selasar-loader

Bagaimana cara salat yang khusyuk?

Last Updated Jun 19, 2017

Apa saja kriteria-kriterianya? Dari mana dasar hukumnya?

1 answer

Sort by Date | Votes
Mhd Fadly
KPI Fak. Agama Islam UMSU, Alumni Pon-pes Ibadurrahman Stabat

rMvISY6s9QzcDf-4UW5AvOUrx3b0prQY.jpg

Ibrah yang dapat diambil dari kehidupan sahabat salah satunya yaitu mereka menjadikan sholat sebagai obat bius ketika dalam keadaan sakit. Dikisahkan ketika Ali bin Abi Thalib terkena panah, dan ia merasa sakit ketika panah tersebut akan dicabut dari dirinya, maka ia berpesan kepada sahabatnya. "Cabutlah panah itu ketika aku sholat", dan Ali pun melakukan sholat sunnah dan di saat itulah anak panah itu dicabut dari badannya.

Kisah tersebut adalah kisah di antara orang-orang yang khusyuk dalam sholatnya. Dan banyak kisah-kisah lainnya. Bagaimana cara menggapai hal tersebut. maka yang paling utama adalah jalankan sholat bukan lagi karena suatu perintah. Akan tetapi sholat adalah suatu kebutuhan bagi kita. Jadikan sholat sebagai adiktif bagi kehidupan kita. Dikala ia tertinggal berasa ada sesuatu yang kurang dalam hidup kita sehari itu.

Hal yang kedua untuk menggapai salat yang khusyuk adalah dengan cara memahami maknanya. Salat adalah bentuk ritual doa yang kita haturkan kepada Sang Pencipta, jika bacaan dalam salat tidak kita mengerti apa arti dan tujuannya ibarat kita berusaha berbicara dengan orang asing menggunakan bahasa asing yang hanya sekedar dibaca. Sama artinya juga kita ibarat orang yang mabok yang berkata sendiri tanpa tau apa yang diucapkan.

Hal yang ketiga adalah jadikan setiap bentuk peribadatan kita ibarat peribadatan terakhir yang kita lakukan sesuai dengan hadits Rasulullah "Berbuatlah untuk dunia mu seakan kamu akan hidup selamanya dan berbuatlah untuk akhiratmu seakan kamu akan mati esok hari".

 

sumber gambar: masjidku.id

Answered Jun 19, 2017