selasar-loader

Apa arti kota Jakarta bagi Anda?

Last Updated Jul 4, 2017

5 answers

Sort by Date | Votes
Nur Fadhilah
Penulis Lepas

fg_qTJxSQGBnwiqizxLRlQz9Pe2rjJSK.jpg

Jakarta merupakan ibu kota negara Republik Indonesia. Sejak Indonesia merdeka, Jakarta telah mengalami berbagai perubahan, mulai dari sistem pemerintahan, insfrastruktur, dan lain sebagainya. Jakarta yang dikenal saat ini masih memegang kedudukan sebagai ibu kota. Bagi orang yang bukan merupakan penduduk ber-KTP seperti saya, Jakarta tetap memiliki arti penting. Hal ini disebabkan oleh domisili saya yang masih berada di lingkungan Jabodetabek. Jakarta seperti jantung ekonomi dan mungkin akan tetap terus menjadi wilayah yang masih digandrungi orang banyak untuk mencari pekerjaan. Tidak hanya ekonomi, kehidupan politik pun tumbuh besar di Jakarta, hal ini mungkin disebabkan oleh Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan. 

Arti penting Jakarta bagi saya, Jakarta menjadi kota di mana sejak sekolah dasar, saya mengenyam bangku pendidikan hingga menengah atas. Saya sudah terbiasa dengan kehidupan masyarakat di Jakarta. Dari situlah agaknya sulit mengatakan kalau Jakarta tidak berarti apa-apa bagi saya. Terlebih lagi, sebagai seorang mahasiswa Sejarah, Jakarta tentu akan selalu menarik jika kita mengetahui dinamika yang terjadi oleh Jakarta dari masa ke masa. Jakarta akan menjadi kota penuh harapan dan tumpuan bagi orang banyak. Jakarta akan selalu memiliki arti bagi Indonesia secara umum, sebab ketika berbicara tentang Indonesia, Jakarta akan selalu menjadi pusat perhatian dunia karena kedudukannya sebagai ibu kota.

Ilustrasi via wego.co.id

Answered Jul 5, 2017
Shendy Adam
Belajar Politik dan Pemerintahan di UGM (2004-2008)

pupof39DB2tMVkqSpVh5cm12K4a-3-gs.jpg

Saya dilahirkan di Jakarta. Dibesarkan juga di Jakarta. Jenjang pendidikan dari SD hingga SMA saya tempuh di Ibukota. Baru pas kuliah saya menimba ilmu di Yogyakarta selama kurang lebih 3 1/2 tahun. Setelah itu, saya kembali ke tanah kelahiran. Sempat bekerja di Harian Merdeka sejak April 2010 sampai sekarang dan entah sampai kapan saya mengabdikan diri di Pemprov DKI Jakarta.

Pada 2014 lalu, saya mendapat kesempatan Tugas Belajar dari Pemprov DKI Jakarta. Setelah dua tahun melanjutkan studi (meski hanya di dalam kota), sejak Agustus 2016, saya kembali bekerja di kantor. Dengan semua yang sudah saya dapatkan, wajar rasanya kalau Jakarta memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan saya.

Saya pun selalu menyemangati diri untuk memberikan yang terbaik bagi kota ini, baik sebagai warga maupun sebagai pelayan publik di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Answered Jul 18, 2017
Ma Isa Lombu
Selasares Garis Keras

_FAMtuFWfXG97HBU1TCiYoFpFDE3yHvl.jpg

Jakarta adalah tumpuan. Jakarta adalah harapan. Jakarta adalah kesempatan.

Mungkin itulah arti dan harapan banyak orang kepada ibukota negara kita tercinta ini. Rasanya harapannya sudah terlalu overload. Terlalu berat. Berisiko menimbulkan banyak kekecewaan.

Dengan umur kota yang hampir 500 tahun (didirikan pada tanggal 22 Juni 1527), Jakarta memang sejak zaman dahulu menjadi rebutan banyak pihak. Dikuasai oleh Portugis, Belanda sampai Jepang selama ratusan tahun membuat Jakarta menjadi kota internasional yang pamornya sudah terlihat dari kejauhan. 

Tidak heran, karena posisi strategis dan pesonanya yang sangat luar biasa, Jakarta pernah menjadi pelabuhan lada pada abad ke-12 yang berbagai bangsa seperti Tiongkok, Jepang, India Selatan, dan Timur Tengah sudah mulai merapat ke wilayah ini untuk meniagakan barang-barang khas negara mereka seperti kain, wangi-wangian, kuda, anggur, porselen, kopi, sutra, kain, ataupun wangi-wangian.

Semenjak dahulu, beban Jakarta sebagai sebuah kota memang sudah terlalu kelebihan beban. Karena itulah, berbagai macam penyakit sosial dari mulai kemacetan akut, kemiskinan, kriminalitas, perilaku warga yang tidak mencerminkan kualitas warga kota yang beradab (buang sampah sembarangan, tidak disiplin, melanggar lalu lintas, dll) sampai kepada ketidakteraturan tata letak dan ruang menghiasi Jakarta sebagai atribut kota yang khas dari bangsa Indonesia yang kita cintai ini. Menurut data yang dirilis Badan Pusat Statistik dalam "Jakarta Dalam Angka" yang dirilis tahun 2015, diketahui bahwa tingkat kepadatan kota ini sudah mencapai 15.052,84 penduduk/km2. Sangat padat.

Tapi bagaimana lagi, Jakarta memang kota impian. Kota harapan.

Bayangkan, setiap lebaran datang, berbondong-bondong warga desa melakukan urbanisasi dari desa mereka masing-masing untuk mencari peruntungan. Untuk menjadi "asisten rumah tangga"-kah, supir kah, bahkan pemulung dan peminta-minta. Tidak hanya itu, ribuan sarjana lulusan perguruan tinggi ataupun sekolah menengah kejuruan yang ingin mencari sesuap nasi juga menggantungkan nasibnya di kota multietnis ini.

Kembali, sepertinya Jakarta sudah terlalu kelebihan beban.

Saya hanya membayangkan nasib Jakarta sebagai kota besar modern dapat menanggung beban tugasnya secara lebih proporsional. Mungkin ilustrasi ini kurang begitu tepat karena Indonesia dan Jakarta memiliki sejarah, konstelasi politik, kondisi sosial budaya yang unik dan tidak dapat dibandingkan apple to apple dengan negara atau kota lain. Meskipun demikian, saya pikir hal ini adalah contoh yang cukup baik untuk dapat kita jadikan inspirasi.

Di Amerika Serikat, sepertinya setiap kota memiliki identitas dan perannya masing-masing. Washington DC lebih berperan sebagai kota pemerintahan, New York berperan sebagai pusat bisnis, California berperan sebagai icon industri digital dan Seattle berperan sebagai kota industri berat yang tidak dapat diremehkan. Begitu juga di Australia, pemerintah Australia berani memisahkan ibukota negara yang berada di Canberra, pusat pendidikan di Melbourne, dan Sidney sebagai kota bisnisnya. Jangan jauh-jauh. Pemerintah Malaysia pun sudah berani mengambil sebuah keputusan strategis dengan memindahkan pusat pemerintahannya dari Kuala Lumpur ke Putrajaya untuk mewujudkan fungsi kota yang lebih proporsional.

Saya berharap pemerintah Indonesia juga lebih memperhatikan kondisi kota Jakarta (yang katanya) kita (cintai) ini. Kota ini jelas sudah kelebihan beban. Kota-kota di negara tetangga sudah mengalami pemulihan fungsi dengan menjadikannya sebuah wilayah yang memiliki kekhususan di bidang tertentu. Jakarta sepertinya memang terlalu kita cintai.

Berpredikat sebagai kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia, sepertinya dalam konteks ini menjadi tidak begitu membanggakan.

Ayo selamatkan Jakarta kita!

foto via twitter.com

Answered Jul 18, 2017
Happy Karunia Mukti
Rumah Kepemimpinan Reg.4 Surabaya | AcSES FEB UNAIR

ifJdweUrl0-fSVQlnSoXz1rHVD_ULVyW.jpg

Jakarta adalah kota terbesar yang terletak di negara Indonesia. Pusat pemerintah Indonesia ada di sana dan perputaran perekonomian tersebesar pun terdapat di sana. Banyak orang yang berasal dari pedesaan ingin memperbaiki nasib hidupnya melalui jalur perantauan di kota tersebut. Setiap tahun, jumlah penduduknya semakin bertambah. Namun, luasnya tak berubah. Tetap. Ya, dari situ, wajar bila banyak kawasan kumuh terdapat di sudut penjuru kota. Kawasan-kawasan kumuh tersebut tidak lain disebabkan oleh total penduduk Jakarta telah melebihi kapasitas penduduk kota tersebut. Selain itu, sampah rumah tangga yang diproduksi banyak sekali dan tidak bisa diolah kembali serta tempat tinggal yang mereka tempati tidak tertata.

Sayang sekali bila terdapat ibukota negara yang "wajahnya" tidak sedap untuk dipandang. Seharusnya, itu menjadi fokus pemerintah dan sudah terselesaikan sejak dulu karena Indonesia sudah berusia 72 tahun. Sangat disayangkan kalau 72 tahun usia Indonesia namun kondisi Jakarta masih seperti ini.

 

Ilustrasi via abc.net.au

Answered Oct 2, 2017
Ikhbal Zamzammi
Penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Bandung

Menurut saya pirbadi pak, permasalahan Jakarta merupakan dampak dari belum meratanya pembangunan di Indonesia. Salah satu cara paling mudah ialah memindahkan ibu kota Jakarta, sebab jika dirubah seperti apapun infrastruktur, dan sistem di jakarta tetap saja tidak akan dampak panjang. Hal ini diakibatkan oleh SDM-nya sendiri yang belum siap. Kedepannya, alangkah baik jika sedikit demi sedikit faktor yang memikat setiap orang pergi ke Jakarta, dipindahkan ke kota lain yang masih kurang maju.  

Answered Nov 6, 2017

Question Overview


6 Followers
1152 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apakah jenis parfum wanita yang paling tahan lama untuk dipakai di Jakarta?

Apa nama restoran Jepang terbaik di Jakarta dan sebutkan alasannya?

Apa yang Anda lakukan ketika sedang terjebak dalam kemacetan Jakarta?

Mengapa orang Jakarta suka menghabiskan waktu di mal?

Apa saja hal yang membuat Jakarta lebih bagus dari kota lain?

Apa lokasi wisata terbaik di Jakarta? Mengapa?

Bagaimana cara terbaik dan paling efektif untuk menghindari kemacetan di Jakarta?

Mengapa banyak sekali orang Jawa di Jakarta?

Di mana kota di Indonesia yang paling layak dan nyaman untuk ditinggali?

Kabupaten atau kota apa yang mengalami perubahan signifikan di Indonesia?

Apa saja hal yang Surabaya lebih baik dari kota lain?

Apa pendapat anda mengenai peristiwa perampokan dan pembunuhan yang terjadi di Pulomas?

Mengapa kejahatan atau tindakan kriminal sering terjadi di daerah perkotaan?

Bagaimana Anda memandang desa?

Apa yang membuat kota Bandung demikian memikat dan berkesan buat Anda?

Apa yang membuat kota Jakarta demikian memikat dan berkesan buat Anda?

Apa yang membuat kota Semarang demikian memikat dan berkesan buat Anda?

Apa yang membuat kota Surabaya demikian memikat dan berkesan buat Anda?

Apa penyebab utama banjir di Jakarta yang tidak pernah selesai?

Apakah Anda sepakat bahwa psikologi belum dirasakan perannya di lingkungan perkotaan?

Apa yang membedakan banjir atau genangan dalam kasus terendamnya sebagian kota Jakarta dan sekitarnya akhir-akhir ini?

Mengapa Jakarta Banjir?

Apa solusi banjir di Jakarta?

Kota manakah yang terbersih di Indonesia?

Apa perbedaan antara "kota tumbuh" dan "kota yang khusus didesain"?

Di mana kota paling ideal untuk dijadikan ibukota Indonesia?

Apa pendapat Anda mengenai wacana pemindahan ibukota Indonesia?

Menurut Anda, apa keuntungan jika ibukota Indonesia dipindahkan?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa itu Diet Ketogenic Fastosis?

Bagaimana caranya ikhlas memaafkan orang dengan cepat hingga bisa tidur malam tanpa membenci siapapun? Dan apa indikatornya bahwa hati telah benar-benar ikhlas memaafkan?

Apa dampak globalisasi terhadap budaya konsumsi masyarakat?

Bagaimana cara menjadi penyiar radio?

Apa suka duka menjadi seorang penyiar radio?

Dari mana biasanya Anda mendapatkan referensi musik baru?

Apa yang kamu lakukan bila diminta membuat sebuah event Reuni Sekolah?

Mungkinkah reuni sekolah dibuat secara digital?

Maukah datang di Launching Buku di Mall Bassura City tgl 23 April 2017?

Apakah RT dan RW masih dibutuhkan di Jakarta? Seperti apa peran yang diharapkan?

Apa yang membuat orang desa betah berlama-lama merantau ke kota?

Mall apa yang ternyaman di Jakarta dan mengapa?

Menurut Anda, sudahkah ada bangunan "ramah difabel" di Jakarta?

Menurut anda, bagaimana konsep kota "ramah disabilitas" untuk Jakarta?

Ada yang tahu "Beverly Hills 90210" di Jakarta?

Menurut Anda, mungkinkah ibukota Indonesia pindah?

Bagaimana transportasi umum yang Anda impikan di Jabodetabek?