selasar-loader

Apakah semua kebiasaan yang dilakukan sehari-hari dapat dikatakan sebagai budaya?

Last Updated Jul 6, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Agus Hernawan
Peneliti, penulis, dan konsultan pengembangan kawasan.

41NSul34L_Qv2WpPZ8FuQXP5D6CoYaTD.jpg

Kebiasaan yang terpola dalam satu kolektif sosial ditandai sebagai tradisi. Orientasi suatu masyarakat akan melahirkan sejumlah tradisi. Orientasi agraris misalnya memunculkan banyak tradisi dengan nilai-nilai yang terikat oleh penghormatan dan penghayatan mereka pada tanah. Tradisi bercocok tanam merupakan wilayah ekspresi kolektif yang merefleksikan sistem religi, sistem sosial, dan sistem ekonomi masyarakat agraris. Begitu pun pada masyarakat pesisir yang berorientasi laut.

Tradisi sebagai kebiasaan terpola, menjadi ekpresi kolektif yang mengalami pewarisan dari generasi ke generasi ditandai sebagai kebudayaan. Korupsi oleh aparatur pemerintah sebagai contoh dapat disebut kebudayaan. Mengapa? Karena ia sudah terwariskan dalam rantai generasi yang panjang. Sejak VOC berkuasa dan mencikal-bakali lahirnya negara pegawai Hindia Belanda, korupsi sudah menyebar serupa wabah kolera di Kastil Batavia.

Kekerasan oleh negara/penguasa adalah kebudayaan kita. Amangkurat I menjadi penguasa yang bisa menebas ratusan kepala dalam sehari. Absolutisme kekuasaan dengan tradisi dan ekspresi kekerasan, juga kekejamannya, merefleksikan nilai-nilai religi, sosial, ekonomi dan lain-lain tentang sakralitas kekuasaan dan penguasa. 

Demokrasi kita belumlah jadi kebudayaan. Ia baru sebatas tradisi dan ekspresi kolektif yang tersebar. Benturan nilai menjadi niscaya. Agar demokrasi menjadi kebudayaan kebangsaan.

gambar via aquariuslearning.co.id

 

Answered Jul 22, 2017
Muhammad Faizurrahman
Mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas Sebelas maret

oym9A1jHQVs9eh7IsZ2XQaaNvGbZaD69.jpg

Bagi saya budaya dekat dengan kehidupan sehari-hari, karena berdasarkan pengertian dari Kuntjaraningrat, budaya adalah sebuah sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia yang menjadi milik masyarakat yang diperoleh melalui proses belajar. Setiap masyarakat memiliki budaya sendiri. 

Berdasarkan tujuh unsur budaya juga disebutkan bahwa budaya berkaitan dengan sistem pengetahuan, sistem mata pencaharian dan perekonomian, bahasa, agama dan kepercayaan, organisasi sosial dan politik, sistem teknologi, dan kesenian. Dengan budaya, kita menjadi manusia pembelajar. Budaya juga berkaitan dengan kebiasaan dalam masyarakat. Kemudian apa yang kita lakukan sehari-hari merupakan kebiasaan suatu masyarakat, dan itulah budaya.

Jadi menurut saya, yang kita lakukan sehari-hari pada dasarnya termasuk dalam budaya.

foto via futuready.com

 

Answered Jul 23, 2017