selasar-loader

Bagaimana positioning Indonesia di dunia global?

Last Updated Nov 25, 2016

2 answers

Sort by Date | Votes
Doddy Hidayat
Founder Ro-cket Pizza Indonesia

vc_yQ_Nf5KHIfmAnZrxZM2L3GDtIY8kL.jpg

Positioning terhadap apa dan siapa dulu? 

Sangat penting untuk kita, bangsa Indonesia, untuk bisa  "menilai" diri sendiri. Jika positioning dianggap sebagai peringkat dalam sebuah pertandingan, lihat dulu pertandingan/game tersebut. Siapa yang bikin? Acuannya, rules of game-nya. Jika Indonesia tetap tidak percaya diri, tapi percaya dan manut dengan aturan main orang lain, tentu selamanya Indonesia hanya eksis sebagai buntut.

Dengan kesadaran penuh akan segala potensi kekuatan yang hanya kita yang punya, yang bangsa-bangsa lain tidak punya, untuk apa kita ikut rel/road map orang lain? Mau selaju apapun pergerakan kita, tetap saja kita berada di posisi buntut alias pengikut. Yang punya aturan main tentu adalah yang menjadi lokomotif yang selalu di depan. Walaupun mereka sudah sekarat dan kita makin kuat, kalau relnya punya orang, justru kita terus mendorong yang di depan untuk terus selalu didepan.

Yuk! Saatnya percaya diri. Positioning apapun tentang Indonesia, kita repositioning dengan cara kita sendiri. Hilangkan inferiority complex sebagai bangsa. Bersyukur dengan anugerah potensi besar dari Tuhan untuk bangsa ini. Bangun dari tidur panjang. Lakukan quantum dan jadi panutan dunia di masa depan!

 

Ilustrasi via fineart.com

Answered Jul 20, 2017
Agaton Kenshanahan
Penstudi Hubungan Internasional, Universitas Padjadjaran

B2s45ItIA4ghyUhY5to-RVST1W8lM21w.jpg

SEJAK era Soekarno, Indonesia memiliki prinsip tunggal politik luar negeri yang dinamakan bebas aktif. Agaknya barangkali ini yang dimaksud dengan pemosisian negara Indonesia di kancah global. Pada awalnya bebas aktif muncul saat kontelasi dunia berada dalam Perang Dingin yang memecah dunia ke dalam sistem bipolar, antara kekuatan blok Timur (dipimpin Uni Soviet) dan blok Barat (dipimpin Amerika Serikat). Indonesia tidak ingin terjebak dalam keadaan ini sehingga memunculkan istilah bebas aktif tersebut. 

Bebas artinya bebas menentukan pilihan sendiri tanpa campur tangan atau kendali pihak lain. Sedangkan aktif merujuk kepada bagaimana Indonesia dapat aktif menyelesaikan masalah-masalah internasional. Itulah mengapa kemudian Indonesia hingga kini berusaha untuk membangun relasi seluas-luasnya dengan negara manapun. Hal ini dimaksudkan agar tidak adanya kecenderungan atau ketergantungan kepada pihak-pihak tertentu saja dalam sistem internasional.

Itulah mengapa dalam konflik di masa lalu dan hingga saat ini, Indonesia berusaha menawarkan mediasi untuk menghentikan konflik atau mencegahnya, bahkan mengelolanya agar tidak mencuat. Terutama untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia sudah menjadi broker perdamaian yang masyhur. Hal tersebut bukan semata-mata karena Indonesia ingin saja mendamaikan situasi, tapi sudah menjadi kewajiban prinsip bebas aktif yang diatur dalam pasal 3 UU Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri. Indonesia juga aktif mengirimkan pasukan penjaga perdamaian (peacekeeping force) demi menjalankan mandat 'aktif' dalam menyelesaikan masalah internasional. Indonesia kemudian menghindari hubungan yang sifatnya aliansi untuk tetap menjaga independensi, sehingga 'bebas' menentukan "kebijakan, sikap, dan langkah pemerintah Republik Indonesia yang diambil dalam melakukan hubungan dengan negara lain, organisasi internasional, dan subyek hukum internasional lainnya dalam rangka menghadapi masalah internasional guna mencapai tujuan nasional".

Dalam praktiknya, prinsip bebas aktif juga bisa diturunkan dalam berbagai doktrin. Misalnya pada era SBY ada konsep 'one thousand friends, zero enemy' yang jika ditafsirkan secara bebas, artinya Indonesia sebisa mungkin banyak membangun kerja sama tanpa memiliki musuh. Sehingga kemudian konfrontasi dan peperangan mesti dihindarkan. Atau dalam doktrin Jokowi untuk menjadikan Indonesia sebagai 'maritime fulcrum' sah-sah saja digelontorkan tergantung daripada ideosinkretik sang pemimpin rezim pemerintahan. Asalkan semua doktrin tersebut tidak lepas dari prinsip bebas aktif.

Ada satu lagi yang menarik dalam pemosisian Indonesia di kancah global yang dipakai hingga kini, yaitu bahwa kerja sama Indonesia dengan negara lain mengikuti pola lingkaran konsentrik. Istilah ini dimunculkan saat Menlu Indonesia dijabat oleh Ali Alatas pada era Presiden Soeharto.

Implementasi doktrin lingkaran konsentris pada kebijakan luar negeri Indonesia saat ini terbagi menjadi tiga. Lingkaran pertama dan yang paling utama diisi oleh ASEAN. Lingkaran kedua diisi ASEAN + 3 (Jepang, Cina, Korea Selatan). Di luar ini Indonesia juga mengadakan hubungan kerja sama intensif dengan Amerika Serikat dan Uni Eropa sebagai partner ekonomi. Yang terakhir, lingkaran ketiga diisi oleh kerja sama Indonesia dengan like-minded developing countries (Kemlu, 2015). Lingkaran konsentris secara konsep merupakan sebuah penonjolan diri dan upaya ekspansi sebuah negara dalam hubungan internasional, akan tetapi dalam kenyataanya implementasi konsep tersebut yang dilakukan oleh Indonesia merujuk pada dua anasir, yaitu (1) tingkatan prioritas hubungan internasional dan (2) kecenderungan regionalisme.

Lingkaran konsentris sebagai upaya penonjolan diri dalam kebijakan luar negeri Indonesia adalah bentuk implementasi dari falsafah jawa yang terinspirasi dari kepercayaan Hindu-Budha, yaitu konsep mandala. Kalau ingin lihat pola mandala lebih jelas, lihatlah Candi Sewu yang ada di Klaten, Jawa Tengah. Mandala secarah harfiah merupakan lingkaran namun secara istilah menggambarkan keadaan alam semesta di mana titik pusat alam semesta tersebut adalah bagian terpenting, yaitu diri kita. Untuk menjadi kekuatan pusat tersebut dalam hubungan internasional kita harus mencari titik terdekat dari pusat lingkaran sebagai basis ekspansi. Oleh karenanya, Indonesia pertama-tama menggandeng ASEAN terlebih dahulu sebagai rekan kerja sama ketimbang Amerika –yang walaupun notabene lebih kuat– namun berada di tempat yang nan jauh di sana.

Ilustrasi: metrotvnews.com

Answered Jul 25, 2017

Question Overview


3 Followers
710 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Kapan Perang Dunia III muncul?

Apa yang membuat Israel menang dalam perang melawan gabungan negara-negara Arab?

Mengapa Israel dalam beberapa dekade menjadi maju sekali jauh meninggalkan negara-negara arab di sekitarnya?

Bagaimana cara yang paling efektif untuk mengakhiri konflik Palestina dan Israel?

Bagaimana cara mengakhiri konflik di Syiria?

Selain Korea Selatan, Singapura, apa ada cerita tentang negara lain yang dahulu miskin kini kaya raya?

Apa arah kebijakan luar negeri pemerintahan Jokowi?

Apa dampak yang dihasilkan jika Indonesia tergabung dalam Trans Pacific Partnership (TPP)?

Apa peran penting yang diambil Indonesia dalam kancah dunia?

Apa kepentingan terbesar Indonesia dalam forum-forum internasional?

Apakah brand identity Indonesia sebagai negara dibandingkan dengan negara lain?

Kenapa paspor Indonesia tidak bisa langsung masuk ke banyak negara seperti Malaysia?

Apakah kita perlu menarik seluruh TKI Indonesia yang bekerja sebagai pembantu ke Indonesia? Apa kelebihan dan kekurangannya?

Apa kelebihan Indonesia bila dibandingkan negara ASEAN lainnya?

Bagaimana kekuatan dagang Indonesia di dunia Internasional?

Bagaimana Indonesia menguasai 25% perdagangan minyak goreng dunia?

Mengapa Indonesia bisa terdepan dalam komoditas karet?

Bagaimana Iran berhasil bertahan dari embargo Amerika?

Untuk apa Indonesia ekspor ayam?

Apa yang menjadi komoditas penting dalam perdagangan dunia pada abad ke-19?

Apa yang Anda ketahui dari Trans-Pacific Partnership (TPP)?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?