selasar-loader

Menurut Anda, apa pengaruh positif internet terhadap partisipasi politik pada demokrasi?

Last Updated Jun 8, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes

xeRtHsWbgSWbLvW1MQFcmXJNjuhmsowl.jpg

Bisa menyasar masyarakat ke semua daerah dengan mudah dan murah.

 

sumber gambar: revistamercado.do

Answered Jun 8, 2017
Yulian Adi Kurniawan
Departement of International Relations, University of Jember

qYyNHwJuiQQ-_DYywQTJhAtyDJKEeXL8.jpg

Ketika kita berbicara mengenai demokrasi, maka kita akan membahas mengenai kebebasan masyarakat dalam menyampaikan pendapat atau aspirasi. Namun demokrasi tidak hanya berkutat pada proses penyampaian aspirasi saja, masih banyak hal lain yang turut diperhatikan dalam demokrasi yaitu partisipasi politik. Di mana salah satu istilah yang terkenal adalah “Government of the people, by the people, for the people” cetusan Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln, di mana demokrasi digambarkan sebagai bentuk pemerintahan yang menjamin hak dasar dan hak politik individu, seperti partisipasi dalam sistem pemilu yang bebas dan adil; atau kesamaan status di mata hukum[1].

Sebelum kita membahas membahas pengaruh positif internet terhadap partisipasi politik masyarakat, mari sejenak menengok masa di mana Indonesia masih memiliki keterbatasan akses informasi. Pada era 70an partisipasi politik masyarakat masih sangat minim, tidak semua masyarakat memiliki kesempatan yang sama dalam menyampaikan hak politiknya. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan kondisi yang sedemikian rupa, mulai dari sikap pemerintah yang sangat membatasi akses informasi dan komunikasi masyarakatnya, hingga masih belum adanya media yang mampu menjangkau setiap elemen masyarakat. Sehingga pada era tersebut partisipasi politik masih terbatas pada golongan masyarakat tertentu dan menciptakan kesenjangan politik yang cukup besar.

Namun, kondisi tersebut berubah drastis paska reformasi, di mana rezim yang sebelumnya sangat menutup kebebasan menyampaikan aspirasi berhasil digulingkan. Dalam masa ini, berbagai media informasi mulai muncul dan menjalankan fungsinya sebagai alat informasi dari pemerintah ke masyarakat. Dengan adanya media tersebut, masyarakat mulai memperoleh akses untuk mengikuti perkembangan politik dalam negeri. Dalam beberapa tahun berikutnya masyarakat Indonesia mulai mengenal internet, di mana di dalamnya terdapat suatu jaringan informasi yang terkoneksi melalui berbagai website. Beberapa media online mulai beroperasi dan dapat diakses masyarakat. Namun aksesnya masih terbatas karena masih sangat sedikit masyarakat yang memiliki komputer untuk membuka media online di internet.

Perkembangan internet di Indonesia sangatlah masif, di mana dengan jangka waktu yang sangat pendek masyarakat Indonesia sudah mampu memahami dan terbiasa menggunakan internet. Dan bahkan beberapa data saat ini menunjukkan bahwa setiap orang di Indonesia yang berada dalam usia produktif pernah setidak beberapa kali memanfaatkan fungsi internet. Internet saat ini pun juga mengalami peningkatan yang signifikan di Indonesia, mulai dari semakin luasnya jaringan komunkasi dari dalam maupun luar negeri, hingga semakin mudahnya akses informasi dan komunikasi yang diperoleh masyarakat. Tentu saja kondisi demikian akan memudahkan masyarakat dalam terlibat aktif dalam perpolitikan dalam negeri, di mana beberapa konsep e–government sudah mulai diterapkan dan memungkinkan pemerintah menjalankan fungsi dan perannya hanya melalui internet. Fenomena lain yang muncul melalui internet adalah sosial media, di mana saat ini hampir seluruh masyarakat Indonesia memiliki akun sosial media. Melalui sosial media, masyarakat semakin mudah untuk menjalin komunikasi dengan orang lain, baik dari hanya untuk kepentingan bisnis atau hingga konsolidasi gerakan.

Dalam konteks partisipasi politik, di Indonesia jumlahnya semakin meningkat di mana mulai banyak masyarakat yang menunjukan sikap politiknya melalui internet. Berbagai jenis gerakan di dunia maya juga mulai masif disosialisasikan di masyarakat, dan bahkan ada yang langsung berdampak bagi masyarakat seperti petisi online yang ditujukan langsung kepada pejabat pemerintahan atau voting online dalam suatu proses pemilihan umum. Sehingga dapat dilihat bahwa internet saat ini memberikan perubahan yang cukup positif bagi masyarakat terutama dalam hal memberikan akses bagi mereka untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan berpolitik.

Answered Jun 15, 2017

Question Overview


3 Followers
642 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Benarkah peran media mainstream semakin terdesak oleh media sosial yang kontennya diisi para netizen?

Mengapa rakyat Tiongkok bisa hidup tanpa media sosial buatan AS seperti Facebook dan Google?

Negara mana di Afrika yang paling maju dari sisi industri teknologi informasi dan internet?

Apa yang Anda rasakan jika hidup tanpa gawai (gadget) seperti ponsel, tablet, atau komputer berinternet barang seminggu saja?

Bagaimana pendapat Anda tentang fenomena menjamurnya vlogger di Indonesia?

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar istilah 'Youtube lebih dari TV' ?

Bagaimana cara mengatasi kecanduan media sosial?

Apakah konsep kedaulatan negara masih relevan dalam konteks internet?

Seperti apa pedoman perlindungan HAM yang paling ideal di masa derasnya arus informasi internet seperti ini?

Seperti apakah batasan kebebasan berekspresi di Internet yang tidak melanggar peraturan?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?

Apa kabar demokrasi Indonesia?

Dengan banyaknya orang tidak berpendidikan di Indonesia, bagaimana menyempurnakan demokrasi Indonesia?

Apa yang bakal terjadi jika partai politik dihapuskan dalam sistem demokrasi?

Mengapa Demokrasi Parlementer hanya bertahan dari 1950 sampai 1959?

Apa yang Anda ketahui tentang sistem Demokrasi Terpimpin?

Bagaimana caranya agar mampu menyelaraskan agama dan politik?

Apa pandangan Anda terhadap pemuka agama maupun ulama yang berpolitik?

Apa arti penting Quick Count dalam suatu pemilu?

Bagaimana cara memahami konsep elite dalam demokrasi?

Bagaimana jika Indonesia menerapkan sistem khilafah?