanya dengan mengajarkan tata krama dan budi pekerti di sekolah-sekolah dasar, ya minimal demi terciptanya orang-orang jujur yang nantinya akan terlibat di kancah politik di masa mendatang. :)

Semoga menjawab.

 

Ilustrasi via qureta.com

Answered Jul 14, 2017
Doddy Hidayat
Founder Ro-cket Pizza Indonesia

f9bKveWhjwxZKzJU9ZKZRgKtkIO_wUqb.jpg

Politik apa dulu nih? Kalau yang dimaksud adalah politik partai yang menjadi bagian dari politik kekuasaan yang sedang berjalan sekarang: kegiatan paling konyol yang dilakukan bangsa ini!

Politik partai/politik kekuasaan adalah produk demokrasi yang gagal sepanjang sejarah peradaban. Alhasil hanya melahirkan keabsurdan, kerusakan sistemik, pembodohan, mekanisme korup, dan tentu saja kerugian. Politik partai adalah racun pembuat kanker ganas yang digadang-gadang sebagai obat mujarab! Mau bahas soal ini, bisa bikin buku berjilid-jilid yang isinya melulu tentang daftar kelemahan dan dampak negatif sepanjang sejarah bangsa ini berdiri.

gambar via kompasiana.com/

Answered Jul 18, 2017