selasar-loader

Apa yang pertama-tama sebaiknya Anies Baswedan lakukan setelah dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta?

Last Updated Jul 3, 2017

DYTC7iFYlsGWl1I25zQraLiZX0DsaXT9.jpg

1 answer

Sort by Date | Votes
Shendy Adam
Birokrat, pemerhati politik, pencinta sepak bola.

anies%2Bb.JPG

Anies Baswedan harus langsung tancap gas begitu dilantik. Janjinya saat kampanye simpel, tapi bermakna mendalam : maju kotanya, bahagia warganya. Memajukan sebuah kota tentu tidak mudah, apalagi membahagiakan warganya yang jelas heterogen dan punya kepentingan yang berbeda-beda.

Setelah resmi menjabat, Pak Anies perlu mengumpulkan jajaran anak buahnya untuk mendapat gambaran utuh mengenai program dan kegiatan yang sedang berjalan maupun direncanakan. Memahami persoalan dari dalam akan mendapat pemahaman yang berbeda ketimbang mengamati dari luar.

Pak Anies dan Pak Sandi cukup terbantu karena Tim Sinkronisasi sudah bekerja lebih awal menyinergikan visi, misi dan program kerja yang dijanjikan pasangan pemenang pilkada ini, dengan rencana kebijakan, program dan anggaran Pemprov DKI Jakarta. Masukan dari tim sinkronisasi menjadi modal penting dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Tidak kalah penting adalah konsolidasi dengan birokrasi. Anies harus melihat secara obyektif kinerja jajaran pejabat Pemprov DKI Jakarta, sehingga jika kelak ada perombakan bisa menempatkan the right man on the right place. Gubernur harus tutup kuping dari bisikan-bisikan DPRD yang boleh jadi akan mengusulkan 'Si Anu' dan 'Si Itu' untuk posisi tertentu. Jika sampai pola kasak-kusuk ini terjadi lagi, sulit rasanya mewujudkan Jakarta yang maju kotanya, bahagia warganya.

Untuk masukan yang lebih detail, Pak Anies Baswedan dan Pak Sandiaga Salahuddin Uno bisa baca artikel ini jika ada waktu senggang.

Terima kasih,

Vivat Selasares!

Sumber gambar: Infomenia

Answered Sep 12, 2017