selasar-loader

Apa sajakah langkah-langkah untuk anak muda dalam memulai investasi?

Last Updated Jun 8, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Muhamad Azhari
Founder of MitraWisataID

TyFYr8RBhc4oqj9KAxNovQ6ZQfRBaTmi.jpg

Di usia muda, banyak yang menginginkan hal yang sifatnya menyenangkan dan menantang. Banyak yang berpikir bahwa ketika masih muda, waktu bisa dihabiskan untuk senang-senang saja karena nanti saat benar-benar dewasa kesempatan itu tidak akan datang lagi.

Anggapan itu sah-sah saja. Namun di usia yang masih muda, saya lebih setuju bila kita justru memanfaatkannya untuk mulai mencari tips memulai investasi bagi anak muda. Mengapa?

Karena di usia seperti inilah segala potensi dan kemampuan kita harus mulai diasah. Jangan membayangkan bahwa saat dewasa kita akan bersusah payah dan jauh dari kata senang. Justru ketika dewasa dan beranjak tua, kita harusnya sudah bisa menikmati hasil perjuangan yang kita lakukan di masa muda.

Menjadi anak muda berarti kita memiliki energi yang masih menggebu-gebu dan bisa sangat produktif dalam memproduksi ide atau gagasan-gasan inovatif, termasuk dalam bidang bisnis dan investasi.

Bersenang-senang mencari teman dekat tentu sah-sah saja dilakukan anak muda. Namun, alangkah baiknya jika energi yang kita punya bisa difokuskan pada hal yang bisa lebih membangun untuk masa depan kita sendiri nantinya.

Hal ini jika dilakukan dengan konsisten, maka kita akan merasakan senyum kemenangan ketika kesuksesan bisa diraih karena ia datang dari hasil kerja keras sendiri.

Jangan takut kepalamu akan botak memikirkan investasi. Karena investasi sejatinya tidak identik dengan orang tua. Justru semakin muda kita memulainya, semakin hebat potensi yang mungkin akan diraih pada waktunya nanti.

Nah, kali ini saya akan berbagi tips memulai investasi bagi anak muda yang bisa coba kamu aplikasikan. Dijamin tak akan bikin mumet apalagi sampai botak.

Gali informasi sebanyak-banyaknya

Ya, sebelum pergi ke medan perang tentunya kita harus menyiapkan ragam amunisi yang lengkap. Hal ini akan membantu kita agar nantinya kita tidak tersesat atau salah langkah. Mengenai investasi, kita bisa membaca banyak referensi mengenai jenis dan mekanisme investasi yang tepat.

Ilmu bisa didapatkan dimana saja dan tidak harus di bangku kuliah. Banyak buku-buku, blog dan jurnal yang bisa kita baca secara online sehingga memudahkan langkah kita untuk menggali informasi dimanapun kita berada.

Hal lainnya yang bisa kita lakukan untuk menambah amunisi sebelum berinvestasi adalah dengan banyak bergaul dan berinteraksi dengan para peminat ataupun pelaku bisnis. Saat ini, banyak para eksekutif muda yang sukses karena dimulai dari investasi kecil-kecilan.

Jika kita memiliki teman atau sahabat yang juga sudah memulai untuk menanam investasi maka jangan ragu untuk bertanya dan meminta pendapatnya. Orang-orang yang ingin maju dan sukses biasanya tidak akan pelit dalam sharing ilmu.

Ketahui jenis investasi yang sesuai

Setelah menggali dan mengetahui tentang ragam investasi, pasti ada beberapa bentuk investasi yang menarik minatmu. Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan minat serta kemampuanmu secara finansial.

Sebagai rekomendasi, ada berbagai jenis investasi yang cocok untuk anak muda yaitu investasi di reksa dana, bursa saham, investasi emas. Saat ini jenis-jenis investasi tersebut banyak diminati anak muda karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar seperti ketika harus membuka toko atau berdagang.

Selain itu, menanam investasi seperti itu bisa menjadi ajang belajar bagi anak muda karena tidak perlu takut rugi. Justru, hal tersebut akan bisa membangkitkan adrenalin bisnis yang sedang menggebu-gebunya pada anak muda.

Misalnya dengan belajar menanam saham di bursa saham maka anak muda bisa belajar mekanisme yang dijalankan. Sehingga punya bekal untuk investasi jangka panjang dan dalam bentuk yang lebih besar tentunya.

Konsisten dan tidak gampang kapok

Tips memulai investasi bagi anak muda lainnya yaitu kita jangan menjadi pribadi yang terlalu berorientasi hanya pada nominal uang. Kita bisa menganggap proses ini sebagai proses belajar. Tidak ada yang sukses hanya dalam sekali langkah.

Banyak langkah yang harus dilalui sebelum mereguk kesuksesan terlebih diusia muda. Jadi untuk bisa berinvestasi, kita bisa memulainya dari investasi yang bermodalkan sedikit dan jangka waktunya pendek. Kemudian, kita konsisten untuk mengembangkannya seiring waktu.

Berinvestasi diusia muda bukan berarti jalannya akan mulus-mulus saja. Tentu banyak hal yang bisa menjadi penyebab kegagalan kita dalam berinvestasi. Menurut penelitian, terjadi peningkatan yang signifikan dari para anak muda yang bersemangat melakukan investasi. Namun tidak sedikit juga yang mengalami kegagalan karena beberapa hal berikut ini:

Kurang aktif

Kurang aktif disini artinya anak muda yang berinvestasi, mereka lebih banyak hanya membiarkan investasinya begitu saja tanpa ada keinginan untuk mengembangkannya menjadi investasi yang jauh lebih berkembang dan bernilai harganya. Sehingga tidak ada kemajuan sama sekali pada investasi yang mereka tanam.

Ketidakpahaman

Menanam investasi memang mudah. Namun memahami mekanisme yang dijalankan tentu hal yang lain lagi. Banyak dari investor muda yang tidak paham dengan bagaimana investasi mereka berjalan. Sehingga malah kegagalan yang menjadi hasilnya.

Tidak sabar

Menjadi investor muda memang tantangan karena harus bisa mengendalikan semangat yang terlampau menggebu. Inilah kesalahan yang banyak terjadi pada investor muda. Mereka cenderung tidak sabaran dan ingin cepat-cepat mencairkan uang investasi padahal jika ingin lebih bersabar dan membuat investasi jangka panjang, maka hasilnya akan bernilai.

Jadi, sebagai tips memulai investasi bagi anak muda, kita bisa mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan. Juga, kita harus mengetahui dengan seksama apa saja yang perlu diperhatikan sebelum, selama, dan setelah investasi dijalankan.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah tidak melakukan kesalahan yang banyak dilakukan oleh investor muda lainnya. Sebaliknya, kita ambil pelajaran dari kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan agar menjadi investor muda yang lebih kompeten dan bisa menggapai kesuksesan.

Tulisan lain dari saya dapat dilihat di sini.

Sumber...(more)

Answered Jun 8, 2017
Florensius Marsudi
Lelaki, satu istri, satu putri. Masih belajar menulis....

Pertama, analisis semua kemugkinan, kondisi yang dapat digunakan untuk berinvestasi.

Kedua, eksekusi, laksanakan investasi.

Ketiga, evaluasi....

Answered Jul 30, 2017

Question Overview


3 Followers
576 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa beda antara startup dan perusahaan lainnya? Mengapa istilah startup begitu naik daun?

Bagaimana cara membangun tim awal startup/perusahaan?

Apa yang menyebabkan sebuah startup digital mengalami kegagalan pada tahun pertamanya?

Apakah nama perusahaan startup terbaik di Indonesia?

Apa yang menyebabkan jumlah venture capital di Indonesia tidak sebanyak di Amerika?

Apa rahasia membangun sebuah startup digital yang sukses?

Apa yang dimaksud dengan design thinking?

Apa yang dimaksud dengan design sprint?´╗┐

Mengapa design sprint digunakan untuk membuat produk digital?

Apa yang membuat Steve Jobs sukses membangun Apple?

Apa yang membuat Telkomsel begitu kuat dibanding operator yang lain?

Apa merek lokal Indonesia yang layak bertarung di skala global?

Mengapa kebanyakan produk bermerek ditargetkan pada pasar anak muda (youth culture)?

Bagaimana cara memulai bisnis jam tangan?

Nasihat terbaik apa yang pernah Anda terima dari orang lain tentang bagaimana cara berjualan paling efektif?

Bagaimana cara yang efektif memenangkan persaingan bisnis?

Apa praktik kotor dalam bisnis yang Anda tahu?

Bagaimana cara cepat membangun start up?

Bagaimana prospek bisnis segmen kelas menengah muslim di Indonesia?

Bagi sebuah perusahaan, seberapa penting KPI (key performance indicator) untuk mencapai visi?

Bagaimana cara untuk mendapatkan return yang tinggi saat berinvestasi di bursa saham?

Apakah jam tangan bisa dijadikan sarana investasi?

Ke mana dana-dana pensiun dan BPJS diinvestasikan dan bagaimana return-nya?

Apa yang dimaksud dengan emas 24 karat?

Apa saja sektor atau industri yang akan booming di Indonesia dalam waktu dekat?

Kenapa bank tidak pernah melakukan investasi/pendanaan di startup?

Bagaimana Anda mendapatkan return investasi di atas 20% per tahun?

Bagaimana keterlibatan George Soros dalam krisis ekonomi di Indonesia tahun 98?

Apakah berinvestasi di klub sepak bola Indonesia menguntungkan?

Bisakah menjadi pemodal ventura (venture capitalist) namun belum bebas secara finansial?

Mengapa anak muda saat ini lebih suka mendirikan startup daripada bekerja di perusahaan?

Bagaimana menjadi anak muda yang superkreatif?

seberapa pentingkah pemahaman mengenai media literasi, khususnya bagi anak-anak muda yang gemar aktif di dunia sosial media?

Apa kelemahan dan keunggulan millenials menurut Anda?

Di mana tempat nongkrong di Jakarta yang nge-hits? Mengapa?

Kenalkah Anda dengan Rachel Vennya?

Mending nikah dulu atau beli rumah?

Apakah yang dimaksud dengan Aesthethic?

Mengapa gadis Indonesia masih diawasi orang tua?