selasar-loader

Kenapa orang Yahudi memiliki tingkat kecerdasan dan kesuksesan jauh di atas rata-rata?

Last Updated Nov 25, 2016

4 answers

Sort by Date | Votes
Ma Isa Lombu
Penikmat Budaya

f0zpMMy9I8Sxx5swLUQQJz0gIt87IwOo.jpg

Saya percaya, orang Yahudi memiliki tingkat kecerdasan dan kesuksesan yang jauh di atas rata-rata bukan karena ras ataupun ideologinya, tetapi karena mereka belajar dan kerja keras. Kesempatan yang sama untuk semua ras sebenarnya. 

Pertanyaannya adalah, mengapa mereka belajar dan bekerja lebih keras dan lebih cerdas dibandingkan dengan ras yang lain?

Jawabannya adalah: mereka selalu merasa insecure!

Masyarakat Yahudi hari ini jelas sangat berbeda dengan nasib orang-orang Yahudi sampai awal abad ke-20. Mungkin di hari ini kita melihat masyarakat Yahudi sebagai segolongan manusia yang elit: Kaya, berpengaruh dan cerdas. Tapi taukah kita bahwa selama beribu tahun, masyarakat Yahudi diusir, diancam, dibunuh secara masif dan yang paling utama tidak dianggap dalam perebutan pengaruh kebudayaan, pengaruh dan kekuasaan..

Jauh sebelum peristiwa Holocoust (pembunuhan jutaan orang Yahudi oleh NAZI Jerman selama perang dunia ke-2 di Eropa) terjadi, bangsa Yahudi memang dikenal sebagai bangsa inferior yang sering sekali dimarginalkan oleh kekuatan-kekuatan peradaban besar di dunia. 

Seperti kita ketahui bahwa bangsa Yahudi adalah bangsa Israil. Klan Israil (Yakub/Jacob) adalah keturunan dari 12 anak Yakub yang berkembang menjadi 12 suku bangsa Yahudi yang kini tersebar di seluruh dunia. Secara singkat, setelah Nabi Yakub dan ke-12 keturunannya hijrah ke Mesir karena pengaruh Yusuf di sana. Sayangnya, kehidupan sejahtera mereka hanya berjalan sebentar. Setelah Nabi Yusuf mangkat, bani Israil diperbudak habis-habisan oleh penguasa Mesir dan akhirnya melakukan eksodus ke Palestina atas pimpinan Nabi Musa dan beberapa nabi setelahnya. 

Setelah menempati "tanah yang dijanjikan", mereka pun mengalami perang saudara dan dihancurkan oleh Raja Babilonia yang bernama Nebukadnezar/Nebuchadnezzar. Tidak lama berselang, kebudayaan-kebudayaan lain yang lebih besar silih berganti menguasai bangsa Yahudi sampai ketika zaman nabi Isa/Yesus, bangsa Yahudi masih dalam cengkraman kekuasaan Romawi.

Mereka terhina, terusir dari tanah perjanjian dan baru diperbolehkan kembali ke Jerusalem ketika dibebaskan oleh tentara muslim pada zaman Umar bin Khattab. Kekuasaan berganti, masyarakat Yahudi diusir ke luar gerbang Yerusalem dan baru diperbolehkan balik ketika Salahuddin Al Ayubi membebaskan Yerusalem. Intinya, para periode perang salib, bangsa Yahudi hanya jadi warga kelas bawah yang tidak memiliki daya tawar. 

Sebagian diantaranya hijrah ke Spanyol hingga mereka kembali diusir oleh Raja Ferdinand dan Ratu Isabela manakala kekuasaan muslim jatuh. Sebagian diantara mereka hijrah ke eropa yang lebih utara (Polandia, Inggis, Jerman, dll), dan sebagian yang memilih tetap tinggal, harus menerima pilihan pindah agama. 

Selama tinggal di Eropa, mereka hidup terkucil, tinggal dalam ghetto-ghetto (perkampungan khusus Yahudi) dan dibatasi ruang geraknya. Salah satunya adalah, mereka tidak diperkenankan menjadi aparatur pemerintahan. Jabatan dan posisi sosial yang sangat strategis kala itu.

Di tengah keterbatasan, hanya dua hal yang dapat mereka lakukan: Belajar dan berdagang.

Dengan sejarah penuh ketidakpastian dan kekacauan selama ribuan tahun, rasa marah, dendam dan tekad untuk menjadi lebih baik (dan mungkin menguasai dunia) terus terakumulasi dari generasi ke generasi. Dengan modal belajar dan berdagang, masyarakat Yahudi terus mengkonsolidasikan diri untuk berada di atas kualitas ras dan bangsa lain yang ada. Kebencian dan rasa insecure yang terus terakumulasi, ditopang dengan fokus memperbesar kekuatan modal, pengaruh dan intelektulitas, bangsa Yahudi hari ini menjadi bangsa unggul, di atas bangsa dan ras lain yang masih ada saat ini.

Jadi, kecerdasan ataupun kemapanan yang bangsa Yahudi dapatkan hari ini sebenarnya adalah hal yang sangat wajar dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah, bukan hasil "diskriminasi Tuhan".

Khusus terkait kercerdasan orang Yahudi yang diatas rata-rata, penelitian dari Dr. Stephen Carr Leon mungkin dapat dijadikan inspirasi. Diantara hasil temuannya adalah:

a. Pada masa kehamilan, perempuan Yahudi makan makanan yang sangat bergizi, bermain piano dan berlatih soal matematika untuk menstimulasi janin yang masih dalam kandungan.

b. Mereka suka sekali makan ikan tanpa kepala. Ikan mengandung asam lemak omega 3, DHA dan EPA yang baik untuk perkembangan otak.

c. Anak-anak Yahudi dikondisikan untuk dapat menguasai beberapa jenis bahasa berbeda, senantiasa makan kacang almond yang baik untuk otak dan juga bermain piano/biola. Semua treatment tersebut terbukti dan dipercaya dapat membuat mereka lebih pintar.

d. Dibiasakan akrab dengan pelajaran sains, matematika berbasis peniagaan (bisnis) dan juga olahraga. Kebiasaan itulah yang akhirnya melekat hingga mereka dewasa.

e. Anti-Rokok. Orang Yahudi percaya bahwa keturunan perokok akan membawa generasi yang bodoh. Jadi jangan coba-coba merokok di depan atau di dalam rumah orang Yahudi.

f. Anak-anak Yahudi diilatih untuk menguasai ekonomi dengan distimulasi untuk menciptakan produk yang dapat memiliki nilai tinggi

Sebagai contoh, Jared Kushner seorang Yahudi Amerika, Investor, real estate developer yang juga merupakan lulusan Harvard University. Ia menikahi Ivanka Trump (anak Donald Trump) dan berhasil menjadikan Ivanka yang seorang Kristen menjadi Yahudi. Bukti yang sangat nyata bahwa saat ini, masyarakat Yahudi amatlah cerdas, sukses dan berkuasa

Kembali, cerdas sukses dan berkuasanya masyarakat Yahudi hari ini adalah hasil kerja keras, tekad dan rasa insecure yang melekat pada diri mereka. 

Bukan hasil "diskriminasi" Tuhan.

Answered Jun 19, 2017
Anonymous

f-KL7k66KaztZ5Fg8zIRY3p5OoOw1HIj.jpg

Jenius bukan dibawa lahir, tetapi karena otak dibiasakan untuk berpikir dan mau belajar.

gambar via bataranews.com

Answered Jul 9, 2017
Martina Mochtar
Istri dari seorang pecinta sosial, dan Ibu dari seorang Bocah Pemberani

dpwLP5iJ2SysF6SJ7HFcumDZ-2Wfdo4_.png

Karena mereka concern terhadap 1000 hari pertama kehidupan. 

1000 hari pertama kehidupan manusia sangat penting untuk membentuk kualitas kehidupan manusia sampai akhir hayatnya. Dimulai dari hari pertama janin terbentuk sampai ulang tahun yang ke-2, para wanita hamil Yahudi selalu melakukan aktvitas mengerjakan soal-soal matematika dan bermain musik. Hal itu dilakukan untuk melatih otak calon bayi.

Selain itu, selama hamil, mereka juga selalu mengonsumsi makanan yang bernutrisi baik untuk otak, seperti kacang almond dan kurma, bersama susu dan ikan tanpa kepala (karena kepala ikan tidak baik untuk otak). 

 

Sumber Gambar : www.sarihusada.co.id 

Answered Jul 10, 2017
Anonymous

Gambar terkait

Gak setuju, karena orang Yahudi dari zaman purba sudah terkenal cerdas, bahkan mereka sudah dikenal sebagai bangsa buku. Jadi, bukan baru sekarang mereka jadi cerdas dan bukan karena adanya kepahitan hidup yang sudah mereka alami.

Ilustrasi via blogspot.com

Answered Jul 13, 2017

Question Overview


8 Followers
3014 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Mengapa Agama Yahudi tidak diperkenankan berkembang di Indonesia?

Bila Muslim dan Yahudi mengharamkan babi serta Hindu mengharamkan daging sapi, makanan apa yang haram bagi Kristen?

Apa beda Halal orang Islam dengan Kosher orang Yahudi?

Saat belajar agama, buku apa saja yang pernah Anda baca?

Apakah kamu percaya ada Konspirasi Yahudi? Apa alasannya?

Apa persamaan agama Islam dengan agama Yahudi yang Anda ketahui?

Apakah Baitul Maqdis dan Masjid Al Aqsa adalah bangunan yang sama?

Mengapa Hitler dan Nazi sangat membenci Yahudi?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Mengapa Tuhan membuat surga, padahal insentif tertinggi umat Islam adalah ridha Allah?

Apakah Tuhan perlu dibela?

Apakah Syiah bukan Islam?

Mengapa Nabi Muhammad tidak mengizinkan Ali mempoligami Fatimah?

Apa yang dimaksud dengan bid'ah?

Apa yang dimaksud dengan munafik?

Apa yang dimaksud dengan halal?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Apa yang dimaksud dengan mubah?

Mengapa Ibrahim meninggalkan Hajar dan Ismail sendirian di Mekah?

Apa sajakah pengaruh D-Day bagi Sekutu pada Perang Dunia II?

Bagaimana dampak D-Day bagi Jerman pada Perang Dunia II?

Apakah kesalahan fatal Hitler yang membuat Jerman kalah pada Perang Dunia II?

Mengapa Perang Dunia II terasa lebih populer daripada Perang Dunia I?

Pesawat paling canggih apa yang tercipta saat Perang Dunia II?

Berapa banyak korban pada Perang Dunia II?

Mengapa tentara Rumania dan Italia gagal menahan serangan Soviet di Stalingrad?

Pesawat tempur apa yang paling ditakuti saat Perang Dunia II?

Pesawat bom apa yang paling berbahaya saat Perang Dunia II?

Pesawat buatan Amerika Serikat atau Jerman yang lebih canggih pada Perang Dunia II?

Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Adakah kaitan antara parfum dan kepribadian seseorang?

Apakah status sebagai anak tunggal mempengaruhi sikap politik Presiden ke-6 RI?

Apakah status sebagai anak lelaki satu-satunya dalam keluarga mempengaruhi sikap politik Presiden Jokowi?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang menyebabkan orang takut menikah?

Apa yang menyebabkan seseorang takut menghadapi masa depan?

Mengapa respons orang sedih umumnya menangis?

Apakah menangis itu sehat atau malah membuat sakit?