selasar-loader

Apa satu kebiasaan Anda yang membuat hidup Anda sangat produktif?

Last Updated Nov 25, 2016

14 answers

Sort by Date | Votes
Achmad Zaky
Pendiri dan CEO Bukalapak

Things To Do Harian

Saya biasa membuat note kecil seperti di bawah untuk mudah checking, hari ini fokus saya apa.

1umr6JixqtBIcR70LExzwjwf1dP0iQr0.jpg

Berkata TIDAK

Ini paling sulit dan mungkin menyakitkan bagi sebagian orang, terutama budaya Timur yang sering minta tolong dan sangat sosial. Jika memang tidak ada hubungannya dengan fokus saya, kemungkinan besar saya tolak. Mudah berkata "YA" akan membuat kita kehilangan fokus pekerjaan kita. 

Baca Email Dua Kali Sehari

Dulu pernah baca email hampir tiap jam, bahkan beberapa menit karena saking banyaknya email. Sekarang sudah jarang sekali, membuang pikiran-pikiran. 

Ilustrasi via dokumentasi pribadi

Answered Dec 24, 2016
Nurul Kania
Lulusan IT yang gak IT

Well, kalau dibilang orang hidup saya produktif alhamdulillah..

Tapi kalau dari saya cuma bisa bilang, saya usaha supaya hidup saya produktif, hehe.

Gimana cara saya? Simpelnya, saya ngatur aktivitas pakai kuadran penting/tidak penting & mendesak/tidak mendesak (dulu tahu ada kuadran beginian pas baca buku Seven Habit kalau tidak salah)

D4JtKmZ85jvwhBBRwFOmGuhAqlc7nudI.png

Jadi, pertama, kerjakan dulu urusan yang penting & mendesak (kuadran 1)

Dari pengalaman si kalau yang kriteria ini gak dikerjain jadi kacau.

Untuk kategori kuadran 2, urusan yang tidak mendesak tapi penting ini adalah tugas kita untuk plan kapan akan mengerjakannya. Kalau menurut saya, intinya, kalau aktivitas yang penting ini wajib untuk diselesaikan. Bedanya, kalau mendesak harus segera, kalau tidak mendesak ya mikir dulu kapan & bagaimana nyeleseiinnya, hehe.

Lalu, kalau kategori kuadran 3, urusan yang mendesak & tidak penting. Sejujurnya, kalo dah masuk kriteria yang ini, tricky si menurut saya. Kenapa tricky? Karena mendesak tapi sebenernya gak penting-penting amat hehe... Kalau activity kuadran 1 & 2 kelar mah ya kerjain. Kalau masih ada PR 1&2 gimana?! Perlu mikirin mitigasi atau sekalian nyari orang buat bantuin hehe (alias ngalihin kerjaan/aktivitas ke orang).

Terakhir, kalau kategorinya kuadran 4, urusan yang tidak mendesak & tidak penting, dikerjakan hanya jika saya punya waktu dan mood untuk ngerjain.

 

Sekian dari saya :D

Ilustrasi via encrypted-tbn0.gstatic.com

Answered Dec 26, 2016
Agus Nina
Saya selalu gagal menjadi orang keren

Saya selalu tertantang pada hal-hal baru, memelihara rasa ingin tahu membuat saya terus maju. Kadang saat saya lelah, saya mulai  kembali ke masa lalu, mengingat kesulitan-kesulitan yang pernah saya alami dan bagaimana saya bisa melalui semua itu dan itu membuat saya jadi menginginkan lebih.

Answered Jan 13, 2017
Luthfia Rizki
Beauty Enthusiast

Mempunyai target atau motivasi tertentu

Jika belum sanggup, target ini tidak harus langsung besar dan dalam jangka panjang. Mulailah dari yang terdekat terlebih dahulu, misalnya ingin membahagiakan orang tua. Membuat orang tua bahagia adalah salah satu pintu untuk membuka pintu lainnya. Saya pribadi jika sudah mengingat keluarga di rumah, hidup saya akan terus produktif dan saya akan melakukan apa saja untuk membuat mereka bahagia.

Memiliki skala prioritas

Ini hal penting untuk menentukan apa yang paling mendesak atau tidak untuk dilakukan. Ini berfungsi agar kita selalu menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab yang telah dilimpahkan pada kita sampai tuntas.

Cari kegiatan bermanfaat

Dalam keadaan sedang bosan sekali pun, menurut saya kita harus mencari kegiatan. Jangan tidak melakukan apa-apa dan menganggur sama sekali, setidaknya baca buku favorit karena membaca buku dapat membuat otak kita bekerja dan bisa terhindar dari rasa malas. Selain itu, kita juga harus membiasakan menulis. Menulis tahap awal tidak harus panjang yang penting kita terlatih untuk menuangkan pikiran dan perasaan agar tidak cepat lupa.

Answered Jan 15, 2017

Membuat task list tiap harinya.

Answered Jan 19, 2017
Deri Fadilah
Media Marketer

Kalau saya selalu membuat Target & step prosesnya.

Target hari ini,besok,seminggu kedepan,sebulan kedepan,tahun depan dst.

Kalau target ada yg meleset,mereview proses dan menyusun ulang target itu.

 

 

Answered Jan 20, 2017
Delfitria
Mahasiswi Psikologi katanya menarik. Tapi lebih menarik puisi dan photography

-WZ2ThxXlamQZmWdhTX0iEHdktsZ2kIm.jpg

MENULIS

"Tahukah kamu mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun? Karena kau menulis. Suaramu takan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari." - Pramoedya Ananta Toer

Semua orang saat ini suka menulis. Menulis apapun, bahkan sesuatu yang sebenarnya tidak patut untuk ditulis. Kita mengambil posisi untuk membaca tulisan orang lain, tapi pernahkah kita ikut menulis?

Setidaknya, setelah menulis, ada neuron yang mengalami proses neurotransmitter pada neuron lain. Meskipun tulisan itu belum baik.

Answered Mar 17, 2017
Rosiana
Setiap diri memiliki cara yang berbeda untuk berkembang

pefnLqchuY3hXk0JKOeGNZKZ_CxpgN2A.jpg

Memulai segala aktivitas dengan niat ibadah.

Sebagai seorang mahasiswa yang disibukkan dengan belajar, belajar, belajar, belajar, dan juga menuntaskan deadline tugas yang diberikan oleh dosen, hal-hal tersebut terkadang membuat diri ini jenuh dan kehilangan arah. Pada kondisi ekstrem, ya, bisa kita lihat, begitu banyak kasus mahasiswa ataupun mahasiswi yang mencoba bunuh diri, padahal secara intelijensi, tidak ada masalah, bahkan bisa dikatakan bahwa mahasiswi atau mahasiswa yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri tersebut termasuk mahasiswa yang cerdas dibandingkan dengan mahasiswa lainnya.

Mengapa hal demikian bisa terjadi? Salah satu penyebabnya adalah tidak meniatkan setiap pekerjaan yang dilakukan sebagai bentuk ibadah. Jujur, saya sebagai manusia yang tak luput dari dosa seringkali luput dari niatan tersebut. Ada saja niatan lain yang tumbuh dalam diri kala melakukan suatu pekerjaan. Tak masalah jika niatan lain itu mampu membawa pengaruh positif, namun jika niatan lain tersebut malah membawa pengaruh negatif? Lah, ini justru yang perlu diluruskan niatnya.

Jika niatan dalam setiap menjalankan pekerjaan ternyata malah membawa pengaruh negatif, bisa dipastikan bahwa niatan tersebut belum benar-benar diniatkan untuk ibadah. Karena jika segala diniatkan untuk ibadah, niscaya setiap pekerjaan akan mampu membawa pengaruh positif. Mengapa demikian? Karena dengan meniatkan ibadah, kita senantiasa akan aware bahwa apa yang kita kerjakan akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan.

Apa yang kita kerjakan adalah sebuah amalan yang akan menyelamatkan kita di alam akhirat kelak?

Apa yang kita kerjakan akan menentukan kehidupan kita di alam yang kekal nanti?

Surga atau neraka, semua ditentukan oleh pekerjaan yang kita lakukan. Oleh karena itu, sebisa mungkin biasakanlah meniatkan bekerja sebagai ibadah. Dengan begitu, kita akan senantiasa memberikan yang terbaik dan melewati langkah-langkah yang benar dan baik dalam menyelesaikan setiap pekerjaan.

Answered Mar 18, 2017
Mugniar
Blogger www.mugniar.com | Freelance writer

FrFe0Fl-7scyOY5EORMnDMj0L--SXOsa.jpg

Menulis dan ngeblog.

Kebiasaan yang saya lakukan aktif sejak tahun 2011 awal. Menulis dan ngeblog menjad me time buat saya namun juga membuat saya produktif dalam menghasilkan tulisan. Hingga kini, ada sekira 2000 tulisan yang sudah saya buat, dengan banyak cerita di baliknya dan setelahnya. Bukan hanya menerbitkan buku, memudahkan orang lain, diliput TV dan radio, juga bermanfaat bagi diri saya sendiri.

 

Admin yth, saya mau ikut sayembara ini https://www.selasar.com/jurnal/35311/Sayembara-Selasar-Diperpanjang

Saya ingin hadiah Google Nexus, yah :)

 

Sumber gambar: annida-online.com (KAM)

Answered Apr 30, 2017

meditasi

Answered May 31, 2017

0YCG2YDhppkFZZ-_694lAbfmGJteAl2z.jpg

Berolahraga dan berdoa.

 

sumber gambar: wordpress.com

Answered Jun 6, 2017

l5LdlOpZHxJAucnp9wR9PEJqzOekCWKN.png

Berbagi pengetahuan merupakan salah satu kegiatan produktif yang bisa dilakukan siapa saja. Salah satu contohnya adalah menjawab pertanyaan dan membuat artikel di Selasar. Pertanyaan-pertanyaan yang kita jawab dapat melatih otak kita untuk tetap berpikir kritis, begitu juga dengan kita mempelajari jawaban-jawaban orang lain, kita dibuat menjadi tertantang untuk menemukan suatu hal yang baru.

gambar via selasar.com

Answered Jul 10, 2017
Dina Mariana
Mathematics student'17 of UIN Jakarta

PyPLb5F1tR8z5iEUfQUEQqD-V-kJGWz_.jpg

Kebiasaan yang membuat hidup saya produktif adalah menggambar, membuat kerajinan tangan, dan berselancar di internet mencari info terbaru.

Sumber gambar: behance

Answered Aug 13, 2017
Muh Alwi
Rumah Kepemimpinan regional 7 Makassar

F30JsQmx3ppZE0-dhS5LSaJbXFsEcasY.jpeg

Gambar Kompasia.com

Kebiasaan yang membuat saya produktif yaitu dapat bermamfaat bagi orang lain, serta memperbaiki hari ini dari hari sebelumnya. Akan sangat terasa nikmat ketika kita dapat membantu orang lain baik itu membantu  dalam skala kecil maupun dalam skala besar, karena pada dasarnya manusia merupakan mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Ketika kita mampu menebar virus kebaikan maka hidup akan sangat berarti.

Answered Jan 5, 2018

Question Overview


18 Followers
1867 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apa tips/trik yang bisa dilakukan dalam 5 menit dan bisa mengubah hidup kita di masa depan?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapatkan?

Apa sepatah kata/nasihat yang Anda berikan kepada generasi muda berusia 15-20 tahun?

Apa kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan dan membuat Anda bahagia?

Bagaimana cara sederhana/singkat menjadi orang yang rapi dan teratur?

Bagaimana cara singkat/sederhana untuk membiasakan bangun pagi?

Bagaimana cara terbaik untuk keluar dari zona nyaman?

Apa yang akan kamu lakukan bila hidupmu tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan?

Bagaimana cara berhenti melukai diri sendiri?

Bagaimana tips singkat dan mudah menguasai bahasa Inggris?

Bagaimana tips singkat dan mudah mendapatkan skor TOEFL yang tinggi?

Bagaimana tips singkat dan mudah mendapatkan skor IELTS yang tinggi?

Bagaimana tips singkat dan mudah menguasai bahasa Arab?

Bagaimana tips singkat dan mudah menguasai bahasa China/Mandarin?

Bagaimana tips singkat dan mudah menguasai bahasa Jepang?

Bagaimana tips singkat dan mudah menghapal Al Quran?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?