selasar-loader

Apa masakan lebaran khas keluargamu?

Last Updated Jun 24, 2017

8 answers

Sort by Date | Votes
Ma Isa Lombu
Penikmat Budaya

36HcCmykkf3h-hdg50Dt2L7kO9WucW7w.jpg

Rendang

Sepertinya keluarga kami tidak pernah melewatkan lebaran tanpa rendang.

Meskipun tidak ada orang minang dalam keluarga kami, entah mengapa rendang menjadi makanan wajib kala lebaran datang. Rendang pedas (dengan campuran kentang kecil) yang dipadukan dengan sambal goreng ati dan juga opor ayam, selalu terhidang di meja makan keluarga kala hari bahagia itu datang.

Bahan dasar masakan rendang adalah daging sapi. Selain itu, bahan-bahan lain juga digunakan untuk menciptakan efek gurih yang lezat seperti santan kelapa (karambia), dan campuran bumbu yang dihaluskan yang terdiri dari cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, dan berbagai macam bumbu lainnya. 

Rendang, sebagaimana kita ketahui bersama, berasal dari Sumatra Barat. Rendang yang sebenernya itu berwarna agak hitam dan memiliki bumbu yang kering. Rasanya gurih dengan banyak bumbu hitam kering yang menyertainya. Proses menghitamkan santan kelapa yang digunakan dalam membuat rendang dikenal dengan teknik karamelisasi.  

Untuk mendapatkan warna hitam dan bumbu kering yang gurih, dibutuhkan waktu masak yang tidak sebentar, bisa sampai 4 atau 5 jam. Bagi orang Minang asli, membuat rendang dilakukan di atas kayu bakar dengan api sedang. Dengan kualitas yang paripurna, rendang dapat disimpan hingga berminggu-minggu lamanya. Sedangkan, rendang yang dimasak dalam waktu yang relatif singkat sehingga menghasilkan warna daging dan bumbu yag kecokelatan dinamakan kalio.

Dari sisi historis, rendang juga pernah disebut dalam kesusastraan Melayu klasik seperti Hikayat Amir Hamzah yang membuktikan bahwa rendang sudah dikenal dalam seni masakan Melayu sejak 1550-an (pertengahan abad ke-16).

Rendang, selain jamak ditemukan di wilayah Sumatera Barat, masakan ini juga banyak ditemukan di wilayah Melayu lain seperti Riau, Jambi, Semenanjung Malaka, termasuk Malaysia dan Singapura. Dengan kebiasaan masyarakat Minang yang suka merantau, rendang kini dapat ditemui di seluruh Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Tentu dengan rasa yang agak berbeda.

Saya pernah membaca, semakin menjauhi Tanah Sumatera Barat, semakin berkuranglah rasa pedas pada rendang tersebut. Entahlah..

Yang jelas, karena rasa, unsur budaya, dan berbagai macam aspek istimewa lainnya, rendang pernah dinobatkan sebagai juara pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International, tahun 2011 silam.

Foto via http://indonesianew.com

Answered Jun 24, 2017
Hari Nugroho
Bisa bahasa jawa ngapak

hGJHbBVsMlZmECCpzcU-0EOd_9_GCAlP.jpg

 

Lebaran biasanya identik dengan ketupat, opor ayam, sambal goreng hati dan krecek (kerupuk kulit), dan rendang. Di keluarga besar kami pun sejak dahulu juga menerapkan masakan yang sama, namun beberapa tahun belakangan, nampaknya keluarga kami mulai bosan jika setiap lebaran menunya demikian. Oleh karena itu, untuk mengatasi kebosanan terhadap masakan lebaran, keluarga kami memasak brongkos, pernah tahu soal masakan ini?

Brongkos merupakan masakan khas Jawa, yang jarang sekali mengalami urbanisasi. Di Jawa Tengah dan Yogyakarta, brongkos biasanya menjadi menu sarapan pagi. Rasa gurih, manis, dan pedas menjadi ciri khas brongkos. Jika dilihat, sekilas penampakannya mirip rawon, agak kehitaman karena sama-sama menggunakan kluwek sebagai salah satu bumbunya. Bedanya, brongkos menggunakan santan, sehingga kuahnya lebih kental dan gurih.

Bahan utama memasak brongkos adalah kacang tolo, baru kemudian tahu. Sering juga, brongkos dikombinasikan dengan telur bulat, daging sapi, ayam, atau koyor (kikil), ditambah cabe rawit merah utuh yang dimasak bersamaan.

Brongkos yang menyegarkan, dengan kolaborasi gurih, manis, dan pedas ini agaknya mengobati kebosanan terhadap masakan mainstream lebaran di keluarga kami. Mau dimakan bareng nasi atau ketupat, brongkos masih matching.

Anda mau mencoba makan brongkos, sebagai alternatif masakan lebaran?

 

Gambar via resepmembuat.com

Answered Jun 25, 2017
Florensius Marsudi
Ayah satu putri...

T2GE_V73dAXF72NMBGZRrQrY432ySIyf.jpg

Makanan khas Lebaran keluarga besar kami adalah opor ayam plus ketupat tahu.

Foto via http://tips-cara.info

Answered Jun 25, 2017
Zulfian Prasetyo
Makanan adalah karya seni, menyantapnya adalah keinginan untuk tetap hidup

77VXP5KKZIrr4DaEWAWaL4flj1lSvQgf.jpg

Saya lahir dari keluarga Jawa-Sunda-Betawi. Ini turut memengaruhi apa yang keluarga kami masak ketika Idul Fitri. Yang keluarga kami hidangkan ketika Lebaran adalah semur daging, sayur pepaya muda sebagai pendampingnya, dan nasi uduk.

Semur sebenarnya adalah teknik memasak. Dikutip dari sumber, "Smoor" dalam bahasa Belanda adalah masakan yang direbus dengan tomat dan bawang secara perlahan. "Smoor" dalam bahasa Belanda juga berarti braising atau teknik masak dengan cara merebus lama dengan api kecil hingga daging empuk (mirip rendang?).

Ada beberapa sumber tentang semur, baik yang akurat maupun yang nyerempet-nyerempet. Katanya, hidangan daging rebus berbumbu di Indonesia telah dikenal sejak abad ke-9 Masehi. Hal ini terlihat dari beberapa prasasti, relief candi, dan kakawin di Jawa yang menceritakan “Ganan, hadanan prana wdus” atau disediakan sayuran kerbau dan kambing. Groot Nieuw Volledig Oost-Indisch Kookboek, salah satu buku resep tertua dan paling lengkap mendokumentasikan resep masakan di Hindia Belanda yang terbit pada 1902 juga memuat enam resep semur (Smoor Ajam I, Smoor Ajam II, Smoor Ajam III, Smoor Bandjar van Kip, Smoor Banten van Kip, Solosche Smoor van Kip). Buku ini menegaskan bahwa smoor yang kemudian dilafalkan sebagai semur adalah masakan yang dikembangkan di dalam dapur Indis, kaum peranakan Eropa.

Adalah masyarakat Betawi yang kemudian menjadikan semur sebagai hidangan khas. Mereka biasanya menyajikan semur di Idul Fitri dan pesta perkawinan. Namun karena saya tidak suka jengkol (dan memprotes keras konsumsi jengkol di rumah), jadilah semur yang dimasak ialah semur daging nan manis itu. 

Nah, jarak rumah keluarga kami dengan rumah kakek-nenek tidak begitu jauh. Makanya, setelah halalbihalal di masjid, kami biasanya langsung ke rumah kakek. Di sana, disediakan masakan kesukaan saya. Makanan pokok terbaik yang pernah saya makan seumur hidup (iya lebay, hahaha). Nasi uduk. Semur daging? Tetap ada dong. Keduanya adalah kombinasi sempurna bagi saya.

Bagaimana dengan opor ayam? Nasibnya di keluarga kami sama seperti kolak di bulan Ramadan. Sepi peminat. Hehehe.

 

(sumber gambar: makanajib.com)

Answered Jun 25, 2017
Anggun Widiastuti
Sangat cinta terhadap tarian tradisional.

n4UJpdKxTQNq8CKUZ7laZNubnjqtpv99.jpg

Telur petis. Masakan ini tak boleh absen di hari raya bagi keluarga kami. Maklum, kami ini arek malang penggila petis udang. Tahun ini kami membuat opor ayam, sate sapi, dan tak ketinggalan telur petis. Biasanya saya request ke ibu saya, supaya beliau menambahkan petis dalam jumlah yang cukup banyak dan tak lupa taburan bawang goreng di atasnya.

 

source: sajiansedap.com

Answered Jun 25, 2017
Qaedi Aqsa
Political Science University of Indonesia.

lt3sVEsusy09yNRzucGr-ZS7God7SGq0.jpg

Lebaran bagi kelurga saya benar-benar ajang berkumpulnya semua keluarga. Rutinitas sehari-hari sering membuat kami jarang untuk berkumpul bersama karena juga berada di pulau yang berbeda.

Keluarga saya benar-benar besar, wait maksudnya keluarga dari Ayah dan Ibu saya. Ayah saya mempunyai 10 saudara kandung, sedangkan ibu saya juga memiliki 9 saudara kandung. Bayangkan saja, jika semuanya berkumpul dalam satu rumah dan dalam waktu yang bersamaan. Benar-benar riuh, riuh dengan suara anak kecil, serta riuh dengan bunyi sendok yang berdenting dengan piring. Namun inilah yang membuat saya rindu untuk selalu lebaran di rumah.

Jika ditanya, apa masakan lebaran khas keluargamu? Hmm ibu tidak terlalu banyak memasak masakan, tapi karena status Ayah dan Ibu saya sebagai anak tertua di keluarganya masing-masing, maka adik-adiknya lah yang membawa makanan untuk kami. Hal tersebut karena mereka semua akan berkumpul di rumah kami setelah selesai salat idul fitri.

Berikut hidangan makanan yang tidak pernah absen di rumah saya setiap tahun saat lebaran:

1. Rendang

Makanan khas Sumatera Barat dengan campuran berbagai rempah-rempah serta santan kelapa. Bisa dipanaskan berkali-kali. Rendang tidak selalu identik dengan daging sapi, tapi juga lokan (kerang), ayam, ikan, serta telur. Jumat, 23 Juni 2017 yang lalu, Ibu saya sudah mulai memasak rendang dengan menjadikannya kalio terlebih dahulu.

c6Yb1sGWdnBclnNDm58ZDBcF2gfJHFwr.jpg

2. Samba Lado Tanak

Samba Lado artinya adalah sambal yang dibuat dari cabai. Samba lado tanak merupakan makanan yang diolah dari bahan-bahan cabai yang sudah digiling, santan kelapa yang sudah dimasak, ikan teri, petai atau jengkol, serta telur ayam atau telur puyuh yang sudah direbus. Makanan ini wajib dicoba bagi penyuka pedes, yo subana mambangkikan salero.

ND79izb-cL3OEDDXSxNdTNWjmjjWL_GK.jpg

3. Lontong Gulai Paku/Cubadak/Lodeh

Lebaran tahun ini Ibu lebih memilih Lontong Sayur Lodeh. Tidak seperti tahun lalu, di mana ibu membuat semua gulainya. Tahun ini, gulai paku diberi oleh mertua kakak saya, sedangkan  gulai cubadak dibawakan oleh tetangga sebelah rumah. Jika saya disuruh untuk memilih, maka sebenarnya saya memilih lontong gulai paku.

t6Ia5pxfMTN2sXOEt_qt47irlB2kQs6l.jpg

4. Lamang Tapai

Lamang adalah beras ketan (hitam/putih) yang dimasak dengan santan di dalam potongan bambu. Sedangkan tapai adalah fermentasi antara ketan hitam dan ragi. Cara memakannya adalah dengan menyiramkan tapai kepada lamang, hmm rasanya agak sedikit masam karena efek dari fermentasi.

20dYi275jZlwjdoKmzp4ZxQFg_UJIr2d.jpg

-------

Selain 4 makanan di atas, masih ada makanan yang menjadi menu wajib lebaran keluarga saya di rumah, seperti Gulai Ayam, Ikan Tongkol Balado, Lapek Bugih, Ondeh-Ondeh, dll.

Yuhuuu, Selamat lebaran untuk selasares semuanya. Lebaran jangan sampai bikin kita lebar-an juga yaa hahahaha.

 

gambar 1 via muslimah.co.id

gambar 2 dan 3 via bukalapak.com

gambar 4 via blogspot.com

gambar 5 via kabanews.com

Answered Jun 26, 2017

srwCS0oZFSSu4QmqSBnwaCjBj8WZ73OF.jpg

Setuju banget dengan jawaban-jawaban sebelumnya, di keluarga kami, selain namanya rendang, opor ayam, sambel goreng ati, dan ketupat, ada satu makanan yang nampaknya ya, sangat jarang (kalau boleh disebut tidak ada) ditemukan di keluarga-keluarga lainnya, at least  di keluarga yang pernah saya kunjungi.

Menu itu adalah Sambel Asem!

Sambel khas Bangka, mungkin karena sang Ibunda, Nuryati Nung (yang juga Selasares), berasal dari Bangka, dan jarang sekali warga asli Bangka merantau ke Jakarta dan sekitarnya, boleh jadi kelangkaan menu ini terjadi menjelang lebaran haha. 

Sambel yang terdiri dari bawang merah, cabai, lalu dimasak dengan santan ini memunculkan rasa dan aroma yang khas membuat saya selalu rindu untuk berlebaran di rumah. Yang jelas, sambel ini cocok dicampur dan diaduk rata dengan nasi panas, bersama rendang sekaligus opor ayam ditambah bawang goreng dan emping untuk menambah selera. Jadilah sambel ini sebagai menu wajib saat Hari Raya.

Well, saya sendiri tidak tahu bagaimana cara memasaknya, saya biasanya hanya tahu bagaimana cara menghabiskannya, haha

Tanpa mau panjang basa basi, jeng-jeng, inilah wujud sambel asem ituuu 

(Please, jangan lihat fotonya, tapi coba rasanya)

hV8_3aX7N3JnRfx593xqUrIrIN6dEK00.jpg

 

foto 1 via youtube.com

foto 2 via dokumenpribadi

Answered Jun 26, 2017
Dina Adr
Seorang penikmat karya seni.

qI_UHZq5MnNllcpcpoFZYJjTKXSTypgp.jpg

Liwetan di atas daun pisang nampaknya sekarang cukup populer ya? Ya, begitu pula dengan masakan lebaran yang keluarga kami siapkan tahun ini. Eits, tapi bukan karena kita mengikuti tren yang ada ya, kebetulan setiap tahunnya memang keluarga Cianjur selalu berkumpul dengan makan nasi liwet di atas daun pisang yang berjejer panjang dari ujung ke ujung rumah. Maklum, ibu saya memiliki 9 saudara kandung dan saya sendiri memiliki keponakan(dan bahkan cucu) yang tidak terhitung jumlahnya di sana. Jadi porsi makanannya besar sekali.

Tapi sayangnya, tahun ini keluarga yang berkumpul tidak begitu banyak layaknya tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena ada banyak sanak saudara yang tidak bisa pulang kampung tahun ini. Sehingga dari total 10 saudara dengan keluarganya masing-masing, tahun ini kami hanya merayakannya dengan 5 keluarga saja. Tradisi ngeliwet pun disiapkan dengan sangat sederhana saja.

Nah untuk sajian pendamping, nasi liwet tentunya terasa lebih nikmat jika disantap dengan yang asin-asin. Maka itu, tahun ini kita memilih ikan peda sebagai lauk utama. Biasanya, kita makan nasi liwet dengan ikan goreng yang dipancing langsung dari kolam di belakang rumah dan rasa asin-asinnya didapat dari ikan teri yang dicampur langsung dengan nasi liwet saat dimasak.

Menu paling wajib lainnya adalah sambal terasi yang buat rasa makanan jadi lebih segar dan lebih lengkap. Selain itu, ada pula lalapan seperti kol, timun, kacang panjang, dan daun selada. Tahu dan tempe juga jadi lauk opsional yang disajikan.

Sedangkan untuk makanan camilan, keluarga Cianjur selalu menyajikan uli atau ulen yang kami santap dengan bebeye. Bebeye itu sendiri kadang saya anggap sebagai makanan sampah karena memang campuran dari semua masakan sisaan lebaran yang bersantan seperti rendang, semur daging, kentang balado, bihun goreng, opor ayam yang semuanya diaduk terus-menerus hingga sangat benyek. Tapi entah mengapa rasanya bisa enak banget.  

Tahun ini kami juga menyajikan sate maranggi karena kebetulan rute mudik kali ini melewati warung sate maranggi terkenal di Cipanas. Memang kurang cocok sih dengan menu makanan lainnya, namun tetap saja ludes karena dijadikan sebagai makanan pembuka sembari menunggu nasi liwetnya matang.

Yup, itulah makanan lebaran khas keluarga Cianjur saya. Tetapi bagi kami menu yang sama tidak akan terasa begitu nikmat jika dimakan pada hari-hari biasa karena pada dasarnya kebersamaan keluarga besar itu sendiri yang menjadi bumbu rahasia dari semua resep makanan enak.

 

gambar via dokumen pribadi

Answered Jun 29, 2017

Question Overview


9 Followers
717 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Adakah makanan/minuman yang berasal dari era Perang Dunia II?

Bagaimana cara memasak rendang yang enak?

Apa nama restoran Jepang terbaik di Jakarta dan sebutkan alasannya?

Mengapa masakan Jepang sering disajikan dalam keadaan mentah?

Dari setiap masakan/makanan Jepang yang ada, apa yang terbaik menurut Anda dan apa alasannya?

Makanan apakah yang melambangkan Amerika?

Makanan apakah yang menurutmu 'Jepang banget'?

Apa restoran Padang terbaik di Jakarta? Mengapa?

Kuliner apa yang menurut Anda spesial di Sydney?

Kuliner apa yang paling kamu rekomendasikan di Jakarta?

Dari mana asal usul makanan ifumie?

Apa yang bisa Anda ceritakan tentang makanan jenis pasta?

Bagaimanakah sejarah acar?

Bagaimana sejarah makanan bakso di Indonesia?

Apa yang membuat Nasi Padang disukai orang-orang?

Bagaimana sejarah ketoprak di Indonesia?

Bagaimana sejarah kerupuk di Indonesia?

Bagaimana cara memasak telur dadar yang enak?

Seperti apakah pengaruh budaya populer pada makanan?

Benarkah anggapan bahwa sayur itu menyehatkan tubuh?

Makanan apa yang paling layak mewakili Indonesia sebagai brand makanan dunia?

Kenapa Indomie bisa enak dan murah sekali?

Bagaimana asal mula menjamurnya tenda pecel lele di Indonesia?

Sebagai negara kelautan, mengapa masyarakat Indonesia jarang mengkonsumsi ikan?

Makanan Indonesia apa yang paling Anda suka?

Apa saja makanan asli dari leluhur/pendahulu Indonesia?

Bagaimana penerapan aturan ganjil genap saat mudik lebaran?

Apa yang paling Anda nantikan saat mudik lebaran?

Apa rasanya jika tidak memiliki kampung halaman?

Bagaimana cara mengurai kemacetan saat mudik lebaran?

Apa tradisi keluarga Anda saat mudik lebaran?

Apa momen yang paling Anda tunggu-tunggu di bulan Ramadhan?

Kue kering apa saja yang Anda suka saat lebaran?

Bagaimana tips berkendara mudik yang aman?

Lebih pilih mana, mudik siang hari atau malam hari? Mengapa?

Mengapa Anda memilih berangkat mudik pada pagi hari?

Apakah tradisi mudik hanya terjadi di Indonesia

Mengapa tradisi mudik hanya terjadi di Indonesia?

Apa yang khas dari tradisi mudik?

Apa tradisi dalam keluarga Anda yang khas dilakukan ketika Hari Raya Idul Fitri?

Apa yang Anda ketahui tentang malam Lailatul Qadar?

Mengapa malam Lailatul Qadar disebut sebagai "malam seribu bulan"?

Bagaimana penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal jika bumi datar?

Apa yang akan kamu lakukan jika Lebaran sendiri di perantauan dan jauh dari keluarga?

Apa resep kue lebaran favorit Anda?