selasar-loader

Apakah pendidikan anti korupsi sejak dini itu penting? Mengapa?

Last Updated Jul 11, 2017

FLAC adalah organisasi anti korupsi yang bergerak lewat kreativitas untuk mencegah perilaku korupsi sejak dini. Acap kali kita melihat kasus korupsi di mana-mana, dan tanggapannya cenderung berbentuk kuratif. Maka dari itu, mari kita berkontemplasi, apakah pendidikan anti korupsi sejak dini itu penting, walaupun hasilnya tidak bisa sekali jadi langsung dipetik? Mengapa penting?

Terima kasih.....

4 answers

Sort by Date | Votes
muhammad rifadli
Mahasiswa Fakultas Teknik UI Peserta Rumah Kepemimpinan Jakarta

Menurut saya, pembentukan karakter harus dibimbing sejak dini. Perilaku korupsi lahir dari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti berbohong, menyotek di sekolah dan hal lainnya mungkin kita menganggap hal ini sepele, namun ketika si anak telah beranjak dewasa, dia telah terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut yang mengantarkan pada korupsi.

Untuk itu, penanaman karakter harus dilakukan secara dini melalui monitoring rutin kepada buah hati kita. Saya yakin pembentukan karakter ini dimulai dari keluarga karena jika penanaman nilai-nilai baik sudah di-supply di lingkungan keluarga akan meminimalisasikan kebiaasaan-kebiasaan buruk di sekolah. Jadi, bisa dikatakan apa yang didapat si anak di sekolah bersifat supporting system.

Answered Aug 1, 2017
Muhammadkafabihi Kafa
best of speaker in public speaking club

menurut saya penting, mengapa? karena hal hal yang berbau negatif harus kita jauhi/hindari dari mulai usia dini. kenapa? karena penumbuhan karakter sejak dini harus di bumbui oleh hal hal yang bersifat positif. agar si anak memiliki kepribadian yang baik kelak di kala ia sudah dewasa.

Answered Aug 20, 2017

Menurut saya sangat penting, ketika seseorang sudah mengetahui hal yang negatif dengan masukan informasi secara sehat dan bijaksana. maka akan mendidik seseorang untuk tidak melakukan hal negatif tersebut. hendaknya isi informasi disesuaikan dengan umur pembaca agar mudah di serap.

Answered Aug 20, 2017
Yessy Nur Handayani
Rumah Kepemimpinan

Penting sekali. Karena antikorupsi itu berkaitan dengan nilai dasar setiap manusia yaitu Kejujuran. Dan hal tersebut menjadi pondasi bagi setiap orang dalam setiap aktivitas sehari-hari. Bahkan Allah menyandingkan nilai tersebut di empat sifat utama Rasulullah yaitu Shiddiq yang artinya Benar. Jika tidak ditanamkan sejak kecil, maka akan sulit sekali membentuknya ketika besar. Karena anak-anak adalah usia yang paling optimal menyerap nilai-nilai

Answered Sep 14, 2017